Published on

Technology

Mengenal Jaringan Komputer Mulai dari Tujuan, Cara Kerja, dan 4 Jenisnya

Algonz D.B. Raharja

H1_Jaringan_Komputer.jpg

Apa yang kamu ketahui tentang jaringan komputer? Atau, apakah kamu tahu jenis-jenis jaringan komputer entah itu berdasarkan area maupun fungsinya? Nah, jika kamu belum tahu atau tidak mempelajari ilmu komputer secara khusus, maka berikut ini adalah ulasan singkat mengenai apa itu jaringan komputer beserta tujuan, cara kerja, dan jenis-jenisnya.

Mengenal jaringan komputer dan tujuannya


Jaringan komputer merupakan interkoneksi dari beberapa komputer untuk memudahkan proses transfer data atau informasi (Sumber: Pexels)

Menurut Iwan Sofana dalam bukunya “Membangun Jaringan Komputer” menyebut bahwa jaringan komputer adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer. Dengan kata lain, jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer dengan beberapa perangkat lain sebagai konektor seperti router.

Ensiklopedia Britannica mendefinisikan jaringan komputer atau computer network sebagai dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain untuk tujuan komunikasi data secara elektronik. Sistem jaringan komputer ini memiliki beberapa fungsi utama seperti menghubungkan dan perangkat komunikasi secara fisik. Selain itu, jaringan komputer juga memungkinkan adanya pembangunan arsitektur kohesif antar perangkat informasi.

Dilansir GeeksforGeeks, jaringan komputer dapat didefinisikan sebagai sistem yang menghubungkan banyak komputer independen untuk berbagi data atau informasi serta sumber daya. Pengintegrasian komputer lewat jaringan komputer ini umum digunakan dalam suatu institusi baik perusahaan maupun pendidikan untuk memudahkan komunikasi dan analisis data.

Koneksi jaringan komputer umumnya dibuat menggunakan sarana kabel maupun nirkabel. Sistem jaringan komputer umumnya memerlukan node yang merupakan perangkat dengan peran sebagai penerima, mendistribusikan, dan meneruskan data dalam sebuah jaringan. Perangkat yang bisa berperan sebagai node umumnya adalah router, laptop, dan hub.

Baca juga: 12 Bahasa Pemrograman yang Paling Relevan untuk Dipelajari

Cara kerja jaringan komputer


Jaringan komputer bekerja dengan hubungan antar komputer lewat sambungan server yang ditransmisikan secara integratif (Sumber: Pexels)

Secara ringkas, jaringan komputer bekerja dengan cara perangkaian beberapa komputer dengan penghubung yang dinamakan node. Node yang berperan sebagai penghubung ini dapat berupa modem, hub, switch, atau peralatan komunikasi data (data communication equipment), atau data terminal equipment (DTE).

Rangkaian tersebut lantas ditransmisikan lewat penggabungan dua node lewat tautan fisik seperti kabel atau serat optik, maupun nirkabel. Node berperan penting dalam sebuah jaringan komputer karena ia berfungsi untuk mengikuti seperangkat aturan atau protokol dan menentukan cara mengirim atau menerima data melalui tautan.

Empat hal yang utama dalam jaringan komputer adalah komponen fisik jaringan, organisasi fungsional, protokol, dan prosedur. Setelah tertata dan terangkai secara teknis, maka jaringan komputer akan bisa digunakan secara terintegrasi.

Baca juga: 7 Jenis Sistem Operasi Komputer Beserta Cara Kerjanya

4 Jenis jaringan komputer


Jaringan komputer dibedakan menurut area, topologi, transmisi, dan fungsinya (Sumber: Pexels)

Umumnya, kita mengenal jaringan komputer berdasarkan area dan topologi atau bentuknya. Namun berikut ini akan dijelaskan lebih luas mengenai empat jenis jaringan komputer berdasarkan area, topologi, transmisi, dan fungsinya. Adapun keempat jenis jaringan komputer itu antara lain adalah sebagai berikut.

1. Jenis jaringan komputer berdasarkan area


Jaringan komputer berdasarkan area kantor  yang populer dan aman adalah Local Area Network (Sumber: Pexels)

Jika ditilik dari areanya, maka jaringan komputer bisa dibagi menjadi empat jenis utama yang terdiri dari:

  • Local area network

Local area network atau LAN merupakan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dalam area terbatas seperti kantor, gedung, atau ruangan di suatu gedung. LAN secara umum digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer (PC) melalui media seperti kabel koaksial, twisted pair, dan lain sebagainya. Cara membangun jaringan komputer model LAN lebih murah daripada menggunakan hub, adaptor jaringan, dan kabel ethernet. Kelebihan LAN adalah kecepatan transfer data dan juga keamanannya tinggi.

  • Personal area network

Personal area network (PAN) merupakan jaringan komputer dengan skala terkecil berdasarkan area. Dikembangkan pertama kali oleh Thomas Zimmerman, PAN lantas menjadi jaringan komputer yang diatur untuk satu orang dalam jarak sepuluh meter atau 30 kaki.

Jaringan komputer jenis ini umumnya digunakan untuk perangkat personal seperti laptop, ponsel, pemutar media, dan perangkat elektronik terintegrasi lainnya. Dalam perkembangannya, PAN dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu wired personal area network atau jaringan komputer personal berkabel seperti USB dan wireless PAN yang nirkabel lewat bantuan WiFi atau bluetooth.

  • Metropolitan area network

Metropolitan area network (MAN) merupakan jaringan komputer yang terdiri dari berbagai LAN berbeda dengan basis area geografis lebih luas. MAN umumnya digunakan oleh instansi pemerintahan dengan masyarakat maupun industri. Salah satu bentuk arsitektur MAN adalah menghubungkan LAN satu sama lain lewat saluran telepon.

  • Wide area network

Wide area network (WAN) merupakan jaringan komputer yang memiliki basis area terluas secara geografis karena bisa mencakup negara bagian atau beberapa negara. WAN secara umum lebih besar daripada MAN dan bisa terhubung lewat saluran telepon, kabel atau serat optik, hingga tautan satelit. Internet yang saat ini digunakan adalah salah satu contoh dari WAN.

Baca juga: Software Engineer: Tanggung Jawab dan Proyeksi Karier 2022

2. Jaringan komputer berdasarkan topologi


Jenis jaringan komputer dengan topologi bintang umum digunakan berbasis router atau Hub (Sumber: Pexels)

Jaringan komputer berdasarkan topologi merupakan bentuk jaringan komputer yang didasarkan pada penempatan atau formasi perangkat. Adapun beberapa jenis jaringan komputer berdasarkan topologi yang umum dikenal adalah sebagai berikut:

  • Topologi bus

Topologi bus merupakan jenis jaringan komputer berdasarkan tipologi yang paling umum. Penggunaan rangkaian kabel untuk menghubungkan semua perangkat komputer disusun dengan bentuk seperti bus. Salah satu alat bantu untuk membangun jaringan komputer dengan topologi bus adalah kabel ethernet. Seperti pada umumnya rangkaian seri, jika satu kabel backbone rusak maka jaringan ikut terbengkalai.

  • Topologi cincin

Jaringan komputer berbentuk cincin dibentuk berdasarkan perangkat loop dengan Switch sebagai perantara antara komputer satu dengan lainnya. Karena bersifat loop maka jaringan komputer dengan topologi cincin ini mendistribusikan pesan searah jarum jam atau berlawanan arah. Jaringan komputer dengan topologi ini umum digunakan di kantor dan sekolah. Kelemahannya hampir sama dengan topologi bus yaitu kerusakan pada kabel akan memutus loop.

  • Topologi bintang

Jaringan komputer dengan topologi bintang berpusat pada satu router atau hub yang menghubungkan beberapa perangkat. Jaringan komputer jenis ini umum digunakan dengan bantuan ethernet unshielded twisted pair (UTP). Jaringan komputer jenis ini berpusat pada hub, yang berarti memerlukan banyak kabel data dan pemutusan satu kabel hanya berdampak pada satu komputer saja. Namun tetap saja, jika terjadi galat atau eror pada hub maka semua sistem jaringan akan putus.

  • Topologi pohon

Jaringan komputer jenis topologi pohon pada dasarnya adalah kombinasi antara topologi bintang dengan topologi bus karena bentuknya. Umumnya, jaringan komputer jenis ini dibangun dengan adanya dua hub yang berfungsi sebagai pusat atau akar dari jaringan. Lalu, dari masing-masing hub inilah nantinya data akan didistribusikan ke tiap perangkat komputer seperti topologi bintang.

  • Topologi mesh

Jaringan komputer dengan topologi mesh ini merupakan topologi jaringan komputer dengan konsep perutean atau routing. Hal ini memungkinkan transfer data antar perangkat dapat diatur hanya pada tujuan tertentu saja. Aliran data ini berbeda dengan topologi cincin yang bergerak satu arah saja. Peran server dalam topologi jaringan komputer jenis ini menentukan ketersediaan dan ketersampaian data ke masing-masing perangkat komputer.

Baca juga: 10 Jurusan IT dengan Proyeksi Karier Menjanjikan Saat Ini

3. Jaringan komputer berdasarkan fungsinya


Jaringan komputer berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi klien-server dan peer to peer (Sumber: Pexels)

Menurut fungsinya, jaringan komputer dibedakan menjadi dua jenis utama yaitu:

  • Client server

Client server merupakan jenis jaringan komputer di mana salah satu komputer menjadi server dan beberapa komputer lain berfungsi sebagai klien. Server bertugas sebagai induk atau pengelola data pada komputer klien. Sistem internet secara umum masih menggunakan jenis jaringan ini untuk mengatur pendistribusian konten atau data internet kepada para penggunanya.

Dua hal pokok dalam server adalah adanya proses unggah dan unduh. Unggah berarti pengguna atau klien mengirim informasi ke komputer server. Sedangkan, unduh berarti pengguna atau klien mengambil atau mendapatkan informasi dari server.

  • Peer to peer

Peer to peer merupakan jenis jaringan komputer yang posisi klien serta server dapat saling berkelindan. Suatu komputer bisa menjadi klien dan server sekaligus. Peer to peer dapat memungkinkan pengguna komputer menerima dan memberikan akses data pada komputer lain dan sebaliknya. Jenis jaringan komputer ini umum digunakan pada local area network.

Baca juga: 9 Tips Mudah Belajar Coding untuk Pemula

4. Jenis jaringan komputer berdasarkan transmisi


Kabel dan nirkabel merupakan media transmisi jaringan komputer yang masih umum digunakan hingga kini (Sumber: Pexels)

Jaringan komputer ditransmisikan lewat beberapa media dan berdasarkan transmisi ini, jaringan komputer dibedakan menjadi dua jenis utama yaitu:

  • Wired network

Jika dilihat dari sumber transmisinya, jaringan komputer wired network merupakan jenis jaringan komputer yang menggunakan perantara kabel. Kabel berperan sebagai media distribusi data atau informasi. Umumnya, dalam pembangunan jaringan komputer berbasis kabel digunakan kabel koaksial, fiber optik, dan twisted pair (TP) yang disambungkan dengan perangkat seperti router.

  • Wireless network

Berkebalikan dengan jaringan komputer berbasis kabel, wireless network merupakan jaringan komputer berbasis nirkabel. Media yang digunakan dalam jaringan komputer ini umumnya meliputi inframerah, bluetooth, dan gelombang radio. Wireless network bisa digunakan dalam area yang luas maupun privat serta memiliki fleksibilitas tinggi.

Baca juga: 7 Tips Belajar Programming untuk Kamu yang Pemula

Itulah tadi berbagai hal menyangkut jaringan komputer yang perlu kamu ketahui. Persoalan mengenai jaringan komputer ini akan umum ditemui di dunia kerja yang memiliki basis data komputasi sebagai dasar operasional kantor.

Bagi kamu yang penasaran dengan berbagai terapan jaringan komputer di dunia kerja, tentu ingin melihat bagaimana jaringan komputer ini berdampak dalam pekerjaan tim dan integrasi informasi. Namun, jika kamu masih bingung untuk memulai kariermu, EKRUT bisa menjadi rekan profesional bagimu.

EKRUT menyediakan berbagai informasi mengenai karier dan kesempatan kerja yang bisa kamu akses dengan mudah. Kamu hanya perlu mendaftar lewat EKRUT lewat tautan di bawah ini untuk mendapatkan berbagai kesempatan rekrutmen dari perusahaan-perusahaan bonafide di Indonesia.

Sumber:

  • repository.bsi.ac.id
  • geeksforgeeks.org
  • aws.amazon.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video