Published on

Careers

Freight Forwarder: Pengertian, Jasa yang Ditawarkan, dan 6 Contoh Perusahaannya

Lita Lia

H1-Pengertian__Jasa_yang_Ditawarkan__dan_(Jumlah)_Contoh_Perusahaannya.jpg

Jika kamu terlibat dalam kegiatan ekspor impor, freight forwarder adalah salah satu istilah yang pasti biasa kamu dengar. Ini adalah nama yang merujuk pada perusahaan yang bergerak dalam jasa pengiriman barang. Tapi, apakah hanya itu tugasnya? Agar lebih jelas, simak pengertian, jasa yang ditawarkan, dan contoh perusahaannya di artikel ini.

Apa itu freight forwarder?


Freight forwarder adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang - Pexels

Freight forwarder adalah perusahaan yang punya peran utama menjalankan segala aktivitas berkaitan freight forwarding. Bertugas mewakili eksportir, importir, shipper, atau consignee untuk semua pengiriman barang, dari pengangkutan, pengiriman, penerimaan, bahkan pengaturan transportasinya yang lebih aman, efisien, dan hemat.

Jadi, forwarder tidak hanya sebatas memindahkan barang, tetapi bertindak sebagai ahli dalam jaringan logistik. Ia bisa menggunakan berbagai mode pengiriman, apakah dengan kapal, truk, pesawat terbang, atau kereta api. Dalam satu pengiriman bisa menggunakan beberapa mode transportasi.

Baca juga: Mengenal dumping dalam perdagangan internasional beserta kelebihan dan kekurangannya

Jasa yang ditawarkan


Tidak hanya mengirim, freight forwarder juga mengemas barang dan memilihkan jasa pengiriman paling tepat - Pexels

Freight forwarder atau usaha jasa pengurusan transportasi, menawarkan jasa penerimaan dan pengiriman barang kargo, impor maupun ekspor, melalui jalur darat, laut, maupun udara, dengan harga dan pelayanan yang bervariasi. Lebih dari itu, freight forwarder adalah solusi pengepakan barang, pengurusan dokumen, asuransi pengiriman, hingga konsultasi dan pengurusan kepabeanan. Semua yang berkaitan dengan pengiriman barang adalah jasa yang ditawarkan oleh freight forwarder.

Baca juga: Mau kerja di luar negeri? Pahami dulu 4 hal ini

Manfaat freight forwarder


Freight forwarder memiliki banyak manfaat dalam pengiriman barang - Pexels

Ketika kamu menggunakan jasa freight forwarder dalam pengiriman barang terutama jalur udara dan laut, baik kamu sebagai importir maupun eksportir, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan. Di antara manfaat freight forwarder adalah sebagai berikut.

  • Pengiriman lebih mudah dan membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat
  • Pengiriman barang tidak bertele-tele dan harga layanan bisa dipilih

Keuntungannya, kamu bisa mengirim barang dalam jumlah besar (kargo) atau hanya sedikit. Prosesnya menjadi lebih efisien dan barang pun akan lebih cepat sampai ke tujuan. Karena itulah, freight forwarder dikenal sebagai perusahaan jasa pengurusan transportasi.

Baca juga: NGO Adalah: Pengertian, 8 Jenis, dan Manfaatnya untuk Masyarakat

Tugas freight forwarder


Freight forwarder tidak hanya bertugas mengirim barang - Pexels

Freight forwarder memiliki rangkap penugasan. Dari mulai jasa kepabeanan, pelayaran, EMKL, bahkan hingga pengiriman door to door seperti kurir pada umumnya. Tugas freight forwarder adalah sebagai berikut.

1. Memilih rute dan moda pengiriman

Mengurangi rute transit agar nantinya waktu pengiriman lebih singkat. Selain itu, juga bertugas dalam memilih moda transportasi yang akan digunakan untuk pengiriman serta memesan ruang muat barang: less than container load (LCL) atau full container load (FLC).

2. Penerimaan barang

Menerima barang dari customer, melakukan sortasi, dan packaging. Setelah barang dikemas rapi dan dipastikan keamanannya, selanjutnya melakukan penimbangan berat dan mengukur dimensinya. Freight forwarder juga bertugas menyimpan barang yang sudah rapi dan diukur pada gudang (warehouse).

3. Pengurusan dan penerbitan dokumen

Berikutnya, tugas freight forwarder adalah mengurus segala dokumen pengiriman barang serta dokumen lain yang dibutuhkan. Freight forwarder harus memahami letter of credit (LC) tentang perdagangan internasional, peraturan yang berlaku di negara impor – transit – tujuan ekspor, serta izin bea cukai.

4. Tugas lainnya

Selain itu, freight forwarder juga memiliki banyak tugas lainnya, yaitu:

  • Mengurus dan mengajukan klaim pada pihak asuransi, jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang
  • Menghitung dan menerima airwaybill maupun bill of lading, dari transport pengangkut barang
  • Membayar biaya handling, freight, dan biaya yang berkaitan dengan pengiriman
  • Mengirimkan barang customer ke tempat tujuan, domestik maupun internasional. Mengirimkan barang melalui pelabuhan laut maupun udara, serta memonitor perjalanan barang dan memastikan telah sampai di tujuannya
  • Menerima barang impor dari pengangkut
  • Melakukan pengurusan bea cukai masuk serta biaya yang tertagih dari pelabuhan transit dan tujuan
  • Mengirim barang dari pelabuhan penerimaan ke warehouse untuk disimpan sementara
  • Menyerahkan barang ke consignee serta mendistribusikannya sesuai permintaan consignee

Baca juga: 5 Benefit menggunakan jasa rekrutmen karyawan bagi perusahaan

Contoh perusahaan freight forwarding


Ada banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang freight forwarder - Pexels

Ada cukup banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang freight forwarder. Beberapa contoh perusahaan freight forwarder adalah sebagai berikut.

1. Linc Group

Sebagai perusahaan freight forwarding yang berdiri sejak tahun 2001, menjadi yang terbesar di Indonesia dengan karyawan hingga 400 orang. Sasaran utama Linc seperti industri-industri maupun perusahaan FMCG, kosmetik, teknologi, hingga ritel. Lokasi perusahaan ini ada di Arteri Permata Hijau – Belleza Gapuraprima Tower Floor, Jl. Letjend Soepeno, No. 34 RT 4/2, Grogol, Kebayoran Lama.

2. JAS Forwarding Worldwide

JAS yang berdiri tahun 1978 di Italia, saat ini termasuk freight forwarder terbesar yang ada di Indonesia. Kamu bisa menemukan kantor ini di JAS Indonesia HQ: Menara Anugrah lantai 17, Kantor Taman E 3.3, tepatnya di Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot: 8.6-8.7, Kawasan Mega Kuningan, Setiabudi, 12950 Jakarta Selatan. Ada juga di PT. JAS Worldwide Indonesia, Bumi Mandiri Tower II, Lt. 8, Genteng, Surabaya 60271.

3. Deliveree

Masuk dalam Top 3 freight forwarder terbesar di Indonesia serta Asia Tenggara. Pelayanan Deliveree mencangkup seluruh wilayah Jawa, Bali, Lombok hingga Sumatera. Deliveree menghadirkan layanan pengambilan dan pengiriman barang khusus jalur darat, melalui aplikasi yang tersedia di web app dan mobile. Lokasi Deliveree freight forwarder adalah di Wisma Anugraha 2nd floor, tepatnya di Jl. Taman Kemang No. 32B, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12730.

4. PT. Damco Warehousing Indonesia

Perusahaan freight forwarder selanjutnya adalah Damco, yang menjadi salah satu cabang perusahaan A.P Moller (Maersk Group). Perusahaan yang memiliki cabang tersebar pada lebih dari 90 negara lebih dari 300 kantor. Lokasinya ada di Jl. Cakung Industri I No. 2, Rorotan, Cilincing, 14140 Jakarta Utara.

5. PT. Prima International Cargo (Prima Cargo)

Perusahaan freight forwarding yang sudah ada sejak tahun 1974. Dengan pelayanan trucking, udara, dan laut. Berlokasi di Gd. Prima Graha, Jl. Warung Jati Timur, No. 4-6 Warung Buncit, 12740 Jakarta.

6. PT. Kamadjaja Logistics

Freight forwarder dari Grup Kamadjaja sudah ada sejak tahun 1968, melayani perusahaan ternama seperti Nestle, Sinar Sosro, Unilever, hingga P&G. Alamatnya ada di Jl. Krembangan Makam 11, Surabaya.

Selain itu, juga masih ada banyak perusahaan freight forwarder lainnya. Misalnya, PT. Satas Transportindo International, PT. Transporindo Lima Perkasa, PT. Masaji Praya Cargo (Samudera Indonesia Group), PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia, dan PT. Putra Soputan.

Pada dasarnya, freight forwarder adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengurusan transportasi. Jadi, tidak hanya sebatas mengirim barang saja. Apakah kamu tertarik untuk bergabung dalam jaringan perusahaan internasional seperti freight forwarder?

Baca juga:  Mengenal Apa itu Embargo? Berikut Pengertian, Jenis, Tujuan, dan 3 Contoh Kasusnya

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • Wikipedia.org
  • Pengadaan.web.id
  • Misterexportir.com
  • Akademisiasuransi.org
  • Logisticsbid.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    30 September 2022
    6 min read
    efikasi-diri-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Hubungan efikasi diri dengan tingkat produktivitas kerja

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    5 min read
    Harga_Pokok_Penjualan-HPP_Pengertian__3_komponen__dan_cara_menghitungnya.jpg

    Careers

    Harga Pokok Penjualan (HPP): Pengertian, 3 Komponen, dan Cara Menghitungnya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    30 September 2022
    5 min read

    Video