Published on

Careers

6 Ide merayakan hari Valentine di kantor

Maria Tri Handayani

merayakan-hari-valentine-EKRUT.jpg

Merayakan hari Valentine tidak harus dilakukan bersama pasangan. Kamu juga dapat merayakan hari valentine bersama rekan kerja di kantor, lho.

Hari Valentine justru bisa menjadi momen spesial untuk memberi apresiasi atas kerja dan pertemanan terhadap atasan, bawahan dan rekan kerja. Kamu bahkan dapat menggunakan hari spesial ini untuk lebih mengenal karyawan lain di perusahaan.

Nah, agar perayaan Valentine di tempat kerja makin seru, ada beberapa ide merayakan hari Valentine di kantor yang bisa kamu coba. 

1. Buatlah papan buletin apresiasi 

merayakan hari valentine - EKRUT
Rayakan hari kasih sayang dengan saling memberi apresiasi atas kerja keras karyawan - EKRUT

Pasanglah papan buletin apresiasi lalu bagikan kertas yang bisa digunakan oleh karyawan untuk menempelkan tulisan yang berisi komentar dan rasa terima kasih atas kebaikan- kebaikan yang telah diterima dari atasan, atau rekan kerja. 

Cara merayakan hari Valentine yang satu ini juga bisa menjadi alternatif untuk menumbuhkan rasa penghargaan antar karyawan di tempat kerja.

2. Hias kantor dengan dekorasi bertema hari Valentine 

merayakan hari valentine - EKRUT
Ciptakan suasana semarak Valentine dengan dekorasi yang meriah - EKRUT

Hiaslah ruang kerja dengan dekorasi bertema hari valentine. Kamu bisa menggunakan balon-balon berwarna merah muda atau justru meletakkan mawar di setiap meja karyawan. 

Bila perlu supaya perayaan semakin seru cobalah adakan kompetisi mendekorasi cubicle agar karyawan  adi lebih bersemangat dan terlibat dalam perayaan hari Valentine. Dengan dekorasi ini, suasana di kantor dan ruang kerja pun terasa lebih semarak dan segar. 

Baca juga: Bagaimana memotivasi karyawan tanpa beri kenaikan gaji?

3. Atur dress code di hari Valentine 

merayakan  hari valentine - EKRUT
Memberikan dress code di hari Valentine membuat suasana kerja di hari itu semakin berbeda - EKRUT

Di hari Valentine tak ada salahnya memberikan kebebasan pada karyawan untuk berpakaian di kantor. Bila selama ini karyawan terbiasa berpakaian rapi atau formal, biarkan karyawan mengenakan jins atau gaun di hari tersebut.

Bila perlu tentukan dress code karyawan di hari ini agar perayaan hari Valentine semakin terasa seru dan meriah. Misalnya dengan menentukan warna khusus pink atau merah. 

4. Adakan acara tukar kado 

merayakan hari valentine - EKRUT
Tukar kado menjadi cara seru lain merayakan hari valentine di kantor  - EKRUT

Ide merayakan hari Valentine di kantor yang tak kalah seru dan menyenangkan adalah mengadakan acara tukar kado antar karyawan. 

Ada dua cara tukar kado yang bisa kamu pilih. Pertama adalah tukar kado dengan konsep seperti secret santa di mana karyawan secara rahasia memberikan hadiah untuk penerima yang ditentukan secara acak. 

Cara lain tukar kado adalah karyawan membawa hadiah dengan kisaran harga yang sudah ditentukan. Kado-kado ini kemudian dikumpulkan dan secara acak akan dibagikan kepada masing-masing karyawan. 

Baca juga: Bos, yuk sayangi karyawan dengan kado valentine berikut ini

5. Adakan pesta kecil-kecilan

merayakan hari valentine - EKRUT
Kumpulkan karyawan di hari Valentine dalam pesta sederhana di saat jam makan siang atau after office - EKRUT

Rayakan hari Valentine di kantor dengan mengadakan pesta bersama karyawan. 

Tidak perlu pesta yang mewah, kamu bisa mengisi pesta kecil-kecilan dengan mengundang pengisi acara seperti penyanyi lokal atau talent show oleh karyawan sendiri. 

Selain itu ada alternatif pesta lainnya yang bisa dicoba adalah adakan tea party di sore hari. Sore hari adalah waktu yang tepat karena biasanya energi karyawan mulai turun di sore hari sehingga mereka butuh penyegaran. 

Suguhkan kue, cemilan, makanan dan minuman untuk karyawan. Gunakan waktu ini untuk sebatas bersantai dan berinteraksi dengan sesama rekan kerja. 

6. Berikan hiburan untuk karyawan 

merayakan hari valentine - EKRUT
Memberikan hiburan di hari Valentine kepada karyawan dapat membangkitkan kembali semangat mereka - EKRUT

Ide merayakan hari Valentine di kantor lainnya adalah dengan memberikan hiburan kepada karyawan. 

Beberapa pilihan yang bisa dicoba seperti memanggil layanan pijat gratis atau instruktur yoga ke kantor. Gunakan waktu makan siang atau sehabis kerja untuk melakukan hal tersebut. 

Selain itu hiburan lain yang bisa dilakukan di hari Valentine adalah  mengadakan game berhadiah dengan karyawan. Game yang bisa kamu adakan pun beragam. Kamu bisa mengadakan game berburu  dengan menyebar cokelat atau permen yang disertai kartu ucapan penghargaan kepada karyawan.

Buatlah poin setiap kali karyawan berhasil mengumpulkan cokelat. Karyawan yang berhasil mengumpulkan poin dan cokelat terbanyak dapat menukarkannya dengan hadiah. Contoh hadiah yang diberikan bisa berupa gift voucher atau kado spesial dari CEO. 

Jika sudah mengetahui pilihan ide merayakan hari Valentine di kantor, sekarang saatnya eksekusi rencana tersebut.

Manfaatkan hari kasih sayang ini untuk memberi apresiasi pada karyawan dan meningkatkan semangat kerja karyawan kembali di esok hari. 

Peran dan tugas Senior Software Engineer EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber: 

  • hrinasia.com
  • fairygodboss.com
  • bonus.ly
     

Tags

Share