Published on

Technology

Instagram luncurkan fitur penanda caption ofensif

Nur Lella Junaedi

fitur-instagram-cegah-caption-ofensif-_EKRUT.jpg

Instagram meluncurkan fitur baru untuk memberikan pemberitahuan atau tanda bagi caption yang dinilai berpotensi menimbulkan perselisihan.

Adapun sistem kerja fitur ini memanfaatkan kecerdasan AI yang ada di Instagram untuk mendeteksi caption yang bersifat ofensif tersebut. 

Nantinya, secara otomatis setelah pengguna menulis caption, Instagram akan mendeteksi bila caption itu dinilai ofensif dan menampilkan tulisan, "This caption look similiar to other that have been reported”. 

Pengguna dapat memilih tiga pilihan yang disediakan yakni, edit caption (untuk mengedit ulang caption), learn more (mempelajari lebih lanjut) dan share anyway (tetap mengunggah). 

Baca juga: Instagram hilangkan fitur like, ini alasannya

Sayangnya, melalui pilihan share anyway pengguna tetap bisa mengunggah caption ofensif itu tanpa resiko diblokir oleh Instagram. 

Selama ini Instagram dikenal sebagai salah satu aplikasi di mana kasus bullying banyak terjadi, baik melalui kolom komentar ataupun pesan instan kepada pemilik akun. 

Dari peluncuran fitur baru Instagram ini, perusahaan ingin menunjukkan komitmen Instagram untuk mengurangi kasus intimidasi secara online.

Selain itu juga, untuk memperingatkan pengguna yang nakal terkait risiko diblokir yang akan mereka alami bila terbukti melakukan pelanggaran ini.

Baca juga: Instagram uji coba stiker musik untuk Instastory

Sebelumnya memang terlihat beberapa upaya Instagram untuk melindungi pengguna dari perundungan lainnya. 

Beberapa fitur itu seperti fitur mematikan komentar, menghilangkan like, membisukan akun, membatasi komentar, sampai menghapus pengikut. 

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share