Published on

Careers

Magang 2021: Program Kampus Merdeka dan manfaat untuk kariermu

Tsalis Annisa

pengalaman-magang-EKRUT.jpg

Pengalaman magang tak sekadar mampu membantu meningkatkan pengetahuan, tapi juga membantu masa depan kariermu. Agar kamu lebih semangat dalam menjalani magang, kamu perlu memahami pentingnya hal ini bagi kehidupanmu nanti.

Berikut ini adalah alasan pentingnya pengalaman magang yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Jen Fitzpatrick, dari magang hingga jadi petinggi Google

Mengenal Program Kampus Merdeka 2021

Mengenal Program Kampus Merdeka 2021
Program Kampus Merdeka 2021 merupakan program milik Kemdikbud Ristek. (Sumber: Pexels)

Program Kampus Merdeka 2021 merupakan program yang diusung Kemdikbud Ristek dengan 8 program di dalamnya, salah satunya terdapat Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka. Program magang ini bertujuan untuk memberi peluang kepada mahasiswa untuk dapat belajar serta mengembangkan diri di luar perkuliahan dengan mengikuti program ini.

Program magang ini berlangsung selama 1–2 semester yang terbuka untuk semua jurusan S1. Program magang bersertifikat kampus merdeka memiliki batas akhir pendaftaran pada 31 Juli 2021 di laman website milik Kampus Merdeka.

Baca juga: Cari pekerjaan sebelum lulus kuliah, kenapa tidak?

6 Manfaat pengalaman magang untuk masa depan kariermu

6 Manfaat pengalaman magang untuk masa depan kariermu
Pengalaman magang dapat menentukan perkembangan kariermu di masa depan. (Sumber: Pexels)

Pengalaman magang tak sekadar mampu membantu meningkatkan pengetahuan, tapi juga membantu masa depan kariermu. Agar kamu lebih semangat dalam menjalani magang, kamu perlu memahami pentingnya hal ini bagi kehidupanmu nanti.

Berikut ini adalah alasan pentingnya pengalaman magang yang perlu kamu ketahui.

1. Memahami realita dunia kerja

Bergabung di sebuah perusahaan sebagai pegawai magang, bukanlah hal yang buruk. Pasalnya dengan begini, kamu akan memiliki pengalaman untuk belajar, berkontribusi, dan memahami bagaimana dunia kerja secara nyata. Pengalaman magang juga akan membantu dan mengajarkanmu berkaitan dengan tujuan karir yang ingin kamu capai. Selain itu, pengalaman ini menjadi cara untuk menerapkan pekerjaan yang terkait dengan jurusanmu maupun pilihan karir lainnya.

2. Memperbanyak jaringan profesional

Pengalaman magang seringkali memberikanmu kesempatan untuk menghadiri meeting, maupun event. Dengan berinteraksi bersama kaum profesional kamu bisa memperbanyak koneksi baru dan belajar bagaimana cara berkomunikasi dalam lingkungan profesional. Tak hanya itu, pengalaman magang akan memperkenalkanmu pada banyak sumber dan informasi bermanfaat yang memberikanmu kesempatan untuk bertemu dengan berbagai jenis kamu profesional di bidang yang kamu tekuni. Kamu juga bisa mendapatkan referensi dan menemukan kesempatan kerja dari mereka.

3. Menjadikan CV lebih menarik

Sebagai mahasiswa, memiliki curriculum vitae yang menarik untuk melamar kerja setelah lulus adalah hal yang penting guna mendapatkan kesempatan dengan lebih mudah. Selain pengalaman berorganisasi, pernah magang di sebuah perusahaan juga dapat menjadi nilai tambah. Bahkan tidak jarang sebuah perusahaan justru akan menjadikan karyawan magang sebagai karyawan kontrak, atau bahkan tetap. Menarik, bukan?

Baca juga: 6 Contoh cover letter ini bantu kamu sukses menarik perhatian HRD

4. Lebih ahli dalam mengefisienkan waktu

Sebagai karyawan magang, kamu mungkin juga akan menjadi master dalam manajemen waktu. Di mana kamu bisa menjadi lebih paham bagaimana mengatur waktu dengan baik sebelum kamu memasuki dunia kerja sesungguhnya. Ketika kamu bekerja selama magang, kamu akan berhadapan dengan lingkungan profesional yang sangat memperhitungkan setiap menit dalam kerjanya. Manajemen waktu adalah hal vital dalam setiap urusan, baik dalam hal menghadiri meeting, menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu, dan sebagainya.

5. Lebih berpotensi dilirik perekrut

Sebagian perekrut akan melihat pengalaman magangmu sebagai nilai lebih. Hal ini akan lebih memudahkan perekrut untuk melihat bagaimana cara kerjamu berdasarkan pengalaman sebelumnya. Oleh karena itu, memiliki pengalaman bekerja sebelum lulus kuliah dengan bekerja paruh waktu atau magang akan sangat membantu.

6. Sebagai fondasi karir

Pengalaman magang membantumu dalam memberikan fondasi karir lebih baik. Hal ini penting, itulah kenapa kamu perlu juga memilih industri yang sesuai dengan minat dan prospek karir yang kamu inginkan. Perlu diingat, perusahaan sering menggunakan internship sebagai alat rekrutmen untuk menguji kemampuan dari karyawan magang apakah selanjutnya bisa menjadi karyawan setelah lulus. Jadi, pastikan kamu memilik sikap yang baik dan melakukan tugas magang dengan baik.

Itulah beberapa alasan pentingnya magang bagi masa depan karier. Selain kamu berpotensi untuk menjadi karyawan perusahaan tersebut, magang juga membantu kamu lebih siap dalam menghadapi dunia kerja.

Baca juga: Kemampuan profesional ini bantu kamu sukses di usia 40 tahun

5 Platform terbaik mencari program magang

Mengenal Program Kampus Merdeka 2021
Sebelum mendapat pengalaman magang yang berkesan, langkah utama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui platform terbaik mencari magang. (Sumber: Pexels)

Di bawah ini merupakan beberapa platform yang dapat memudahkan kamu untuk mencari lowongan magang, diantaranya :

  1. Glassdoor
    Glassdoor memiliki situs dengan jumlah pengguna lebih dari 30 juta, serta dalam waktu satu bulan Glassdoor mampu menawarkan pekerjaan dengan jumlah lebih dari 9.000 pekerjaan. Glassdoor memiliki keunggulan berupa penawaran pencarian kerja yang instan dalam hal gaji hingga deskripsi wawancara kerja.
     
  2. JobsDB
    JobsDB merupakan situs yang telah berdiri sejak 1998 di Hongkong, kemudian membuka cabangnya di Indonesia pada tahun 2000. Hingga saat ini JobsDB telah menjadi situs magang yang diminati banyak orang hingga tercatat lebih dari 2.000.000 pelamar kerja.
     
  3. LinkedIn
    Didirikan pada 2002, LinkedIn merupakan perusahaan yang menawarkan berbagai macam lowongan kerja, tidak hanya magang. Selain itu, di LinkedIn kamu dapat terhubung dengan kolega, membangun jaringan industri, hingga berdiskusi mengenai ide bisnis. Terdapat banyak fitur yang ditawarkan oleh LinkedIn, diantaranya kamu dapat berkirim pesan melalui fitur messaging, lalu juga terdapat fitur home dimana kamu dapat mengunggah apa saja termasuk pengalamanmu dalam bekerja, hingga sharing tips yang berhubungan dengan pekerjaan. 
     
  4. Internship
    Internship sendiri merupakan situs multinasional yang menawarkan pekerjaan di beberapa negara. Sama dengan LinkedIn, situs ini tidak hanya menawarkan magang namun juga pekerjaan penuh waktu. Selain itu laman website www.internships.com ini juga memberi berbagai solusi mengenai pekerjaan, dimana hal ini sangat membantu bagi pemula atau fresh graduate.
     
  5. Idealist
    Terakhir, kamu juga dapat mengunjungi situs www.idealist.org/en/ untuk mencari lowongan magang. Situs ini merupakan organisasi non-profit yang telah berhasil mencakup lebih dari 20 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia, selain itu tiap bulannya memiliki jumlah pelamar kerja lebih dari 2.000 orang.

Baca juga: 5 tips tentukan karier buat fresh graduate

Agar lebih memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan tanpa perlu mengganggu proses kuliah atau magangmu, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di EKRUT untuk membantumu untuk mendapatkan pekerjaan tanpa perlu melamar ke sana-sini.

pengalaman magang - EKRUT

 

 



Last update: 22 September 2021

Sumber:

  • fremont.edu
  • thebalacancescareers.com
  • kompas.com
  • xscholarship.com
  • campuspedia.id

Tags

Share