Published on

Careers

Apakah Prodi Manajemen Bisnis Menjanjikan? Berikut Ulasan Lengkap dan Proyeksi Karier 2022

Alvina Vivian

H1_manajemen_bisnis_(1).jpg

Bermimpi menjadi seorang pengusaha? Pastikan kamu memiliki dasar manajemen bisnis yang baik, ya. Ketika sudah berhasil membangun sebuah bisnis, tentu kamu harus mengelolanya dengan tepat agar kegiatan operasional dapat berjalan lancar sehingga bisnis tersebut semakin berkembang. Lantas tahukah kamu apa itu manajemen bisnis?

Manajemen bisnis adalah salah satu konsep yang mempelajari hal tersebut. Banyak hal yang tentunya harus dikuasai dari ilmu manajemen bisnis ini untuk dipraktikkan dalam ke dunia nyata. Ilmu juga bisa dipelajari secara formal di universitas, lho! Nah, bagi kamu yang tertarik mengambil prodi manajemen bisnis, yuk baca selengkapnya pada artikel kali ini.

Mengenal program studi manajemen bisnis


Manajemen bisnis adalah jurusan yang cukup menjanjikan di dunia kerja (sumber: pexels)

Manajemen bisnis adalah ilmu yang mempelajari proses perencanaan, mengelola, hingga menimbang hasil pada bisnis. Ilmu ini juga mencakup pembelajaran mengenai leadership, akuntansi, finansial, dan bagaimana teknik pemasaran yang baik. Bahkan beberapa universitas memberikan kurikulum tambahan untuk menyiapkan mahasiswa dengan skill manajemen bisnis yang lebih mumpuni.

Selain manajemen bisnis biasa, ada juga prodi manajemen bisnis syariah yang mempelajari dasar pengelolaan bisnis secara umum hingga dalam pandangan islam. Gelar yang akan didapatkan untuk kuliah manajemen bisnis adalah “S.M” atau Sarjana Manajemen.

Baca juga: Manajemen pemasaran: Pengertian, tujuan, tugas, dan strateginya 

Kurikulum program studi manajemen bisnis


Kurikulum prodi manajemen bisnis tak hanya soal bagaimana membangun bisnis (sumber: pexels)

Dalam prodi manajemen bisnis berisikan kurikulum dasar yang harus dipelajari. Berikut daftar pembelajaran yang akan kamu dapatkan.

  • Pengantar ekonomi
  • Mikro ekonomi
  • Ekonomi makro
  • Akuntansi finansial
  • Manajemen keuangan, operasional,sains, pemasaran, SDM, dan pemasaran
  • Komunikasi & statistika bisnis
  • Manajemen investasi dan manajemen risiko
  • Akuntansi manajerial
  • Hukum bisnis
  • Kepemimpinan
  • Metode penelitian bisnis dan e-business
  • Analisis keuangan, analisis investasi, dan analisis permodalan

Daftar di atas merupakan beberapa contoh mata kuliah yang akan kamu pelajari saat mengambil prodi manajemen bisnis. Namun, secara umum dasar yang akan kamu pelajari pada jurusan ini adalah mengenai ekonomi, hukumnya, cara menganalisis, manajemen segala aset dan aspek, akuntansi, matematika, dan dibarengi dengan mata kuliah umum seperti agama, kewarganegaraan, serta bahasa. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, cobalah untuk mencari informasi di universitas yang kamu inginkan.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan yang Mudah dan Efektif

Pertimbangan sebelum memilih kuliah manajemen bisnis


Pertimbangkan beberapa hal penting sebelum memilih prodi manajemen bisnis (sumber: pexels)

Banyak orang berkata bahwa kuliah adalah salah satu cara menentukan jenjang karier yang tepat untuk masa depan kamu. Karena itulah kamu perlu memperhitungkan beberapa hal sebelum memilih sebuah jurusan, termasuk pada program studi yang sedang dibahas kali ini. Ada poin-poin yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih kuliah jurusan manajemen bisnis, diantaranya:

  • Kamu akan berkutik dengan angka dan proses analisis, tentu kamu perlu meningkatkan ketelitian.
  • Prospek kerja dari sarjana manajemen bisnis cukup baik, ada banyak pekerjaan yang bisa kamu tekuni.
  • Selain membuat rencana dan menghitung, kamu juga akan dibekali dengan teknik public speaking dan leadership.
  • Prodi manajemen bisnis cocok dipelajari semua tipe orang, baik untuk kamu yang pendiam atau kamu yang suka berkomunikasi dengan orang lain. Selanjutnya, kamu bisa memilih karier apa yang cocok denganmu, apakah menjadi seorang business analyst atau marketing.
  • Kuliah manajemen bisnis juga mempelajari soal investasi dan finansial. Selain untuk pertimbangan bisnis, hal ini juga bisa menjadi dasar yang baik untuk kamu mengatur keuangan pribadi.
  • Tak hanya bekerja dengan perusahaan saja, manajemen bisnis juga menjadi fondasi yang bagus bagi kamu yang ingin membuka usaha sendiri.
  • Divisi keuangan akan selalu adalah bagian yang wajib ada dalam setiap perusahaan. Karena itulah, ketika kamu menekuni prodi manajemen bisnis, kamu bisa masuk ke berbagai perusahaan dengan berbagai bidang.

Baca juga: 5 Fungsi manajemen sebagai dasar membangun perusahaan

Prospek karier untuk lulusan manajemen bisnis


Banyak profesi yang bisa dieksplor oleh lulusan sarjana manajemen bisnis (sumber: pexels)

Setelah mempelajari berbagai ilmu di manajemen bisnis, kamu bisa memilih beberapa profesi berikut untuk ditekuni.

  • Sales executive
  • Marketing specialist
  • Entrepreneur
  • Manajer bisnis
  • Business development
  • Business analyst
  • Project manager
  • Business consultant
  • Risk manager
  • Manajer SDM
  • Akuntan

Setiap profesi di atas memiliki job description-nya masing-masing. Selain itu, jenjang kariernya pun berbeda. Kamu bisa menanyakan hal tersebut pada pihak human resources di perusahaan.

Baca juga: 8 Cara Menyiapkan Dana Darurat dengan Tepat dan Ideal

Daftar universitas terbaik dengan prodi manajemen bisnis di Indonesia


Beberapa universitas punya prodi manajemen bisnis terbaik di Indonesia (sumber: pexels)

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak universitas yang menyediakan prodi manajemen bisnis. Di antara banyaknya universitas tersebut, berikut daftar kampus terbaik untuk kuliah manajemen bisnis.

1.  Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung memiliki beberapa mata kuliah menarik seperti Field Trip dan Integrated Business Education, sehingga mahasiswa akan mendapatkan pinjaman dari bank untuk mempraktikkan secara langsung teori yang telah dipelajari mengenai bagaimana cara membangun sebuah bisnis. Program ini tentu akan mempermudah para mahasiswa untuk lebih siap menghadapi dunia kerja atau membangun bisnis pribadi.

2. Universitas Diponegoro

Kampus yang cukup terkenal satu ini tidak hanya menyediakan program studi jenjang strata satu saja. Di Universitas Diponegoro kamu bisa mengambil kuliah Manajemen dari S1 hingga S3. Tidak perlu khawatir, jurusan manajemen di kampus UNDIP sudah mendapatkan akreditasi A. Hal ini juga dibuktikan dengan kurikulumnya yang baik.

3. Universitas Brawijaya

Universitas yang terkenal di Malang ini memasuki urutan 501-550 universitas terbaik bidang ilmu bisnis dan manajemen di dunia, lho! Selain program studi manajemen bisnis reguler, tersedia juga program studi manajemen bisnis kelas internasional yang bisa kamu ambil.

4. Universitas Airlangga

Salah satu universitas di Surabaya ini ternyata punya prodi manajemen bisnis yang berhasil menduduki peringkat 401-450 sebagai kampus terbaik di kategorinya di dunia. Dengan berbagai pilihan konsentrasi pendukung yang menarik, kampus ini juga bisa jadi alternatif yang baik.

5. Universitas Gadjah Mada

Tahukah kamu bahwa UGM atau Universitas Gadjah Mada meraih peringkat 201-250 universitas terbaik di prodi manajemen dan bisnis di dunia? Hebatnya, dengan kurikulum dan konsep pembelajaran yang diberlakukan mampu membuat kampus satu ini terkenal di kelas internasional. Selain S1 Manajemen, Universitas Gadjah Mada juga menyediakan pendidikan S2 Manajemen dan S3 Manajemen.

6. IPMI International Business School

Ada yang unik dari salah satu kampus di kawasan Jakarta satu ini. Kampus IPMI International Business School ini ternyata menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama yang digunakan dalam pembelajaran. Kurikulum yang digunakan pun sudah disesuaikan dengan kurikulum Harvard university, lho! Tertarik berkuliah di sini?

Baca juga: 6 Kampus dengan jurusan Bisnis Digital terbaik di Indonesia

Setelah membaca penjelasan mengenai apa itu jurusan manajemen bisnis, apakah kamu tertarik untuk mengambil prodi tersebut? Melihat prospek karier dan kurikulum yang dimiliki, sepertinya prodi ini cukup menjanjikan. Apalagi ilmu manajemen bisnis dibutuhkan oleh semua jenis perusahaan, mulai startup hingga perusahaan corporate.

Jika kamu ingin mengetahui informasi mengenai dunia kerja dan jurusan kuliah lainnya, jangan lupa untuk cek artikel di EKRUT Media dan video informatif di kanal YouTube EKRUTtv, ya! Lalu, tekan tombol sign up EKRUT sekarang juga agar kamu bisa menemukan lowongan kerja dari berbagai perusahaan ternama.

Sumber:

  • uc.ac.id
  • usnews.com
  • rasmussen.com
  • bestaccreditedcolleges.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video