Published on

Careers

Apakah Prodi Teknik Informatika Menjanjikan? Berikut Ulasan Lengkap dan Proyeksi Karier 2022

Tsalis Annisa

teknik_informatika_ekrut.jpg

Seiring berkembangnya teknologi dan dunia digital, kemampuan teknologi seperti membuat website, aplikasi, game, dan sebagainya semakin dicari. Jika kamu ingin memperluas peluang kariermu dalam mendapatkan pekerjaan, Program Studi Teknik Informatika bisa menjadi pilihanmu.  Sebelum kamu memutuskan untuk memilih jurusan kuliah ini, ada baiknya kamu pahami dulu apa yang akan kamu pelajari dan hal apa saja yang perlu kamu pertimbangkan. Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini!

Mengenal Program Studi Teknik Informatika


Kamu akan belajar bahasa pemrograman. (Sumber: Pexels)

Program Studi Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Jika kamu ingin bekerja di bidang Teknik Informatika, program pembelajaran ini dapat memberikan kamu kesempatan untuk bisa mencapai impianmu. Kamu akan mendapatkan keahlian teknik dan pengetahuan lainnya di bidang Teknik Informatika. Kurikulum Program Studi Teknik Informatika di setiap universitas dapat berbeda. Meski begitu, setiap universitas pasti akan memastikan bahwa ilmu yang diberikan dapat segera diaplikasikan di dunia kerja, yaitu menulis dan merancang program.

Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai komponen yang ada pada Teknik Informatika. Mulai dari basis data, jaringan komputer, sistem operasi, hingga aplikasi. Agar dapat mengasah kemampuanmu dalam hal bisnis dan manajemen, kamu akan mendapatkan pembelajaran mengenai proses bisnis, hingga konsep-konsep manajemen yang berkaitan dengan program studi ini.

Sedangkan untuk durasi perkuliahan, hal ini tentunya bergantung pada satuan kredit semester yang perlu kamu selesaikan sebagai syarat kelulusan. Program studi ini umumnya memiliki 144 SKS yang bisa kamu selesaikan dalam waktu kurang lebih empat tahun.

Baca juga: Pentingnya informasi mengenai Git bagi programmer dan perbedaannya dengan GitHub

Bedanya Teknik Informatika dengan Sistem Informasi dan Teknik Komputer


Teknik Informatika lebih mencangkup software. (Sumber: Pexels)

Ketiga program studi ini mungkin kerap membuat kamu bingung atau mungkin bahkan menganggapnya sama. Lalu, apakah perbedaan ketiganya? Secara garis besar, Sistem Informasi mencakupi komputer dan manajemen, Teknik Informatika meliputi programming, sedangkan Teknik Komputer berkaitan dengan hardware.

Jika kamu belajar Sistem Informasi, selain kamu belajar mengenai bagaimana caranya merancang aplikasi, kamu juga diajarkan untuk dapat berkomunikasi dengan baik karena nantinya kamu akan berhubungan dengan klien bisnis ketika sudah bekerja.
Untuk Teknik Komputer, seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu akan mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan hardware. Misalnya, yang berhubungan dengan prosesor komputer, microcontroller, dan sesekali belajar sedikit mengenai programming. Sedangkan untuk Teknik Informatika, kamu akan belajar mengenai teknik dan ilmu mengenai masalah transformasi, pengolahan data, dan bagaimana memanfaatkan teknologi yang ada pada komputer melalui proses-proses logika.

Baca juga: Sistem Informasi Manajemen: Pengertian, Manfaat, Kategori, beserta 5 Contohnya

Kurikulum Program Studi Teknik Informatika


Kamu belajar mengenai Pemrograman Bahasa X dan sistem informasi. (Sumber: Pexels)

Kurikulum Teknik Informatika umumnya dibagun melalui presentasi, diskusi, tugas kelompok, dan praktik mengolah bahasa pemrograman. Seperti perkuliahan pada umumnya, pada semester satu kamu akan mendapatkan pembelajaran mengenai beberapa ilmu umum. Misalnya, Bahasa Inggris, Kewarganegaraan, Pendidikan Agama, dan sebagainya. Selanjutnya pada semester 2, kamu akan belajar mengenai Matematika Diskrit, Logika Matematika, Metode Numerik, Statistik, Kalkulus, Aljabar. Pada semester tiga, kamu akan belajar mengenai Struktur Data, Pengantar Teknologi Informasi, Organisasi Komputer, Jaringan Komputer, Multimedia, dan Pengantar Teknologi Informasi.

Sedangkan untuk konsentrasi utama Teknik Informatika, kamu akan belajar mengenai Pemrograman Website, Pemrograman Jaringan, Pemrograman Bahasa X, Sistem Operasi, Analisis dan Desain Berorientasi Objek, Computer Graphic, Arsitektur Komputer, Sistem Berkas, Basis Data, User Interface, Rekayasa Perangkat Lunak, dan lain sebagainya. Tentu saja, dari beberapa mata kuliah yang disebutkan di atas, akan ada sedikit perbedaan di setiap universitas.

Baca juga: 10 Jurusan IT dengan Proyeksi Karier Menjanjikan Saat Ini

Pertimbangan sebelum memilih Program Studi Teknik Informatika


Pastikan kamu memiliki laptop dan internet yang memadai di rumah untuk memudahkan kamu dalam belajar. (Sumber: Pexels)

Sampai di sini, kamu sudah cukup memiliki gambaran mengenai program studi ini, bukan? Nah, sebelum kamu memutuskan untuk memilihnya, berikut adalah pertimbangan yang perlu kamu pikirkan.

  • Menyukai coding adalah pertimbangan utama yang tidak kamu abaikan. Pasalnya, Teknik Informatika sangat erat dengan bahasa pemrograman yang tentunya membutuhkan coding. Jika kamu tidak menyukainya, bagaimana kamu bisa sabar mengerjakannya?
  • Selain menyukai coding, kamu juga sebaiknya menyukai matematika. Pasalnya, Teknik Informatika bisa dikatakan salah satu jurusan dengan matematika terapan.
  • Pastikan kamu memiliki laptop, smartphone, dan internet di rumah. Karena program ini sangat membutuhkan ketiga hal tersebut. Ini merupakan modal utama untukmu.
  • Pelajaran yang kamu dapatkan di universitas mungkin lebih sedikit dibandingkan ilmu di lapangan. Jadi, pastikan kamu selalu update mengenai teknologi atau bahasa pemrograman yang banyak dicari di perusahaan saat ini. Jika kamu tidak cukup lengkap mendapatkannya di kampus, kamu bisa mengikuti bootcamp atau pelatihan lainnya.
  • Pelajaran yang kamu pelajari hanya akan lebih banyak membahas mengenai software. Jadi, jika kamu ingin lebih dari itu, seperti menjadi hacker atau membuat robot, mungkin kamu bisa belajar mengenai sistem komputer.

Baca juga: 7 Tips belajar programming untuk kamu yang pemula

Proyeksi karier untuk lulusan Teknik Informatika


Seiring berkembangnya teknologi semakin banyak lulusan Teknik Informatika yang dicari. (Sumber: Pexels)

Menurut data dari Cyberstates pada tahun 2020, sekitar 12.1 juta pekerjaan berbasis teknologi tersedia pada tahun tersebut. Permintaan ini tentu akan semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi. Lalu, kandidat seperti apa yang dicari oleh perusahaan? Jika kamu ingin menjadi salah satu yang paling dicari oleh perusahaan, penting bagi kamu untuk tidak hanya memiliki kemampuan teknis tapi juga kemampuan komunikasi yang baik.

Pasalnya, kamu akan dibutuhkan untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan solusi teknologi dan memecahkan masalah seputar jaringan. Kamu juga perlu memiliki rasa empati sehingga kamu bisa benar-benar memahami masalah teknis yang sedang dialami oleh klien atau rekan kerja sehingga dapat mencapai tujuan dan memecahkan masalah.

Selain itu, kamu juga perlu memiliki pengetahuan mengenai informasi terbaru di dunia teknologi. Misalnya, teknologi atau bahasa pemrograman apa yang sedang banyak digunakan, tipe tampilan website atau aplikasi seperti apa yang sekarang sedang banyak diaplikasikan. Tentunya kamu harus mampu memiliki kemampuan coding yang dapat membuat teknologi di perusahaan tersebut dapat berjalan dengan tepat dan cepat.

Baca juga: Apakah Prodi Sistem Informasi Menjanjikan? Berikut Ulasan Lengkap dan Proyeksi Karier 2022!

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Program Studi Teknik Informatika dan potensi kedepannya di dunia kerja. Jika ini yang kamu pilih, pastikan kamu tidak pernah berhenti mengasah kemampuanmu, ya. Pasalnya, seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak pula ilmu baru yang perlu kamu pelajari.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • snhu.edu
  • cs.ui.ac.id
  • comptia.org
  • techtarget.com
  • rasmussen.edu

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video