Careers

Corporate Communication: Pengertian, Tujuan, Bedanya dengan PR, dan 8 Fungsinya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_corporate_communication_adalah.jpg

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membangun sebuah perusahaan adalah bagaimana cara untuk memberikan citra yang baik pada masyarakat. Hal ini bisa terwujudkan dengan adanya corporate communication. Singkatnya, corporate communication adalah hal yang berbeda dengan public relations.

Meskipun terkadang sering dianggap sama, namun kamu perlu memahami perbedaan keduanya. Jika kamu masih asing dengan istilah satu ini, ada baiknya untuk membaca artikel kali ini hingga selesai, ya. Pada artikel berikut akan dijelaskan mengenai arti, tujuan, fungsi hingga perbedaan corporate communication dengan PR. Simak selengkapnya!

Apa itu corporate communication?


Corporate communication adalah proses komunikasi untuk membangun citra baik perusahaan (sumber: pexels)

Melansir Indeed, corporate communication adalah strategi yang dibangun perusahaan untuk terhubung dengan pihak secara luas, baik internal maupun eksternal perusahaan. Aspek yang dimaksud disini mencakup konsumen, pegawai, media, masyarakat umum, level stakeholder dan aspek lainnya.

Singkatnya, corporate communication adalah cara bagaimana perusahaan menjalin komunikasi dan membangun citra dengan baik kepada lingkup internal dan masyarakat di luar perusahaan. Kuncinya adalah menjaga dan membangun komunikasi yang baik. Hal yang memerlukan peran corporate communication dicontohkan seperti ketika terjadi masalah di internal atau eksternal perusahaan, melakukan siaran pers dengan media, komunikasi dengan politisi, atau bahkan beberapa perusahaan melibatkan corporate communication ke dalam bagian dari tim pemasaran.

Baca juga: Tugas Marketing Executive, Kualifikasi, Gaji, Jenjang Karier

Tujuan corporate communication


Ada beberapa tujuan corporate communication yang penting untuk perusahaan (sumber: pexels)

Selain untuk mendapatkan citra baik bagi perusahaan, ada beberapa tujuan lain dari corporate communication yang terbagi dalam tiga poin.

1. Membangun dan meningkatkan awareness

Perusahaan yang baru berdiri tentu perlu mengenalkan produk dan jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Agar lebih dikenal, perusahaan terkadang mengundang media untuk melakukan wawancara dan menerbitkannya di publik. Selain itu, langkah lain seperti membagikan newsletter juga menjadi bagian dari tujuan corporate communication yang paling sering dilakukan.

2. Profit-oriented

Tujuan adanya corporate communication yang satu ini akan berkaitan dengan ROI. Diharapkan dengan adanya usaha untuk meningkatkan awareness dan pemasaran melalui aset promosi atau media sekalipun, itu terdapat perkiraan nilai yang akan didapatkan perusahaan.

Misalkan setelah menggunakan media, maka diperkirakan akan mendatangkan pendapatan sebesar 10% dari biaya yang dikeluarkan untuk komunikasi tersebut. Hal ini tentu perlu diperhitungkan agar biaya yang telah dikeluarkan juga akan menghasilkan profit bagi perusahaan.

3. Langkah untuk mencapai goals perusahaan

Segala rangkaian komunikasi yang dilakukan memiliki tujuan yang pasti pada perusahaan, yaitu tercapainya goals dan target tertentu. Target yang ditetapkan bisa seperti profit, pengelolaan SDM, memiliki tata kelola yang baik, citra yang baik, dan lainnya.

Baca juga: IMC (Integrated Marketing Communication): Pengertian, Manfaat, hingga Contohnya

Perbedaan corporate communication dengan public relations


PR dan corporate communication memiliki perbedaan di beberapa aspek (sumber: pexels)

Corporate communication dan public relations terlihat cukup mirip. Namun keduanya memiliki media, definisi, dan target komunikasi yang berbeda.

1. Media

Pada corporate communication, media yang digunakan tidak harus menggunakan pihak lain. Mereka bisa menggunakan email, infografik, iklan, video, ilustrasi, atau materi promosi lainnya. Sedangkan public relations lebih sering membutuhkan pihak lain untuk melakukan seperti media untuk melakukan komunikasi.

2. Definisi

PR atau public relations adalah hal yang mengacu pada rangkaian komunikasi yang bertujuan membentuk persepsi dan opini individu atau kelompok terhadap perusahaan. Sedangkan corporate communication mengacu pada kegiatan yang membangun komunikasi dan citra baik perusahaan kepada masyarakat dan internal perusahaan itu sendiri.

3. Target komunikasi

Target utama dari komunikasi yang dijalankan pada corporate communication adalah pemimpin, stakeholder, investor, sponsor, dan level manajemen perusahaan. Sedangkan pada public relations, target utama komunikasi mereka adalah pemerintah, lingkup eksternal perusahaan, dan media.

Baca juga: Public Relations Adalah: Lingkup Pekerjaan, Tantangan, dan 4 Skill Penting yang Harus Dimiliki

8 Fungsi corporate communication


Fungsi corporate communication mencakup berbagai hal dan situasi (sumber: pexels)

1. Komunikasi internal

Dalam sebuah perusahaan, komponen lain yang cukup penting untuk diikutsertakan selain konsumen adalah tim yang bekerja di perusahaan tersebut. Corporate communication juga perlu mengenalkan produk, promo, atau update terbaru yang ada di perusahaan. Metode yang digunakan bisa beragam, misalkan dengan mengirimkan pemberitahuan melalui newsletter, broadcast message, atau melibatkan tim kamu dalam menentukan sebuah keputusan sederhana.

2. Komunikasi di saat krisis

Kejadian krisis yang dimaksudkan disini adalah adanya peristiwa tidak terduga seperti kecelakaan kerja atau masalah lain terkait perusahaan. Corporate communication perlu menyiapkan penjelasan yang tepat untuk menjawab pertanyaan pers, menjelaskan kepada level manajemen atau memberitakan hal yang sesungguhnya kepada lingkup internal dan eksternal perusahaan.

3. Identitas perusahaan

Setiap perusahaan memiliki identitas dan ciri khasnya masing-masing. Pada bagian ini, corporate communication bisa membantu untuk membentuk sebuah identitas perusahaan dan menjaganya agar kedepannya media serta branding perusahaan selalu dalam standar.

4. Reputasi perusahaan

Masih sama dengan tujuan utamanya, fungsi corporate communication yang terpenting adalah menjaga reputasi perusahaan di masyarakat, tim atau karyawan di dalamnya, level manajemen, stakeholder, dan para investor. Banyak aspek yang perlu diawasi dalam fungsi ini. Karena itulah corporate communication perlu berhati-hati dan teliti.

5. Branding perusahaan

Aspek-aspek yang termasuk dalam branding di sini termasuk kedalam materi promosi hingga citra yang harus dijaga. Pastikan bahwa branding perusahaan memberikan kesan baik namun tujuan utama promosi produk juga tersampaikan.

6. Komunikasi dengan pelanggan

Pada fungsi ini, corporate communication akan bertanggung jawab dalam memastikan bahwa materi yang digunakan sudah tepat. Tujuannya adalah diharapkan pesan yang disampaikan kepada pelanggan tidak rancu dan sesuai. Cakupan materi tersebut umumnya akan digunakan di media sosial, spanduk, banner promo, atau media pemasaran lainnya.

7. Relasi dengan investor

Salah satu hal penting yang harus dilakukan corporate communication adalah menjaga hubungan baik dengan para investor. Sebagai pemasok dana kepada perusahaan untuk tetap beroperasi secara optimal, seorang investor tentu akan terus memantau perkembangan perusahaan tersebut apakah menguntungkan dan memberikan hal yang positif baginya. Begitupun di sisi perusahaan, ada baiknya untuk tetap memberikan update, berperilaku positif, dan menjalin relasi yang baik dengan para investor.

8.  Hubungan dengan media

Menjaga citra perusahaan merupakan fungsi utama dari corporate communication. Tidak jarang adanya kabar yang kurang tepat di tengah masyarakat perlu diluruskan oleh corporate communication dengan memberikan klarifikasi melalui media pers. Peran corporate communication disini adalah memantau berita yang tersebar terkait perusahaan, memastikan konten yang disebarkan di media massa sudah tepat, hingga menyiapkan materi saat melakukan siaran pers.

Baca juga: 4 Alasan pentingnya publisitas bagi bisnis perusahaan

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu corporate communication hingga kedelapan fungsi yang bisa kamu pahami. Dengan adanya corporate communication, diharapkan perusahaan bisa memiliki citra yang baik dan minimnya masalah yang terjadi baik di sisi internal maupun eksternal perusahaan. Komunikasi yang tepat juga akan memberikan pengaruh banyak pada instansi perusahaan.

Baca juga artikel menarik lainnya di EKRUT Media untuk menemukan informasi terkait karir, perusahaan, dan tips terbaru. Kamu juga bisa menonton video informatif di YouTube official EKRUT dengan pengetahuan menarik. Jika kamu sedang mencari pekerjaan, klik sign up di EKRUT sekarang untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru dari perusahaan impianmu.

Sumber:

  • indeed.com
  • simpplr.com
  • feedough.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Proposal Usaha Pengajuan Dana Investor Beserta Panduan Menyusunnya

    Felixitas Yolanda

    28 November 2022
    6 min read
    H1_Founder_Adalah_Tugas_dan_Tanggung_Jawab__Skill-set_(1).jpg

    Expert's Corner

    Founder Adalah: 5 Tugas dan Tanggung Jawab, Skill-set, serta Perbedaannya dengan CEO dan Owner

    Sartika Nuralifah

    25 November 2022
    5 min read
    H1_Surat_Dinas.jpg

    Careers

    10 Contoh Surat Dinas dari Berbagai Instansi Beserta Struktur Penulisannya

    Algonz D.B. Raharja

    25 November 2022
    5 min read

    Video