Published on

Technology

Mengenal Apa itu Meta data? Definisi, Jenis, Manfaat, Hingga 4 Contohnya

Alvina Vivian

H1_metadata_adalah.jpg

Ketika melihat sebuah dokumen di dalam komputer, terkadang kamu akan menemukan satu tab berisikan detail mengenai dokumen tersebut. Misalkan saja berisikan informasi nama file, tanggal dibuat, tanggal terakhir diedit, bahkan hingga berapa besar ukuran dokumen. Nah, itulah salah satu contoh metadata pada file yang paling awam ditemui.

Tidak hanya diterapkan pada file di penyimpanan komputer saja, metadata juga kerap kali digunakan saat membuat website. Jika kamu masih asing dengan istilah metadata, pastikan kamu membaca artikel kali ini hingga selesai, ya.

Apa itu metadata?


Metadata adalah informasi singkat mengenai file atau webinar (sumber: pexels)

Metadata adalah deskripsi berupa informasi mengenai sebuah data, baik berupa gambar, halaman website, musik, video, atau sebuah dokumen. Informasi yang dimuat pada metadata berisikan gambaran atau penjelasan singkat, sehingga pengguna dan komputer lebih mudah mengenali apa isi file tersebut.

Istilah metadata juga kerap digunakan pada saat seorang programmer atau web developer membangun halaman situs. Masih dengan konteks yang sama, tujuan metadata pada pembuatan website, yakni untuk memudahkan mesin pencari sekaligus user untuk memahami website. Metadata diterapkan dalam bentuk sebuah tag HTML <meta> dengan isi informasi yang berbeda-beda.

Baca juga: Perkembangan teknologi informatika dan peluang karier 2022

Jenis-jenis metadata


Pilih jenis metadata yang sesuai dengan tipe file dan website (sumber: pexels)

Tipe metadata dibedakan sesuai dengan dimana ia diimplementasikan serta ditinjau dari jenis file apa yang sedang dibuka. Inilah jenis-jenis metadata yang perlu kamu kenali.

1. Metadata struktural

Pernahkah kamu kamu membuka daftar isi sebuah buku digital lalu mengklik salah satu bab dan langsung diarahkan ke halaman bab tersebut? Jika iya, hal itu terjadi karena penggunaan metadata jenis struktural.

Metadata struktural memindai secara berurut dari halaman ke bab kemudian sub bab ke urutan bab besar hingga berakhir di keseluruhan buku. Dengan tatanan atau hierarki yang urut, mesin komputer akan lebih mudah mengarahkan kamu ke halaman yang dituju hanya dengan mengklik bagian daftar isi.

2. Metadata deskriptif

Seperti namanya, metadata deskriptif adalah jenis metadata yang berguna untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu file. Tipe ini umumnya berisikan informasi mengenai judul, penulis/author, genre, subjek, tahun terbit, tag, atau informasi lain.

3. Metadata administratif

Tipe metadata satu ini merupakan bagian yang lebih mendetail dari metadata deskriptif. Elemen yang terdapat pada metadata ini pun di antaranya seperti tanggal terakhir diubah, nama pemilik dokumen, jenis file, tanggal ditambahkan/dibuat, dan ukuran file.

4. Metadata hukum

Metadata hukum berkaitan dengan permasalahan legalitas pada sebuah dokumen. Umumnya metadata hukum berisikan lisensi, hak cipta dan royalti. Matriks pada metadata jenis ini dapat digunakan untuk laporan yang membutuhkan kelengkapan legalitas asli.

5. Metadata referensi

Metadata referensi berisikan mengenai informasi sumber yang digunakan pada suatu grafik atau statistik. Dengan adanya metadata jenis ini, maka akan memberikan gambaran terhadap validitas sebuah statistik.

6. Metadata statistik

Jenis metadata statistik berisikan penjelasan data dan statistik yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan laporan atau penelitian.

7. Metadata pada website

Metadata pada website merupakan sebuah tag HTML <meta> yang dapat berisikan berbagai hal. Berbeda dengan metadata lain yang dapat dilihat dari sisi pengguna, meta tag pada website tidak akan tampak secara langsung. Bahkan lebih sering sebuah metadata tag ini hanya berada di sisi backend website.

Tujuan adanya metadata pada website salah satunya adalah untuk memudahkan Google agar membaca isi website tersebut. Meta tag juga menjadi salah satu tips agar website dapat SEO friendly.

Manfaat metadata


Ada berbagai manfaat metadata yang bisa didapatkan pengguna (sumber: pexels)

Metadata terdiri dari berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan fungsi yang dibutuhkan. Dengan mengimplementasikan metadata pada website dan file, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

  • Memudahkan pengguna dalam menemukan tujuan halaman
  • Menyimpan sumber hukum dan legalitas yang terdata
  • Dapat mengenali isi file secara detail namun dalam tampilan yang ringkas
  • Menjaga keaslian sumber dan informasi pengubahan file
  • Memudahkan proses identifikasi sumber dari buku digital dan file di komputer 
  • Metadata pada website memudahkan Google dalam mengenali isi situs dan menempatkan halaman tersebut pada peringkat yang tepat
  • Membuat website menjadi ramah SEO
  • Memantau aktivitas pengguna dalam sebuah website

Baca juga: Ini dia 5 pekerjaan big data yang paling banyak dicari

4 Contoh metadata


Contoh metadata cukup beragam di kehidupan sehari-hari (sumber: pexels)

Setelah mengenal manfaat dan jenis-jenis metadata, coba simak juga beberapa contoh metadata yang paling banyak ditemukan berikut ini.

1. Metadata pada website


Metadata pada website (sumber: google)

Contoh metadata di atas merupakan metadata website yang paling sering ditemukan di internet. Metadata tag pada website memang tidak dapat dilihat dari dalam website tersebut. Namun, ketika kamu melakukan pencarian di Google, maka metadata yang tampil adalah bagian meta title dan meta description. Bagian berwarna biru merupakan tampilan dari meta title sedangkan bagian bawah yang berwarna abu-abu adalah isi dari meta description.

2. Metadata pada gambar


Metadata pada gambar (sumber: google)

Metadata pada file gambar berisikan informasi lengkap mengenai kapan gambar atau foto tersebut diambil, menggunakan perangkat apa, ukuran file gambar bahkan lebih detail lagi mengenai setting dari kamera yang digunakan. Jika dilihat dari matriks yang ditampilkan, metadata jenis ini bisa dikatakan sebagai jenis metadata deskriptif.

3. Metadata di Google Docs


Metadata di Google Docs (sumber: google)

Jika bekerja bersama menggunakan Google Docs, terkadang kamu memerlukan informasi lengkap mengenai kepemilikan website hingga kapan terakhir dokumen tersebut diubah oleh akun pengguna lain.

4. Metadata pada buku digital


Metadata pada buku digital (sumber: google)

Sebagai pembaca buku, kamu akan dimudahkan dengan keberadaan metadata. Tanpa harus scrolling dan memakan waktu lama, kamu sudah bisa menemukan chapter atau bab yang kamu tuju.

Baca juga: 9 Data analytics tools terbaik sesuai kebutuhanmu

Pentingnya metadata


Metadata memudahkan pengguna mencari file dan website (sumber: pexels)

Jika meninjau dari sisi manfaat yang didapatkan, metadata sangat penting untuk digunakan. Karena dengan menambahkan metadata yang lengkap, kamu akan lebih mudah mengakses file atau bahkan menemukan jenis dokumen yang diinginkan hanya dengan menyebutkan ciri atau kata terkait pada kolom pencarian di komputer. Sedangkan untuk sebuah website, metadata menjadi sebuah syarat wajib untuk pemilik web sehingga Google bisa menampilkan situs tersebut dalam hasil pencariannya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai metadata pada file dan website. Jangan lupa untuk mengimplementasikan serta memanfaatkan metadata di kehidupan sehari-hari kamu, ya. Karena dengan menggunakannya, kamu bisa lebih mudah dalam bekerja atau menyelesaikan sebuah tugas.

Untuk informasi mengenai dunia kerja lainnya, kamu bisa membaca artikel menarik di EKRUT Media. Jangan lewatkan juga kesempatan mengembangkan skill serta mendapatkan informasi kerja di tempat yang kamu impikan dengan cara klik sign up di EKRUT sekarang. Selamat mencoba!

Sumber:

  • techtarget.com
  • thoughtco.com
  • appkey.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video