Published on

Technology

Panduan belajar iklan PPC dari jenis dan cara membuatnya

Nur Lella Junaedi

ppc-adalah-EKRUT.jpg

Bila dulu banyak marketer menggunakan TV, radio, dan koran untuk pemasarannya, kini platform digital seperti iklan PPC yang lebih banyak dipakai. 

Namun, apa itu iklan PPC dan bagaimana cara membuatnya? Berikut panduannya untukmu. 

Apa itu PPC? 

ppc adalah EKRUT 
PPC adalah iklan online dimana pengiklan dikenai biaya saat pengguna mengiklik ikan tersebut - EKRUT

Pay per click atau PPC adalah bentuk iklan online dimana pengiklan dikenai biaya saat pengguna mengklik iklan mereka. 

Pada dasarnya ini seperti membayar orang setiap kali mereka berkunjung ke situs kamu lewat iklan tersebut, bukan seolah-olah lewat konten organik yang dibuat. 

Sehingga tak heran bila akhirnya iklan PPC ini dianggap sebagai salah satu teknik SEM atau Search Engine Marketing, lawan dari SEO atau Search Engine Optimization.

Ada berbagai jenis iklan PPC, tetapi yang paling umum dipakai adalah jenis iklan pencarian berbayar di mana iklan ini muncul ketika pengguna mencari suatu barang di mesin pencari untuk dibeli. 

Dari sana diketahui bahwa tujuan dari iklan PPC adalah untuk mengarahkan user potensial ke situs pengiklan dan pada akhirnya melakukan pembelian produk tersebut.

Baca juga: 6 Jenis native ads dan keuntungan menggunakannya

Alasan kenapa banyak orang menggunakan PPC

ppc adalah EKRUT 
Iklan PPC mudah diatur dan dilacak efektivitasnya sehingga banyak orang menggunakan model ini - EKRUT

Ada beberapa alasan kenapa banyak perusahaan akhirnya beralih menggunakan platform periklanan digital, ketimbang periklanan konvensional seperti koran, televisi, radio dan sebagainya. Beberapa alasan banyak orang menggunakan PPC adalah : 

  • PPC dapat diukur dan dilacak, terutama PPC yang platformnya menggunakan Google Ads. Kamu hanya perlu menggunakan alat Google Ads dan Google Analytic untuk mengetahui seberapa besar iklan itu dapat bekerja secara optimal.
  • Bisa diatur sesuai kebutuhan. Meski terdapat setelan default akan tetapi, kamu bisa menggunakan berbagai opsi untuk menjangkau calon pelanggan dengan menggunakan keyword, target dan batasan yang diinginkan. 

Kamu juga bisa lebih fleksibel mengatur anggaran dalam pengaturan iklan PPC ini.

  • PPC bekerja dengan baik dalam saluran pemasaran lain, contohnya konten SEO yang ada dalam situs sehingga peluang untuk peningkatan traffic atau tayangnya di mesin pencari semakin tinggi. 
  • PPC berkontribusi mencapai tujuan pemasaran, dimana beberapa tujuan pemasaran digital yakni memperoleh eksposur merek yang tinggi, penjualan e-niaga sampai pencapaian traffic situs yang akhirnya meningkatkan penjualan. 

Baca juga: Tren digital marketing terbaru untuk tingkatkan konversi

Jenis-jenis PPC dan cara membuatnya

ppc adalah EKRUT
 
Search Ads menjadi salah satu jenis iklan PPC dengan platform mesin pencari - EKRUT

Di luar iklan pencarian berbayar seperti yang telah dijelaskan di pengantar, model iklan PPC ini bermacam-macam. Tentunya jenis iklan PPC yang berbeda akan membedakan pula strateginya tergantung platform yang dipilih, berikut jenis-jenis iklan PPC, di antaranya: 

1. Social Ads 

Jenis pertama iklan PPC adalah jenis iklan media sosial yang akan tayang di berbagai macam kanal media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, Pinterest, Linkedin dan sebagainya.

Platform di atas jadi cara yang tepat jika kamu ingin terhubung dengan pemakai media sosial. Adapun langkah-langkah untuk membuat iklan PPC di media sosial yakni, 

  • Pilih media sosial yang banyak dikunjungi oleh audiens apakah itu Facebook, Instagram atau sebagainya
  • Tentukan format campaign yang ingin kamu tuju
  • Tentukan juga target campaign tersebut, misalkan target iklan berdasarkan pada beberapa hal seperti lokasi, pendidikan, perilaku, minat dan demografi

2. Search Ads

PPC jenis ini sering juga disebut iklan pencarian berbayar. Kebanyakan platform yang digunakan dalam iklan model ini adalah melalui mesin pencari seperti Google dan Bing. 

Nantinya iklan ini akan muncul di bagian atas mesin pencari Google dan diberi tag dengan tulisan Ad. Umumnya iklan ini hanya berupa teks berparagraf tanpa visual, kamu bisa menggunakan Google Ads dalam mengaturnya. 

Untuk membuat iklan pencarian berbayar yang efektif, kamu harus tahu terlebih dahulu cara membuat iklan PPC yakni dengan menyiapkan keyword yang relevan dimana panjang keyword yang baik berisi tiga kata atau lebih. 

Setelah itu kamu akan memasuki tahap lelang untuk menawar penempatan iklan, lalu menetapkan tawaran maksimum yang merupakan jumlah maksimal yang dibelanjakan setiap kali user mengklik iklan kamu. 

Jumlah tawaran dan skor kualitas yang akan menentukan penempatan iklan kamu. Sementara keyword yang panjang tadi akan mendorong prospek dan biaya PPC yang lebih rendah. Setelah penempatan barulah iklan akan diluncurkan di mesin pencarian.

3. Display Ads

Display Ads adalah iklan yang muncul di mitra Google dengan menyertakan gambar dan teks. Dengan iklan ini kamu bisa menargetkan pasar tertentu atau hanya pada mereka yang sempat mengunjungi situs industri yang serupa dengan bisnis kamu.

Cara membuat iklan PPC display ads ini hampir sama dengan search ads, hanya saja kamu harus mengikuti persyaratan iklan teks bergambar agar tidak ditolak oleh Google. 

Persyaratan itu bisa kamu baca di sini. Beberapa contohnya yaitu tidak menggunakan GIF animasi HD atau kualitas gambar yang harus memenuhi standar tertentu.

Baru setelah itu kamu bisa memilih situs industri yang akan menampilkan iklan kamu. Sayangnya banyak orang tidak mengklik iklan ini. Sebab PPC jenis ini sering kali cocok digunakan untuk strategi membangun merek dan engagement dengan audiens.

4. Remarketing Ads 

Jenis lain dari iklan PPC adalah remarketing ads yang banyak dipakai. Melalui jenis kampanye ini akan melibatkan kembali audiens kamu, artinya audiens yang sempat mengunjungi web untuk mempelajari produk namun tidak melakukan pembelian. 

Kebanyakan dari mereka biasanya masih mempertimbangkan produk lain yang lebih bagus daripada produk kamu. 

Oleh karena itu, dengan menggunakan format iklan ini, maka produkmu akan selalu diiklankan di tiap platform yang mereka kunjungi sehingga membuat mereka memikirkan produkmu. 

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu memasukkan kode pelacakan di iklan PPC Google dengan begitu kamu bisa memahami produk apa yang dicari audiens di situs kamu. 

5. Gmail Sponsored Promotion 

Ini merupakan iklan PPC yang muncul di bagian atas gmail pengguna. Bentuknya seperti email lainnya namun disertai dengan tulisan tag ad. Bentuk iklan ini akan muncul di email smartphone ataupun desktop pengguna. 

Adapun cara membuatnya yakni kamu harus pergi ke pengaturan Google Ads lalu membuat Gmail Ads. Setelah itu, kamu akan menyiapkan kampanye dan iklan bergambar yang akan muncul dalam iklan gmail ini.

Tentukan juga tujuan, jenis kampanye dan penargetan. Untuk targetnya kamu bisa mengidentifikasi berdasarkan pada kelompok minat, pasar, demografis dan pencocokan pelanggan. 

Setelah iklan diluncurkan, Google akan menagih kamu setiap kali ada pengguna yang mengklik iklan gmail tersebut. 

Baca juga: Bagaimana cara gunakan Facebook Ads untuk promosikan konten?

Itulah beberapa panduan pemula yang bisa kamu ketahui tentang iklan PPC ini. 

Dengan menggunakan iklan PPC kamu bisa menentukan strategi pemasaran yang efektif sesuai dengan keberadaan audiens, dimana mereka kini banyak menggunakan platform digital. Selamat mencoba!

ppc adalah EKRUT

Sumber:

Tags

Share