Published on

Careers

5 Tips supaya betah saat kerja di luar kota

Nur Rosita Dewi

kerja-di-luar-kota-EKRUT.jpg

Ada kalanya untuk memenuhi segala kebutuhan, kamu harus rela kerja di luar kota. Hal ini tentu bukanlah sesuatu yang mudah. Mulai dari harus mengorbankan kebersamaan dengan keluarga hingga sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Tapi jangan sampai hal ini menurunkan semangatmu dan menghentikan langkahmu, ya. Karena masih ada beberapa tips agar kamu betah kerja di luar kota. Yuk, simak baik-baik di bawah ini!

1. Ingatlah apa yang menjadi tujuan dan targetmu di awal

kerja di luar kota - EKRUT
Mengingat apa yang menjadi tujuanmu untuk kerja di luar kota dapat membantumu untuk bertahan - EKRUT

Saat kamu akhirnya memutuskan untuk mengambil pekerjaan di luar kota, kamu pasti memiliki alasan dan motivasi tersendiri, bukan? Nah, saat kamu mulai merasa rindu akan rumah, cobalah untuk mengingat hal ini agar kamu dapat bertahan. 

Buatlah kesepakatan dengan dirimu sendiri bahwa kamu akan menjalani tantangan apapun dengan semangat dan berani. Kamu juga harus memikirkan segala risiko yang akan dilalui saat berada jauh dari keluarga di rumah. Jangan lupa bicarakan hal ini dengan orang-orang tersayang sebelum memutuskan kerja di luar kota.

Baca juga: 6 Tips sukses merancang rencana karir untuk masa depanmu

2. Jalan-jalan di tempat tinggal baru

kerja di luar kota - EKRUT
Coblah untuk membangun pertemanan dan jalan-jalan di wilayah tempat tinggal barumu - EKRUT

Setelah menentukan tujuan dan target apa yang akan kamu capai ketika memutuskan kerja di luar kota, kamu juga harus membuat dirimu nyaman di tempat tinggal baru. Usahakan untuk mengenal kota tempatmu bekerja lebih dekat. Jangan sampai kamu hanya tahu jalan menuju kantor saja.

Cobalah jalan-jalan keliling kota untuk melepas penat dari segala rutinitas. Cicipi juga aneka kuliner di sekitar tempat tinggalmu. Pasti seru!

3. Atur pertemuan dengan orang-orang tersayang

kerja di luar kota - EKRUT
Sempatkan dirimu untuk bertemu dengan kerabat atau teman lama - EKRUT

Meski bekerja di luar kota, kamu harus tetap menyempatkan waktu untuk bertemu dengan orang-orang tersayang. Jangan sampai kamu terlalu tenggelam dengan kesibukan baru.

Negosiasikan bagaimana pertemuan itu akan berlangsung. Apakah kamu yang akan pulang atau keluargamu yang mengunjungi kota tempatmu bekerja. Rutin bertemu dengan orang tersayang akan membuatmu tetap betah kerja di luar kota.

4. Menjaga komunikasi berjalan dengan baik

kerja di luar kota - EKRUT
Tetaplah menjaga komunikasi yang baik dengan keluarga agar stres berkurang dan kamu dapat terus bertahan di tempat baru - EKRUT

Bertemu dengan keluarga atau teman lama tentu saja tidak bisa dilakukan setiap saat. Untuk mengakalinya, kamu harus tetap terus berhubungan dengan mereka melalui sambungan internet. Kamu bisa menelepon mereka atau mengobrol melalui aplikasi media sosial.

Jika kamu akhirnya terpaksa menjalani hubungan jarak jauh karena kerja di luar kota, tetap menghubungi pasangan setiap hari juga akan membuat hubunganmu tetap kuat. 

Baca juga: 5 Tips ini ampuh membuat karyawan betah di kantor

Hal ini juga akan menghindari sikap saling curiga antara kamu dan pasangan. Selalu mengabari pasangan juga akan membantumu untuk tetap setia.

5. Berkenalan dengan teman baru

kerja di luar kota - EKRUT
Memiliki teman baru di kantor dapat membantumu betah kerja di luar kota - EKRUT

Meskipun kamu masih bisa terus bertemu dan berhubungan dengan keluarga serta teman-teman lama, jangan lupa untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Memiliki teman baru akan membuatmu lebih betah saat bekerja di luar kota.

Baca juga: Jangan sedih, yuk intip 5 cara mencari teman di kantor baru

Kerja di luar kota memang tidak mudah dan terkadang terasa berat. Agar dapat bertahan, cobalah untuk menjadikan tempat barumu sebagai rumah kedua yang nyaman. Selalu berdoa dan percaya bahwa perjuanganmu tidak akan berakhir sia-sia. Semangat, ya.

kerja di luar kota - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber: 

  • careermetis.com
  • claudearganaraz.com
 

Tags

Share