Published on

jobs

6 Pertanyaan interview kerja Full Stack Developer yang sering diajukan perekrut

Maria Tri Handayani

pertanyaan-interview-full-stack-developer---EKRUT.jpg

Permintaan terhadap profesi Full Stack Developer akan tetap tinggi pada 2020 dan tahun-tahun mendatang. Hal ini terjadi karena banyak perusahaan membutuhkan solusi pengembangan situs yang lebih komprehensif. 

Bila kamu ingin bekerja sebagai  Full Stack Developer, pastikan kamu memiliki skills yang sesuai sebelum melamar pekerjaan tersebut. Selain itu, persiapkan juga dirimu dengan mengetahui berbagai pertanyaan interview kerja Full Stack Developer yang hampir selalu ditanyakan dalam sesi wawancara seperti berikut ini:

1. Apa bahasa pemrograman favoritmu? Berikan alasannya!

pertanyaan interview full stack developer - EKRUT
Dengan menguasai banyak bahasa pemrograman kamu akan menarik perhatian perekrut - EKRUT

Pertanyaan ini biasanya diberikan sebelum perekrut mengajukan pertanyaan yang lebih teknis lainnya. Melalui pertanyaan ini perekrut ingin melihat seberapa luas pengetahuanmu terhadap bahasa pemrograman.  

Cobalah menyebutkan lebih dari satu bahasa pemrograman karena umumnya perekrut mencari kandidat Full Stack Developer yang punya banyak ketertarikan pada berbagai bahasa pemrograman. 

Kamu juga bisa menarik perhatian perekrut dengan menunjukkan tekadmu untuk terus memperdalam kemampuan terkait ragam bahasa pemrograman. 

2. Berikan contoh aplikasi web yang kamu buat dan teknologi apa saja yang kamu gunakan serta berbagai pertimbangannya! 

pertanyaan interview full stack developer - EKRUT
Kenali berbagai tools dan perangkat yang menunjang peran full stack developer - EKRUT

Pertanyaan ini diajukan untuk memahami bagaimana cara kamu berpikir sebagai seorang Full Stack Developer. Terutama dalam mempertimbangkan perangkat apa saja yang kamu gunakan dalam bekerja. Selain itu juga untuk melihat apakah kamu lebih banyak menaruh perhatian ke front-end atau back-end.

Untuk menjawab pertanyan ini berikan contoh proyek terbarumu serta tambahkan penjelasan bagaimana dan mengapa kamu mengembangkan baik front-end maupun back-end di proyek tersebut. 

3. Apa kualitas terpenting yang menurutmu harus dimiliki oleh seorang Full Stack Developer

pertanyaan interview full stack developer - EKRUT
Kenali kualitas yang penting dimiliki seorang full stack developer untuk menunjang pekerjaan - EKRUT

Umumnya pertanyaan ini diajukan terutama pada kandidat yang baru merintis karier di bidang ini. Jawablah pertanyaan ini dengan menjelaskan kompetensi apa saja yang diperlukan dalam berbagai bahasa pemrograman sebagai fondasi awal seorang full stack developer yang profesional. 

Sampaikan juga pentingnya kemampuan bekerja dalam tim hingga kemampuan observasi yang akan diperlukan untuk menunjang peran full stack developer dengan baik. 

Baca juga: Mau menjadi Full Stack Developer? ini skills yang dibutuhkan

4. Bagaimana cara kamu mengikuti perkembangan teknologi terkini yang terkait dengan full stack development

pertanyaan interview full stack developer teknologi - EKRUT
Ikuti berbagai perkembangan tren dan teknologi yang menunjang skill sebagai full stack developer - EKRUT

Pertanyaan ini untuk melihat seberapa jauh kamu mengikuti perkembangan teknologi yang selalu berubah sepanjang waktu. Pertanyaan lain yang masih terkait dengan tujuan pertanyaan ini seperti "Apa saja yang sudah kamu pelajari dalam setahun terakhir?"

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan menunjukkan bagaimana keterlibatanmu dalam berbagai pertemuan komunitas teknologi. 

Kamu juga dapat menjelaskan tentang webinar atau forum yang rutin kamu hadiri, serta keterampilan yang baru kamu miliki atau software terbaru yang sudah kamu tes sebelumnya.

Dengan menunjukkan bahwa kamu memiliki pengetahuan terkini tentang perkembangan yang ada secara tidak langsung juga menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang selalu ingin terus belajar. 

5. Seberapa familiar kamu  dengan design pattern? 

pertanyaan interview full stack developer - EKRUT
Pelajari kesalahan-kesalahan umum yang dilakukan full stack developer agar bisa kamu hindari - EKRUT

Saat menjawab pertanyaan ini kamu harus menunjukkan kemampuanmu untuk memahami kesalahan umum yang mungkin muncul saat membuat aplikasi situs. 

Jika pengetahuanmu dianggap cukup formal dan mendalam terkait hal tersebut kamu dapat meyakinkan atasan mengenai pengalaman  yang kamu miliki terutama dalam hal memahami kode yang clean dan mudah dibaca. 

6. Kamu lebih suka mengatur atau mengeksekusi?

pertanyaan intervie full stack developer - EKRUT
Jujurlah pada saat menjawab pertanyaan agar kamu tidak ditempatkan pada peran yang salah - EKRUT

Umumnya pertanyaan ini akan diajukan pada senior Full Stack Developer karena perekrut ingin tahu apakah kamu ingin tetap terjun di dalam peran yang sifatnya teknis atau beralih ke posisi yang manajerial. 

Selain itu mereka ingin melihat apakah kamu lebih suka bekerja sendiri atau dalam kelompok. 

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur. Hal ini untuk meluruskan antara ekspektasi yang dicari perusahaan dengan minatmu sendiri. 

Baca juga: 5 Cara menjadi full stack developer yang andal!

Itu dia beberapa contoh pertanyaan interview Full Stack Developer yang umumnya diajukan ke kandidat. Selain pertanyaan-pertanyaan tadi siapkan diri menghadapi berbagai pertanyaan yang lebih bersifat teknis, seperti pertanyaan terkait coding, GraphQl, REST, Inversion of Control, dan lain-lain. 

Selain mempersiapkan diri menghadapi pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja tadi, penting bagi kamu untuk tetap jujur dan menunjukkan minat pada pekerjaan.

Dengan begitu perekrut bisa melihat keseriusan kamu dalam pekerjaan tersebut. Semoga berhasil!

tahun baru kantor baru - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • techrepublic.com 
  • digitalvidya.com

 

 

Tags

Share