Published on

Careers

6 Cara meningkatkan kebahagiaan karyawan di kantor

Tsalis Annisa

kebahagiaan-karyawan-EKRUT.jpg

Kebahagiaan karyawan tak bisa dipungkiri memegang peran penting dalam kemajuan perusahaan. Perusahaan yang penuh dengan tekanan tanpa karyawan karyawan bahagia bukanlah tempat ideal untuk berkembang.

Karyawan yang bahagia akan bekerja dengan lebih keras dan lebih produktif. Mereka juga mampu mengoptimalkan sumber daya yang tersedia demi kejayaan perusahaan. Inilah kunci yang seharusnya disadari oleh para pemimpin perusahaan.

Mengapa kebahagiaan karyawan begitu penting?

kebahagiaan karyawan - EKRUT 
Melibatkan karyawan dalam proyek yang penting dapat menjadi cara meningkatkan kebahagiaan karyawan - EKRUT

Menjadi karyawan yang bahagia berarti kamu menikmati apa yang kamu kerjakan berikut lingkungan kerjamu. Sayangnya, ada begitu banyak faktor yang dapat menurunkan tingkat kebahagiaan karyawan pada setiap perusahaan.

Padahal, karyawan yang merasa bahagia dengan pekerjaannya akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Keuntungan tersebut antara lain:

  • Kontribusi yang lebih besar terhadap perusahaan
  • Munculnya karyawan yang ahli dalam bidang yang mereka sukai
  • Tingkat kesetiaan terhadap perusahaan lebih tinggi
  • Tingkat kepuasan konsumen lebih terjamin
  • Terciptanya standar yang tinggi karena para karyawan memiliki semangat besar 
  • Kondisi kesehatan para karyawan lebih baik karena tidak rentan mengalami stres, serta
  • Ada lebih banyak karyawan yang senang mengambil risiko.

Sebaliknya, karyawan yang tidak bahagia memiliki produktivitas kerja lebih rendah. Semangat mereka kalah oleh beban kerja dan kurangnya apresiasi sehingga standar hasil kerja mereka pun cenderung menurun.

Baca juga: 8 Cara tepat meningkatkan produktivitas karyawan

Cara meningkatkan kebahagiaan karyawan

kebahagiaan karyawan EKRUT 
Salah satu meningkatkan kebahagiaan karyawan adalah melibatkan mereka dalam proyek yang penting - EKRUT

Salah satu cara meningkatkan kebahagiaan karyawan adalah dengan memberikan gaji yang layak secara adil. Meski demikian, penghasilan ternyata bukanlah satu-satunya aspek yang menentukan kebahagiaan seorang karyawan.

Ada beberapa hal yang perlu diterapkan dalam perusahaan agar karyawan merasa lebih bahagia. Berikut contohnya:

1. Melibatkan karyawan dalam proyek yang penting

Setiap karyawan memerlukan ruang untuk berkembang dan mengoptimalkan potensinya. Perusahaan dapat memberikan hal ini dengan melibatkan karyawan dalam perancangan proyek-proyek yang penting

Keterlibatan karyawan bisa memberikan arti yang besar. Mereka mungkin bisa mencanangkan solusi atau terobosan baru yang belum pernah terpikirkan oleh orang-orang di kursi pimpinan. 

2. Memprioritaskan keseimbangan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari

Membuat karyawan bekerja keras tanpa henti bukanlah solusi untuk masalah yang dihadapi perusahaan. Terlalu banyak bekerja justru berdampak buruk bagi performa fisik dan produktivitas kerja.

Atasan, manajer, bahkan CEO harus memahami pentingnya keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan. Berikan ruang bagi karyawan untuk beristirahat sejenak, misalnya dengan membiarkan mereka berlibur dan tidak mempersulit proses cuti.

3. Mendengarkan pendapat karyawan

Deadline ketat, beban kerja yang terlalu berat, tanggung jawab ganda, dan kurangnya dukungan dari atasan adalah beberapa faktor utama yang menyebabkan rasa tidak bahagia pada karyawan.

Akan tetapi, tidak semua perusahaan menyadari hal tersebut. Inilah mengapa para atasan harus lebih banyak mendengarkan umpan balik dari karyawan. Pendapat yang mereka utarakan merupakan bahan evaluasi yang penting bagi perusahaan.

4. Menciptakan jenjang karier yang menjanjikan

Aspek lain yang dicari oleh karyawan dari suatu pekerjaan adalah jenjang karier. Tanpa jenjang karier yang menjanjikan, para karyawan tidak memiliki sesuatu yang membuat mereka merasa aman.

Perusahaan sebaiknya mengalokasikan waktu untuk melakukan diskusi atau pelatihan mengenai jenjang karier. Jabarkan setiap posisi yang tersedia agar para karyawan memiliki alasan untuk bertahan dalam perusahaan.  

5. Menciptakan lingkungan kerja yang positif

Lingkungan kerja yang positif adalah sumber kebahagiaan karyawan. Pasalnya, rekan kerja dan lingkungan yang suportif merupakan tempat terbaik untuk melepas penat setelah seharian bekerja.

Para atasan bisa mengajak karyawan untuk berbagi pengalaman positif, bercengkerama, berolahraga, dan bersikap baik kepada orang lain di kantor. Selain itu, terapkan pula budaya berterima kasih dan saling menghargai satu sama lain.

6. Bangun komunikasi terbuka

Bersikaplah transparan, jujur, dan konstruktif. Dorong pula karyawan untuk memiliki sikap yang serupa dengan rekan kerja mereka. Dengan demikian lingkungan kerja seperti itu akan menumbuhkan rasa penerimaan, pengertian, penghargaan dan rasa hormat. 

Baca juga: 12 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

Indeks kebahagiaan karyawan tidak diciptakan tanpa alasan. Kesejahteraan karyawan telah terbukti menjadi salah satu poros terpenting yang menjaga perusahaan tetap produktif.

Seorang karyawan mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk kemajuan perusahaan. Tanpa adanya penghargaan, sebuah perusahaan besar sekalipun akan kehilangan kontribusi dari para karyawan yang memiliki potensi besar.

kebahagiaan karyawan EKRUT 
Last update 11 October 2020

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • benenden.co.uk
  • businessnewsdaily.com
  • vision-advertising

Tags

Share