Technology

Kenali MATLAB, platform pemrograman yang dapat membantu Software Engineer

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Algonz D.B. Raharja

A passionate ecological researcher and writer who loved to learn about SEO and content writing for marketing purposes

H1_Matlab.jpg

Apakah kamu pernah mendengar tentang apa itu MATLAB? Jika kamu berkuliah di bidang matematika hingga teknik, tentu MATLAB cukup familiar, namun bagi kamu yang tidak pernah bersentuhan dengan pemrograman, tentunya asing bukan? Nah, agar kita tahu tentang apa itu MATLAB, mari simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Cloud Engineer: Pengertian, Jenis, Skill yang Dibutuhkan, dan Tips Menjadi Cloud Engineer

Apa itu MATLAB?


MATLAB adalah platform pemrograman untuk komputasi teknis dengan matriks dan matematika komputasi (Sumber: ditsti.itb.ac.id)

MATLAB merupakan pemrograman berkinerja tinggi untuk komputasi teknis yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan komputasi, visualisasi, dan pemrograman seperti notasi matematika rumit. Nama MATLAB sendiri merupakan singkatan dari Matrix Laboratory. MATLAB juga dikenal sebagai salah satu sistem interaktif yang elemen data dasarnya adalah array dan tidak memerlukan dimensi. Pengguna dapat memecahkan beberapa persoalan komputasi teknis seperti formulasi matriks, vektor, dan menulis program dengan bahasa seperti C atau Fortran.

Secara umum, MATLAB dapat disebut sebagai platform pemrograman yang dirancang khusus untuk para insinyur dan ilmuwan untuk menganalisis dan merancang sistem atau produk tertentu. Inti dari MATLAB adalah bahasa pemrogramannya yang berbasis matriks dan memungkinkan pengguna untuk menggunakan ekspresi matematika komputasi alami dan rumit. MATLAB umum dikenal beberapa kegunaan seperti:

  • Matematika dan komputasi
  • Pengembangan algoritma
  • Pemodelan, simulasi, dan pembuatan prototipe
  • Analisis, eksplorasi, dan visualisasi data
  • Grafik ilmiah dan rekayasa
  • Pengembangan aplikasi seperti membuat grafis user interface

Baca juga: 7 Tips belajar programming untuk kamu yang pemula

Fungsi MATLAB bagi software engineer


MATLAB digunakan untuk berbagai fungsi terutama untuk analisis dan mengembangkan perangkat lunak (Sumber: Pexels)

Selain umum digunakan para ilmuwan matematika komputasi dan teknik, MATLAB juga umum digunakan oleh para software engineer atau pengembang perangkat lunak. Beberapa fungsi MATLAB yang umum dikenal bagi software engineer di dunia bisnis dapat meliputi hal-hal seperti berikut ini.

  • Alat rekayasa solusi baru, MATLAB umum digunakan sebagai basis untuk mencari proses desain atau teori baru tentang cara kerja sesuatu secara matematis dan teknis. Jika terjadi kebuntuan atau hambatan mengenai suatu hal untuk dikerjakan secara manual, maka pengembang perangkat lunak akan mencoba mencari solusi dan melakukan pemrograman dengan platform yang salah satunya adalah MATLAB ini.
  • Menghitung Return of Investment, selain untuk menemukan perangkat lunak untuk menjadi solusi permasalahan dalam dunia kerja, MATLAB juga dapat digunakan untuk menghitung return of investment (ROI). Keberadaan aljabar linier dalam MATLAB dapat digunakan dengan baik untuk menghitung ROI dan omset perusahaan. Tak hanya itu, MATLAB juga dapat digunakan untuk mengelola inventaris, perencanaan keuangan, dan keputusan bisnis lainnya.
  • Melakukan analisis numerik, MATLAB dapat berfungsi penting dalam proses analisis numerik di dalam dunia bisnis untuk melihat perkiraan yang presisi. Melalui analisis ini nantinya akan mempermudah proses produksi barang/jasa yang menjadi subjek utama dari bisnis perusahaan. Contohnya adalah agensi arsitektur yang menggunakan MATLAB untuk menganalisis rancang bangun hingga proses penghitungan probabilitas pasar.
  • Menjalankan simulasi/prototyping, penggunaan MATLAB juga dapat menjadi dasar dari pelaksanaan simulasi atau pembuatan prototipe saat pengembangan produk. Dengan adanya simulasi ini nantinya MATLAB dapat mengurangi biaya kerusakan atau kecacatan produk karena telah diuji terlebih dahulu. MATLAB secara tidak langsung akan meningkatkan peluang keberhasilan dari adanya teknologi baru.

Baca juga: 12 Bahasa pemrograman yang paling relevan untuk dipelajari

5 Bagian Sistem MATLAB


Berikut lima bagian sistem MATLAB (Sumber: Pexels)

Secara praktis, MATLAB dapat dijalankan dengan berbagai bagian sistem penting demi menunjang pemrograman dengan presisi dan mumpuni. Adapun lima bagian sistem dari MATLAB antara lain meliputi:

1. MATLAB language


Bahasa pemrograman MATLAB berupa array dan matriks (Sumber: blogs.mathworks.com)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahasa pemrograman pada MATLAB adalah bahasa matriks/array tingkat tinggi dengan aliran kontrol, fungsi, struktur data, input/output, dan fitur pemrograman berorientasi objek. Bahasa pemrograman MATLAB ini nantinya dapat memungkinkan pengembang atau programmer untuk membuat pemrograman dalam skala kecil. Tak hanya itu, bahasa pemrograman MATLAB dapat digunakan pula untuk membuat program skala besar secara kompleks dan lengkap.

2. Working environment

MATLAB working environment merupakan seperangkat alat dan fasilitas yang dapat digunakan oleh pengembang/pengguna MATLAB. Bagian sistem MATLAB yang satu ini mencakup fasilitas untuk mengelola variabel di platform MATLAB serta untuk mengimpor atau mengekspor data. MATLAB working environment juga berisi alat untuk mengembangkan, mengelola, debugging, dan membuat profil M-files, serta aplikasi MATLAB itu sendiri.

Baca juga: 6 Tipe data dalam pemrograman yang penting untuk diketahui

3. Sistem grafis


Sistem grafis MATLAB dapat menunjang proses visualisasi data dengan baik (Sumber: http://gaidi.ca/weblog/matlab-line-colors-for-the-university-of-michigan)

Sistem grafis MATLAB mencakup perintah tingkat tinggi untuk proses visualisasi data dua dimensi dan tiga dimensi. Tak hanya itu, sistem grafis MATLAB juga dapat mendukung pemrosesan gambar, animasi, dan grafik presentasi. Meski cenderung digunakan untuk perintah tingkat tinggi (high level commands), namun MATLAB juga dapat digunakan untuk perintah tingkat rendah yang dapat digunakan untuk penyesuaian grafis serta grafis antarmuka (graphical user interfaces).

4. Mathematical function library

Keuntungan dalam menggunakan MATLAB adalah ketersediaan Mathematical Function Library yang berupa kumpulan besar algoritma komputasi mulai dari fungsi dasar matematika. Beberapa fungsi dasar matematika yang ada dalam MATLAB meliputi penjumlahan, sinus, kosinus, dan aritmatika kompleks, hingga fungsi-fungsi yang lebih canggih seperti inversi atau pembalikan matriks, nilai eigen atau nilai karakteristik dari matriks, fungsi Bessel, hingga transformasi Fourier.

Baca juga: Baru belajar C++? Berikut 5 konsep dasarnya!

5. Application Program Interface (API)



MATLAB juga dapat digunakan untuk membuat tampilan antarmuka program aplikasi (Sumber: Pexels)

Setelah disinggung beberapa kali, kini kita membahas bagian sistem MATLAB yang amat membantu para pengembang perangkat lunak yaitu application program interface (API). API merupakan aplikasi program antarmuka berupa library untuk penulisan program seperti C atau Fortran yang nantinya berinteraksi dengan MATLAB. API merupakan fasilitas dynamic linking dari MATLAB yang biasa memanggil MATLAB sebagai mesin komputasi dan untuk membaca atau menulis dokumen MAT.

Baca juga: Kenali plus minus bahasa pemrograman Java berikut ini!

Itulah tadi berbagai hal tentang MATLAB yang dapat menjadi pengetahuan dasarmu mengenai MATLAB. Bagi kamu yang memiliki kemampuan pemrograman dan sering menggunakan MATLAB, tentunya hal ini telah kamu ketahui bukan? Namun, jika kamu kini sedang mencari pekerjaan di bidang serupa, maka EKRUT mungkin bisa menjadi jawabanmu.

Dengan mendaftar sekali lewat EKRUT, kamu dan portofoliomu dapat dilihat oleh berbagai perusahaan yang nantinya mungkin merekrut dirimu sebagai kandidat pegawai baru. Penasaran dengan hal ini? Tunggu apa lagi, silakan klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

sign up EKRUT

Sumber:

  • cimss.ssec.wisc.edu
  • mathworks.com
  • dummies.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    customer-service-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Customer Service: Tugas dan Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Proyeksi Kariernya

    Tsalis Annisa

    05 December 2022
    5 min read
    API-adalah-EKRUT.jpg

    Technology

    API: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Arsitektur, dan Contohnya

    Nur Rosita Dewi

    14 November 2022
    6 min read
    pexels-sora-shimazaki-5926389.jpg

    Careers

    15 Pertanyaan Interview Kerja Mobile Engineer 2022

    Chrissila Jessica

    10 November 2022
    5 min read

    Video