Published on

Careers

5 Tips Pembukaan Presentasi yang Baik beserta Contohnya

Sartika Nuralifah

H1_5_Tips_Pembukaan_Presentasi_yang_Baik_Beserta_5_Contohnya.jpg

Kamu akan melakukan presentasi? Jangan lupa untuk memperhatikan pembukaan presentasi. Pembukaan presentasi yang baik akan membuat audiens menjadi tertarik dengan materi presentasi kamu. Supaya lebih menarik, yuk ikuti beberapa tips pembukaan presentasi yang baik dalam artikel ini!

Baca juga: Pitch deck: Tujuan, elemen, cara pembuatan, dan 3 contohnya

Apa itu pembukaan presentasi?


Dalam pembukaan presentasi audiens mulai menilai materi yang akan disampaikan. Sumber: Pixels

Pembukaan presentasi adalah sebuah hal yang pertama harus kamu lakukan ketika kamu hendak untuk memaparkan sebuah presentasi. Pembukaan presentasi menjadi sebuah kesempatan bagi kamu untuk menarik perhatian audiens. Durasi pembukaan presentasi umumnya tidak terlalu lama, maka karena durasi singkat tersebut kamu harus mampu untuk mendapatkan perhatian audiens agar mereka tertarik dengan materi yang kamu sampaikan.

Baca juga: Elevator pitch: begini penjelasan dan cara menguasainya

Mengapa pembukaan presentasi sangat penting?


Pembukaan presentasi yang menarik dapat membuat audiens mendengarkan presentasi hingga akhir. Sumber: Pexels

Pembukaan presentasi sangat penting dilakukan karena dibutuhkan kurang lebih 60 detik untuk mengenal audiens, mendapatkan perhatian audiens, dan membuat audiens menjadi tertarik dengan presentasi yang akan disampaikan. Pembukaan presentasi juga menjadi hal yang sangat memorable bagi audiens yang mendengarkan pemaparan presentasimu.

Baca juga: 5 Contoh Pembuka Presentasi yang Profesional dan Efektif

5 Tips pembukaan presentasi yang baik


Sampaikan data statistik dalam pembukaan presentasi agar menarik minat audiens. Sumber: Pexels

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pembukaan presentasi adalah sesuatu yang penting untuk mendapatkan perhatian dari audiens. Agar presentasi berjalan dengan lancar, berikut tips pembukaan presentasi yang baik dan bisa kamu coba.

1. Gunakan quote

Dalam membuka presentasi, kamu dapat menggunakan quote yang dirasa sesuai dengan apa yang akan kamu sampaikan. Usahakan gunakan quote yang relevan agar pembukaan presentasi kamu dapat menjadi sesuatu yang menarik bagi audiens. Kamu juga dapat menggunakan quote dari tokoh-tokoh menarik, lho!

2. Menggunakan pertanyaan

Selain dengan menggunakan quote pada pembukaan presentasi, kamu juga dapat membuka presentasi dengan melontarkan pertanyaan kepada audiens. Agar lebih menarik perhatian audiens, kamu dapat menanyakan pertanyaan yang memancing rasa penasaran audiens.

3. Menunjukan statistik

Memaparkan data statistik yang mengejutkan dan kuat dapat membuat pembukaan presentasi menjadi lebih menarik. Terlebih jika statistik yang dipaparkan sangat berhubungan dengan audiens, tentu akan memicu daya tarik emosional audiens.

4. Ulas pernyataan yang powerful

Ulaslah sedikit pernyataan yang powerful pada saat sesi pembukaan presentasi. Tak usah panjang lebar, kamu cukup memberikan beberapa kalimat yang powerful untuk membuat audiens berpikir sejenak. Dengan seperti itu, audiens akan menyimak hal yang akan kamu sampaikan selanjutnya dalam presentasi kamu.

5. Ajak audiens untuk membayangkan sebuah skenario

Ingin pembukaan presentasi kamu diingat oleh audiens? Ajaklah audiens untuk membayangkan skenario yang berkaitan dengan presentasi yang akan kamu sampaikan. Metode ini dapat menjadi sebuah gambaran bagi audiens tentang materi yang akan didapatkannya dari presentasi kamu.

Baca juga: 15 Tips presentasi yang efektif dan tepat untuk kebutuhanmu

5 Contoh kalimat pembukaan presentasi yang menarik


Pembukaan presentasi yang menarik dapat dilengkapi dengan pernyataan yang powerful. Sumber: Pexels

Berikut beberapa contoh kalimat pembukaan presentasi yang menarik untuk digunakan pada saat presentasi.

1. Contoh kalimat pembukaan presentasi dengan quote

Berikut contoh kalimat pembukaan presentasi dengan quote:

"Selamat siang, perkenalkan saya Rahayu. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pentingnya pendidikan untuk para perempuan. Seperti yang disampaikan oleh Raden Ajeng Kartini, sebagai perempuan kita harus membuat sejarah, kita harus menentukan masa depan yang sesuai dengan keperluan sebagai kaum perempuan dan harus mendapatkan pendidikan yang cukup seperti kaum laki-laki."

2. Contoh kalimat pembukaan presentasi dengan pertanyaan

Berikut contoh kalimat pembukaan presentasi dengan pertanyaan:

"Selamat pagi para hadirin yang berbahagia, perkenalkan saya Danu. Pada hari ini saya akan membahas kondisi pariwisata di daerah Lombok. Sebelumnya, apakah ada hadirin yang pernah berwisata ke daerah Lombok?"

3. Contoh kalimat pembukaan presentasi dengan statistik

Berikut contoh kalimat pembukaan presentasi dengan statistik:

"Selamat siang hadirin sekalian, salam sejahtera bagi kita semua. Perkenalkan saya Jojo. Dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang tingkat pengangguran di negara Indonesia. Kementerian Ketenagakerjaan mencatat bahwa jumlah pengangguran di Indonesia pada tahun ini mencapai 8,57 juta orang, dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 205,36 juta berdasarkan Badan Pusat Statistik."

4. Contoh kalimat pembukaan presentasi dengan pernyataan powerful

Berikut contoh kalimat pembukaan presentasi dengan pernyataan powerful:

"Selamat pagi rekan-rekan semua, perkenalkan saya Rima. Pada hari ini saya akan membahas mengenai perkembangan teknologi di Indonesia. Negara Indonesia tidak dapat mengikuti perubahan teknologi seperti negara-negara lain. (Jeda sejenak). Namun, pada hari ini kita akan buktikan bahwa pernyataan tersebut salah."

5. Contoh kalimat pembukaan presentasi dengan metode skenario

Berikut contoh kalimat pembukaan presentasi dengan metode skenario:

"Selamat siang rekan-rekan, saya Roy. Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya akan membahas pentingnya air bagi kehidupan kita. Rekan-rekan sekalian, apakah pernah terbayang  jika di dunia ini tidak ada air? Tentu kita tidak akan bertahan hidup, begitu pula dengan tumbuhan dan hewan. Bumi pun akan semakin panas dan kering. Bahkan kehidupan makhluk hidup pun akan punah."

Baca juga: 10 Background PPT keren dan gratis 2022 agar lebih profesional

Demikian informasi mengenai 5 tips pembukaan presentasi yang baik beserta contohnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kamu yang hendak melakukan presentasi, ya!

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • ypo.org
  • bookboon.com
  • businessinsider.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video