Published on

Careers

5 Tips karier untuk fresh graduate agar cepat dapat kerja

Nur Rosita Dewi

karir-fresh-graduate-EKRUT.jpg

Sebagai seorang fresh graduate, mendapatkan pekerjaan setelah atau bahkan sebelum wisuda merupakan impian yang sangat diidamkan. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut dengan mudah. 

Sebenarnya akan lebih baik jika karier adalah hal yang sudah harus kamu persiapkan jauh sebelum lulus. Nah, berikut ini lima tips karier fresh graduate yang bisa kamu terapkan.

1. Sertakan semua pengalaman kerja atau berorganisasi di dalam CV

karier fresh graduate - EKRUT
Cobalah untuk memasukan pengalaman kerja, magang, dan berorganisasi selama kuliah di CV - EKRUT

Tips karier fresh graduate pertama adalah memasukkan seluruh pengalaman kerja atau magang ke dalam CV. Jika kamu mampu menceritakan pengalaman tersebut, tentu akan menjadikanmu kandidat yang mengesankan di mata pewawancara. 

Namun, jangan menyunting CV secara berlebihan. Hal tersebut justru akan membuat perusahaan merasa ragu. Terlebih jika kamu tak mampu menjelaskannya dengan baik saat proses wawancara.

2. Kenali apa yang kamu inginkan

karier fresh graduate - EKRUT
Sebaiknya persiapkan dengan matang rencana kariermu sebelum lulus - EKRUT

Sebelum memasuki dunia kerja, kamu harus mengetahui minat dan pekerjaan seperti apa yang kamu inginkan. Dengan mengenali minat tersebut, kamu akan mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan posisi yang diinginkan. 

Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat penting karena mampu membantumu menjawab seluruh pertanyaan pewawancara dengan baik dan meyakinkan nantinya.

Baca juga: 6 Tips sukses merancang rencana karir untuk masa depanmu

3. Perluas networking

karier fresh graduate - EKRUT
Membangun networking dapat membantumu dalam memperluas peluang mendapatkan pekerjaan lebih cepat - EKRUT

Cara terbaik untuk mengembangkan karier fresh graduate adalah dengan membangun networking. Jika kamu memiliki networking yang luas, peluang untuk mendapatkan pekerjaan secepat mungkin tentu akan menjadi semakin besar.

Bergabunglah dengan berbagai komunitas di perguruan tinggimu. Ini merupakan salah satu cara terbaik agar mendapatkan networking yang luas. 

Kemudian, jangan takut untuk meminta tolong kepada seseorang di lingkungan tersebut untuk mengenalkanmu dengan seseorang yang mereka kenal. Dalam bisnis, kebanyakan orang akan senang jika dapat menghubungkan seseorang dengan yang lainnya. 

4. Manfaatkan media sosial

karier fresh graduate - EKRUT
Beberapa perusahaan melihat calon pekerjannya melalui media sosial - EKRUT

Saat ini hampir seluruh perusahaan memanfaatkan media sosial dan melihat calon pekerjanya di media sosial. Jadi, bersikap bijak dan berhati-hatilah saat menggunakan media sosial. 

Sebab, hal tersebut akan menjadi salah satu nilai penting di mata perusahaan sebagai bahan pertimbangan. Kemudian, buat juga profil yang kuat dan baik di LinkedIn sebagai nilai tambah kamu saat mencari pekerjaan.

5. Bersikap strategis tentang pekerjaan pertama kamu 

karier fresh graduate - EKRUT
Eksplor pekerjaan pertama untuk lebih memahami minatmu ke depannya - EKRUT

Pekerjaan pertamu nantinya dapat menjadi salah satu sarana untuk kamu mencapai tujuan kariermu ke depannya. Jika kamu tidak yakin bahwa pekerjaanmu ini berhubungan dengan gelarmu, kamu tidak perlu khawatir. 

Eksplor pekerjaan pertama dapat membantu kamu lebih memahami minatmu ke depannya. Jadikan pekerjaan pertama ini sebagai pengalaman yang bagus untuk membangun kariermu nantinya.

Baca juga: Cara merapikan feed instagram agar terlihat profesional

Saat baru lulus mungkin kamu akan merasa bingung dalam menyusun kariermu. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan beberapa tips karier fresh graduate di atas. Coba juga untuk daftarkan dirimu di situs talent marketplace. 

Pasalnya, situs seperti ini sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan yang mungkin dapat menjadi kantor pertamamu setelah resmi menjadi sarjana. Semoga berhasil!

karir fresh graduate - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber:

  • forbes.com
  • lifehack.org

Tags

Share