Published on

Expert's Corner

Executive Manager: Pengertian, Tugas, Tanggung Jawab, Skill dan Gaji 2022

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Executive_Manager_-_Pengertian__Tugas__Tanggung_Jawab__Skill_dan_Gaji_2022.jpg

Executive manager merupakan salah satu jenjang karier yang diinginkan banyak orang. Hal itu tidak terlepas dari peran integral yang dimilikinya dalam setiap perusahaan. Manajer eksekutif bertanggung jawab atas kelancaran operasional dalam suatu tim atau departemen. Sehingga peran dari posisi tersebut sangat nyata terlihat di perusahaan.

Seorang manajer eksekutif biasanya memiliki kemampuan dalam mengorganisir dan pengetahuan kepemimpinan yang cukup luas. Jika kamu tertarik untuk menjadi executive manager, pelajari lebih lanjut mengenai posisi tersebut dan tanggung jawabnya. Dengan begitu, kamu bisa memiliki gambaran atau pemahaman yang lebih jelas. Untuk mempermudah kamu dalam memahami profesi sebagai manajer eksekutif, perhatikan pengertian, manfaat, tugas, kemampuan yang dibutuhkan, serta perkiraan gaji berikut ini.

Apa itu executive manager?


Manajer eksekutif merupakan pemimpin dalam tim yang memiliki tanggung jawab luas. (Sumber: Pexels)

Dilansir dari upskilled.edu, executive manager mengawasi perkembangan, pekerjaan karyawan, perekrutan, pemecatan, hingga keputusan terkait finansial dalam perusahaan. Dapat dikatakan  manajer eksekutif memegang tanggung jawab yang cukup luas. Eksekutif dalam manajemen adalah pemimpin di perusahaan yang merancang dan menerapkan sistem untuk meningkatkan kualitas manajemen.

Oleh karenanya, seorang executive manager dapat ditugaskan untuk mengembangkan strategi atau rencana baru untuk membantu mengembangkan bisnis. Termasuk menemukan cara untuk meningkatkan pendapatan, kepuasan pelanggan, atau mencapai tujuan perusahaan lainnya.

Baca juga: 10 Indikator kepemimpinan yang efektif beserta cara mengukurnya

Manfaat executive manager bagi perusahaan


Manajer eksekutif dapat meningkatkan produktivitas karyawan. (Sumber: Pexels)

Executive manager memiliki peranan penting dalam tim, seringkali juga disebut sebagai tulang punggung perusahaan. Walaupun tidak dapat diukur secara konkret, manajer eksekutif yang baik dapat menguntungkan perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat manajer eksekutif yang penting untuk kamu ketahui.

1. Lebih efisien dalam memecahkan masalah

Manajer eksekutif berkualitas memiliki peran penting dalam memberikan strategi untuk memajukkan perusahaan secara berkesinambungan. Posisi tersebut aktif dalam memantau pekerjaan sehari-hari, sehingga lebih memahami permasalahan yang mungkin terjadi. Jika kamu ada di posisi tersebut, mungkin pernah menghadapi skenario atau masalah serupa sebelumnya dan mengetahui solusi yang tepat. Secara singkat, executive manager dapat meminimalisir permasalahan perusahaan.

2. Meningkatkan produktivitas

Kamu tentu sudah mengetahui bahwa produktivitas memiliki dampak langsung pada kelancaran suatu bisnis. Apabila produktivitas rendah, kecil kemungkinan tujuan perusahaan akan tercapai. Oleh karena itu, perusahaan perlu memberikan perhatian khusus terkait hal tersebut. Nah, seorang executive manager dapat meningkatkan produktivitas secara signifikan. Profesi tersebut biasanya memiliki strategi berdasarkan skill dan pengalaman yang mampu untuk membuat perubahan besar dalam perusahaan.

3. Membantu dalam pertumbuhan bisnis

Agar dapat mengembangkan bisnis dengan sukses dibutuhkan tim-tim yang mumpuni. Executive manager sangat memahami hal itu dengan baik. Profesi ini memastikan bahwa setiap anggota tim bekerja untuk mencapai target atau tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Baca juga: 12 Cara Menjadi Manajer yang Baik dan Sukses

Tugas dan tanggung jawab executive manager


Melaporkan progres dan permasalahan merupakan salah satu tugas manajer eksekutif. (Sumber: Pexels)

Tugas dan tanggung jawab dari executive manager dapat bervariasi tergantung dari masing-masing perusahaan. Hal tersebut bisa saja berdasarkan alur kerja operasional dalam suatu perusahaan. Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab executive manager secara umum yang perlu kamu ketahui.

  • Bekerjasama dengan manajer tim atau departemen lain merupakan tanggung jawab inti manajemen eksekutif
  • Mengawasi operasional dan aktivitas dalam tim
  • Melaporkan progres dalam tim kepada manajemen
  • Mampu berkomunikasi dengan semua orang dalam tim dan manajemen tanpa melibatkan hal personal
  • Menciptakan perubahan dalam tim yang menguntungkan bagi perusahaan
  • Mengatur anggaran dan menerapkan kebijakan serta prosedur untuk mencapai target yang ditetapkan
  • Mengatur perekrutan dan pemecatan karyawan
  • Membuat workload yang seimbang dan strategis untuk mencegah permasalahan dalam tim
  • Menganalisis kinerja data untuk membuat keputusan bisnis terbaik
  • Memantau persaingan untuk mengidentifikasi peluang atau ancaman baru di pasar

Baca juga: Management Trainee: Pengertian, Tugas dan tanggung jawabnya

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi executive manager


Leadership merupakan keahlian yang penting untuk kamu kuasai. (Sumber: Pexels)

Untuk menjadi executive manager, kamu harus memiliki visi yang jelas mengenai arah bisnis dan mengelola sumber daya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Berikut ini beberapa kemampuan yang penting untuk kamu miliki agar dapat menjadi executive manager yang baik.

  • Memiliki kemampuan untuk menetapkan anggaran dan membuat keputusan keuangan yang efektif
  • Kemampuan leadership yang baik dan tahu bagaimana membangun hubungan dengan orang lain
  • Memiliki pola pikir yang kritis untuk mengevaluasi data
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah dalam bisnis dan memberikan solusi terbaik
  • Mampu untuk menilai karakter dengan baik, terutama dibutuhkan saat merekrut karyawan baru
  • Dapat bekerja dibawah tekanan dan memiliki manajemen waktu yang baik
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Manajer eksekutif biasanya diharuskan memiliki setidaknya gelar sarjana. Namun, beberapa perusahaan memilih untuk mencari kandidat dengan gelar master. Memiliki kursus yang relevan seperti, administrasi bisnis, keuangan, akuntansi, manajemen, pemasaran, dan lainnya dapat membuatmu lebih menonjol saat melamar pekerjaan tersebut.

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Kemi Kemajuan Karier

Gaji executive manager


Gaji manajer eksekutif bervariasi dengan berbagai pertimbangan. (Sumber: Pexels)

Gaji untuk posisi executive manager bervariasi dengan mempertimbangkan berbagai hal. Kamu juga bisa mendapatkan tambahan gaji dalam bentuk bonus atau insentif. Tentunya kamu juga bisa melakukan offering dan negosiasi jumlah gaji yang kamu inginkan. Menurut climbtheladder.com, perkiraan gaji executive manager adalah $40,87/jam. Pastinya standar gaji manajer eksekutif di Indonesia berbeda. Jenis perusahaan, tingkat pendidikan, pengalaman, serta skala bisnis, mungkin menjadi beberapa pertimbangan jumlah gaji yang akan didapatkan.

Baca juga: 10 Tips Negosiasi Gaji yang Perlu Kamu Pertimbangkan

Executive manager merupakan profesi yang dapat diraih apabila kamu sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Biasanya dimulai dari posisi tingkat pemula hingga akhirnya naik ke tingkat eksekutif. Jika kamu memiliki pengalaman sebagai asisten manager maka lebih mudah untuk kamu meniti karier sebagai manajer eksekutif.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • niftypm.com
  • upskilled.ed.au
  • climbtheladder.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read
    H1.JPG

    Careers

    Corporate Finance: Tugas dan Tanggung Jawab Hingga Proyeksi Karier 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    Lowongan_Kerja_BUMN_2022__Begini_Tips_Jitu_Lolos_Rekrutmennya!.jpg

    Careers

    Lowongan Kerja BUMN 2022: Begini Tips Jitu Lolos Rekrutmennya!

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    20 September 2022
    6 min read

    Video