Careers

INTP Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, beserta Rekomendasi Pekerjaannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Algonz D.B. Raharja

A passionate ecological researcher and writer who loved to learn about SEO and content writing for marketing purposes

H1_INTP.jpg

Jika kamu pernah mendengar tentang tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) maka kamu tentu tidak asing dengan istilah INTP. Sebagai salah satu kombinasi kepribadian atau personality, INTP juga digunakan sebagai salah satu aspek dalam menentukan pekerjaan yang cocok untuk seseorang. Nah, untuk lebih memahami mengenai apa itu INTP maka kamu perlu menyimak ulasan berikut ini.

Baca juga: Inilah Tes MBTI, 16 Hasil untuk Mendapatkan Karier yang Ideal

Apa itu INTP?


INTP merupakan tipe kepribadian yang meliputi introverted, intuitive, thinking, dan perceiving (Sumber: Pexels)

INTP merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian menurut MBTI yang terdiri dari sikap Introverted, Intuitive, Thinking, dan Perceiving. INTP umumnya digambarkan sebagai seseorang dengan kepribadian yang pendiam dan analitis. Orang-orang dengan kepribadian INTP gemar menghabiskan waktu sendirian, memikirkan cara kerja analitis, dan menemukan solusi untuk suatu masalah.

Secara spiritual, umumnya orang dengan kepribadian INTP memiliki dunia batin yang kaya dan lebih suka memusatkan perhatian pada pikiran internal daripada dunia luar. Orang dengan kepribadian INTP secara khusus cenderung dekat dengan kelompok atau lingkaran sosial tertentu dan tidak terlalu luas.

Orang dengan kepribadian tipe INTP menggambarkan seseorang yang memiliki energi untuk menyendiri (Introvert), fokus pada ide atau konsep daripada fakta atau detail (Intuitive), membuat keputusan berdasarkan logika dan alasan (Thinking), dan lebih suka pada hal spontan dan fleksibel daripada perencanaan terorganisasi (Perceiving).

Di tempat kerja, orang dengan kepribadian INTP umumnya termotivasi untuk memecahkan masalah kompleks dengan cara yang orisinal dan inovatif. Hal ini mendorong seseorang dengan kepribadian INTP untuk menemukan pula solusi kreatif untuk masalah yang abstrak. Namun, mereka pada dasarnya jarang memiliki banyak minat dalam tradisi organisasi dan memilih untuk menempa jalan mereka sendiri untuk berinovasi.

Baca juga: Perusahaan Startup Mulai Pakai Tes MBTI, Apa Fungsinya?

Tanda-tanda seseorang memiliki kepribadian INTP


Seorang INTP memiliki tanda-tanda utama yaitu cenderung berpikir mendalam dan analitis yang berpusat pada dirinya sendiri (Sumber: Pexels)

Tanda-tanda seorang dengan kepribadian INTP dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu sebagai berikut.

  • Kecenderungan berpikir secara mendalam (reflektif) terhadap diri sendiri
  • Memiliki pemikiran uniknya sendiri dan umumnya tidak konvensional
  • Pikiran adalah bagian paling aktif dari seorang INTP
  • Orientasi ke dalam diri membuat mereka tidak terlalu memperhatikan hal-hal dangkal di luar diri seperti penataan rumah, model pakaian, dan berbagai hal eksternal yang tidak substansial lain
  • Tidak terlalu peduli atau tertarik dengan obrolan ringan atau basa-basi
  • Bersemangat saat membahas tentang sains, matematika, komputer, atau teori-teori alam semesta
  • Terpaku pada realitas
  • Penyampaian ide kompleks dengan lugas
  • Ketelitian intelektual tersampaikan dengan santai dan mudah dinalar orang lain
  • Umumnya lebih berbasis pada logika dan tidak begitu memusingkan lingkup norma atau kesopanan dalam suatu ruang sosial, sehingga mungkin menyinggung orang lain

Baca juga: 12 Jenis Contoh Soal Tes Psikotes Beserta Tips Pengerjaannya

Kelebihan dan kekurangan tipe kepribadian INTP


Seorang INTP memiliki kekurangan yaitu kurang peka terhadap lingkungan sosial sekitar (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disebutkan di atas, seorang INTP memiliki tanda-tanda umum dengan ciri khasnya berorientasi pada pikiran dan logika. Selebihnya, seorang INTP memiliki kelebihan dan kekurangan yang adalah sebagai berikut.

Kelebihan INTP Kekurangan INTP
Berpikir logis dan objektif Sulit dikenal
Pemikir yang abstrak Umumnya tidak peka terhadap orang lain di sekitar
Mandiri Cenderung meragukan diri sendiri
Setia dan penuh kasih sayang kepada orang yang dicintai Butuh perjuangan untuk mengikuti aturan
Memiliki pikiran yang idealis terhadap pengetahuan dan prinsip individu Kesulitan mengungkapkan perasaan

Baca juga: 8 Jenis Aptitude Test yang Ada dalam Proses Rekrutmen

Jenis pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian INTP


Kedalaman berpikir dan independensi seorang INTP relevan dengan beberapa profesi seperti saintis di bidang matematika (Sumber: Pexels)

Memiliki kecenderungan untuk berpikir logis dan objektif adalah salah satu keunggulan seorang INTP. Seorang INTP menikmati konsep teoretis dan abstrak serta relevan dengan keterampilan penalaran yang kuat. Kedua hal tersebut juga berhubungan dengan sains dan berpikir kreatif. Kebebasan dan otonomi pribadi juga menjadi kekuatan seorang INTP, sehingga pekerjaan seorang INTP umumnya harus fleksibel dan penuh kemandirian.

Beberapa kecenderungan sifat seorang INTP ini secara umum dapat merujuk pada berbagai pekerjaan atau profesi seperti:

  • Software developer
  • Engineer
  • Physicist
  • Computer programmer
  • Matematikawan
  • Ahli farmakologi
  • Saintis forensik
  • Antropolog 
  • Arkeolog
  • Astronom

Baca juga: INFJ Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Serta Karier

Tips berinteraksi dengan tipe kepribadian INTP


Berinteraksi dengan seorang INTP harus sabar dan to the point karena mereka tidak suka bahasan basa-basi (Sumber: Pexels)

Untuk dapat berinteraksi atau membangun relasi dengan seorang INTP, seseorang perlu memperhatikan beberapa hal terkait kecenderungan sifat mereka. Seorang INTP umumnya bisa amat lambat untuk menjalin persahabatan. Namun, mereka adalah seorang yang fokus terhadap kepentingan bersama, sehingga seorang INTP biasanya memiliki jaringan relasional terbatas. Di samping itu, seorang INTP mungkin bisa membuat orang tidak nyaman dengan sifat individunya. Hal ini memerlukan pengelolaan emosi yang cukup dan kembangkanlah percakapan mendalam serta berbagi minat.

Dalam relasi bersifat romantik, seorang INTP umumnya memiliki komitmen yang kuat. Mereka jujur dan berterus terang. Meski begitu, seorang INTP tidak pandai memahami perasaan atau kebutuhan emosional orang lain. Tentu saja hal ini menjadi tugas tambahan bagi partner INTP dalam berterus terang mengenai harapan dan kebutuhannya. INTP memiliki kemauan kuat untuk memperjuangkan idealismenya, hal ini juga harus dipahami oleh seseorang yang tengah berhubungan secara romantik dengan mereka.

Baca juga: 10 Jenis Psikotes Kerja yang Sering Digunakan dalam Proses Rekrutmen

Itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang tipe kepribadian INTP beserta beberapa tanda-tanda, kekurangan dan kelebihan, serta tips berinteraksi dengan mereka. Menjadi seorang INTP secara umum penuh dengan pergulatan pikiran dan intelektual, oleh karena itu, bukan hal yang mudah bagi orang lain untuk masuk dalam dunia seorang INTP. Namun, relasi dengan INTP tetap bisa dilakukan dengan kiat dan langkah tertentu.

Nah, bagi kamu yang tengah menentukan karier paling tepat buatmu, EKRUT hadir sebagai rekan profesional untuk kamu. EKRUT akan memberimu berbagai informasi mengenai karier dan juga kesempatan untuk direkrut berbagai perusahaan di Indonesia. Kamu hanya perlu menyiapkan CV dan portofolio terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • truity.com
  • verywellmind.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    29 November 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video