Published on

Careers

7 Tips Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Screening HRD

Anisa Sekarningrum

7_Tips_membuat_CV_ATS_friendly_agar_lolos_screening_HRD.jpg

Salah satu yang tidak disadari oleh banyak pencari kerja adalah bahwa 75 persen lamaran kerja ditolak sebelum CV-nya sampai di meja recruiter. Nah, perlu diketahui bahwa sebelum CV kamu sampai ke tangan recruiter, seringkali harus melewati apa yang dikenal sebagai ATS atau applicant tracking system. Di bawah ini adalah semua yang perlu kamu ketahui tentang ATS dan praktik terbaik apa yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan CV-mu agar lolos sampai tangan recruiter.

Apa itu ATS?


Membuat CV ATS friendly meminimalisir lamaran kerja ditolak oleh sistem. (Sumber: Shutterstock)

Sistem pelacakan pelamar atau applicant tracking system (ATS) adalah perangkat lunak yang biasanya digunakan perusahaan untuk dengan cepat menentukan apakah pelamar memenuhi syarat untuk lowongan pekerjaan. Software ATS secara otomatis memindai dan memproses setiap aplikasi pekerjaan yang dikirim ke perusahaan, dan kemudian mendiskualifikasi aplikasi yang tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan perusahaan. Persyaratan tersebut biasanya mencakup hal-hal seperti keterampilan teknis terkait pekerjaan, sertifikasi, dan pengalaman kerja. Jika CV kamu tidak lolos ATS, kemungkinan lamaran kerjamu akan ditolak sebelum mencapai recruiter.

Baca juga: 5 Contoh CV kreatif untuk pekerja profesional

Mengenal CV ATS friendly


Menggunakan format CV yang mudah dibaca adalah cara menjadikan CV ATS friendly. (Sumber: Shutterstock)

CV ATS friendly dirancang khusus untuk menerima penilaian yang baik dari perusahaan applicant tracking system. Menggunakan format CV yang mudah dibaca, menghapus hal-hal seperti tabel atau gambar, dan memasukkan kata kunci CV dari deskripsi pekerjaan, semuanya membantu membuat CV kamu menjadi lebih ATS friendly. Jika kamu membuat CV dengan mempertimbangkan software ATS, aplikasi kamu memiliki peluang lebih baik untuk sampai ke tangan recruiter dan selangkah lebih dekat untuk mendapatkan wawancara.

Baca juga: 3 Contoh Portofolio Terbaik, Bedanya dengan CV, dan Cara Membuatnya

Alasan kenapa CV harus ATS friendly


Pentingnya membuat CV ATS friendly karena telah banyak perusahaan menggunakan ATS. (Sumber: Shutterstock)

Memperhatikan ATS friendly pada CV bukan tanpa alasan sebab perkembangan teknologi yang semakin memudahkan pemberi dalam menyaring aplikasi CV yang masuk. Berikut ini beberapa alasan pentingnya membuat CV ATS friendly.

1. ATS dipakai oleh berbagai perusahaan

Jika perusahaan sudah menerapkan ATS pada proses rekrutmennya dan kamu masih belum aware dengan ini, maka bisa jadi kamu masuk ke dalam 75 persen yang lamaran kerjanya ditolak sebelum CV-nya sampai di meja recruiter. Untuk menghindari ini, tidak ada salahnya jika kamu mulai mempelajari pembuatan CV ATS friendly agar CV yang kamu buat bisa terbaca dengan baik oleh ATS dan bisa sampai di atas meja recruiter dengan “selamat”.

2. ATS dipakai di tahap awal perekrutan

Meskipun kamu telah maksimal dalam membuat CV tapi kamu masih belum mempertimbangkan bagaimana penulisan CV ATS friendly, maka usahamu bisa saja menjadi sia-sia sebab ATS tidak membaca CV-mu sesuai dengan yang kamu harapkan. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ATS berlaku mulai dari awal CV diterima oleh perusahaan.

Pada dasarnya, tugas ATS adalah menyaring pelamar pada tahap awal rekrutmen melalui CV yang mereka kirimkan. Sayangnya, itu berarti jika template CV tidak ditulis dan diformat dengan mempertimbangkan ATS, kandidat yang memenuhi syarat dapat dengan mudah dilewati.

3. Lebih mudah dan cepat dibaca manusia

Membuat CV ATS friendly ternyata juga memiliki manfaat agar lebih mudah dan cepat dibaca oleh recruiter karena format CV ATS friendly sangat mirip dengan CV recruiter friendly. ATS akan membaca dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah, jadi ingatlah itu saat memformat CV-mu. Misalnya, nama dan informasi kontak semua harus di atas dan riwayat pekerjaan harus dimulai dengan posisi terbaru atau saat ini.

Baca juga: 10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

7 Hal penting agar CV-mu memiliki peluang besar lolos seleksi ATS


Banyak cara dapat dilakukan untuk membuat CV ATS friendly. (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui apa itu CV ATS friendly dan bagaimana pentingnya, sekarang ketahui 7 cara di bawah ini agar CV yang kamu buat memiliki peluang besar lolos seleksi ATS.

1. Pahami posisi yang dilamar

Memahami posisi yang dilamar berarti memperhatikan keyword atau kata kunci yang penting dan berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Untuk itu, lakukanlah riset dengan benar. Kata kunci tersebut biasanya merupakan skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Setelah mencatat apa saja kata kunci penting dalam pekerjaan, pastikan kamu memilih skill yang benar-benar kamu kuasai dan menyertakannya ke dalam CV yang kamu buat.

2. Pilih template CV yang ATS friendly

Faktanya, tidak semua template CV dapat terbaca dengan baik oleh ATS. Untuk itu, cari dan pilihlah template CV ATS friendly. Di bawah ini adalah salah satu contoh template CV ATS friendly yang bisa kamu dapatkan melalui Wozber.


Contoh template CV ATS friendly. (Sumber: Wozber)

3. Buat judul bagian-bagian CV yang jelas

Pisahkan bagian-bagian dalam CV menggunakan heading agar lebih jelas dan terbaca oleh ATS. Selain itu, gunakan bahasa Inggris dalam membuat judul tiap-tiap bagian pada CV. Tidak kalah penting juga untuk menghindari pemakaian tabel dalam pembuatan CV ATS friendly. Contoh judul bagian-bagian CV yang benar adalah Profile, Contact, Education, Work Experience, dan Skill.

4. Isi CV dengan informasi yang relevan

Saat membuat CV ATS friendly, penting untuk hanya memasukkan isi CV yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Informasi-informasi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan lebih baik tidak perlu dicantumkan. Memasukkan informasi yang tidak relevan hanya akan membuat CV-mu dianggap tidak relevan. Untuk itu, penting juga memperhatikan setiap kata dan kalimat agar diketik dengan tepat dan tidak typo.

5. Ganti font dengan standar ATS

Agar CV kamu dapat terbaca dengan baik oleh ATS, maka kamu bisa menggunakan beberapa font yang direkomendasikan. Misalnya Calibri, Helvetica, Cambria, Lato, Georgia, Verdana, dan Arial.

6. Simpan file dengan format yang benar

Sebenarnya, jika dibandingkan dengan PDF, ATS lebih mudah membaca file dalam format .doc. Namun kamu juga perlu memperhatikan instruksi dari recruiter tentang format file yang diminta. File dalam format .doc memang lebih tidak konsisten tampilannya tergantung device dan software masing-masing pengguna yang membukanya. Berbeda dengan PDF yang tampilannya akan selalu sama meskipun dibuka oleh device yang berbeda. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa format PDF bisa tidak terbaca oleh ATS versi lama.

7. Lakukan tes

Hal penting terakhir setelah kamu menyelesaikan pembuatan CV ATS friendly adalah melakukan tes CV dengan menggunakan CV tester online. Tidak hanya itu, meskipun tujuan membuat CV ATS friendly adalah agar CV-mu terbaca dengan baik oleh ATS, kamu tidak boleh melupakan bahwa pada akhirnya CV-mu akan dibaca oleh recruiter. Untuk itu, pastikan checklist di bawah ini untuk memastikan bahwa CV-mu sudah dibuat dengan benar untuk bisa dibaca oleh ATS maupun recruiter:

  • Bisa dibaca dan dipahami dengan mudah oleh manusia
  • Lolos ATS tester
  • Format CV sudah sesuai dan ATS friendly
  • Memastikan setiap kata ditulis dengan benar sesuai ejaan dan tidak ada typo dalam penulisan

Baca juga: 5 Contoh CV Mahasiswa dan Tips Membuatnya Agar Lebih Profesional 

Aplikasi dan website untuk membuat CV ATS friendly


Canva adalah aplikasi andalan yang dapat membantu kamu membuat CV ATS friendly (Sumber: Pexels)

Banyak sekali aplikasi dan website yang dapat membantu kamu membuat CV ATS friendly, sehingga kamu tidak perlu khawatir CV kamu akan ditolak. Berikut beberapa aplikasi dan website yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV ATS friendly.

1. Canva

Aplikasi yang satu ini adalah andalan para pencari kerja, karena tersedia banyak sekali template gratis yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV ATS friendly.

Berikut langkah-langkah membuat CV ATS friendly di Canva:

  • Kunjungi website Canva atau unduh aplikasi Canva di ponselmu
  • Cari resume dan pilih template CV yang kamu inginkan
  • Edit informasi yang sudah tertera di template dengan informasi pribadimu
  • Setelah selesai, kamu dapat langsung mengunduh CV dalam format JPG, PNG, atau PDF dengan klik ikon unduh di pojok kanan atas dan klik download

2. Wozber

Website berikutnya untuk membuat CV ATS friendly adalah Wozber. Website ini sederhana karena kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah dan mengisi bagian-bagian yang diberikan. Website ini juga memiliki fitur ATS optimisation di mana kamu bisa memasukkan kualifikasi pekerjaan yang ingin kamu lamar dan website ini akan otomatis menyoroti kata kunci yang harus kamu gunakan. Dengan smart formatting, website ini akan membantu kamu mengatur layout CV sehingga kamu tidak perlu mendesainnya. Kamu hanya perlu memilih template yang kamu inginkan.

Berikut langkah-langkah membuat CV ATS friendly pada website Wozber:

  • Kunjungi website Wozber dan kemudian klik template yang kamu inginkan
  • Selanjutnya klik use this template
  • Setelah itu masukkan data pribadi kamu di bagian yang sudah tersedia
  • Klik ikon tiga baris di pojok kiri bawah untuk memilih setiap bagian CV yang ingin kamu edit
  • Untuk mengedit judul dokumen klik pada bagian pojok kiri atas
  • Setelah memasukkan semua data yang kamu miliki, klik preview
  • Jika kamu masih ingin menambahkan data klik edit, tetapi jika kamu sudah selesai klik download. Klik ikon download untuk mengunduh CV kamu yang sudah ATS friendly

3. Cake Resume

Cake Resume adalah website CV builder yang sangat mudah digunakan. Kamu dapat langsung memilih template yang kamu inginkan dan mengunduh hasilnya dalam bentuk PDF. Fitur terbaik dari website ini adalah kamu dapat meng-import PDF CV kamu yang terdahulu ke website ini, sehingga kamu tidak harus mengisi data dari nol. Kamu juga dapat mengubah data pribadimu di halaman profil sehingga kamu bisa edit data kamu kapan pun dan tidak harus mengedit CV dari awal.

Berikut langkah-langkah membuat CV ATS friendly pada website Cake Resume:

  • Kunjungi website Cake Resume dan pilih template yang kamu inginkan
  • Selanjutnya masukkan data pribadimu ke dalam bagian yang sudah tersedia
  • Jika semua data sudah kamu masukkan, klik download untuk mengunduh hasil CV kamu dalam bentuk PDF

Baca juga: 10+ Cara Membuat CV di HP Menggunakan Aplikasi dengan Praktis

Ciri-ciri CV ATS friendly


Hindari menggunakan foto di dalam CV ATS friendly (Sumber: Pexels)

Beberapa ciri-ciri CV ATS friendly adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan bahasa Inggris
  • Menggunakan format dokumen .doc atau PDF
  • Menggunakan font yang mudah dibaca dan sesuai standar CV ATS
  • Menggunakan layout sederhana seperti bulleted point dan warna yang tidak mencolok
  • Menyisipkan kata kunci dari kualifikasi dan tanggung jawab pekerjaan yang kamu lamar
  • Menyisipkan kata kunci berupa kata kerja atas pencapaian yang telah kamu lakukan pada pekerjaan sebelumnya
  • Menyesuaikan isi CV dengan posisi yang dilamar
  • Menggunakan label yang tepat untuk setiap bagian
  • Menuliskan penjelasan di setiap job desk pada work experience
  • Menuliskan informasi kontak yang dapat dihubungi
  • Hindari menggunakan tabel, logo, foto, header & footer, ikon, atau bagan
  • Hindari menggunakan akronim atau singkatan
  • Hindari kesalahan penulisan atau typo
  • Tidak lebih dari dua lembar
  • Menggunakan template CV ATS

Baca juga: 12 Website Membuat CV yang Menarik dan Profesional 2022

Contoh CV ATS friendly


CV ATS friendly menggunakan layout yang sederhana dan warna yang tidak mencolok (Sumber: Pexels)

Apakah kamu sudah memahami apa saja yang harus kamu sertakan di CV yang ATS friendly? Simak contoh-contoh CV ATS friendly berikut ini agar kamu dapat langsung membuat CV kamu sendiri.

1. Contoh CV ATS friendly untuk account manager


CV ATS friendly untuk account manager (Sumber: Canva)

Untuk melamar posisi sebagai seorang account manager, kamu perlu menuliskan pengalamanmu bekerja sebagai seorang account manager. Jangan lupa untuk menuliskan penjelasan atas hal-hal yang sudah kamu lakukan pada pekerjaanmu sebelumnya.

2. Contoh CV ATS friendly untuk software engineer


CV ATS friendly untuk software engineer (Sumber: Canva)

Untuk melamar posisi sebagai seorang software engineer, penting untuk kamu menuliskan skill yang kamu miliki untuk dapat menunjukkan keahlianmu.

3. Contoh CV ATS friendly untuk graphic designer 


CV ATS friendly untuk graphic designer (Sumber: Canva)

Seorang graphic designer akan menggunakan banyak tools sehingga kamu harus memberi tahu pemberi kerja jika kamu memiliki kemampuan untuk mengoperasikan tools tersebut pada bagian skill.

4. Contoh CV ATS friendly digital marketer


CV ATS friendly untuk digital marketer (Sumber: Canva)

Untuk melamar posisi seorang digital marketer, kamu dapat menyertakan pengalaman bekerja yang pernah kamu lakukan. Jika kamu memiliki pendidikan lain seperti training, kamu juga dapat menuliskan informasi tersebut untuk mendukung pendidikan formal kamu.

5. Contoh CV ATS friendly untuk DevOps engineer


CV ATS friendly untuk DevOps engineer (Sumber: Canva)

Selain menuliskan pengalaman kerja dan skill yang kamu miliki, kamu juga bisa menuliskan tentang sertifikasi yang kamu miliki untuk membuat pemberi kerja mengetahui kelebihanmu yang lain.

Baca juga: 5 Cara Membuat CV di Canva dengan Mudah

Kesimpulannya, jika ingin membuat CV ATS friendly, gunakan keyword yang relevan, tidak perlu memasukkan foto ataupun gambar, memperjelas singkatan, menghindari penggunaan tabel melainkan gunakan heading untuk memisahkan bagian-bagian CV, dan pastikan tidak ada typo dalam penulisan. Selain artikel ini, jika kamu sedang mencari kerja, sign up EKRUT sekarang juga karena banyak kesempatan kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • rezi.ai
  • wozber.com
  • themuse.com
  • novoresume.com
  • resumegenius.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    30 September 2022
    6 min read
    efikasi-diri-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Hubungan efikasi diri dengan tingkat produktivitas kerja

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    5 min read
    Harga_Pokok_Penjualan-HPP_Pengertian__3_komponen__dan_cara_menghitungnya.jpg

    Careers

    Harga Pokok Penjualan (HPP): Pengertian, 3 Komponen, dan Cara Menghitungnya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    30 September 2022
    5 min read

    Video