Published on

Technology

Mengenal Power BI dari Microsoft beserta 5 alasan untuk menggunakannya

Algonz D.B. Raharja

H1_Power_BI.jpg

Bagi kamu yang tengah atau ingin mengimplementasikan visualisasi bisnis menggunakan Microsoft, tentu kamu perlu tahu tentang layanan perangkat lunak Power BI yang dibuat oleh Microsoft. Lantas, apa yang dimaksud dengan Microsoft Power BI ini? Mari simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Power BI?


Power BI merupakan perangkat lunak terbitan Microsoft yang dapat digunakan untuk menunjang bisnis (Sumber: solusi.com)

Dilansir dari Microsoft, Power BI atau Power Business Intelligence adalah kumpulan lengkap layanan dan alat bantu yang digunakan untuk visualisasi data bisnis. Power BI terdiri dari konektor, template, dan beberapa fitur yang memudahkan pengguna untuk membuat visualisasi dan analisis data Dataverse atau data aplikasi penjualan dan layanan konsumen.

Secara umum, Power BI merupakan kumpulan layanan perangkat lunak yang secara sinergis dapat mengubah sumber data pengguna yang terdiri dari sumber tidak terkait menjadi sebuah sumber koheren, interaktif, dan imersif secara visual. Data-data bisnis dapat berupa lembar Excel, gudang data hibrid berbasis cloud dan berbagai macam data bisnis lainnya. Dengan adanya Power BI, perusahaan dapat melakukan sinkronisasi dan koherensi data perusahaan berbasis sumber dan lantas divisualisasikan untuk dibagikan ke siapa saja yang terkait urusan bisnis tersebut. 

Layanan aplikasi Power BI dapat diartikan pula sebagai layanan penyimpanan data cloud aman yang disediakan Microsoft untuk penggunaan di ranah bisnis. Layanan ini didukung dengan adanya dasbor, laporan, dan aplikasi terintegrasi yang dapat menggabungkan sumber laporan dengan konten analisis lewat peramban jejaring atau aplikasi seluler.

Baca Juga: 8 Peran Artificial Intelligence dalam Dunia Marketing Masa Kini

Komponen Power BI


Layanan Power BI yang dapat terkoneksi dan terintegrasi dengan aplikasi seluler (Sumber:microsoft.com)

Adapun komponen-komponen Power BI terdiri dari beberapa hal seperti berikut.

  • Aplikasi desktop Windows, Power BI Desktop
  • Layanan SaaS (Software as a Service) secara daring
  • Aplikasi seluler Power BI untuk perangkat berbasis Windows, iOS, dan Android
  • Power BI Report Builder yang berguna untuk membuat laporan bernomor untuk dibagikan di layanan Power BI
  • Server laporan Power BI

Seluruh elemen dalam Power BI ini dirancang untuk memungkinkan pengguna dalam membuat, berbagi, dan menggunakan wawasan bisnis dengan cara paling efektif. Wawasan bisnis yang dihasilkan dari integrasi data dan sinergi sumber data bisnis ini dapat menunjang bisnis serta mudah diakses kapanpun lewat aplikasi.

Baca Juga: Teknologi AI yang Banyak Pengaruhi Dunia Bisnis

Fitur penting dalam Power BI


Contoh tampilan layar Power BI Desktop (Sumber: stitchdata.com)

Seperti telah disinggung sebelumnya, di dalam Power BI terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan untuk analisis data dan visualisasi data. Adapun fitur-fitur tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Dataverse, fitur ini memungkinkan pengguna untuk terhubung langsung ke sumber data menggunakan Power BI desktop. Fitur ini menunjang pengguna saat membuat laporan dan menerbitkan kembali ke Power BI.
  • Common Data Server Connector, dengan adanya fitur ini, pengguna Power BI dapat mengambil data untuk digunakan di dasbor atau dibagikan kepada pengguna lain, meski lintas platform sekali pun.
  • Template Aliran Data, fitur ini dapat membantu perusahaan untuk menyatukan data dari sumber berbeda dan menyiapkannya untuk digunakan. Pengguna dapat dengan mudah membuat aliran data untuk proses integrasi.
  • Aplikasi Template Power BI, aplikasi ini merupakan paket terpadu dasbor dan laporan Power BI yang sebelumnya telah dibuat oleh pengguna. Dengan penggunaan aplikasi template Power BI dengan aplikasi Dynamics 365 Sales maka nantinya dapat terwujud suatu data yang kuat dan cepat untuk diakses dan menganalisis data penjualan perusahaan.
  • Menanamkan Laporan Power BI, pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk menggunakan laporan Power BI di aplikasi yang diarahkan model Power Apps untuk dianalisis dan diberdayakan oleh pengguna lain.
  • Tabular Data Stream (TDS), fitur ini dapat dilakukan untuk melihat data di Power BI lewat Dataverse.

Baca Juga: Artificial Intelligence Terbaru Microsoft Word

Alasan penting untuk menggunakan Power BI


Contoh tampilan visualisasi Power BI (Sumber: ids.co.id)

Beberapa alasan penting yang dapat menjadi pertimbangan bagi pemilik usaha untuk menggunakan Power BI sebagai penunjang bisnisnya antara lain adalah sebagai berikut.

1. Dapat menunjang kecepatan

Power BI dapat menunjang kecepatan proses awal penyiapan data bisnis tanpa pelatihan tertentu. Penggunaan Power BI dalam dasbor dapat disertakan untuk beberapa aplikasi lain seperti Google Analytics, Salesforce, dan Microsoft Dynamics.

2. Efisiensi publikasi dan distribusi

Seperti yang sudah sering diulas sebelumnya, Power BI memiliki kelebihan dalam aspek distribusi data atau olahan data. Hal ini membuat pengguna tidak perlu mengirim dokumen besar lewat surel atau Google Drive, tapi hanya perlu mengunggah laporan dan visualisasi ke layanan Power BI dan nantinya data dapat diperbarui setiap kali ada pembaruan pada kumpulan data pokok.

3. Informasi real time

Pembaruan data yang dapat diakses secara cepat juga berpengaruh terhadap informasi real time dalam Power BI. Dengan adanya pembaruan secara teraktual, maka pengguna dapat memecahkan masalah dan mengidentifikasi peluang dengan cepat. Hal ini nantinya akan dapat menjadi sumber data utama untuk dikumpulkan dan dijadikan pokok utama observasi bisnis.

Baca Juga: Ini 10 Prediksi AI dalam Meningkatkan Keamanan Siber

4. Adanya kemampuan penyesuaian navigasi aplikasi

Pengguna Power BI dapat mengoperasikan aplikasi dengan mudah dan menemukan konten dengan cepat dengan memahami navigasi ringkas pada aplikasi. Kemudahan ini akan menunjang pemahaman pengguna terhadap hubungan antara berbagai laporan dan sumber data.

5. Integrasi keamanan dan cortana

Power BI juga menyesuaikan fitur keamanan lewat metode filter akses row level security (RLS). Hal ini dapat memastikan bahwa pengguna hanya dapat melihat data yang relevan dengan mereka dan mengurangi risiko orang melihat data lainnya (segmented data).

Selain itu, Power BI juga terintegrasi dengan Cortana, sehingga pengguna dapat mengajukan pertanyaan secara lisan dalam bahasa alami untuk mengakses bagan dan grafik lewat perangkat seluler. Tak hanya itu, integrasi juga dilakukan dengan kecerdasan buatan lewat pengenalan gambar dan analisis teks dengan Azure Machine Learning.

Itulah tadi penjelasan ringkas mengenai aplikasi perangkat lunak Microsoft Power BI untuk membantu kemudahan bisnis. Bagaimana? Kamu sudah punya gambaran tentang Power BI dan kegunaannya, bukan?

Baca Juga: Apa Itu Machine Learning? Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya

Nah, bagi kamu yang memiliki potensi dan kemampuan lebih di bidang pengolahan perangkat lunak penunjang bisnis, tentunya Power BI bukan hal asing buatmu. Sebab, dengan menggunakan Power BI ini kamu bisa lebih mudah menelaah dan menganalisis potensi bisnis perusahaan.

Sedangkan, bagi kamu yang tengah belajar dan baru ingin memulai karier di bidang bisnis, jangan ragu untuk mendaftar lewat EKRUT. Sebab, dengan mendaftar lewat EKRUT, kamu bisa ditemukan oleh berbagai perusahaan yang tengah mencari kandidat baru sesuai kriteria lowongan mereka. Tunggu apa lagi, silakan klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT.

sign up EKRUT

Sumber:

  • microsoft.com
  • microsoft.com
  • stitchdata.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Gamification.jpg

    Technology

    Gamification: Definisi, Elemen, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

    Algonz D.B. Raharja

    04 July 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Technology

    Cache Adalah: Definisi, Manfaat, Kekurangan, dan Jenisnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read
    0-rdp-adalah.jpg

    Technology

    Mengenal RDP: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Panduan Menghubungkannya

    Arin Khurota

    01 July 2022
    6 min read

    Video