Published on

Careers

Apa itu digital nomad? Berikut manfaat, peluang kerja, dan 6 tipsnya!

Nur Lella Junaedi

digital-nomad-EKRUT.jpg

Perkembangan dunia digital membuat jenis pekerjaan semakin beragam, salah satunya muncul istilah digital nomad. Apa itu digital nomad? Berasal dua suku kata yakni nomad yang berarti pengembara dan digital yang biasa kita kenal dengan jaringan internet, sinyal atau data. Jadi, secara eksplisit digital nomad adalah individu yang memanfaatkan kecanggihan digital untuk melakukan pekerjaanya serta gaya hidup dengan cara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Umumnya mereka bekerja secara jarak jauh dari kedai kopi, perpustakaan, bahkan kendaraan pribadi yang mereka miliki. Bila kamu penasaran tentang jenis pekerjaan digital nomad, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan antara digital nomad dan freelancer 

digital nomad EKRUT
 Terdapat perbedaan antara pekerjaan digital nomad dan freelance-EKRUT

Saat mendengar kerja jarak jauh, mungkin kamu berpikir bila jenis pekerjaan digital nomad ini hampir sama seperti pekerjaan secara remote, atau pekerja lepas pada umumnya. Namun keduanya berbeda. Berikut adalah perbedaan dari freelancer dan digital nomad.

1. Tempat bekerja 

Sebagaimana kita tahu, bila pekerja freelance kebanyakan bekerja dari rumah dengan seperangkat komputer dan jaringan internet yang dimiliki serta kenyamanan tempat tinggal lainnya. Berbeda halnya dengan digital nomad. Mereka bekerja dari hotel, apartemen, kedai kopi, perpustakaan, pantai dan kendaraan camper van mereka. 

2. Jaringan internet

Perbedaan lainnya yang mencolok antara freelance dan digital nomad adalah terletak pada kekuatan jaringan internet yang dimiliki. Di mana bila kamu bekerja di rumah, sudah pasti jaringan internetnya aman dan kuat tergantung pada provider yang kamu pakai. Sementara, digital nomad sangat tergantung sekali pada kekuatan sinyal di mana mereka bekerja. Perantau digital ini akan ketakutan bila mereka tiba di lokasi yang jauh dari akses internet, tetapi mereka tidak memiliki pilihan lain karena mereka berada di sana. 

3. Sering kali berada di zona waktu yang berbeda

Menjadi hal biasa bagi pekerja nomaden untuk berada di zona waktu yang berbeda dari zona waktu kliennya, sebab mereka bekerja berpindah-pindah tempat bahkan negara. Ini menjadi tantangan bagi digital nomad. Terkadang mereka bekerja di malam hari, untuk mengejar waktu yang sama dengan kliennya di pagi hari.

4. Akuisisi klien 

Tantangan lainnya dari pekerjaan digital nomad adalah sulitnya melakukan akuisisi klien secara reguler. Biasanya ini terjadi karena kurangnya konsistensi dari pekerja digital nomad tersebut. Terlebih karena memerlukan pendapatan yang besar untuk berpindah negara, mereka mencari klien lain yang mampu menggaji lebih tinggi. Hingga tak heran bila mereka berpindah dari klien lama dengan tidak konsisten.

Baca juga: Mau kerja online? Ini profesi yang cocok!

Macam-macam digital nomad

Macam-macam digital nomad
Terdapat macam-macam digital nomad yang perlu kamu ketahui. (Sumber: Pexels)

Dilansir dari Things Nomads Do, Digital nomad memiliki beberapa macam, diantaranya sebagai berikut.

1. Who always on the move

Jenis ini gemar sekali berpindah tempat atau traveling. Biasanya mereka hanya akan berpindah jika sudah menetap di suatu tempat maksimal selama 3 bulan.Kebanyakan orang-orang yang berada dalam jenis ini masih berusia cukup muda. Mereka menyukai sosialisasi dan berpetualang. Di samping menjalankan pekerjaan sebagai digital nomad, kebanyakan dari mereka memiliki usaha bisnis sendiri, karena digital nomad memungkinkan mereka untuk mengerjakan pekerjaan secara fleksibel sehingga mereka dapat menjalankan dua pekerjaan sekaligus.

2. Who stays for 3 to 6 months

Digital nomad jenis ini dapat menetap di suatu tempat dengan rentang waktu 3 hingga 6 bulan. Mereka senang meluangkan waktu untuk menetap jika menemukan tempat baru dan budaya baru di tempat tersebut. Setelah beberapa bulan berlalu, mereka akan merasa cukup dan memiliki keinginan untuk berpindah ke tempat baru lainnya. Namun, selama mereka tinggal di suatu tempat, mereka juga menjelajahi beberapa tempat di sekitar tempat yang mereka tinggali.

3. Who has a home base

Ada juga beberapa orang yang gemar untuk memiliki tempat pulang atau rumah. Mereka cenderung melakukan perjalanan sesekali tetapi seringkali untuk jangka waktu yang lama seperti 1 hingga 3 bulan. Bahkan ketika mereka memiliki home base yang mungkin berada di tempat atau kota yang berbeda dengan tempat asal mereka, mereka masih suka bepergian untuk mendapat pengalaman baru.

Nah, apabila kamu merupakan seorang digital nomads yang suka bepergian namun pada waktu yang sama kamu juga merasa ingin tetap berada di rumah dan tidak ingin meninggalkan tempat tinggal kamu, maka mungkin kamu termasuk dalam tipe ini. 

4. Who stays for a year or more

Jenis pekerja jarak jauh ini merasa benar-benar ingin tahu lebih dalam mengenai budaya lokal yang ada dalam negara atau kota tertentu, yang mengharuskan mereka untuk tinggal menetap lebih lama di tempat tersebut. Mereka ingin belajar lebih dalam mengenai budaya lokal yang ada, hingga dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi penduduk asli setempat.

Baca juga: 7 tips menjadi freelance writer dengan banyak proyek

Manfaat bekerja secara digital nomad

digital nomad EKRUT 
Pekerjaan digital nomad memiliki banyak manfaat salah satunya kamu akan memiliki banyak waktu menjalankan hobi-EKRUT

Meski pekerjaan digital nomad itu berbeda dengan freelance pada umumnya. Nyatanya pekerjaan digital nomad ini memiliki banyak manfaat seperti: 

  • Memiliki lebih banyak waktu untuk hal-hal lain yang kamu sukai dengan menjelajahi tempat-tempat yang kamu suka 
  • Menemukan teman-teman baru dari tempat-tempat asing yang kamu singgahi
  • Mendorong kamu untuk keluar dari zona nyaman, serta memaksa kamu untuk beradaptasi dengan cepat di lingkungan yang baru
  • Bepergian ke tempat baru bisa memotivasi kamu untuk menjadi lebih produktif karena kamu memperoleh banyak inspirasi melalui tempat tersebut. 

Peluang bekerja sebagai digital nomad 

digital nomad EKRUT 
Fiverr jadi salah satu platform yang bisa kamu pakai untuk mencari pekerjaan dalam digital nomad-EKRUT

Bila kamu sudah memutuskan untuk berpetualang dari satu tempat ke tempat lainnya, kamu tidak usah takut kehilangan penghasilanmu. Beberapa peluang sebagai digital nomad bisa kamu ciptakan dengan menjadi YouTuber Traveller dengan mengulas tempat-tempat yang kamu kunjungi. Akan tetapi bila kamu kurang berminat, kamu pun bisa mencari pekerjaan lain di beberapa situs penyedia pekerjaan jarak jauh atau freelance dari luar negeri ini, seperti: 

  • Situs We Work Remotely
  • Situs Remote.co
  • Situs Upwork
  • Situs Fiverr

Baca juga: Kapan harus tolak tawaran freelance?

Jenis pekerjaan digital nomad 

digital nomad EKRUT 
Menjadi penulis jadi salah satu profesi sebagai digital nomad-EKRUT

Adapun jenis pekerjaan yang banyak dilakukan secara digital nomad adalah:

  • Customer service 
  • Penulis 
  • Editor
  • IT 
  • Marketing
  • Software Developer 
  • Transcription
  • Translator
  • Virtual assistant 
  • Akuntan
  • Fotografer
  • Dan lain-lain

Itulah dia jenis pekerjaan digital nomad yang muncul seiring perkembangan digital yang begitu masif serta meningkatnya kebutuhan karyawan akan keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kepuasan hidup. 

Baca juga: 12 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

6 Tips menjadi digital nomad

6 Tips menjadi digital nomad
Terdapat beberapa tips yang perlu kamu ketahui agar bisa menjadi digital nomad yang berhasil. (Sumber: Pexels)

Jika kamu sudah yakin ingin menjadi digital nomad, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Kenali apa saja skill Anda

Ketika kamu sudah berniat untuk menjadi pekerja digital nomad, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggali apa saja skill yang kamu miliki. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan skill tersebut dengan pekerjaan digital nomad yang cocok denganmu.

2. Buat portofolio

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah membuat portofolio. Portofolio berisi hasil karya yang telah kamu miliki sebelumnya, karya ini dapat berupa hasil dari pengalaman kerja yang pernah kamu lakukan. Melalui portofolio, recruiter dapat menentukan kelayakan kamu sebagai calon pekerja hingga menentukan gaji yang sesuai. 

3. Lakukan uji coba

Sebelum kamu benar-benar terjun menjadi digital nomad, lakukan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuanmu. Apakah kamu mampu menjadi pekerja digital nomad atau tidak. Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui manajemen waktu yang kamu miliki, jika memang hasil dari uji coba adalah kamu merasa mampu menjalankan peran digital nomad dengan baik tanpa mengganggu aktivitas lainnya, terutama jika kamu adalah pekerja kantoran atau memiliki bisnis lain, maka kamu memang siap.

Baca juga: 8 Pertanyaan remote workers yang wajib diajukan saat interview

4. Bergabung dengan komunitas digital nomad

Bergabung dengan komunitas digital nomad bisa membuat kamu mendapat banyak informasi penting dari orang-orang yang sudah lebih dulu berpengalaman dalam dunia digital nomad. Selain itu, kamu juga bisa mendapat kemungkinan memiliki partner traveling jika memiliki tujuan yang sama dengan teman dalam komunitas.

5. Buat planning

Ketika sedang dalam traveling perlu adanya jadwal waktu yang teratur agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya. Maka dari itu diperlukan planning yang baik agar kamu dapat menjadi seorang digital nomad yang baik pula. 

6. Cari pekerjaan dengan sistem remote working

Hal ini termasuk poin utama dalam tips menjadi digital nomad, yaitu kamu harus memilih pekerjaan yang bisa dilakukan dengan jarak jauh atau remote working, dengan begitu kamu dapat melakukan perjalanan traveling secara bersamaan. Sekarang banyak perusahaan yang mulai menerapkan sistem remote working yang dapat kamu temui, khususnya perusahaan startup. Maka kamu bisa memulainya dengan mencari lowongan pekerjaan pada perusahaan startup.

Baca juga: 9 Manfaat networking bagi perkembangan karier dan relasi di masa depan

Itulah dia jenis pekerjaan digital nomad yang muncul seiring perkembangan digital yang begitu masif serta meningkatnya kebutuhan karyawan akan keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kepuasan hidup. Kamu bisa mencoba jenis pekerjaan ini. Meski begitu, pada awalnya mungkin menjalani pekerjaan digital nomad tidaklah mudah. Terutama saat kamu harus mengatur jadwal pekerjaan agar klien tidak kecewa. Walaupun begitu, bila kamu penasaran dan memiliki jiwa petualangan yang besar, kenapa tidak kamu coba? 

digital nomad EKRUT
Last update: 21 October 2021

Sumber: 

  • Hubspot.com
  • Intentionaltraveler.com
  • Virtualvocation.com
  • Fiverr
  • Upwork
  • Remote.co
  • Weworkremotely.com
  • Thingsnomadsdo.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    5_Contoh_daftar_riwayat_hidup_yang_profesional_dan_relevan_untuk_ditulis.jpg

    Careers

    8 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Profesional beserta Informasi yang Perlu Dicantumkan

    Sylvia Rheny

    03 October 2022
    8 min read
    ide-bisnis-EKRUT.jpg

    Careers

    Ini 7 ide bisnis untuk karyawan yang mudah dan bermodal kecil

    Tsalis Annisa

    30 September 2022
    5 min read
    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    30 September 2022
    6 min read

    Video