Careers

INFJ Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Beserta Rekomendasi Pekerjaannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Algonz D.B. Raharja

A passionate ecological researcher and writer who loved to learn about SEO and content writing for marketing purposes

H1_INFJ.jpg

Apakah kamu pernah mendengar atau mengerjakan psikotes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator)? Nah, jika kamu pernah mengerjakan psikotes terkait, maka seharusnya kamu juga akrab dengan istilah INFJ yang merupakan salah satu indikator personal dari hasil tes MBTI tersebut. Namun, bagi kamu yang belum pernah mengerjakan dan mendapatkan hasil tes MBTI, tentu istilah INFJ ini amat asing bukan? Oleh karena itu, mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu tipe kepribadian INFJ menurut Tes MBTI.

Baca juga: INFP Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, beserta Rekomendasi Pekerjaannya

Apa itu INFJ?


INFJ merupakan salah satu tipe kepribadian berdasarkan Tes MBTI yang mencakup Introversion, Intuition, Feeling, dan Judging (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa INFJ adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 tipe kepribadian hasil tes MBTI. INFJ sendiri merupakan singkatan dari Introversion, Intuition, Feeling, dan Judging. Tes MBTI yang diciptakan oleh Isabel Myers dan Katherine Briggs ini memakai dasar teori kepribadian dari Carl Jung dengan mengelola berbagai pertanyaan dan jawaban untuk mengukur kepribadian seseorang.

INFJ sendiri merupakan tipe kepribadian berdasarkan tes MBTI yang dikenal sebagai sifat kepribadian seorang konselor. Tipe kepribadian INFJ umum dikenal dengan sosok yang memiliki wawasan visioner.

Tipe kepribadian INFJ juga dikenal memiliki kecenderungan untuk senang membantu orang lain sukses dan menyadari potensi mereka. Seorang INFJ juga cenderung menjadi pemecah masalah dan sangat peka terhadap emosi orang lain. Namun, mengingat ada unsur introver dalam INFJ, maka sosok INFJ umumnya pendiam dan tidak secara terbuka mengungkapkan perasaan mereka kepada orang lain.

Tipe kepribadian INFJ umumnya idealis, sensitif, penyayang, kreatif, dan lembut. Namun dari sisi internal, sosok INFJ adalah orang yang kompleks.

Sosok dengan kepribadian INFJ merupakan individu bertipe kreatif dengan rasa integritas pribadi yang kuat. Seorang INFJ juga tidak segan untuk membantu orang lain untuk mengetahui potensi mereka. Oleh karena itu, sosok INFJ dapat menjadi mentor bagi orang lain untuk meraih suatu tujuan tertentu. Tipe kepribadian INFJ ini secara umum memiliki bakat untuk membantu orang lain dan mencari solusi terhadap suatu masalah.

Baca juga: Inilah Tes MBTI dan 16 Hasil untuk Mendapatkan Karier yang Ideal

Tanda-tanda seseorang yang memiliki kepribadian INFJ


Salah satu tanda kepribadian INFJ adalah kepekaan dalam merasakan perbedaan dan beradaptasi (Sumber: Pexels)

Tipe kepribadian INFJ adalah sosok yang unik, rumit, dan terkadang sangat kontradiktif. Hal ini yang menyebabkan tipe kepribadian ini cukup langka dan tidak begitu umum ditemui. Meski begitu, kita bisa mengetahui tanda-tanda tertentu mengenai tipe kepribadian INFJ ini lewat beberapa hal berikut ini.

1. Merasa berbeda dengan orang-orang di sekitar

Salah satu ciri utama dari seorang INFJ adalah kepekaan. Hal ini termasuk kepekaan mereka sedari kecil untuk menyadari bahwa dirinya berbeda dari orang-orang di sekitar. Kondisi ini membuat orang dengan kepribadian INFJ cenderung gemar “berpura-pura” menjadi seperti orang lain agar diterima dalam suatu komunitas. Bagi sosok INFJ, hal semacam itu dilakukan karena mereka membutuhkan rasa kebersamaan yang harmonis dengan orang-orang di sekitarnya.

2. Memiliki rasa ingin tahu tinggi terhadap kehidupan orang lain

Seorang INFJ memang cenderung untuk mencoba adaptif dalam setiap kelompok pertemanan atau komunitas, namun mereka bukanlah orang yang hanya datang untuk mencari kesenangan semata. Tipe kepribadian INFJ umumnya memiliki kepekaan untuk mencari tahu tentang apa yang terjadi dengan orang lain secara sungguh-sungguh.

Selain mampu bersosialisasi dengan adaptif, sosok INFJ memiliki kemampuan dalam menggali lebih dalam tentang seseorang yang tidak dilihat atau diketahui orang lain. Sosok INFJ tidak mudah tertipu oleh gelagat atau tampilan luar seseorang dan mereka akan mencari tahu lebih dalam tentang bagaimana sebenarnya orang tersebut. Oleh karena itu, sosok INFJ umumnya dikenal sebagai konselor atau menjadi rekan konseling bagi kawan-kawannya.

Baca juga: 10 Tes Kepribadian Online untuk Rekrut Professional Talent

3. Memiliki perencanaan longgar dan batasan sosial

Seorang INFJ memiliki kecenderungan untuk membuat rencana hidup yang matang dan longgar untuk berbagai hal. Perencanaan ini diatur tidak diatur secara ketat dan mengikat, tetapi untuk sekadar memenuhi kenyamanan saja. Oleh karena itu, orang dengan tipe kepribadian INFJ acapkali melakukan sesuatu di luar rencana.

Selain itu, tipe kepribadian INFJ ini memiliki sifat kontradiktif dalam kehidupan sosial. Meski di satu sisi mereka cenderung adaptif dalam relasi, namun mereka memiliki batasan sendiri. Hal ini disebabkan oleh adanya unsur introver yang menghasilkan sikap pemalu, pendiam, dan tertutup, namun di satu sisi mereka menyenangkan dan lucu.

4. Ahli menangani masalah

Seperti yang telah disebut, orang dengan tipe kepribadian INFJ memiliki keahlian di bidang menangani masalah atau mencari solusi. Meski begitu, sosok INFJ tidak memberikan nasihat atau pendapat kecuali orang lain memintanya.

Namun sebaliknya, sosok INFJ umumnya mengajukan pertanyaan untuk membantu orang lain agar lebih memahami situasi dan perasaan mereka sendiri. Umumnya, sosok INFJ memiliki kecenderungan untuk menjadi penengah dan pemberi nasihat tanpa terlihat “sok bijaksana” dalam suatu lingkaran pertemanan.

5. Memiliki batasan dalam introversi

Meski memiliki unsur kepribadian yang introver, namun sosok INFJ memiliki batasan terhadap sifat tersebut. Mereka mungkin suka menyendiri dan berdiam diri. Namun, secara kontradiktif pula mereka tidak bisa sendirian terlalu lama.

Oleh karena itu, sosok INFJ akan bersatu kembali dengan orang-orang terdekatnya yang dianggap benar-benar memahaminya. Percakapan mendalam dengan orang-orang terdekat adalah hal berharga bagi sosok INFJ. Hal ini membuat sosok INFJ mendapat energi positif dari orang lain.

Baca juga: 12 Ciri Kepribadian Ambiver dan Cara Mengembangkannya

Kelebihan dan kekurangan dari tipe kepribadian INFJ


Meski cenderung peka terhadap orang lain, namun sosok INFJ juga keras kepala (Sumber: Pexels)

Seperti beberapa tipe kepribadian lain, tipe kepribadian INFJ juga memiliki kekurangan dan kelebihan tertentu. Menurut situs VeryWellMind, berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan tipe kepribadian INFJ.

Kelebihan INFJ Kekurangan INFJ
Peka terhadap kebutuhan orang lain Berpotensi untuk bersikap terlalu sensitif
Kreatif dan artistik Kadangkala sulit untuk dikenal orang lain secara mendalam
Fokus pada masa depan Keras kepala
Memiliki kedekatan dan relasi yang mendalam dengan beberapa orang Seringkali memiliki harapan terlalu tinggi
Idealis dan senang memikirkan arti kehidupan Tidak menyukai konfrontasi

Baca juga: Kenali Tes DiSC untuk Pahami Karakteristik Kepribadian

Jenis pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian INFJ


Salah satu pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian INFJ adalah pembimbing konseling (Sumber: Pexels)

Berdasarkan definisi, tanda-tanda, dan juga kelebihannya, orang dengan tipe kepribadian INFJ memiliki potensi di beberapa bidang pekerjaan yang sesuai yaitu:

  • Konsultan
  • Pembimbing Konseling
  • Psikolog
  • Penulis
  • Advokat
  • Entrepreneur
  • Aktris/Aktor
  • Guru
  • Fotografer

Beberapa pekerjaan di atas umumnya relevan dengan empat unsur pembentuk kepribadian INFJ. Meski di beberapa titik ada pengecualian menyoal sifat introver yang tentu memiliki batasannya sendiri bagi seorang dengan tipe kepribadian INFJ ini.

Baca juga: 7 Tips Kerjasama Tim untuk Kamu yang Introver

Tips berinteraksi dengan seseorang yang berkepribadian INFJ


Sosok INFJ adalah seorang yang kompleks namun asertif atau tegas dalam hubungan tertentu (Sumber: Pexels)

Meski tidak ada cara atau strategi tertentu dalam menjalin relasi dengan sosok INFJ, namun ada beberapa tips yang mungkin dapat membuat relasi kamu dengan sosok berkepribadian INFJ ini dapat berjalan baik. Adapun beberapa tips tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Dalam persahabatan, sosok INFJ dikenal tertutup dan sulit untuk dikenali lebih dalam. Mereka umumnya menempatkan nilai idealisme tinggi pada hubungan dekat dan dapat dengan mudah terluka. Berinteraksi dengan sosok INFJ memerlukan pemahaman dan rasa mendukung satu sama lain. Selain itu, kamu perlu bersabar untuk mengetahui kedalaman diri seorang INFJ karena mereka tidak suka terlalu terbuka terkait perasaan mereka.
  • Dalam keluarga, sosok INFJ memiliki keahlian dalam memahami perasaan dan cenderung sangat dekat dengan anak-anak mereka. Sebagai orang tua, sosok INFJ memiliki ekspektasi perilaku dan standar tinggi bagi anak-anaknya. Mereka tak jarang akan berprihatin untuk membimbing anak-anaknya dengan penuh kasih. Orang tua dengan kepribadian INFJ akan mudah menyadari potensi individu anaknya.
  • Dalam sebuah relasi, sosok INFJ juga cenderung memiliki pemahaman tinggi terhadap perasaan orang lain dan menikmati suatu hubungan yang dekat. Orang dengan kepribadian INFJ umumnya perlu dukungan dan keintiman emosional lebih. Di samping itu, sosok INFJ adalah orang yang sensitif, sehingga ketulusan, kejujuran, dan keaslian adalah hal pokok yang diharapkan mereka dari pasangannya.

Baca juga: Perusahaan Startup Mulai Pakai Tes MBTI, Apa Fungsinya?

Itulah tadi beberapa hal terkait tipe kepribadian INFJ yang umum diketahui. Tipe kepribadian INFJ merupakan pribadi yang kompleks, sebab di satu sisi tertutup dan introver, namun di sisi lain ia mampu membantu orang lain menemukan potensi mereka maupun membantu mereka dalam situasi sulit atau permasalahan tertentu.

Bagi kamu yang memiliki tanda-tanda atau keahlian di bidang konseling seperti orang berkepribadian INFJ, mungkin kamu perlu menyadari kepribadianmu ini. Selain itu, jika kamu sedang mencari pekerjaan dan ingin berkarier dengan profesi tertentu, maka kamu bisa menyesuaikan hasil Tes MBTI dengan posisi yang akan kamu lamar.

Kamu bisa mencari lowongan kerja lewat EKRUT dengan cukup sekali daftar. Dengan mendaftar lewat EKRUT, kamu bisa berpotensi ditemukan dan direkrut oleh berbagai perusahaan yang menginginkan kandidat baru di posisi yang relevan dengan kamu. Kamu hanya perlu membuat CV terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • truity.com
  • uopeople.edu
  • introvertdear.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video