Published on

Careers

Tips menjawab interview tentang masa menganggur

Nur Lella Junaedi

menjawab-pertanyaan-interview-masa-menganggur-EKRUT.jpg

Pada kondisi tertentu, kamu mungkin akan mengalami masa menganggur karena suatu alasan. Namun ada baiknya kamu tidak berbohong dengan tidak mencantumkan hal ini di CV dan tidak menyebutkan di sesi interview. 

Nah, supaya penjelasanmu tidak bernilai negatif. Berikut tips menjawab pertanyaan interview saat menganggur

Kemampuan yang diperoleh selama menganggur

Menganggur atau memiliki jeda waktu kosong bukan berarti kamu tidak bisa produktif. Kamu tetap bisa menjadi produktif dengan mengasah kemampuanmu di bidang yang sama atau bidang baru.

Ucapkan kepada perekrut bahwa dari pengalaman yang kamu peroleh selama menganggur itu, kamu belajar bahasa asing, mengoperasikan perangkat tertentu, belajar manajemen dalam komunitas dan lain sebagainya.

Katakan yang sejujurnya

Ceritakan hal yang sebenarnya dengan apa yang kamu alami waktu itu. Hal yang membuatmu menganggur cukup lama.

Kamu bisa mengutarakan kepada perekrut kegiatan positif yang kamu telah lakukan saat itu. Semisalnya dengan bergabung dengan komunitas, belajar hal lain untuk meningkatkan kemampuan skill, atau mungkin bekerja paruh waktu.

Baca juga: Lengkap, ini 5 contoh pertanyaan interview fresh graduate

Tunjukkan komitmen untuk memulai karir

Dengan jeda waktu yang mungkin cukup lama, semangatmu untuk bekerja tentunya akan berkurang. Tetapi kamu bisa mengutarakan kepada perekrut bahwa, kamu akan berkomitmen dengan posisi baru ini dan sangat termotivasi untuk berperan di dalamnya.

Utarakan pula bahwa aktifitas yang sempat kamu lakukan ketika menanggur relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Jangan ragu-ragu

Tips lain menjawab pertanyaan interview saat menganggur adalah menjawabnya dengan jawaban yang pasti.  Jawaban yang ragu-ragu bisa mengindikasikan bila kamu berbohong.

Usahakan untuk tidak ragu-ragu menceritakan aktifitasmu selama menganggur. Bila perlu susun kata-katanya sebelum interview.

Baca juga: Catat, ini 8 bahasa tubuh saat interview yang harus dipraktikan

Memperbaiki citra CV

Agar waktu menganggurmu tidak terlihat buruk di mata perekrut. Ada beberapa tips mempercantik citra CV dikala waktu menganggur,

Fokus pada prestasi

Bila kamu mengisi jeda waktu yang kamu miliki dengan kegiatan yang positif.  Kamu bisa menuliskan di dalam CV mu bahwa dirimu memiliki prestasi dengan bergabung dalam suatu projek. Tuliskan dalam bentuk poin perpoinnya.
Contoh:

  • Mengerti bahasa Inggris dengan baik karena sempat bergabung dalam komunitas mengajar di daerah terpencil sebagai guru bahasa Inggris
  • Mengerti tentang pengambilan video karena sempapt bergabung menjadi bagian komunitas lingkungan, dengan menjadi tim dokumenter

Membuat CV fungsional

Kebanyakan CV yang ada di pasaran bentuknya adalah CV tradisional. Bentuk dari CV tradisional ini lebih menyorot pada riwayat pekerjaan. Sedangkan CV fungsional lebih menekankan pada kemampuan yang dimiliki kandidat.

Dengan jeda waktu senggang yang kamu lewati, CV fungsional lebih relevan untuk diaplikasikan.

Kamu bisa memasukan poin per poin yang berisi skillkemampuan yang sesuai dengan kandidat yang dicari perusahaan. Adapun bagian dari CV fungsional di antaranya,

  • Biodata
  • Tujuan karir
  • kualifikasi 
  • pendidikan

Baca juga: Jual dirimu lewat foto di CV

Menjelaskan alasanmu terkait jeda waktu

Bila memungkinkan untuk ditulis, kamu bisa menjelaskannya dalam CV kamu bahwa kamu melakukan aktifias dalam jeda waktu kosong tersebut.

Kamu bisa menuliskan pergi ke suatu tempat, merawat orang tuamu, bergabung dengan komunitas atau melakukan pekerjaan sampingan lainnya.

Taruh di bawah pengalaman

Apabila kamu memiliki aktivitas yang kamu lakukan di jeda waktu tersebut dan masuk dalam ranah pekerjaan non-formal, taruhlah kekosongan waktu itu dibagian bawah pengalaman profesionalmu. 
 
Ini agar tidak terlalu tersorot oleh perekrut. Meski begitu, pengalaman tersebut tidak seharusnya juga disembunyikan.
 
Buat kolom lain dari bagian CV kamu

Tuliskan kolom itu dengan nama pengalaman sukarela, pengalaman internship, pengalaman freelance dan sebagainya.

Masa menganggur tidak selamanya buruk untuk citra kariermu. Asalkan kamu tetap melakukan hal-hal positif yang dapat meningkatkan kemampuanmu untuk bekal kariermu ke depannya.

Selain itu, cobalah praktikkan beberapa tips di atas, ya! Nah jadi, bila kamu berhadapan dengan situasi ini, kamu bisa mempraktekan tips di atas yah

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share