Technology

Microsoft Bing: Cara Kerja, Perbedaannya dengan Google, dan Cara Menggunakannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Tsalis Annisa

Content Editor who eager to learn more about Marketing

Untitled_design-102.jpg

Ada beberapa jenis mesin pencarian yang ada di internet, salah satunya adalah Microsoft Bing. Meski nampak jarang digunakan, nyatanya mesin pencarian yang satu ini memiliki cukup besar pengguna terutama di negara asalnya yaitu Amerika Serikat. Tertarik mengenai mesin pencarian ini lebih lanjut? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai Microsoft Bing, cara kerjanya, algoritma, perbedaannya dengan Google, hingga cara penggunaannya.

Apa itu Microsoft Bing?

logo microsoft di keyword
Bing merupakan mesin pencarian yang dikeluarkan oleh Google. (sumber: pexels)

Microsoft Bing merupakan mesin pencarian seperti Google yang dikeluarkan oleh Microsoft pada tahun 2009. Hingga saat ini, search engine atau mesin pencarian dari perusahaan software terbesar ini menempati urutan kedua untuk mesin pencarian di Amerika Serikat. Tak hanya bisa mencari informasi dengan mengetikan kata kunci, Microsoft Bing juga memiliki beberapa fitur lainnya. Misalnya saja seperti, pencarian menggunakan suara, pencarian video dan gambar. Selain itu, fitur jawabannya juga mencakup keuangan, kamus, olahraga, perhitungan, peta, hingga pelacakan penerbangan. Cukup canggih, bukan? Jika kamu membuka halaman pertama Microsoft Bing, kamu juga akan langsung disuguhkan oleh informasi mengenai laporan cuaca dan berita terbaru dari beberapa portal berita yang ada di Indonesia hingga luar negeri.

Baca juga: Microsoft Teams: Fungsi, Cara Install, dan Fitur yang Ada di Dalamnya

Cara kerja Microsoft Bing

seorang wanita sedang mengetik di microsoft bing menggunakan laptop
Microsoft Bing memastikan kamu mendapat informasi sesuai yang dicari. (sumber: pexels)

Microsoft Bing dibuat sedemikian mungkin untuk meminimalisir jumlah informasi sampah yang bisa membuat pengguna menjadi bingung. Saat kamu hendak memulai pencarian, autosuggest yang dimiliki oleh mesin ini akan mulai merekomendasikan beberapa kata kunci terkait berdasarkan dengan beberapa huruf yang kamu ketik. Selain itu, Microsoft Bing juga memiliki fitur best match yang serupa dengan autosuggest, di mana fitur ini menawarkan informasi yang menurut mesin ini sesuai dengan informasi yang kamu cari.

Guna memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang ingin didapatkan, Microsoft Bing juga memiliki Explore Pane. Fitur ini tujuannya adalah untuk menyaring hasil pencarian secara efisien. Selain itu, di sini juga kamu akan menemukan daftar atau riwayat pencarian dan pencarian terkait yang direkomendasikan. Tak hanya itu, agar kamu punya gambaran mengenai artikel seperti apa yang muncul pada hasil pencarian, Microsoft Bing juga memiliki fitur Deep Links. Di mana kamu bisa melihat pratinjau atau preview dari artikel tersebut tanpa perlu benar-benar membuat halaman tersebut.

Perlu hasil jawaban yang cepat? Microsoft Bing punya Instant Answers! Di sini kamu bisa dengan cepat mendapatkan jawaban dari pertanyaanmu. Pasalnya, Bing akan memastikan bahwa hanya informasi yang paling relevan yang muncul. Menarik, ya? Seperti Google, Microsoft Bing menggunakan algoritma untuk memastikan kamu mendapatkan informasi sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan.

Baca juga: Mengenal Microsoft Azure, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Microsoft Bing vs Google

logo google dan microsoft bing
Keduanya memiliki kualitas hasil pencarian yang berbeda. (sumber: pexels)

Sekarang kamu sudah tahu Microsoft Bing dan bagaimana cara kerjanya, bukan? Nah, jika kamu masih bingung mana mesin pencarian yang cocok dengan kamu, berikut beberapa perbedaan keduanya yang bisa menjadi pertimbanganmu.

1. Kualitas hasil pencarian

Jika kamu mencari informasi terbaru, maka Microsoft Bing kurang bisa membantu dalam hal ini karena tidak ada keterangan tanggal publikasi pada hasil mesin pencarian. Dengan begini, akan sulit untuk kamu melihat dengan cepat artikel mana yang memiliki informasi terbaru. Sementara untuk Google, mesin pencarian ini sudah mencantumkan tanggal pada mesin pencariannya. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk melihat situs mana yang memberikan informasi terbaru.

2. Tampilan

Perbedaan yang satu ini sudah jelas terlihat. Pasalnya, halaman pertama Microsoft Bing selain mencantumkan bar pencarian, juga menampilkan berita dari beberapa media. Sedangkan untuk mesin pencarian Google, halaman utamanya lebih sederhana. Tanpa tambahan bagian berita atau informasi lainnya.

3. Hadiah untuk pengguna

Hal yang menarik dari Microsoft Bing adalah, mesin pencarian ini memiliki poin untuk pengguna setia. Syaratnya adalah kamu harus punya akun microsoft. Setelah itu, kamu akan mendapatkan poin setiap kali mencari informasi, mengikuti kuis, atau bahkan berbelanja di Microsoft Store. Setelah berhasil mengumpulkan poin yang banyak, kamu bisa menukarkannya dengan film, aplikasi, dan masih banyak lagi. Nah, program ini tidak lagi dimiliki oleh Google.

Baca juga: Panduan Belajar Microsoft Excel dari Pemula hingga Profesional dalam 7 Hari

Cara menggunakan Microsoft Bing

seseorang sedang mengetik di microsof bing pada laptopnya
Kunjungi halaman Bing terlebih dahulu (sumber: pexels)

Jika kamu ingin menggunakan Microsoft Bing, berikut adalah beberapa langkah menggunakan Bing yang perlu kamu ketahui.

  • Kunjungi halaman Bing
  • Klik bar pencarian
  • Masukkan kata kunci informasi yang ingin kamu cari
  • Klik tanda kaca pembesar pada bagian kanan bar pencarian atau tekan “Enter
  • Selanjutnya hasil pencarian akan muncul
  • Jika kamu sudah masuk atau sign in ke dalam Bing, kamu bisa klik tanda 3 garis yang ada di samping tanda “Sign in” untuk melihat riwayat pencarian

Selain itu, kamu juga bisa mengubah batasan pencarian untuk memastikan tidak ada konten dewasa yang muncul pada mesin pencarian. Caranya adalah dengan klik sisi kanan atas halaman, klik “Safe Search” di menu drop down atau tanda panah ke bawah. Kemudian, centang salah satu kotak “Safe Search”. Setelah selesai melakukan pengaturan, kamu bisa klik “Save” atau “Simpan” pada bagian bawah halaman, lalu klik “Setuju” jika diminta.

Baca juga: Algoritma Baru SEO Google: Sebuah Jalan Menuju Konten Berbasis Human to Human

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai Microsoft Bing. Jika kamu bosan dengan tampilan Google yang cukup sederhana, kamu bisa menggunakan mesin pencarian Microsoft Bing. Pastikan kamu menggunakan mesin pencarian dengan bijak, ya!

Demikian artikel EKRUT Media, dapatkan juga berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • bing.com
  • lifewire.com
  • microsoft.com
  • techmonitor.ai
  • computer.howstuffworks.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video