Published on

Careers

7 Benefit internship program untuk memulai karier secara profesional

Nurina Ulfah

H1_internship.jpg

Internship biasanya melekat pada mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate yang ingin mencari pengalaman kerja. Internship atau yang juga dikenal dengan istilah magang adalah sebuah pelatihan kerja yang biasanya dilakukan mahasiswa semester akhir atau wisudawan baru di sebuah perusahaan.

Internship tentu sangat diminati karena mampu memberikan banyak keuntungan seperti ilmu yang bermanfaat dan pengalaman kerja sebelum benar-benar menapaki dunia kerja yang sebenarnya. Lalu, apa itu internship program? Apa saja manfaatnya? Yuk, temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang internship ini.

Baca juga: Cari pekerjaan sebelum lulus kuliah, kenapa tidak?

Apa itu internship program?


internship program atau biasa disebut dengan magang. (sumber: pexels)

Internship adalah istilah yang mengacu pada periode kerja tertentu yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mahasiswa dan fresh graduate. Biasanya, internship dilakukan selama satu hingga dua belas bulan. Internship identik dengan mahasiswa yang ingin mencari pengalaman kerja sebelum terjun secara nyata di lingkungan pekerjaan. Biasanya, internship menjadi bagian dari pelatihan kerja yang nantinya wajib diikuti oleh mahasiswa, apalagi bagi mahasiswa yang sudah berada di tingkat akhir.

Internship ditujukan bagi mahasiswa sebagai salah satu wadah agar dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan selama berkuliah di kehidupan nyata. Jadi, selain bisa mempelajari berbagai macam ilmu baru, mahasiswa juga dapat menerapkan ilmunya dan belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan yang dihadapi.

Baca juga: 5 Tips tentukan karier buat fresh graduate

Tujuan internship program


salah satu tujuan internship yaitu untuk melatih skills. (sumber: pexels)

Tujuan dilakukannya internship adalah untuk membantu para mahasiswa dan fresh graduate mengetahui sekaligus belajar mengenai dunia kerja yang sesungguhnya. Dengan mengikuti internship, maka pengetahuan dan keterampilan kamu akan meningkat. Hal tersebut akan memberikan rasa percaya diri dan pencapaian yang lebih besar. Ketika kamu berhasil menyelesaikan internship, maka berbagai keterampilan komunikasi, organisasi, dan kerja tim akan meningkat, yang mana keterampilan tersebut akan berguna untuk posisi kerja kamu di masa depan.

Tujuan lain dari internship adalah untuk membantu kamu dalam memperluas relasi atau koneksi. Mereka yang menjadi senior kamu selama internship berlangsung, bisa menjadi mentor yang mampu memberikan informasi dan membimbing kamu selama berkarier.

Baca juga: Magang 2021: Program kampus merdeka dan manfaat untuk kariermu

7 Benefit internship program untuk memulai karier


berikut beberapa benefit internship program. (sumber: pexels)

Internship bisa menjadi langkah awal untuk menyambut karier masa depan. Lalu, apa saja benefit internship bagi mahasiswa dan fresh graduate? Simak 7 benefit internship program untuk memulai karier berikut ini.

1. Merasakan pengalaman bekerja

Manfaat yang bisa kamu dapatkan selama internship adalah mendapatkan pengalaman bekerja. Sebut saja pengalaman ini sebagai pemanasan sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Selama menjalani internship, ada banyak hal yang bisa dipelajari seperti sistem kerja suatu perusahaan, etika kerja, dan mempraktikkan langsung ilmu yang selama ini sudah kamu pelajari di bangku kuliah.

Agar tidak salah dalam memilih perusahaan, sebaiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu. Jika kamu berhasil masuk perusahaan yang kamu inginkan, maka proses internship kamu akan berjalan sesuai rencana dan banyak ilmu yang diperoleh. Sehingga ketika sudah terjun ke profesi yang selama ini diimpikan, kamu sudah punya bekal dan bisa lebih mudah beradaptasi.

2. Menambah kenalan atau relasi baru

Selain pengalaman, selama internship kamu juga akan bertemu dengan orang-orang baru. Oleh karena itu, cobalah menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang yang ada di perusahaan. Di sana, kamu akan berjumpa dengan para senior yang sudah profesional di bidangnya. Kamu bisa belajar tentang bagaimana cara meningkatkan karier dan mengembangkan potensi diri. Oleh karena itu, koneksi sangat penting dalam berkarier karena semakin banyak koneksi, maka semakin banyak peluang berkarier dan pengembangan diri.

3. Keluar dari zona nyaman

Dunia kampus dan dunia kerja tentu sangat berbeda. Saat masuk ke dunia kerja, kamu harus mengeluarkan segala kemampuan yang dimiliki agar kamu bisa memberikan kontribusi untuk perusahaan. Walaupun kamu harus berusaha keras dalam hal ini, namun manfaatnya bisa kamu petik di kemudian hari. Dengan begitu, kamu jadi tahu lebih dalam potensi kamu, sejauh mana kemampuan kamu, dan apa yang perlu ditingkatkan lagi.

4. Mengasah skill komunikasi

Saat menjalani internship, kamu akan bertemu dengan banyak orang, mulai dari para senior, hingga rekan kerja ataupun klien. Tentunya, cara menjalin komunikasi dengan mereka tidak sama ketika kamu berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Tanpa kamu sadari, kemampuan komunikasi kamu akan meningkat karena hal tersebut, sehingga akan sangat berdampak pada kehidupan karier kamu di masa depan.

Baca juga: 5 Contoh CV mahasiswa dan tips membuatnya agar lebih profesional

5. Merealisasikan ilmu yang sudah dipelajari

Manfaat lain dari menjalani internship adalah bisa merealisasikan seluruh ilmu yang sudah dipelajari selama kuliah. Jika dulu kamu hanya belajar, kini kamu bisa mempraktikkannya secara langsung. Untuk itu, sangat penting mencari tempat magang yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai.

6. Menambah pengalaman dalam Curriculum Vitae (CV)

Saat perekrutan karyawan baru, pihak HRD tentu akan mengutamakan orang yang sudah punya pengalaman kerja. Nah, momen internship ini bisa dicantumkan dalam curriculum vitae (CV)  sebagai pengalaman kerja. Terlebih jika kamu pernah menjalankan internship di perusahaan bonafit, hal ini akan sangat menguntungkan. Apalagi jika kamu memperoleh prestasi ketika menjalankan internship di perusahaan tersebut, tentu hal ini bisa menjadi nilai plus sehingga persentase kamu diterima kerja akan semakin besar.

7. Dari karyawan intern jadi karyawan tetap

Sebagian orang menganggap bahwa masa internship adalah masa latihan kerja saja. Selain itu, upah yang diterima oleh karyawan intern umumnya lebih kecil dan jauh berbeda dari karyawan tetap dalam perusahaan. Hal tersebut membuat sebagian orang menjadi tidak serius dalam menjalankan internship.

Anggapan itu justru keliru dan harus dihindari, sebab banyak perusahaan yang akhirnya merekrut karyawan intern karena memiliki performa kerja yang baik. Daripada repot melakukan seleksi karyawan baru, perusahaan justru lebih mengutamakan karyawan intern yang sudah memiliki potensi untuk langsung bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: 7 Contoh cover letter dan tips agar dilirik HRD

Itulah pengertian dan benefit yang dapat diambil dari internship program. Jika kamu tertarik untuk mengikuti internship, EKRUT punya segudang informasi tentang ini, lho! Mulai dari lowongan pekerjaan, diskusi pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

sign up EKRUT

Sumber:

  • accurate.id
  • mas-software.com

Tags

Share