Media

Mudah, ini 5 tips belajar pemrograman yang perlu kamu ketahui
By Tsalis Annisa - 12 March 2019
5 min read 105 Views
Kiat belajar pemrograman dapat membantumu menyerap dan menerapkan ilmu dengan mudah - EKRUT
Kiat belajar pemrograman dapat membantumu menyerap dan menerapkan ilmu dengan mudah - EKRUT

Selain tahu kepada siapa kamu belajar pemrograman. Kamu juga perlu mengetahui kiat-kiat dalam mempelajarinya agar kamu lebih mudah dalam menyerap ilmu yang kamu dapat, dan menerapkannya.

Agar semakin memudahkanmu, berikut ini adalah beberapa tips jitu belajar pemrograman yang perlu kamu ketahui.

1. Memilih bahasa pemrograman

Untuk menulis satu set perintah, dalam pemrograman komputer dibutuhkan bahasa yang mengatur instruksi dan teks. Berbagai bahasa pemrograman bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan jenis program. Berikut ini beberapa pilihan bahasa pemrograman yang bisa kamu pilih:

Bahasa pemrograman C, C++, C#

Jenis bahasa pemrogaman ini biasanya digunakan untuk membuat program komputer. C dan C++ adalah bahasa yang mudah dan cocok untuk pemula, namun C# kini mulai menjadi bahasa yang umum.

Java dan JavaScript

Jika kebutuhanmu adalah membuat plug-in untuk situs dan aplikasi ponsel maka bahasa pemrograman Java bisa menjadi pilihan. Keduanya sedang banyak diminati saat ini, jadi sebaiknya kamu menguasai kedua bahasa ini.

Python

Bisa dikatakan bahasa pemrograman Python adalah salah satu pilihan bahasa pemrograman yang interpretatif multiguna, fleksibel dan banyak digunakan di berbagai platform. Bagi kamu yang masih pemula, mempelajari Python sangat direkomendasikan mengingat Python merupakan bahasa pemrograman yang terbilang cukup mudah dipelajari.

PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Prepocessor, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML.

PHP juga banyak diaplikasikan untuk pembuatan program-program seperti sistem informasi  klinik, rumah sakit, akademik, keuangan, manajemen aset, manajemen bengkel dan lain-lain. Salah satu situs belajar PHP yang populer diantaranya adalah codeacademy, Learn-PHP dan PHP Manual.

Baca juga: Pelajari hal ini sebelum beralih dari JavaScript ke Go

2. Mempelajari skills dasar

Pada pembelajaran awal, kamu perlu memahami skill dasar dalam pemrograman termasuk juga algoritma dan pemrograman dasar. Cobalah mencari library atau framework yang mampu mengasah skill dasar.

Misalnya, untuk mempejari JavaScript kamu perlu juga mempelajari React untuk memperkuat skill. Atau ketika kamu belajar pemrograman Python, maka kamu bisa menggunakan Django sebagai situs framework pilihan.

Jadi, carilah framework atau library yang selain bagus juga mampu mengasah skill dasar, baik sebagai developer maupun pembelajar yang ingin mengaplikasikannya untuk bisnis.

3. Mulai mengaplikasikannya

Apa pun bahasa atau metode pembelajaran yang kamu pilih, kamu harus memulainya dari awal.  Misalnya, kamu bisa mempraktikkan selama satu minggu untuk mendapatkan pemahaman awal tentang Python.

Kemudian, satu akhir pekan mendapatkan pemahaman pengantar tentang Django, menelusuri tutorial, menghapus semua kode tutorial, dan mengerjakan semua kode tutorial lagi dari awal.

Mulailah dengan pembelajaran dasar. Untuk mengambil proyek pengodean pertama dari awal hingga selesai, bagi proyek menjadi langkah-langkah sederhana. Dan jika satu metode pembelajaran tidak berhasil untuk kamu misalnya melalui buku, coba metode pembelajaran lain misalnya belajar melalui pembelajaran online.

4. Mengikuti kursus coding

Ada banyak kursus pemrograman dan coding yang bisa kamu ikuti baik offline maupun online. Kursus-kursus ini dirancang untuk mengajarkan keterampilan dasar selama beberapa bulan di kelas tingkat perguruan tinggi. Untuk menambah pengetahuan dan berkonsultasi dengan ahlinya, tak ada salahnya kamu mengikuti kursus ini.

5. Berkonsultasi dengan mentor

Ada berbagai komunitas Software Engineer yang penuh dengan orang-orang yang bersedia membantu generasi programmer berikutnya. Hack.pledge adalah salah satu situs yang akan menghubungkan kamu dengan seorang mentor, atau kamu dapat mendaftar untuk mentor orang lain.

Bahkan sekadar merencanakan untuk mengajarkan apa yang telah kamu pelajari dapat membantumu menyimpan informasi dengan lebih baik.
Belajar pemrograman adalah proses belajar tanpa akhir, dan kamu harus selalu mempelajari bahasa baru, paradigma baru, dan yang lebih penting lagi yaitu memprogram hal baru. Jadi, jangan mudah menyerah dan tetaplah belajar dengan berbagai metode belajar yang baik.

Sembari meningkatkan kemampuanmu dengan belajar pemrograman, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Dengan begini, kamu akan lebih mudah dilirik oleh perusahaan dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu.

belajar pemrograman - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • developer
  • software engineer
  • bahasa pemrograman
  • belajar pemrograman
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang