Published on

Lainnya

Apa yang Dimaksud Moodbooster? Mari Kenali lebih Jauh dan 3 Tipsnya di Sini!

Sylvia Rheny

Apa_yang_Dimaksud_Moodbooster__Mari_Kenali_lebih_Jauh_dan_Tipsnya_di_Sini!.jpg

Kamu tentu pernah mengalami suasana hati yang kurang baik, bukan? Suasana hati yang kurang baik atau yang sering disebut dengan badmood ini akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan. Nah, salah satu cara untuk menghilangkan suasana hati yang buruk ini, kamu perlu tahu hal seperti apa yang bisa menjadi moodbooster untukmu. Yuk, cari tahu apa pengertian moodbooster, apa saja yang bisa menjadi moodbooster, dan tips yang bisa kamu lakukan untuk mencari moodbooster kamu!

Baca juga: Mengenal Bad Mood, 5 Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Apa itu moodbooster?


Moodbooster adalah sesuatu yang bisa mendongkrak suasana hati. (Sumber: Pexels)

Moodbooster adalah gabungan dari dua kata dalam bahasa Inggris, kata pertama yaitu “mood” memiliki arti suasana hati, sedangkan “booster” adalah pendorong atau pendongkrak. Dari kedua kata tersebut, pengertian dari moodbooster adalah sesuatu yang bisa mendongkrak suasana hati.

Suasana hati memiliki pengaruh terhadap aktivitas sehari-hari. Memiliki suasana atau mood yang baik membuat pekerjaan terasa ringan dan cepat untuk diselesaikan, sebaliknya ketika suasana hati sedang buruk, maka hal tersebut bisa menghambat aktivitas.

Suasana hati yang buruk membuat seseorang susah untuk berfokus terhadap apa yang sedang dikerjakannya sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, untuk memperbaiki suasana hati, seseorang perlu tahu apa yang menjadi moodbooster-nya.

Baca juga: Menarik, ini 7 pekerjaan yang cocok untuk orang sensitif

7 Hal yang dapat menjadi moodbooster kamu


Salah satu contoh moodbooster adalah mengonsumsi makanan kesukaan. (Sumber: Pexels)

Moodbooster untuk setiap orang bisa berbeda satu sama lain. Namun pada umumnya, moodbooster adalah suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan sehingga dapat mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik. Beberapa hal yang dapat menjadi moodbooster adalah sebagai berikut.

1. Membiasakan diri rutin berolahraga

Alasan olahraga bisa menjadi moodbooster adalah karena olahraga bisa membantu otak memproduksi endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Tidak sedikit orang yang melakukan olahraga untuk memperbaiki suasana hati dan melepas beban pikiran.

Manfaat olahraga selain menjadi moodbooster adalah meningkatkan stamina dan juga kesehatan jantung. Olahraga dianjurkan untuk dilakukan setidaknya 150 menit setiap minggunya. Selain itu, rutin berolahraga juga membantu kamu agar bisa tidur lebih nyenyak, dimana hal tersebut juga bisa berdampak baik terhadap suasana hatimu.

2. Bertemu atau mengobrol dengan orang terdekat

Salah satu moodbooster adalah dengan bertemu atau mengobrol dengan orang terdekat. Kamu bisa mencurahkan apa yang kamu rasakan kepada orang terdekat yang kamu percayai. Berbagi dengan orang terdekat bisa menjadi salah satu moodbooster dan menjadikan beban pikiranmu terasa lebih ringan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan moodbooster dari motivasi yang diberikan oleh orang terdekatmu setelah kamu menceritakan penyebab suasana hatimu yang buruk.

3. Mengonsumsi makanan kesukaan

Kamu tentunya mempunyai makanan kesukaan, bukan? Nah, ketika badmood melanda, kamu bisa mengonsumsi makanan kesukaanmu untuk menjadi moodbooster. Atau jika kamu bingung, beberapa jenis makanan yang diketahui bisa menjadi moodbooster adalah sebagai berikut:

  • Oatmeal. Oatmeal mengandung indeks glikemik rendah yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan membuat mood menjadi lebih baik.
  • Dark chocolate. Dark chocolate mampu menurunkan produksi hormon stres dan juga mengurangi kecemasan seseorang.
  • Ikan. Ikan mengandung omega-3 yang mampu memperbaiki kinerja otak sehingga mampu mengatasi gangguan mood dan depresi.
  • Pisang. Pisang mampu meningkatkan produksi hormon serotonin yang dapat memperbaiki mood dan mengatasi depresi.

Baca juga: Pentingnya moodboard dalam proses pembuatan situs

4. Tidur siang

Suasana hati yang buruk bisa disebabkan oleh pekerjaan yang menumpuk sehingga menyebabkan kurang tidur. Untuk itu, salah satu yang bisa kamu lakukan sebagai moodbooster adalah tidur siang. Tidur siang diketahui dapat memperbaiki mood, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi kantuk saat bekerja.

5. Bermain dengan hewan peliharaan

Tidak sedikit orang-orang yang memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan untuk menemani selama work from home. Tentu bukan tanpa alasan karena ketika kamu merasa suntuk dengan pekerjaan dan memiliki suasana hati yang kurang baik, hal yang bisa menjadi moodbooster adalah bermain dengan hewan peliharaan. Menurut penelitian, bermain dengan hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, dapat melepaskan hormon serotonin dan dopamin, yang membuat seseorang menjadi lebih tenang dan rileks.

6. Bermeditasi

Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan sebagai moodbooster adalah dengan bermeditasi. Meditasi dipercaya dapat memperbaiki suasana hati yang buruk, meningkatkan daya ingat, serta mengurangi stres dan kecemasan. Beberapa jenis meditasi yang dapat kamu lakukan untuk moodboster adalah meditasi fokus, meditasi Kundalini, dan meditasi mindfulness. Kamu bisa melakukan meditasi selama 10–20 menit setiap harinya.

7. Mendengarkan musik

Selanjutnya, hal yang dapat menjadi moodbooster adalah mendengarkan musik. Alasan mengapa mendengarkan musik menjadi salah satu bentuk moodbooster adalah karena menurut penelitian, mendengarkan musik mampu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, memperbaiki suasana hati, dan bahkan bisa digunakan sebagai terapi gangguan emosional.

Baca juga: Sabar, begini 10 cara mengendalikan emosi di tempat kerja

3 Tips alternatif untuk moodbooster


Salah satu tips alternatif moodbooster adalah mengatur napas. (Sumber: Pexels)

Beberapa orang mungkin merasa belum berhasil memperbaiki suasana hati setelah melakukan berbagai aktivitas moodbooster di atas. Namun, masih ada beberapa tips di bawah ini yang bisa kamu lakukan demi meredakan suasana hati yang buruk.

1. Sadari bahwa kamu tidak sendirian

Siapapun bisa merasakan perubahan suasana hati secara tiba-tiba dan tidak bisa menghindar secara langsung. Jadi, ketika suasana hati kamu sedang tidak baik-baik saja, sadarilah bahwa kamu tidak sendirian mengalaminya. Mengingat kamu tidak sendirian menghadapi ini bisa menjadi moodbooster tersendiri.

2. Menangis

Langkah yang bisa kamu lakukan sebagai pengganti aktivitas moodbooster adalah menangis. Dengan menangis, kamu bisa merasa lebih lega karena menangis merupakan salah satu bentuk pelepasan emosi.

3. Mengatur napas

Hal sederhana yang bisa dilakukan sebagai pengganti aktivitas moodbooster adalah dengan mengatur napas. Kamu bisa berfokus kepada napasmu dengan cara mengambil napas dalam-dalam dan menahannya selama 5 detik, kemudian hembuskan. Ulangi ini beberapa kali hingga kamu merasa lebih rileks.

Baca juga: Ini 7 manfaat tidur siang di kantor yang tingkatkan performamu

Sekian penjelasan mengenai moodbooster serta beberapa hal yang bisa menjadi moodbooster untuk kamu. Semoga informasi tersebut bermanfaat, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • Alodokter
  • Hellosehat
  • Orami

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.JPG

    Lainnya

    Ingin Work From Bali? Berikut 5 Rekomendasi Tempat Tinggal Seminggu!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Lainnya

    Cara Olahraga Mata agar Tetap Sehat saat Menatap Gadget dan Layar Laptop

    Detty Risetya

    06 September 2022
    7 min read
    cover_(1).jpg

    Lainnya

    Perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Wajib Kamu Ketahui

    Detty Risetya

    06 September 2022
    6 min read

    Video