Published on

Lainnya

10 Negara Termiskin di Dunia 2022 Beserta Indikator Penilaiannya

Mauditalani

Negara_Termiskin_di_Dunia.jpg

Negara-negara termiskin di dunia masuk ke dalam daftar bukan terjadi tanpa alasan. Negara termiskin di dunia rata-rata diklasifikasikan sebagai pemilik ekonomi rendah dalam empat tingkat World Bank ranking system. Pemeringkatan tersebut berdasarkan pendapatan nasional bruto atau gross national income (GNI) per kapita setiap negara. Dengan demikian, peringkat itu sudah dihitung melalui total pendapatan negara dengan jumlah populasi.

Pernahkah kamu menerka, sebenarnya apa yang menjadi indikator suatu negara masuk ke dalam daftar negara termiskin di dunia? Kondisi ini ternyata memiliki alasan di baliknya. Untuk lebih mengetahui apa indikator beserta daftar negara-negara termiskin di dunia, simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Deretan 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2022, Apakah Indonesia Termasuk?

Indikator dari negara miskin


Indikator negara termiskin di dunia dapat diperkirakan melalui GDP atau PPP-nya. (sumber: unsplash)

Pada dasarnya, dunia memiliki sumber kekayaan melimpah yang cukup untuk memastikan bahwa seluruh umat manusia dapat hidup dengan baik. Namun, kenyataannya masih ada beberapanya masuk ke daftar negara termiskin di dunia. Sebenarnya, apa yang menjadi tolak ukur dan indikator dari negara miskin ini?

Selama ini, PDB atau sering dikenal sebagai GDP (gross domestic product) sering kali dijadikan sebagai indikator standar untuk mengukur kekayaan suatu negara, dengan cara mengkompensasi perbedaan biaya hidup dan tingkat inflasi. Akan tetapi, menurut paritas daya beli atau PPP (purchasing power parity) yang mampu menilai daya beli individu bisa menjadi indikator lain untuk mengukur kemampuan finansial suatu negara.

Kendati demikian, sulit untuk menentukan apa penyebab suatu negara dikategorikan sebagai negara termiskin di dunia. Sebab, ada banyak alasan yang mendasarinya. Sebagai contoh mudahnya, pemerintah diktator dan korup. Mereka mampu membuat negara dengan penghasilan tinggi menjadi jatuh miskin dalam beberapa tahun saja.

Belum lagi, adanya sejarah kolonisasi eksploitatif, perang dan kerusuhan sosial, kondisi iklim buruk, atau supremasi hukum lemah yang semakin memperburuk keadaan negara. Menurut IMF (international monetary fund), munculnya pandemi Covid-19 pun turut mempengaruhi sosial dan ekonomi negara menjadi turun drastis.

Negara-negara yang perekonomiannya turun drastis tersebut, banyaknya ditemukan di Afrika. Meski prospek pada 2021 negara Afrika mulai membaik, tak bisa dipungkiri bahwa hampir semua sektor, seperti pertanian, industri, dan jasa mengalami penurunan daya beli per kapita, jika dibandingkan sebelum ada pandemi Covid-19.

Supaya lebih jelas dan terperinci, berikut ini 10 negara termiskin di dunia yang telah dirangkum berdasarkan data IMF, yakni World Economic Outlook Database pada April 2021 dari GDP serta dilihat melalui PPP per kapitanya.

Baca juga: Apa itu Gross Domestic Product (GDP)? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

10 Negara termiskin di dunia


Negara termiskin di dunia semuanya berasal dari Benua Afrika. (sumber: unsplash)

Ditemukan fakta mengejutkan dari daftar negara termiskin di dunia di bawah ini, bahwa semuanya berasal dari Benua Afrika. Ini bukan berarti Benua Afrika adalah benua termiskin di dunia. Hanya saja, penurunan harga komoditas dalam beberapa tahun terakhir telah membuat warga dan beberapa negara tersebut kehilangan peluang untuk maju.

1. Burundi


Burundi adalah negara pertama yang masuk ke daftar negara termiskin di dunia. (sumber: pexels)

Burundi masuk ke urutan pertama dari daftar negara termiskin di dunia. Negara yang terkurung daratan ini mempunyai beragam permasalahan secara internal maupun eksternal, sehingga membuatnya menduduki peringkat teratas kemiskinan. Menurut informasi, konflik etnis Hutu-Tutsi dan perang masih terjadi di Burundi.

Ditambah lagi, kasus kelangkaan pangan menjadi perhatian utama Burundi di saat hampir 90 persen dari 12 juta warganya bergantung pada pertanian. Dapat dipastikan akses air bersih, sanitasi, dan listrik juga masih sangat rendah. Dimana kurang dari 5 persen warga Burundi memiliki listrik, ini juga makin diperparah dengan munculnya pandemi.

2. Sudan Selatan


Sudah Selatan adalah negara dengan tingkat konflik kekerasan berbahaya. (sumber: unsplash)

Sudan Selatan adalah negara baru di dunia yang terbentuk pada 9 Juli 2011. Negara ini terbentuk setelah perjanjian yang mengakhiri konflik dengan Sudan. Meski sudah memutuskan menjadi suatu negara, tetapi kekerasan masih saja terjadi di Sudan Selatan hingga merusak beberapa sektor.

Keadaan salah satu negara termiskin di dunia ini diperparah dengan konflik baru pada 2013 lalu, saat Presiden Salva Kiir menuduh mantan wakilnya sebagai pemimpin pemberontak kudeta. Sayangnya, dari peristiwa tersebut diperkirakan 400 ribu orang tewas akibat bentrok dan hampir 4 juta warga mengungsi atau melarikan diri ke negara tetangga. Diketahui, Sudan Selatan memiliki penduduk sekitar 11 juta orang.

3. Somalia


Somalia memiliki jumlah penduduk sekitar 16 juta orang. (sumber: unsplash)

Somalia adalah negara berpenduduk sekitar 16 juta orang dengan konflik internal masih menjadi masalah yang tak ada hentinya. Keadaan negara termiskin di dunia ini semakin buruk dengan munculnya masalah kekeringan, kekerasan, banjir, kurangnya akses ke pelayanan kesehatan, cepatnya penyebaran penularan penyakit, dan tingkat pengangguran yang sangat tinggi. Proyeksi pertumbuhan GDP lebih dari 3 persen pada 2020 harus terganggu akibat adanya pandemi, serangan belalang, dan banjir yang makin intensif, hingga akhirnya perekonomian pun menurun 1,5 persen.

Baca juga: Gross National Product (GNP): Pengertian, Bedanya dengan GDP, dan Cara Menghitungnya

4. Republik Afrika Tengah


Republik Afrika Selatan kaya akan emas, minyak, uranium, dan berlian. (sumber: pexels)

Republik Afrika Tengah adalah negara kaya akan emas, minyak, uranium, dan berlian yang ditempati oleh orang-orang kurang mampu. Diketahui, jumlah penduduk negara ini hanya 4,8 juta orang dengan sektor industri kayu dan pertanian menjadi perekonomian utamanya.

Di samping upaya pemerintah untuk membangun dan memulihkan kembali salah satu negara termiskin di dunia ini, masih ada sekitar 60 persen penduduk hidup di bawah garis kemiskinan. Tak cukup dengan itu, karena Covid-19 pemerintah membatasi pergerakan keluarga untuk tetap tinggal di rumah. Langkah tersebut dinilai sangat berisiko, mengingat warga jadi tidak bisa memperoleh penghasilan untuk bertahan hidup. Mulai dari sinilah, Republik Afrika Tengah terus mengalami penurunan hingga masuk ke dalam daftar negara termiskin di dunia.

5. Republik Demokratik Kongo (DRC)


Republik Demokratik Kongo pernah terlibat perang hingga berakibat kemiskinan. (sumber: unsplash)

Setelah merdeka dari Belgia pada 1960, Republik Demokratik Kongo justru harus menghadapi kediktatoran rakus oleh para pemimpinnya, ketidakstabilan politik dan kekerasan secara terus-menerus. Inilah yang membuatnya masuk ke daftar negara termiskin di dunia.

Kongo juga pernah terlibat perang bernama Great African War yang mengakibatkan kemiskinan berkepanjangan. Lebih dari 60 persen total 92 juta penduduk hidup dalam satu hari dengan penghasilan kurang dari dua dolar. Sebenarnya, negara termiskin di dunia ini mempunyai potensi besar untuk memperbaiki keadaan ekonominya lewat mineral dan logam. Akan tetapi, adanya faktor ketidakstabilan politik, korupsi endemik, wabah virus Ebola dan pandemi menggagalkan potensi luar biasa itu.

6. Mozambik


Mozambik adalah negara strategis yang masuk ke dalam daftar negara termiskin di dunia. (sumber: pixabay)

Mozambik adalah negara dengan letak strategis, karena empat dari enam negara yang berbatasan sangat bergantung padanya sebagai jalur untuk perdagangan global. Dari perdagangan global tersebut, Mozambik berhasil meningkatkan pertumbuhan GDP rata-rata lebih dari 7 persen. Lantas, mengapa Mozambik masih masuk ke dalam daftar negara termiskin di dunia?

Hal tersebut dikarenakan perang saudara yang terjadi hingga 1992, lalu dilanjutkan dengan parahnya kondisi iklim, korupsi, ketidakstabilan politik sampai puncaknya muncul sekelompok pemberontak di bagian utara pada 2017. Kelompok pemberontak tersebut menyerang bagian utara Mozambik yang terkenal akan gasnya hingga memakan korban 4 ribu orang tewas serta 800 ribu lainnya harus mengungsi.

Pada beberapa tahun kemudian, bukannya keadaan semakin membaik berkat adanya pendanaan dari perusahaan Prancis sebesar Rp15,8 miliar di wilayah utara, proyek tersebut justru gagal. Pihak perusahaan pun akhirnya menangguhkan operasinya, sehingga pendapatan Mozambik pun berkurang drastis. Karena masalah bertubi-tubi ini membuat Mozambik masuk daftar negara termiskin di dunia.

Baca juga: Resesi ekonomi dan potensinya di tengah pandemi

7. Nigeria


Nigeria merupakan negara dengan daratan terkurung oleh Gurun Sahara. (sumber: pexels)

Dengan 80 persen wilayah daratannya terkurung oleh Gurun Sahara dan disaat bersamaan populasi pun terus meningkat, membuat Nigeria menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Nigeria berada di bawah ancaman penggurunan dan perubahan iklim ekstrem.

Selain itu, negara ini juga memiliki tingkat penyakit dan kematian tinggi. Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah bentrokan dengan kelompok ISIS. Sumber perekonomian utama Nigeria, yakni sumber daya seperti emas dan uranium turut mengalami penderitaan akibat volatilitas dan harga komoditas rendah.

8. Malawi


Malawi mempunyai wilayah kecil dan kondisi pemerintahan stabil sekaligus damai. (sumber: unsplash)

Malawi adalah negara kecil di Benua Afrika dengan kondisi pemerintahan stabil dan aman dari pemberontakan atau kekerasan. Tetapi, masalah kemiskinan masih menjadi kasus utama yang menyebabkan negara ini masuk ke daftar negara termiskin di dunia. Perekonomian Malawi sangat bergantung pada wilayah tanahnya. Sayangnya, negara ini kerap mengalami perubahan cuaca ekstrem hingga tak jarang tanah di wilayah tersebut mengalami kerusakan. Ini juga menjadi fokus utama mengapa kekurangan pangan di pedesaan sangat tinggi.

9. Liberia


Liberia masih bermasalah pada perekonomiannya bersamaan adanya inflasi. (sumber: unsplash)

Termasuk dalam republik tertua di Benua Afrika nyatanya tak membuat Liberia keluar dari predikat negara termiskin di dunia. Liberia memang sudah lama sejak 2003 lalu menghentikan perang saudara dan meraih kedamaian serta stabilitasnya. Akan tetapi, perekonomian negara ini tidak ikut berkembang.

Pemerintah Liberia terbukti gagal mengatasi masalah sistemik dan tantangan struktural di masyarakat. Semakin sulit lagi, negara dengan penduduk sebanyak 5 juta ini pun mengalami inflasi, sehingga pengangguran pun makin bertambah. Kondisi penurunan tersebut membuat keadaan ekonomi semakin negatif.

10. Madagaskar


Mayoritas penduduk Madagaskar bergantung pada pertanian. (sumber: unsplash)

Madagaskar adalah negara terakhir dalam daftar negara termiskin di dunia. Pada dasarnya, Madagaskar adalah negara dengan pulau terbesar keempat di dunia. Melihat kelebihan ini saja, Madagaskar sudah sepatutnya mempunyai perekonomian yang stabil, bukan? Tetapi, kenyataannya jauh dari itu.

Karena mayoritas penduduk masih bergantung pada pertanian sebagai mata pencaharian, membuat sektor ekonomi Madagaskar sangat rentan terhadap bencana terkait cuaca. Hadirnya Covid-19 juga tak luput mengguncang keadaan ekonomi Madagaskar. Diketahui, terjadi resesi tajam pada keadaan ekonomi dan berdampak langsung pada penduduk yang bekerja di sektor pariwisata dan manufaktur. Diperparah lagi, akibat pandemi ketersediaan sumber daya fiskal untuk investasi dan program sosial habis tak bersisa. Ini menimbulkan penundaan untuk mencapai pertumbuhan lebih inklusif.

Baca juga: 10 Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes Terbaru

Itulah pembahasan mengenai indikator dan 10 negara termiskin di dunia. Perlu diketahui, bahwasannya daftar negara termiskin di dunia ini dapat berubah kapan saja mengikuti perkembangan dan penurunan ekonomi suatu negara. Karena hal itu, para ekonom menamai kondisi ini sebagai “siklus” kemiskinan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • worldpopulationreview.com
  • gfmag.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    H1_1._Pilihan_Pekerjaan_yang_Sesuai_untuk_Seorang_INTJ.jpg

    Careers

    10 Pilihan Pekerjaan yang Sesuai untuk Seorang INTJ

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1_infp_adalah.jpg

    Careers

    INFP Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, beserta Rekomendasi Pekerjaannya

    Alvina Vivian

    30 June 2022
    5 min read

    Video