Published on

Lainnya

10 Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes Terbaru di Tahun 2021

Luqman Hafidz

H1_(2).jpg

Sempat mengalami kontraksi lebih dari 2% selama tahun 2020 akibat pandemi, Menteri Keuangan Republik Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukan tren positif dengan kenaikan sebesar 3.7 persen selama tahun 2021, dikutip dari Bisnis. Dengan pertumbuhan ini ini, aset kekayaan orang-orang terkaya juga ikut bertambah. Tahukah kamu siapa orang terkaya di Indonesia pada tahun 2021? Mari kita ikuti bersama.

Baca juga: Prospek kerja Ekonomi Pembangunan dengan gaji tertinggi tahun 2021

Rekap orang terkaya di Indonesia tahun 2020


Berikut adalah rekap orang terkaya di Indonesia tahun 2020 (Sumber: Pexels)

Tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pemilik saham BCA dan Djarum, Hartono bersaudara, bertengger di posisi pertama deretan orang terkaya di Indonesia, diikuti oleh keluarga Widjaya meskipun Eka Tjipta Widjaya telah meninggal pada tahun 2019 silam. Prajogo Pangestu, pengusaha minyak bumi berada di urutan tiga sebagai orang terkaya di Indonesia nomor tiga pada tahun 2020. Sedangkan posisi keempat sampai delapan secara berturut-turut adalah Eddy Kusnadi Sariaatmadja, Susanto Suwarto, Wijono dan Hermanto Tanoko, Jerry Ng, dan Irwan Hidayat.

Baca juga: Resesi ekonomi dan potensinya di tengah pandemi

10 Orang terkaya di Indonesia versi Forbes


Berikut adalah daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes (Sumber: Pexels)

Pergerakan roda kekayaan di Indonesia sebetulnya tidak begitu berubah signifikan, namun ada dinamika yang membedakan tahun 2020 dan 2021. Secara keseluruhan, kekayaan dari 50 orang terkaya di Indonesia bertotal 162 miliar dolar Amerika atau sebanyak 2,3 kuadriliun atau setara 15 angka nol setelah angka dua. Nominal fantastis ini juga ternyata naik sebanyak 21% dari total kekayaan 50 orang terkaya yang berada di nominal 133 miliar dolar Amerika.

Siapa saja sepuluh orang dengan kekayaan tertinggi pada tahun 2021? Mari kita mulai dari yang pertama.

1. Robert Budi & Michael Hartono

Sempat ramai dengan Satpamnya yang ramah dan menjadi bank kebanyakan orang-orang yang tinggal di Jakarta, ternyata Bank BCA menjadi sumber kekayaan utama bagi Hartono Bersaudara ini. Merupakan anak dari pendiri perusahaan Djarum, adik-kakak ini juga pemilik dari Polytron serta Prime Real Estate. Dengan kekayaan sebesar 42.6 miliar dolar Amerika atau setara dengan 610 triliun rupiah.

2. Keluarga Widjaya

Kesuksesan Eka Tjipta Widjaja memang tidak diragukan lagi, meskipun almarhum telah meninggal dunia pada Januari 2019 silam dan para anak-anaknya masih dalam proses pembagian warisan melalui pengadilan. Perusahaan yang dipegang yaitu Sinarmas masih berjaya pada sektor bisnisnya masing-masing. Menjadi salah satu pemain besar di bidang kertas, makanan dan agrobisnis, keuangan, telekomunikasi, perumahan, sampai energi dan infrastruktur. Total kekayaan keluarga Widjaja menurut Forbes berjumlah 139 triliun rupiah.

Baca juga: 5G dan 5 Hal yang perlu kamu ketahui mengenai teknologi ini

3. Anthoni Salim dan keluarga

Tahukah kamu bahwa pemilik perusahaan Indomie menjadi orang terkaya di Indonesia? Anthoni Salim merupakan salah satu pengusaha yang cukup dekat dengan keluarga mendiang presiden Soeharto. Dengan jatuhnya kekuasaan Soeharto dan krisis ekonomi yang menimpa Asia pada tahun 1997-1998, Anthoni harus merelakan kepemilikan Bank BCA kepada Hartono bersaudara. Namun, kekayaan beliau mencapai 121 triliun rupiah pada tahun 2021 kemarin.

4. Sri Prakash Lohia

Kata siapa orang terkaya di Indonesia hanya keturunan Tionghoa? Sri Prakash Lohia merupakan keturunan India yang telah menetap di Indonesia sejak tahun 1970an. Bersama mendiang ayahnya Mohan Lal Lohia, mereka mendirikan Indorama, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, benang serta pemintalan. Meskipun sekarang menetap di London, Inggris, Sri Prakash Lohia menjadi orang terkaya dengan kebangsaan Indonesia dengan total kekayaan sebesar 88 triliun rupiah.

5. Prajogo Pangestu

Sempat menjadi orang terkaya ketiga di Indonesia, Prajogo harus puas berada di urutan kelima dengan total kekayaan sebesar 87 triliun rupiah. Menjajal bidang petrokimia sejak tahun 1970an, banyak cerita Prajogo yang membuat orang-orang terkejut mengetahui bahwa beliau pernah menjadi seorang supir angkot. Hal ini juga menjadi pengingat, bahwa siapa saja dapat mendapatkan kesuksesan apabila memiliki keteguhan.

Baca juga: 6 Media promosi yang efektif untuk mengembangkan bisnis saat ini

6. Chairul Tanjung

Sebagai orang yang berjuang dari kondisi kekurangan, Chairul Tanjung sekarang menjadi orang terkaya di Indonesia nomor enam. Pemimpin CT Corp yang sukses membawahi Bank Mega, penyiaran TransCorp serta chain supermarket besar Carrefour dan TransMart. Nilai kekayaan CT pada tahun 2021 berjumlah 78 triliun rupiah.

7. Susilo Wonowidjojo dan keluarga

Menjadi bos perusahaan kretek Gudang Garam, menempatkan keluarga Wonowidjojo dalam deretan orang terkaya di Indonesia. Dengan total kekayaan sebesar 68 triliun rupiah. Potensi kekayaan ini diperkirakan atas ekspansi yang dilakukan Gudang Garam sejak tahun 209 pada bidang infrastruktur. Bahkan Gudang Garam sedang melakukan pembangunan bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur.

Baca juga: Mobil golf dengan IoT ada di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta

8. Boenjamin Setiawan dan keluarga

Bidang kesehatan juga ternyata cukup menjadi bisnis yang tidak dapat dipandang remeh. Dengan kepemilikan PT Kalbe Farma serta mengepalai 25 rumah sakit Mitra Keluarga, Boenjamin bertengger pada posisi 8 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2021 dengan total kekayaan sebesar 60 triliun rupiah.

9. Jogi Hendra Atmadja

Kalau kamu suka kudapan dan jajanan ringan, mungkin kamu pernah mendengar perusahaan yang memproduksinya, yakni Mayora. Jogi sebagai pemimpin mayora grup yang memiliki berbagai macam kudapan seperti biskuit, sereal, kopi sachet sampai permen memiliki aset kekayaan sebesar 58 triliun rupiah. Ternyata, kamu tak perlu selalu menjual barang mahal untuk menjadi orang kaya.

10. Bachtiar Karim dan keluarga

Minyak sawit masih memiliki kekuatan untuk Bachtiar pada posisi kesepuluh orang terkaya di Indonesia pada tahun 2021, dengan kekayaan sebesar 50 triliun rupiah. Sempat menjadi orang terkaya di dunia nomor 527 sedunia pada tahun 2016, namun sempat mengalami kemunduran pada tahun 2017. Hal ini harus menjadi penyemangat semua orang bahwa akan ada naik dan turun dalam keuangan.

Baca juga: 14 Film tentang bisnis yang inspiratif dan membuatmu semangat

Nah, itulah 10 daftar orang terkaya 2021 versi Forbes. Semoga informasi di atas dapat menjadi sumber inspirasi kamu, ya.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Selain itu, jika kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru. Yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Rekomendasi Bacaan:

 

Sumber:

  • Forbes
  • Bisnis

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Cara_Menghitung_IPK_dan_IP_dengan_Mudah_dan_Cepat_yang_Wajib_Diketahui_Mahasiswa.jpg

    Lainnya

    Cara Menghitung IPK dan IP dengan Mudah dan Cepat yang Wajib Diketahui Mahasiswa

    Sartika Nuralifah

    22 September 2022
    5 min read
    Apa_Itu_Audience.jpg

    Lainnya

    Apa Itu Audience? Berikut Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Jenisnya!

    Mauditalani

    20 September 2022
    8 min read
    Contoh_BUMN.jpg

    Careers

    12 Contoh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Berdasarkan Kluster Industri

    Mauditalani

    20 September 2022
    7 min read

    Video