Published on

Careers

3 Contoh pasar persaingan sempurna dan karakteristiknya yang pengusaha wajib tahu

Algonz D.B. Raharja

H1_Pasar_Persaingan_Sempurna.jpg

Pasar merupakan ceruk utama di mana berbagai bisnis dan usaha saling bersaing mendapatkan konsumen. Pasar pun terdiri dari berbagai macam jenis berdasarkan beberapa hal tertentu. Salah satu jenis pasar yang umum dikenal di dunia ekonomi adalah pasar persaingan. Dari jenis pasar persaingan tersebut terdapat pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna. Nah, kali ini kita akan membahas tentang pasar persaingan sempurna. Apa sih yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna ini? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Apa itu SIUP? Berikut 4 jenis beserta syarat dan prosedur pembuatannya!

Apa itu pasar persaingan sempurna?


Pasar persaingan sempurna merupakan jenis pasar di mana barang yang dijual homogen (Sumber: Pexels)

Menurut modul pembelajaran dari California Institute of Technology, pasar persaingan sempurna dicirikan sebagai pasar dengan produk sama atau satu barang. Homogenitas produk didukung oleh banyak perusahaan atau penjual di satu tempat akan menimbulkan pasar persaingan sempurna. Hal ini secara tidak langsung akan meniadakan potensi monopoli pasar terhadap satu produk oleh satu perusahaan saja.

Jika merujuk pada struktur teoretis, pasar persaingan sempurna memiliki beberapa karakteristik seperti penjual atau perusahaan adalah penerima harga karena mereka tidak dapat mempengaruhi harga pasar untuk produk mereka. Begitu pula konsumen atau pangsa pasar pun tidak mempengaruhi harga. Pembeli atau konsumen juga memiliki informasi yang utuh dan lengkap tentang perkembangan produk.

Secara umum, pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar di mana banyak perusahaan menjual produk serupa dan hampir tidak ada keuntungan karena persaingan yang ketat. Dengan demikian, teori pasar persaingan sempurna merupakan istilah abstrak yang digunakan untuk membuat perbandingan dengan pasar di ranah riil. Meski jarang ada, namun beberapa karakteristik pasar persaingan sempurna masih dapat diidentifikasi dari pasar di kehidupan nyata.

Karakteristik pasar persaingan sempurna


Berikut adalah karakteristik pasar persaingan sempurna (Sumber: Pexels)

Berikut ini adalah beberapa karakteristik pasar persaingan sempurna yang dapat menjadi basis identifikasi ekonomi dan pemasaran produk.

1. Banyak perusahaan yang bersaing


Ciri pasar persaingan sempurna adalah banyak perusahaan atau penjual yang bersaing (Sumber: Pexels)

Pasar persaingan sempurna memiliki banyak pembeli dan penjual. Hal ini berarti bahwa perusahaan dikenal sebagai “price takers”, sehingga mereka tidak bisa menentukan harga suatu produk sendiri. Perusahaan yang menjual produk dalam pasar persaingan sempurna diharuskan menjual produk pada harga BEP (break even point) atau ekuilibrium (impas). Dari basis harga ekuilibrium itulah nantinya perusahaan akan menjual suatu produk ketika penawaran dan permintaan selaras.

Sebab, jika perusahaan menjual dengan harga tinggi berbasis laba, maka perusahaan akan rugi karena ada produk serupa dari perusahaan lain dengan harga murah. Dikarenakan banyaknya pesaing di pasar persaingan sempurna, berarti setiap perusahaan memang dicegah untuk menaikkan harga.

2. Jual beli terhadap produk serupa

Seperti yang telah berkali-kali disinggung, produk yang terjual di pasar persaingan sempurna adalah barang atau produk serupa (homogen). Semua barang atau produk dalam pasar persaingan sempurna dianggap sebagai barang substitusi sempurna. Hal ini mengakibatkan kurva permintaannya amat elastis untuk setiap perusahaan, baik kecil maupun individu yang beroperasi di pasar persaingan sempurna tersebut. Karena permintaan yang amat tinggi dan elastis, maka kecenderungan konsumen untuk memilih produk sesuai harga akan lebih logis dan realistis.

3. Tidak ada perusahaan atau individu yang memonopoli pasar


Pasar persaingan sempurna tidak membuka ruang untuk monopoli pasar (Sumber: Pexels)

Monopoli adalah penguasaan sebagian pangsa pasar untuk satu perusahaan atau individu dengan produk eksklusif. Di dalam pasar persaingan sempurna, praktik monopoli tidak dapat hidup atau berkembang. Oleh karena itu, karakter pasar persaingan sempurna adalah agar suatu industri dapat bersaing secara sempurna dan tidak ada produsen atau individu yang memiliki pangsa pasar lebih besar dari lainnya. Pangsa pasar adalah proporsi dari total luaran industri yang dimiliki oleh satu perusahaan.

4. Terdapat standarisasi produk

Dikarenakan adanya banyak produsen dan produk yang homogen, maka karakteristik pasar persaingan sempurna adalah adanya standarisasi produk setara. Kesetaraan kualitas produk ini dapat menjadi luaran industri yang umum dan membuat persaingan antar produk menjadi berimbang. Oleh karena itu, pasar persaingan sempurna umumnya didukung dengan produk berkualitas standar.

5. Setiap perusahaan atau produsen memiliki pangsa pasar yang sama


Setiap penjual maupun perusahaan di pasar persaingan sempurna memiliki potensi konsumen yang sama (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pasar persaingan sempurna memiliki pangsa pasar berimbang untuk tiap produsen atau penjual suatu produk homogen. Oleh karena hal ini, maka perusahaan tidak dapat bersaing dalam harga, dan lantas terjadi suatu kondisi yaitu “Pendapatan Marginal = Biaya Marginal”. Tidak adanya ruang untuk menaikkan harga secara eksklusif ini membuat pasar persaingan sempurna menuntut perusahaan atau produsen untuk mengejar standar produk yang umum digunakan untuk suatu produk homogen.

6. Pembeli memiliki informasi lengkap tentang produk dan penjual mudah keluar masuk pasar

Dikarenakan produk yang dijual homogen, maka pasar persaingan sempurna akan mendukung adanya ketersediaan informasi produk bagi calon pembeli. Dari sini nantinya pembeli akan tahu harga dan kualitas produk secara terbuka. Adanya informasi ini membuat pembeli dapat menentukan sikap dengan mudah jika ada seorang penjual menaikkan harga produknya.

Selain pembeli yang memiliki informasi lengkap tentang harga dan kualitas suatu produk homogen, penjual di pasar persaingan sempurna pun memiliki keleluasaan untuk keluar masuk pasar. Hal ini ditunjang pula dengan biaya yang minimal, karena tidak ada kontrak dan juga penyesuaian terhadap finansial, waktu, dan informasi terhadap produk dan perkembangan pasar.

Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna


Pasar persaingan sempurna memiliki kelebihan untuk memastikan perusahaan memiliki konsumen tetap (Sumber: Pexels)

Meski nampak mentereng dengan statusnya sebagai pasar persaingan sempurna, namun kesempurnaan pasar jenis ini belum tentu tanpa cela. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna yang umum diketahui.

Kelebihan pasar persaingan sempurna Kekurangan pasar persaingan sempurna
Perusahaan dapat mencapai surplus konsumen Tidak ada peluang untuk mencapai keuntungan maksimal
Tidak ada kegagalan informasi bagi konsumen dalam bertransaksi Tidak ada keberanian untuk mengembangkan teknologi baru karena informasi produk amat terbuka
Pengalokasian sumber daya dengan efisien Adanya diferensiasi produk yang minimal
Gesekan antar produsen atau penjual minimal Terjadi penghambatan proses penelitian dan pengembangan dalam proses pembuatan produk (R&D)

Contoh pasar persaingan sempurna


Berikut adalah contoh pasar persaingan sempurna (Sumber: Pexels)

Meski nampak kurang realistis untuk diidentifikasi, namun tetap ada beberapa pasar komoditas yang masuk dalam karakteristik pasar persaingan sempurna ini. Untuk dapat lebih memahami apa dan bagaimana pasar persaingan sempurna itu, maka berikut ini adalah beberapa contoh pasar persaingan sempurna yang dapat diidentifikasi.

1. Pasar beras


Beras dan sembako merupakan komoditas yang umum dijual dengan karakter pasar persaingan sempurna (Sumber: Pexels)

Penjualan beras umumnya memiliki konstelasi pasar persaingan sempurna, meski nampak terstratifikasi dengan harga dan jenis beras yang dijual. Meski begitu, penjualan beras memiliki tingkat kestabilan harga yang cukup kuat karena penjual dan pembeli tidak memiliki kekuatan untuk memberi pengaruh terhadap harga.

Harga beras secara umum mengikuti pasar dan juga produk yang dijual cenderung homogen. Perbedaan jenis beras juga pasti diikuti perbedaan harga beras itu sendiri, sehingga tiap produk beras memiliki pangsa pasarnya sendiri.

2. Pertokoan parfum atau minyak wangi

Salah satu contoh pasar persaingan sempurna dapat diidentifikasi dari deretan pertokoan yang menjual parfum atau minyak wangi seperti yang ada di kawasan Condet di Jakarta Timur, kawasan Selokan Mataram di Yogyakarta, dan di beberapa tempat di kota lain dengan sistem toko parfum berjajar.

Pertokoan semacam ini memiliki karakter menjual produk homogen yaitu parfum isi ulang. Untuk itu, persaingan yang terjadi cenderung sempurna karena jika salah satu toko menjual produk serupa dengan harga lebih tinggi maka ia berisiko untuk kehilangan pelanggan.

3. Pertokoan kain dan baju batik


Produk batik dan tekstil umumnya masuk dalam karakter homogen dalam pasar persaingan sempurna (Sumber: Pexels)

Di beberapa pasar batik besar seperti Pasar Beringharjo di Yogyakarta maupun Pasar Klewer di Surakarta memiliki puluhan toko yang menjual produk homogen, yaitu batik. Sebagai salah satu jenis produk pakaian yang digemari sebagai oleh-oleh, pakaian batik memiliki permintaan elastis.

Hal ini tentunya menumbuhkan pasar persaingan sempurna di tempat-tempat seperti kedua pasar batik tersebut. Permintaan batik sebagai barang homogen umumnya masih dapat dibedakan dengan model batik, baik cap maupun tulis, hingga kualitas kain yang dipakai. Untuk itu, pasar persaingan sempurna dari batik tidak terlalu mencolok.

Itulah tadi beberapa contoh pasar persaingan sempurna yang ada di sekitar kita. Secara umum, identifikasi paling mudah terhadap pasar persaingan sempurna terdapat pada produk-produk sembako berbasis pertanian. Komoditas seperti beras, garam, ikan asin, tempe, hingga berbagai bahan pokok lain umumnya harganya ditentukan pasar dan berbasis ketersediaan.

Untuk itu, beberapa jenis komoditas tadi seringkali memiliki harga minimal yang ditentukan pemerintah untuk tiap waktu tertentu agar menghindari penimbunan dan lain-lain. Pasar persaingan sempurna yang riil selaras dengan definisinya memang sulit untuk ditemukan di kenyataan karena proses persaingan antar penjual akan tetap ada, baik persaingan kualitas maupun harga.

Nah, kini kamu telah mengetahui apa dan bagaimana itu pasar persaingan sempurna. Bagi kamu yang memiliki pemahaman lebih terhadap jenis-jenis pasar dan pemasaran, tentu kamu bisa melakukan analisis dan observasi terhadap sebaran produk di pasaran. Jika kamu memiliki kemampuan semacam ini, kamu bisa membangun kariermu di bidang pemasaran.

Jika kamu berminat untuk merintis karier di bidang pemasaran, kamu bisa mendaftarkan dirimu lewat EKRUT. Sebab dengan begitu, kamu bisa berpotensi untuk ditemukan oleh berbagai perusahaan yang tengah mencari kandidat pegawai di bidang pemasaran. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • its.caltech.edu
  • investopedia.com
  • boycewire.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video