Published on

Lainnya

Perusahaan Pialang: Pengertian, Cara Kerja, Tujuan, Jenis, dan Cara Memilihnya

Sartika Nuralifah

H1_Perusahaan_Pialang_Pengertian__Cara_Kerja__Tujuan__Jenis_dan_Cara_Memilihnya.jpg

Perusahaan pialang adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut perusahaan yang menjadi perantara untuk kegiatan jual dan beli instrumen investasi. Kehadiran perusahaan pialang di masa sekarang dapat mempermudah para investor yang hendak melakukan investasi di berbagai perusahaan-perusahaan emiten.

Apa itu pialang?


Perusahaan pialang adalah sebuah perantara dalam transaksi investasi. (Sumber: Pexels)

Perusahaan pialang adalah perusahaan yang membeli dan menjual suatu produk untuk orang lain. Maksudnya, pialang adalah perantara yang membeli dan menjual produk atau investasi untuk pihak ketiga atau investor. Perusahaan pialang biasanya memiliki kegiatan berupa jual beli saham dan bekerja sesuai dengan etika bursa efek. Para anggota dari perusahaan pialang adalah mereka yang memiliki standar profesional yang cukup tinggi. Mereka harus lulus ujian Wakil Perantara Pedagang Efek dan harus memiliki sertifikasi Certified Financial Analyst terlebih dahulu.

Baca juga: 10 Sekuritas Terbaik Indonesia, Aman untuk Investasi Saham 2022

Cara kerja perusahaan pialang


Cara kerja perusahaan pialang. (Sumber: Pexels)

Apabila kamu hendak membeli saham sebuah perusahaan, kamu tidak dapat membeli saham secara langsung. Kamu hanya dapat membeli melalui perusahaan pialang. Sebagai investor, kamu akan menentukan jumlah dan harga saham yang akan kamu beli. Perusahaan pialang tidak memiliki hak untuk menentukan jumlah dan harga.

Cara kerja perusahaan pialang adalah pemodal yang meminta perusahaan pialang untuk melakukan transaksi kepada sebuah emiten. Pada tahap tersebut perusahaan pialang dapat memberikan hasil analisis dan rekomendasi. Selanjutnya, sesuai dengan etika bursa efek maka perusahaan pialang akan menjalankan permintaan dari investor.

Setelah hal itu dilakukan, investor akan menetapkan jumlah dan harga, namun perusahaan pialang tidak boleh mengambil keuntungan terkait hal ini. Terakhir, investor akan memberikan komisi sebagai bayaran kepada perusahaan pialang setelah semua proses selesai dilakukan.

Baca juga: 9 Strategi Belajar Investasi Saham untuk Pemula yang Efektif

Tujuan pialang


Tujuan perusahaan pialang adalah mendampingi para investor. (Sumber: Pexels)

Dalam menjalankan kegiatannya, perusahaan pialang memiliki berbagai tujuan. Berikut beberapa tujuan yang umumnya dimiliki oleh perusahaan pialang.

1. Memberi rekomendasi instrumen investasi yang terbaik

Tujuan pertama dari perusahaan pialang adalah memberi rekomendasi instrumen investasi yang terbaik kepada investor. Perusahaan pialang biasanya akan bertanggung jawab dengan investor. Dengan begitu, sebisa mungkin perusahaan pialang akan memberikan saran dan masukan pada keputusan transaksi untuk investasi uang dilakukan investor.

2. Membangun hubungan antara emiten dan investor

Perusahaan pialang juga ingin membangun hubungan antara emiten dengan investor. Pada tujuan kali ini perusahaan pialang menjadi sebuah perantara untuk pemilik dana dengan emiten. Bagi para investor yang akan melakukan investasi di perusahaan emiten nantinya akan dibantu oleh perusahaan pialang.

3. Mendampingi investor saat proses transaksi

Selama melakukan proses transaksi, perusahaan pialang akan mendampingi investor dalam menjalankan rangkaian proses perjanjian antara perusahaan emiten dengan investor. Tujuannya adalah agar meminimalisir resiko dan proses transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Kenali Investasi Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) Beserta 5 Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-jenis pialang


Salah satu jenis perusahaan pialang adalah perusahaan pialang ritel. (Sumber: Pexels)

Perusahaan pialang adalah perusahaan yang memiliki berbagai jenis. Mulai dari perusahaan pialang ritel hingga perusahaan pialang online. Berikut jenis-jenis dari perusahaan pialang yang dapat kamu ketahui.

1. Perusahaan pialang ritel

Perusahaan pialang ritel adalah sebuah perusahaan pialang yang membantu investor baik secara individu atau perusahaan melakukan sebuah transaksi yang ada di pasar modal.

2. Perusahaan pialang diskon

Biasanya, perusahaan pialang diskon membantu hanya akan membantu investor untuk menentukan sebuah keputusan investasi. Adapun beberapa tugas yang harus dijalankan perusahaan pialang diskon, yaitu memberikan rekomendasi dan informasi, memberikan saran, menjelaskan strategi investasi, serta risiko hingga tahap penetapan keputusan investasi.

3. Perusahaan pialang institusi

Perusahaan pialang institusi biasanya khusus untuk memberi perantara kepada investor yang berbentuk badan atau perusahaan hingga bank dengan perusahaan emiten. Biasanya komisi yang didapatkan oleh perusahaan pialang institusi lebih besar dibandingkan dengan perusahaan pialang ritel.

4. Perusahaan pialang deep discount

Perusahaan pialang deep discount adalah jenis perusahaan pialang yang memiliki tugas memberikan instruksi transaksi jual beli saham dan memelihara rekening para investor.

5. Perusahaan pialang full service

Perusahaan pialang jenis ini akan melayani investor secara penuh. Mereka akan memberikan mulai dari informasi, hasil analisis, mendampingi investor saat melakukan transaksi, dan memelihara rekening investor. Sesuai namanya, pelayanan yang diberikan full service.

6. Perusahaan pialang online

Perusahaan pialang jenis online memiliki tugas yang sama dengan perusahaan pialang lainnya, namun sistemnya dilakukan secara online dan menggunakan internet. Aktivitas para perusahaan pialang jenis ini dilakukan sepenuhnya menggunakan internet.

Baca juga: 9 Jenis Saham dan Penjelasannya yang Wajib Investor Pahami agar Selalu Cuan!

Tips memilih pialang yang tepat


Tips untuk memilih perusahaan pialang. (Sumber: Pexels)

Memilih pialang yang tepat adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan investasi. Para investor tidak akan bisa membeli saham secara langsung, sebab hal tersebut harus dilakukan dengan perantara yang telah memiliki izin untuk aktivitas tersebut. Bagi kamu yang hendak melakukan investasi, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memilih perusahaan pialang yang tepat.

1. Sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk memilih perusahaan pialang yang tepat adalah dengan mencari serta memilih perusahaan pialang yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia dan telah memiliki sertifikat Wakil Perantara Pedagang Efek atau WPPE. Hal tersebut perlu kamu lakukan agar investasi lebih terjamin dan aman.

2. Mengetahui fasilitas transaksi

Secara umum, transaksi investasi akan dilakukan secara konvensional di kantor perusahaan pialang. Sehingga kamu dapat langsung memesan melalui sambungan telepon. Apabila menginginkan perantara yang praktis, kamu dapat memilih perusahaan pialang berbasis online.

3. Cari tahu jumlah minimal setoran awal

Kamu juga perlu untuk mengetahui jumlah minimal setoran awal untuk tiap perusahaan pialang. Biasanya setiap perusahaan pialang memiliki jumlah minimal setoran awal yang beragam. Mulai dari 100 ribu rupiah hingga 10 juta rupiah.

4. Ketahui jumlah komisi per transaksi

Setiap transaksi yang kamu lakukan dengan perusahaan pialang tentunya akan dikenakan biaya. Komisi per transaksi perlu kamu cari tahu dulu sebelum akhirnya kamu benar-benar memutuskan untuk memilih perusahaan pialang tersebut. Setiap perusahaan pialang memiliki biaya komisi per transaksi yang beragam.

5. Memiliki fasilitas margin

Fasilitas margin adalah salah satu fasilitas di perusahaan pialang yang dapat membantu transaksi investasi kamu. Hal ini juga patut untuk kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Pastikan kamu memilih perusahaan pialang dengan bunga margin yang cukup rendah, namun memberikan limit trading yang cukup besar.

Baca juga: 12 Rekomendasi Aplikasi Saham Online Terbaik dan Terdaftar OJK

Demikian informasi mengenai pengertian, cara kerja, tujuan dan cara memilih perusahaan pialang. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari tahu seputar perusahaan pialang.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • kompas.com
  • smartasset.com
  • rangkulteman.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Biaya_Implisit_Adalah.jpg

    Lainnya

    Mengenal Perbedaan Biaya Implisit dan Biaya Eksplisit beserta Contohnya

    Mauditalani

    20 September 2022
    7 min read
    Mengenal_Apa_Saja_Kelebihan_dan_Kekurangan_Kartu_Debit_dan_Cara_Menjaga_Keamanannya.jpg

    Lainnya

    Debit Adalah : Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menjaga Keamanannya

    Sylvia Rheny

    14 September 2022
    5 min read
    H1_fintech_indonesia.jpg

    Technology

    10 Aplikasi Fintech Indonesia Lengkap dengan Ruang Lingkup Bisnisnya

    Alvina Vivian

    12 September 2022
    6 min read

    Video