Published on

Careers

Terjebak pekerjaan yang tidak disukai? Atasi dengan 8 cara ini

Tsalis Annisa

pekerjaan-yang-tidak-disukai---EKRUT.jpg

Meski nampak menyenangkan di awal, tidak sedikit orang yang akhirnya merasa terjebak di dalam pekerjaan yang tidak disukai. Jika kamu salah satunya, jangan sedih! Karena masih ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Bekerja memang sudah menjadi keharusan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Meski begitu, dapat berdampak negatif jika kamu selalu merasa tertekan dalam menjalankan pekerjaanmu.

Jangan sedih, hadapi pekerjaan yang tidak disukai dengan tips ini

pekerjaan yang tidak disukai - EKRUT
JIka kamu merasa terjebak pekerjaan yang tidak disukai, cobalah untuk membicarakannya dengan atasan dan minta perubahan deskripsi kerja - EKRUT

Berikut ini adalah beberapa beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar lebih mampu menerima keadaaan dan tetap bekerja dengan baik.

1. Berikan penilaian pada situasi yang kamu hadapi

Saat berhadapan dengan masalah, kamu mungkin cenderung larut ke dalam pemikiran negatif atau betapa sengsaranya kamu hingga akhirnya lalai dalam menilai apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Jadi, cobalah mulai bertanya pada diri sendiri apa yang menyebabkan rasa tidak nyaman yang kamu alami. Sebenarnya apa yang tidak kamu sukai? Apakah posisinya, atasannya, atau tanggung jawabmu? Ketahui juga apakah rasa tidak suka itu datang dan pergi, atau memang sangat mengakar di dirimu setiap hari.

2. Kerjakan hal yang kamu sukai di luar jam kerja

Rasa tidak suka dengan pekerjaan dapat disebabkan oleh kondisi di mana kamu tidak melakukan pekerjaan yang pernah kamu idam-idamkan. Gairah dan rasa ketertarikanmu mungkin bukanlah untuk pekerjaan tersebut sehingga rasanya sulit untuk menikmati apa yang sedang kamu kerjakan.

Oleh karena itu, cobalah luangkan waktumu untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai, atau bahkan olahraga. Melakukan apa yang kamu sukai akan membuatmu kembali semangat kerja. Sedangkan berolahraga dapat membantumu mengurangi stres.

3. Minta perpindahan tim atau departemen

Rasa terjebak juga bisa saja muncul akibat kejenuhan yang kamu rasakan terhadap lingkungan kerja yang itu-itu saja. Meminta perpindahan tim atau departemen akan memberikanmu lingkungan dan rekan kerja baru. Namun lihat dulu kondisinya, pastikan atasanmu memang terbuka untuk memberikan kesempatan semacam ini.

Sebelum meminta perpindahan tim kamu juga perlu melakukan sedikit riset mengenai departemen yang ingin kamu tuju. Pastikan kamu mampu mengikuti pekerjaan yang ada di dalam divisi tersebut dengan baik.

Baca juga: 7 Tips sukses merancang rencana karier untuk masa depanmu

4. Ciptakan goals yang dapat memacu dirimu

Kamu perlu realistis terhadap situasi yang kamu alami dan yang terpenting kamu tetap harus bisa maju dalam situasi ini. Pekerjaan yang kamu benci saat ini mungkin saja akan sangat berguna di masa mendatang. Jadi, cobalah ciptakan goals yang realistis dan dapat kamu capai tanpa kecurangan atau cara kotor.

Daripada berusaha menyenangkan atasan dengan janji-janji yang sulit ditepati, sebaiknya berusahalah bekerja keras untuk mencapai tujuanmu. Pastikan dirimu semakin terpacu dan jadikan perasaan terjebak dalam pekerjaan yang salah itu menghilang sendiri.

5. Ajukan perubahan deskripsi kerja

Bicarakan dengan atasanmu mengenai apa yang selama ini kamu kerjakan dan lakukan. Cobalah untuk berkata jujur mengenai keadaanmu yang merasa tidak termotivasi dengan pekerjaanmu saat ini kepada atasan.

Seorang pemimpin yang baik tentunya akan mengerti bahwa itu dapat mengurangi produktivitasmu sebagai pekerja. Dengan berhasil menyampaikannya ke atasanmu, cobalah untuk menciptakan solusi dari masalah tersebut dengan ide-ide baru terhadap deskripsi pekerjaanmu.

6. Utarakan apa yang kamu rasakan kepada teman terdekat

Memiliki rekan kerja yang juga bisa menjadi teman bermain, teman berdiskusi, dan bisa dipercayai akan cukup membantu kamu dalam menghadapi hari-hari di kantor. Pasalnya, dengan begini kamu bisa mengutarakan keluh kesahmu di kantor sehingga kamu bisa merasa sedikit lebih lega. 

7. Coba ganti perspektif 

Ketika kamu membenci apa yang kamu lakukan, kamu akan merasa terlalu cepat lelah dan negatif. Menjalani 8 jam kerja di kantor akan terasa sangat lama dan menghabiskan semua tenagamu. Hal ini tentu akan membuatmu merasakan segalanya menjadi lebih buruk. 

Cobalah ubah perspektif kamu. Alih-alih memandang pekerjaan yang tidak disukai tersebut sebagai sesuatu rutinitas yang harus kamu pertahankan demi gaji, coba lihat kesempatan itu sebagai cara untuk menaklukan tantangan baru dan menambah keterampilan diri. 

Masih merasa terjebak pekerjaan yang tidak disukai? Lakukan cara ini

pekerjaan yang tidak disukai - EKRUT
Sembari berusaha menguatkan dirimu untuk menghadapi pekerjaan di kantor, cobalah untuk membuka peluang untuk pekerjaan lainnya - EKRUT

Jika beberapa cara di atas nampak tidak berhasil dan rasa tidak sukamu terhadap pekerjaan sudah tidak tertahankan lagi, mungkin inilah saatnya kamu berpindah pekerjaan. Agar lebih memudahkanmu dalam mendapatkan pekerjaan, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace.

Salah satu situs talent marketplace terpercaya yang dapat kamu coba adalah EKRUT yang mengusung konsep berbasis data science. Konsep ini mampu membuat perusahaan yang terdaftar lebih mudah mendapatkan kandidat, dan mampu lebih cepat menghubungkan kamu dengan perusahaan yang cocok.

Kelebihan lainnya bahkan kamu bisa mendapatkan pekerjaan tanpa perlu melamar ke sana ke mari dengan menyebar CV. Langkah yang perlu kamu lakukan hanyalah mendaftar di halaman EKRUT menggunakan akun LinkedIn dan melengkapi profil yang diminta. Tanpa perlu melakukan apa-apa, tawaran yang akan datang padamu.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan adanya lowongan palsu, sebab semua perusahaan yang tergabung di EKRUT sudah melalui proses verifikasi terlebih dahulu.

Baca juga: 4 Alasan kenapa mencari kerja dengan kirim CV tidak efektif lagi

Jadi, tunggu apalagi? Ingin segera terbebas dari perasaan terjebak pekerjaan yang tidak disukai? Segera daftarkan dirimu di EKRUT dan raih pekerjaan yang kamu sukai tanpa kerja keras!

Last update: 5 Oktober 2020

pekerjaan yang tidak disukai - EKRUT

Sumber:

  • forbes.com
  • lifehack.org
  • themuse.com

Tags

Share