Lainnya

7 Pekerjaan yang Cocok dan Sesuai untuk Kepribadian ISTP

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_7_Pekerjaan_yang_Cocok_dan_Sesuai_untuk_Kepribadian_ISTP.jpg

Salah satu cara untuk menemukan pekerjaan yang cocok adalah melalui jenis kepribadian yang kita miliki. Bagi kamu yang memiliki kepribadian ISTP kamu pasti sangat menyukai hal-hal baru. Menemukan hal baru dan banyak belajar pada pekerjaan yang kita jalani adalah sesuatu yang diinginkan oleh para pemilik kepribadian ISTP. Lantas, apa saja pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan kepribadian ISTP? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu kepribadian ISTP?


Kepribadian ISTP dikenal sebagai kepribadian yang senang mengeksplorasi ide. Sumber: Pexels

ISTP atau Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving adalah salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Kepribadian ISTP adalah salah satu kepribadian yang cenderung senang untuk mengeksplorasi ide melalui penyelesaian suatu masalah dan apa yang pernah mereka alami sebelumnya. Tak heran jika orang-orang dengan kepribadian ISTP sangat senang berbantu dan berbagi pengalaman mereka terhadap orang-orang disekitarnya.

Baca juga: 10 Tes kepribadian online untuk rekrut professional talent

Karakteristik umum kepribadian ISTP


Umumnya pemilik kepribadian ISTP adalah seseorang yang spontan dan rasional. Sumber: Pexels

Kepribadian ISTP memiliki beberapa karakteristik umum. Berikut adalah beberapa karakteristik umum dari kepribadian ISTP.

1. Spontan dan rasional

Spontan dan rasional adalah salah satu karakteristik dari pemilik kepribadian ISTP. Hampir semua pemilik kepribadian ISTP adalah orang-orang dapat melakukan suatu hal dengan tiba-tiba, tanpa suatu perencanaan. Namun, sikap spontan ini dibarengi dengan karakteristik rasional dimana mereka akan bersikap sesuai dengan nalar dan logika mereka.

2. Sangat menyukai belajar

Bagi pemilik kepribadian ISTP, belajar dan mencoba hal baru adalah salah satu hal yang mereka suka. Mereka cenderung punya rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga selalu mencari tahu tentang banyak hal. Orang-orang dengan kepribadian ISTP biasanya sangat suka mempelajari hal-hal yang dapat diterapkan di lingkungan sekitar mereka.

3. Memecahkan masalah dengan baik

Seseorang dengan kepribadian ISTP digambarkan sebagai orang yang dapat memecahkan masalah dengan baik. Mereka cenderung tertutup ketika menghadapi sebuah masalah. Namun dibalik tertutupnya mereka ketika menghadapi masalah, mereka berusaha untuk tetap fokus dan tenang sehingga dapat memecahkan masalah dengan baik.

4. Objektif dalam memberi penilaian

Kepribadian ISTP cenderung objektif dalam memberikan penilaian terhadap suatu hal. Mereka akan tetap menilai berdasarkan nilai pribadi yang mereka anut. Pemilik kepribadian ISTP akan memberikan yang terbaik dan menilai secara terbuka dan jujur.

Baca juga: Inilah tes MBTI, 16 hasil untuk mendapatkan karier yang ideal

Kelebihan dan kekurangan kepribadian ISTP


Seorang ISTP mahir dalam memprioritaskan sesuatu. Sumber: Pexels

Seperti kepribadian-kepribadian lainnya, kepribadian ISTP juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari karakteristik ISTP adalah mereka tahu mana yang masuk kedalam prioritas dan tahu cara bagaimana memprioritaskan hal-hal yang penting bagi mereka. Selain itu, individu dengan kepribadian ISTP adalah seseorang yang kreatif dan menyukai hal yang practical. Kelebihan lainnya dari pemilik kepribadian ISTP adalah mereka memiliki sifat optimis yang tinggi.

Namun, orang-orang dengan kepribadian ISTP kurang suka berkomitmen. Bagi mereka komitmen adalah hal yang berat. Selain itu, mereka cenderung keras kepala. Kekurangan lain dari kepribadian ISTP adalah mereka mudah bosan dan kurang peka terhadap sekitar.

Baca juga: INFJ Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Beserta Rekomendasi Pekerjaannya

Berapa persen pemilik kepribadian ISTP di seluruh dunia?


Laki-laki dengan kepribadian ISTP lebih banyak dibandingkan perempuan. Sumber: Pexels

Dilansir dari situs truity, pemilik kepribadian ISTP di seluruh dunia berjumlah 5% dari populasi secara umum. Kepribadian ISTP menduduki posisi tipe kepribadian yang paling umum urutan ketiga bagi para laki-laki. Kepribadian ISTP didominasi oleh para laki-laki karena 9% laki-laki memiliki kepribadian ini. Sedangkan bagi para perempuan, kepribadian ISTP adalah kepribadian yang cukup langka, jumlah wanita dengan kepribadian ISTP hanya 2%.

Baca juga: 12 Ciri kepribadian ambivert dan cara mengembangkannya di dunia kerja

Karier yang cocok untuk kepribadian ISTP


Menjadi seorang teknisi listrik adalah salah satu pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ISTP. Sumber: Pexels

Bagi kamu yang memiliki kepribadian ISTP, berikut beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk para pemilik kepribadian ISTP.

1. Civil engineer

Pekerjaan pertama yang cocok untuk kepribadian ISTP adalah civil engineer. Menjadi seorang insinyur teknik sipil adalah sebuah pekerjaan yang ideal bagi pemilik kepribadian ISTP. Para civil engineer akan menghabiskan banyak waktu di lapangan untuk menyelesaikan proyek-proyek konstruksi. Bagi para pemilik kepribadian ISTP yang sangat suka sesuatu yang praktikal, pekerjaan sebagai civil engineer sangat cocok untuk ditekuni.

2. Chemical plant operator

Pekerjaan kedua yang cocok untuk kepribadian ISTP adalah chemical plant operator. Sebagai orang-orang yang sangat detail-oriented, pekerjaan ini sangat cocok. Seorang chemical plant operator harus memastikan peralatan kimia dapat berfungsi dengan baik. Mereka juga harus memastikan kondisi kerja aman setiap saat.

3. Electrical engineer

Pekerjaan ketiga yang cocok untuk kepribadian ISTP adalah electrical engineer. Selain menjadi seseorang yang bekerja di bidang konstruksi, seorang ISTP juga sangat cocok untuk menjadi electrical engineer. Bidang ini sangat memungkinkan para pemilik kepribadian ISTP mempelajari banyak hal tentang industri khusus yang mereka kerjakan dan menerapkan pengetahuan yang telah mereka pelajari untuk memecahkan masalah.

4. Property manager

Pekerjaan keempat yang cocok untuk kepribadian ISTP adalah property manager. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk memecahkan masalah dengan baik seputar properti. Bagi seseorang yang memiliki kepribadian ISTP, mereka akan berkembang dalam situasi pekerjaan sebagai property manager karena mereka akan bekerja untuk menyelesaikan tantangan dengan keputusan-keputusan yang mereka ambil.

5. Paralegal

Pekerjaan kelima yang cocok untuk kepribadian ISTP adalah paralegal. Paralegal pada dasarnya adalah asisten dari pengacara. Sebagai paralegal, kamu harus memahami hukum dengan baik dan mengetahui cara untuk mendapatkan data terkait kasus yang tengah kamu tangani. Bagi para pemilik kepribadian ISTP, pekerjaan ini sangat cocok karena kamu diharuskan melihat suatu masalah dengan baik dan menemukan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

6. Teknisi listrik

Pekerjaan keenam yang cocok untuk kepribadian ISTP adalah teknisi listrik. Seorang teknisi listrik bertugas untuk membuat, menghubungkan, mengatasi masalah dan memperbaiki seputar listrik. Seseorang dengan pekerjaan ini akan menghabiskan waktu dengan terjun langsung ke lapangan untuk memeriksa mesin dan struktur listrik.

7. Fotografer

Pekerjaan ketujuh yang cocok dengan kepribadian ISTP adalah fotografer. Fotografer merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan technical skill, kreativitas dan keterampilan dalam mengatur komposisi agar menghasilkan gambar yang menceritakan sebuah kisah atau peristiwa.

Baca juga: Kenali tes DiSC untuk pahami karakteristik kepribadian

Demikian informasi mengenai 7 pekerjaan yang cocok dan sesuai untuk kepribadian ISTP. Beberapa rekomendasi pekerjaan untuk kepribadian ISTP cenderung mengandalkan technical skill.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • 16personalities.com
  • ziprecruiter.com
  • zippia.com
  • truity.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    01 December 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video