Published on

Careers

5 Tips kerja dari rumah agar lebih efektif

Nur Rosita Dewi

kerja-dari-rumah-EKRUT.jpg

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak inovasi-inovasi dalam dunia kerja yang dulunya dianggap aneh dan tak mungkin. Salah satunya adalah kerja dari rumah. 

Sayangnya, terkadang kerja dari rumah bisa saja menjadi tidak efektif. Agar pekerjaanmu tetap lancar, inilah lima tips kerja dari rumah yang bisa kamu coba.

1. Ciptakan ruang kerja sendiri di dalam rumah

kerja dari rumah - EKRUT
Memiliki tempat khusus untuk kerja dari rumah akan menjauhkanmu dari rasa malas - EKRUT

Salah satu penyebab mengapa bekerja dari rumah bisa menjadi tidak efektif adalah kamu tidak menentukan area rumah mana yang akan digunakan untuk bekerja. 

Pasalnya, jika tidak memiliki tempat khusus untuk bekerja, kamu akan terbuai untuk malas-malasan.

Oleh karena itu, ciptakanlah ruang kerja atau space khusus yang nyaman dan tenang untuk digunakan bekerja. 

Kamu juga harus berkomitmen untuk menggunakan tempat atau ruang tersebut hanya untuk bekerja. Jadi, secara tidak langsung otak akan menstimulan dirimu agar efektif bekerja.

Baca juga: 6 Tips menata ruangan kerja ini bantu tingkatkan produktivitasmu

2. Tentukan jam kerja

kerja dari rumah - EKRUT
Agar tetap produktif meski kerja dari rumah, tentukan jam kerjamu sendiri - EKRUT

Tidak memiliki jam kerja adalah anugerah sekaligus mimpi buruk bagimu yang kerja dari rumah. Supaya pekerjaan tetap berjalan efektif, kamu harus menentukan jam kerja kamu sendiri. 

Jika orang kantoran umumnya akan bekerja selama delapan jam dari pukul 9 pagi hingga 5 sore, kamu punya kemampuan untuk bekerja sesukanya.

Namun, jangan terlena atau terlalu bersemangat. Kamu juga harus membuat komitmen, kapan harus bekerja, dan kapan harus beristirahat. Selain berguna untuk menjaga ritme tubuhmu, pekerjaan juga akan lebih lancar dan efektif.

3. Cari tahu apa yang perlu dilakukan setiap hari

kerja dari rumah - EKRUT
Menentukan target akan membantumu tetap fokus - EKRUT

Setelah menentukan area dan jam kerja, kamu juga harus menentukan target harian yang harus kamu capai. Ini wajib dilakukan supaya kerja dari rumah tetap efektif. Pastikan kamu memiliki daftar pekerjaan yang harus diselesaikan setiap harinya.

4. Beli furnitur yang nyaman untuk kerja dari rumah

kerja dari rumah - EKRUT
Pertimbangkanlah untuk membuat ruangan atau meja kerja khusus di rumahmu - EKRUT

Supaya pekerjaan berjalan lancar, kamu juga harus berinvestasi pada furnitur atau perabotan yang nyaman untuk digunakan bekerja. Terutama jika kamu benar-benar akan bekerja dari rumah selamanya.

Cobalah beli meja besar, rak buku, hingga kursi kantor yang nyaman. Jangan sampai kamu harus bekerja di ruangan yang tidak enak setiap harinya. Pastikan juga, furnitur yang kamu beli merupakan barang yang nyaman dan fungsional.

5. Jangan bekerja dengan pakaian tidur

kerja dari rumah - EKRUT
Bekerja dengan memakai pakaian tidur membuat rasa malas semakin lekat - EKRUT

Meski mungkin tidak terpikirkan olehmu sebelumnya, hal ini ternyata cukup memengaruhi. Jadi, jangan sampai kamu membiarkan dirimu bekerja dengan pakaian tidur. Ini akan membuatmu malas dan tidak merangsang otakmu untuk bekerja.

Gunakanlah pakaian yang nyaman. Tidak perlu kemeja, kaos dan celana pendek pun boleh. Kalau perlu, mandi dulu sebelum bekerja supaya kamu lebih segar.

Baca juga:Kerja cerdas dan kerja keras, apa bedanya?

Jika kamu merasa nyaman kerja dari rumah, jangan lupa lakukan lima tips di atas supaya pekerjaan tetap berjalan lancar dan efektif. Semoga karier kamu ke depan semakin baik, ya!

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • inc.com
  • nextiva.com
  • bintang.com

Tags

Share