Published on

Lainnya

5 Kepribadian Seseorang Berdasarkan Kopi Favoritnya

Andi Ubay Baisha

H1_5_Kepribadian.jpg

Kamu suka minum kopi? Sudah tahu belum kepribadian kamu lewat kopi kesukaanmu? Ternyata, lewat seduhan kopi yang beragam ini kita bisa menentukan kepribadian seseorang, lho! Berikut adalah 5 kepribadian seseorang berdasarkan kopi favoritnya.

Baca juga: 5 Kedai Kopi yang Ternyaman untuk Kerja

Mengenal biji kopi dan proses pembuatannya


Minuman kopi berasal dari biji kopi yang sudah digiling dan diekstraksi (sumber: pexels)

Biji kopi adalah biji yang lahir dari tumbuhan kopi, yang memiliki warna putih dan sebagian besar merupakan endosperma. Biji kopi pun dibagi menjadi dua buah varian, yaitu kopi Arabika dan kopi Robusta dengan masing-masing kandungan kafein yang berbeda. Kopi Arabika memiliki kandungan kafein sebesar 0,8-1,4 persen, sedangkan kopi Robusta memiliki kandungan sebesar 1,7-4 persen.

Kopi Arabika dan kopi Robusta memiliki kebutuhan lingkungan yang berbeda-beda. Misalnya, kopi Arabika membutuhkan suhu lingkungan yang lebih dingin sedangkan kopi Robusta yang lebih hangat.

Terdapat dua proses yang bisa dilakukan untuk mengolah biji kopi menjadi bubuk. Yakni, proses pengolahan basah dan kering. Pengolahan biji kopi secara basah biasanya membutuhkan proses yang sangat panjang dibanding pengolahan secara kering, serta biasanya pengolahan biji kopi secara basah sering digunakan untuk kopi Arabika.

Biji kopi menjadi bahan utama dari minuman kopi. Dengan melewati berbagai macam proses, biji kopi dapat diseduh sebagaimana ketertarikan seseorang yang ingin meminum kopi. Sekarang, tidak hanya orang tua yang meminum kopi, namun anak-anak muda jaman sekarang pun sedang marak membicarakan dan berlomba-lomba membuat cita rasa dan varian minuman dari kopi.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Menerapkan Ergonomi di Lingkungan Tempat Kerja

Menilai kepribadian seseorang berdasarkan kopi favoritnya


Menilai kepribadian seseorang bberdasarkan kopi favoritnya (sumber: pexels)

Menilai kepribadian seseorang berdasarkan kopi? Memang bisa? Bisa. Bahkan sudah ada beberapa penelitian perihal hal tersebut, lho! Dilansir oleh Women Magazine, inilah 5 kepribadian seseorang berdasarkan kopi favoritnya.

1. Cappuccino


Cappuccino minuman khas italia (sumber: pexels)

Cappuccino adalah minuman dengan bahan utama kopi yang dicampur dengan susu. Minuman khas italia ini memiliki rasa yang unik dan busa yang cukup tebal cukup populer di khalayak anak muda. Dengan rasa yang foamy dan tidak begitu pahit, membuat minuman ini lebih mudah diterima oleh lidah.

Penggemar minuman ini biasanya adalah orang yang sensitif, namun juga memiliki sifat optimis. Walaupun seseorang yang meminum cappuccino adalah orang yang sensitif, mereka juga tipe orang yang memiliki banyak teman dan lebih mudah bergaul, serta senang menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

Baca juga: Memahami Lean Startup, Metode yang Wajib Dikuasai oleh Business Owner Saat Ini!

2. Latte


Latte minuman kopi dengan campuran susu (sumber: pexels)

Latte merupakan minuman dengan rasa yang lebih milky atau punya rasa susu yang lebih kuat dibandingkan dengan cappuccino, juga tidak kalah banyak digemari dikalangan anak muda. Latte memiliki foam atau busa yang lebih tipis dari pada cappuccino. Walaupun minuman ini sama-sama menggunakan espresso dan susu, kepribadian mereka bisa dibilang sedikit berbeda.

Kepribadian seseorang yang menyukai latte cenderung suka menyenangkan orang lain dibanding dirinya sendiri. Misalnya, teman atau keluarga. Namun, dengan kepribadiannya yang seperti itu, pecinta latte juga sangat menyukai suasana yang santai.

3. Espresso


Espresso berasal dari bahasa italia yang berarti express (sumber: pexels)

Espresso adalah minuman yang berartikan “cepat” ini dibuat hanya dengan menyemburkan air panas dengan tekanan tinggi ke biji kopi yang sudah diekstraksi dan digiling.

Seseorang yang menyukai minuman ini tentu saja adalah seseorang yang pekerja keras. Mengapa demikian? Dengan rasanya yang pahit dan tajam, minuman ini juga dapat membuat tubuh selalu terjaga, sehingga sangat cocok untuk orang yang pekerja keras. Dibalik itu semua, penggemar minuman ini adalah sosok yang memiliki kepercayaan yang tinggi, serta memiliki banyak aktivitas. Terlepas dari aktivitasnya yang banyak, mereka juga sangat bersenang-senang dalam menyelesaikan aktivitasnya.

Baca juga: Mengenal Minimalism dan 6 Cara Menerapkan Minimalism Dalam Gaya Hidup

4. Frappuccino


Frapuccino adalah hasil kreasi Starbucks (sumber: pexels)

Jenis minuman yang paling modern dan paling kekinian ini banyak dicari orang, karena selain dari hasil kreasi gerai ternama, minuman ini juga memiliki rasa yang sangat beragam. Seseorang yang menggemari minuman ini adalah orang yang tidak terbiasa dengan sebuah plan atau rencana, yang bisa diartikan seseorang yang spontan. Selain kepribadiannya yang spontan, mereka juga adalah orang-orang yang sangat suka bersenang-senang dan riang.

5. Americano


Americano minuman menyegarkan dengan rasa khas (sumber: pexels)

Americano merupakan minuman dengan bahan utama espresso yang dicampurkan dengan air panas ini juga banyak digemari. Pahit dan tajam adalah rasa utama dari americano. Walaupun tidak seperti meminum espresso, namun rasa pahit dan tajam dari americano cukup menyentuh dan segar, baik diminum panas ataupun dingin.

Dengan begitu, kepribadian yang dimiliki oleh orang-orang penggemar americano adalah mereka tipe orang yang sangat berterus terang. Kebanyakan dari mereka adalah orang yang cenderung moody dan pendiam, karena mereka tidak suka dengan konflik atau lebih tepatnya menghindari beberapa pilihan yang mengundang konflik.

Dari 5 variasi kopi di atas, kira-kira kamu memiliki kepribadian yang mana? Perlu diketahui bahwa kopi juga memiliki segudang manfaat, selain menjadi penghilang kantuk. Selain jadi penikmat kopi, kamu juga bisa menjadi seorang barista yang kerjanya membuat kopi.

Baca juga: 10 Manfaat Kopi untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

sign up EKRUT

Sumber:

  • detik
  • kumparan
  • liputan6
  • kompas

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Pilihan_Pekerjaan_yang_Sesuai_untuk_Seorang_INTJ.jpg

    Careers

    10 Pilihan Pekerjaan yang Sesuai untuk Seorang INTJ

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1_infp_adalah.jpg

    Careers

    INFP Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, beserta Rekomendasi Pekerjaannya

    Alvina Vivian

    30 June 2022
    5 min read
    pexels-cottonbro-4861355.jpg

    Careers

    8 Pekerjaan yang Cocok untuk ISFJ, Kamu yang Mana?

    Chrissila Jessica

    30 June 2022
    5 min read

    Video