Lainnya

30 Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan untuk Dicoba Di Tahun 2022

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Ide_usaha_rumahan_yang_menjanjikan_untuk_dicoba_di_tahun_2022.jpg

Bisnis rumahan kini semakin populer dan banyak dicoba karena dinilai menjanjikan. Simak beberapa ide untuk peluang usaha rumahan yang bisa kamu coba berikut ini.

Bagaimana menemukan ide usaha rumahan yang tepat?


Sebelum membuat bisnis, kamu perlu menentukan ide usaha rumahan yang sesuai kemampuanmu - Pexels

Sebelum membuat dan menjalankan bisnis, kamu perlu menentukan ide usaha rumahan yang ingin kamu buat serta menentukan tempat berjualan dan target pembeli.

1. Menemukan ide usaha rumahan

Ada beberapa cara untuk menemukan ide usaha rumahan, seperti berikut ini.

  • Berdasarkan minat dan hobi, kamu bisa memulai bisnis berdasarkan hal yang kamu sukai sehingga kamu akan menjalani bisnis ini dengan antusias. Contohnya, bisnis rental playstation.
  • Berdasarkan keterampilan dan pengalaman, kamu bisa mendapatkan ide usaha rumahan dari pengalaman atau keterampilan yang kamu punya, seperti bisnis jasa foto dan video.
  • Berdasarkan tren, kamu bisa mendapatkan ide bisnis berdasarkan tren yang sedang populer. Contohnya, bisnis es kepal milo dan es boba milk tea.
  • Melakukan benchmarking, kamu bisa menemukan ide usaha rumahan dengan melihat contoh bisnis lain yang sudah berjalan. Contohnya, melihat tempat berjualan, produk yang dijual, harga produk, dan target pembeli.
  • Marketing knowledge, kamu bisa memanfaatkan ilmu marketing untuk menemukan ide usaha rumahan. Contohnya, membuat bisnis warung kopi dengan WiFi dan colokan listrik untuk target pembeli mahasiswa yang suka nongkrong.
  • Berdasarkan data dan fakta, kamu bisa membangun ide usaha rumahan dari data yang akurat di pasar. Contohnya, bisnis minuman Teguk atau Haus yang laris di pasaran.
  • Berdasarkan masalah, kamu bisa menemukan ide usaha rumahan berdasarkan masalah yang dihadapi masyarakat. Contohnya, berjualan BBM dengan pertamini di area yang minim SPBU.
  • Berdasarkan peluang, kamu bisa membuat bisnis rumahan berdasarkan peluang yang kamu punya. Contohnya, bisnis pecel lele karena tetangga kamu adalah peternak lele.

2. Menentukan tempat berjualan

Hal yang tidak kalah penting adalah menentukan di mana kamu akan berjualan dan di mana pembeli kamu berada. Contohnya, kamu bisa berjualan di rumah dengan target pembeli tetangga di lingkungan rumah kamu.

Untuk kamu yang bekerja di kantor, kamu juga bisa memanfaatkan rekan kerja di lingkungan kantor sebagai target pembeli kamu. Kamu bisa menggunakan sistem pre-order, kemudian hanya membawa produk yang dipesan untuk diserahkan di kantor.

Jika kamu sudah punya anak, kamu juga bisa memanfaatkan circle orangtua di sekolah anak kamu untuk menjadi target pembeli kamu dengan menggunakan sistem pre-order.

Selain itu, untuk mengembangkan relasi bisnis kamu bisa bergabung dengan komunitas bisnis. Dengan bergabung ke komunitas, kamu bisa memperbanyak relasi, melebarkan target pembeli atau mitra bisnis, dan juga bertukar pikiran mengenai bisnis.

Tempat berjualan yang paling ultimate adalah lewat dunia maya atau internet dengan target pembeli yang sangat luas. Ada banyak pilihan tempat berjualan di internet, kamu bisa berjualan lewat e-commerce, media sosial, atau membuat situs untuk bisnis kamu.

Baca juga: 5 ide bisnis rumahan yang menguntungkan dan patut dicoba!

30 Ide usaha rumahan yang bisa buat untung


Salah satu ide usaha rumahan adalah menjadi vlogger atau content creator - Pexels

Berikut beberapa ide usaha rumahan yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan kamu.

1. Berjualan pulsa elektrik dan paket internet

Pulsa elektrik dan paket internet sudah menjadi kebutuhan utama dari mayoritas masyarakat Indonesia. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir soal pembeli dari ide usaha rumahan satu ini.

2. Agen pembayaran elektronik

Kamu pengguna mobile banking? Kamu bisa membantu tetangga atau kerabat kamu yang masih membayar tagihan lewat ATM atau supermarket dengan ide usaha rumahan yaitu menawarkan pembayaran elektronik melalui kamu. Mulai dari pembayaran tagihan listrik, PDAM, internet, telepon, top up dompet digital hingga pembayaran tiket kereta api, pesawat, dan hotel.

3. Menjual barang bekas

Jika kamu punya banyak barang bekas yang sudah tidak terpakai di rumah, kamu bisa coba ide usaha rumahan dengan menjual beberapa barang yang masih layak digunakan. Contohnya, pakaian atau elektronik. Kamu bisa menjual barang bekas milikmu di e-commerce atau media sosial.

4. Dropshipper

Dropshipper adalah orang yang hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik orang lain tanpa perlu membeli produk tersebut atau menyetok barang, sehingga bisnis dropship ini dinilai minim modal.

Menjadi dropshipper berarti kamu hanya bertindak sebagai perantara dan promotor dari produk yang dijual oleh supplier kepada pembeli. Untuk ide usaha rumahan ini, kamu hanya perlu smartphone dan keahlian komunikasi marketing yang baik.

5. Berjualan makanan dan minuman

Bisnis kuliner adalah salah satu ide usaha rumahan yang paling populer karena pasti ada pembeli. Apalagi kalau kamu jago masak dan punya resep favorit, ide usaha rumahan yang satu ini adalah rekomendasi utama untuk kamu.

Kamu bisa berjualan makanan rumahan seperti hidangan sarapan, lauk pauk untuk makan siang, salad buah, kue kering, roti, rice bowl, hingga bisnis katering yang dapat kamu jual di e-commerce dan aplikasi makanan online.

Baca juga: Ini 7 ide bisnis untuk karyawan yang mudah dan bermodal kecil

6. Warung kopi

Bisnis warung kopi adalah salah satu ide usaha rumahan favorit karena tren kopi yang semakin populer, salah satunya tren kopi susu gula aren. Jika kamu bisa membuat secangkir kopi yang enak dan punya lahan seperti teras di rumah, bisnis warung kopi ini mungkin cocok untuk kamu.

7. Berjualan sembako

Berjualan sembako atau membuka toko kelontong di rumah bisa menjadi ide usaha rumahan yang bisa kamu coba. Contohnya, kamu bisa berjualan galon air mineral, gas LPG, dan produk rumah tangga lainnya. Kamu bisa mencari supplier untuk membeli produk atau barang sembako dengan harga lebih murah sehingga kamu bisa menjualnya dengan harga yang tidak terlalu tinggi juga.

8. Jasa laundry kiloan

Ide usaha rumahan yang satu ini mungkin memerlukan modal yang cukup besar untuk membeli mesin cuci. Namun, jika kamu bisa menawarkan jasa cuci yang bersih dan wangi, kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan.

9. Jasa cuci sepatu

Mencuci sepatu terkadang dapat menjadi sesuatu yang tricky, karena jika tidak dikeringkan dengan baik sepatu justru akan mengeluarkan bau tidak sedap. Ubah kesempatan ini menjadi ide usaha rumahan. Dengan bermodal sabun khusus untuk mencuci sepatu, kamu bisa membuka jasa cuci sepatumu sendiri.

10. Jasa titip

Bisnis jasa titip atau jastip ini sebenarnya adalah ide usaha rumahan yang cukup menyenangkan, karena kamu mendapatkan bayaran dengan cara berbelanja untuk orang lain. Untuk kamu yang suka belanja, ide usaha rumahan ini pasti cocok untuk kamu.

11. Social media Influencer

Ide usaha rumahan yang satu ini, dulu terlihat sulit sekali dicapai karena kamu harus punya jumlah pengikut yang banyak. Namun, sekarang ada istilah nano Influencer, yaitu mereka yang memiliki jumlah pengikut 1.000-10.000 akun. Walaupun jumlah pengikut kamu sedikit, kamu bisa meningkatkan engagement kamu, sehingga klien yang memakai jasa posting kamu akan tetap puas.

12. Vlogger atau Content Creator

Menjadi seorang Vlogger atau Content Creator kini bukanlah hal yang sulit. Berbekal kamera smartphone dan aplikasi editing sederhana, kamu sudah bisa menghasilkan video untuk diunggah di YouTube sebagai ide usaha rumahan.

Kunci sukses dari ide bisnis yang satu ini adalah rutin membuat konten dan membuat konten yang berkualitas agar banyak ditonton orang. Sehingga, kamu bisa mendapat adSense dari video yang kamu posting.

Baca juga: 5 pekerjaan online buat milenial, kamu tertarik?

13. Jasa foto dan video

Jika kamu punya keahlian di bidang fotografi dan videografi, kamu mungkin bisa menjual jasa foto dan video seperti untuk foto keluarga atau foto pre-wedding sebagai ide usaha rumahan. Kamu bisa mulai menawarkan jasa kamu kepada teman, keluarga, atau pengikutmu di media sosial.

14. Jasa membuat situs

Di zaman digital ini, situs atau website masih banyak dibutuhkan oleh bisnis maupun individu. Untuk kamu yang punya pengetahuan dan keahlian dalam membuat situs, kamu bisa menawarkan jasa kamu ini sebagai ide usaha rumahan. Misalnya, kepada bisnis UMKM.

15. Desain grafis

Memiliki skill desain grafis dapat membuahkan ide usaha rumahan untuk kamu, salah satunya adalah menjadi Freelancer desain grafis. Kamu dapat mempromosikan diri kamu di platform kerja untuk freelancer dan mendapatkan penawaran proyek dari situs tersebut.

16. Penulis lepas

Jika kamu suka menulis, ide usaha rumahan menjadi penulis lepas ini mungkin cocok untukmu. Serupa dengan desain grafis, kamu bisa mempromosikan diri kamu di platform kerja freelancer untuk mendapatkan pekerjaan menulis artikel, ulasan, script, berita, dan cerita bersambung.

17. Admin media sosial

Kamu jago membuat caption? Mungkin, ide usaha rumahan menjadi admin media sosial bisa kamu coba. Kamu bisa menawarkan jasa kamu kepada bisnis UMKM yang memiliki media sosial untuk mempromosikan bisnis mereka atau kamu bisa menawarkan jasa kamu di platform freelancer.

18. Jasa penerjemah

Untuk kamu yang punya skill di bidang bahasa, misalnya kamu bisa bahasa Inggris, bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Prancis, atau bahkan bahasa daerah. Kamu bisa menjadikan ini sebagai ide usaha rumahan dengan menawarkan jasa penerjemah di platform freelancer.

Baca juga: 5 Pekerjaan online ini bisa jadi alternatif penghasilan tambahan

19. Joki game

Main game ternyata bisa menghasilkan uang, lho. Banyak sekali game online yang cukup sulit untuk mencapai level tinggi, sehingga banyak sekali orang yang menawarkan diri menjadi joki game untuk menaikkan level orang lain. Ide usaha rumahan ini mungkin bisa mendatangkan cuan untuk kamu.

20. Usaha rental kamera

Ide usaha rumahan menyewakan kamera, lensa kamera, dan aksesoris lainnya dapat menjadi peluang untuk kamu yang sudah memiliki banyak kamera yang tidak kamu gunakan. Namun, bisnis ini mungkin memiliki risiko yang tinggi sehingga kamu perlu memiliki sistem yang benar dan disiplin.

21. Penjahit

Kamu punya hobi menjahit? Ubah hobi kamu menjadi ide usaha rumahan agar kamu bisa meningkatkan keahlian menjahit dan juga mendapatkan penghasilan.

22. Jasa cuci motor

Ide usaha rumahan ini terdengar sederhana, namun jika kamu bisa memberikan jasa cuci motor yang bersih dan memuaskan, dengan ini mungkin semakin banyak tetangga kamu yang ingin dicucikan motornya sama kamu.

23. Budidaya tanaman hias

Kamu gemar bercocok tanam? Budidaya tanaman hias dapat menjadi ide usaha rumahan yang menjanjikan, lho. Apalagi karena mengoleksi tanaman hias kini semakin menjadi tren. Kamu bisa merawat tanaman induk kamu sambil membudidaya dengan memindahkan anak tanaman ke pot baru, kemudian kamu bisa jual anakan tersebut secara online.

24. Jasa pembuatan buket bunga dan kado

Untuk kamu yang punya tangan terampil, ide usaha rumahan yang satu ini mungkin cocok untuk kamu. Kamu bisa menawarkan jasa pembuatan buket bunga atau bungkus kado atau mungkin pembuatan seserahan, yang bisa kamu tawarkan kepada mereka yang membutuhkan jasa ini untuk memberikan kado wisuda atau juga kado pernikahan.

25. Jasa penitipan dan perawatan hewan piaraan

Kamu pecinta hewan? Kalau iya, kamu bisa coba ide usaha rumahan yang satu ini. Kamu bisa mengubah sisi di rumah kamu untuk menjadi tempat penitipan hewan. Selain jasa penitipan, kamu juga bisa menawarkan jasa perawatan seperti memandikan hewan. Selain itu, kamu juga bisa menjual beberapa makanan hewan untuk pelanggan kamu.

26. Rental playstation

Kamu masih punya playstation yang sudah tidak terpakai? Mungkin kamu bisa menjadikan ini sebagai ide usaha rumahan dengan membuka rental playstation dengan target anak-anak di sekitar rumah kamu.

27. Warnet

Hebohnya game online membuat warung internet atau warnet tetap menjadi ide usaha rumahan yang bagus. Modal yang diperlukan memang cukup besar karena kamu membutuhkan komputer dan internet yang stabil. Tapi dengan peluang pelanggan yang banyak, kamu bisa mendapatkan modal kamu kembali dalam waktu yang cepat.

28. Jasa service barang elektronik

Jika kamu pintar di bidang elektro atau kamu lulusan sarjana teknik yang sejenis. Kamu mungkin bisa memulai ide usaha rumahan ini. Dimulai dengan menawarkan jasa kamu untuk tetangga di sekitar lingkungan rumah kamu.

29. Jasa service AC

Sama seperti jasa service barang elektronik di atas, jika kamu memiliki keterampilan dan alat untuk bisa membersihkan dan service AC, kamu bisa menawarkan ide usaha rumahan kamu untuk tetangga di sekitar lingkungan rumah kamu dan juga di media sosial.

30. Pertamini

Bisnis pertamini atau menjual bensin eceran ini bisa menjadi ide usaha rumahan yang menjanjikan. Apalagi jika kamu memiliki lokasi yang strategis untuk bisnis pertamini ini.

Baca juga: 12 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

Jika kamu tidak tertarik berbisnis dan ingin mendapatkan pekerjaan kantoran, coba daftarkan diri kamu menjadi talent di EKRUT, yuk! Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Itulah 30 ide usaha rumahan yang bisa kamu coba agar mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk kamu yang masih suka mager atau malas gerak, tonton juga tips menjadi produktif yang satu ini.

Sumber:

  • popbela
  • detik
  • suara
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    jenis-strategi-pemasaran-EKRUT.jpg

    jobs

    12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

    Tsalis Annisa

    02 December 2022
    5 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._Mengenal_Apa_itu_Dispatching__Cari_Tahu_Mulai_dari_Definisi_hingga_Jenisnya_Di_Sini!.jpg

    Careers

    Dispatching Adalah: Pengertian, Definisi, dan Jenis-Jenisnya

    Anisa Sekarningrum

    09 November 2022
    5 min read

    Video