Published on

Careers

Promosi Adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan 5 Contohnya

Andi Ubay Baisha

H1_Promotion.jpg

Perusahaan dan usaha kecil sering menggunakan promosi produk sebagai alat pemasaran untuk mendatangkan pelanggan. Promosi suatu produk dirancang untuk menyoroti merek baru atau barang tertentu. Misalnya, promosi pemasaran dapat memperkenalkan item makanan khusus di restoran atau jual beli satu di supermarket.

Terdapat beberapa jenis promosi, promosi lini atas meliputi periklanan, siaran pers, promosi konsumen (skema, diskon, kontes). Sedangkan lini bawah meliputi potongan perdagangan, gratis, perjalanan insentif, penghargaan, dan sebagainya. Promosi penjualan merupakan bagian dari keseluruhan upaya promosi.

Tanpa berbasa basi lagi, tentu kamu sudah penasaran dengan apa itu promosi, kan? Mari gali lebih dalam apa itu promosi, tujuan, jenis, hingga contohnya.

Baca juga: 10 Strategi promosi penjualan yang efektif dalam bisnis saat ini

Apa itu promosi?


Pengertian promosi secara umum. (sumber: pexels)

Promosi mengacu pada seluruh rangkaian kegiatan, yang mengomunikasikan produk, merek, atau layanan kepada pengguna. Idenya adalah untuk membuat orang sadar, menarik, dan membujuk untuk membeli produk, lebih disukai daripada orang lain. Secara umum, promosi adalah upaya untuk menginformasikan atau menawarkan sebuah produk kepada konsumen sehingga konsumen membeli dan mengkonsumsi atau menggunakan produk tersebut.

Promosi menurut para ahli


Pengertian promosi menurut para ahli. (sumber: pexels)

1. Promosi menurut Frandi Tjiptono

Promosi adalah komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan juga produknya agar masyarakat bisa menerima, membeli, dan juga loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

2. Promosi menurut Indriyo Gitosudarmo

Promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mempengaruhi calon konsumen agar mereka bisa mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan, lalu mereka tertarik dan bersedia membeli produk tersebut.

3. Promosi menurut Rambat Lupiyoadi

Promosi adalah salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, melainkan sebagai alat untuk memengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa, sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

4. Promosi menurut Zimmerer

Promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasif yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut.

5. Promosi menurut Ms. Carthy

Promosi berkaitan dengan metode apa pun yang mengomunikasikan kepada target pasar tentang produk yang tepat, untuk dijual di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat. Promosi meliputi promosi penjualan, periklanan, dan keterampilan pribadi.

6. Promosi menurut Philip Kotler

Pengertian promosi adalah proses strategi pemasaran sebagai bentuk komunikasi dengan pasar melalui komposisi marketing mix.

7. Promosi menurut W.J. Stanton

Pengertian promosi adalah kegiatan memberikan informasi kepada konsumen, memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai.

Baca juga: Digital marketing adalah: Pengertian, 7 jenis, manfaat, dan prospek kariernya

Tujuan promosi


Tujuan promosi adalah memasarkan suatu produk kepada konsumen. (sumber: pexels)

Seseorang atau perusahaan melakukan upaya promosi untuk suatu tujuan. Ada beberapa tujuan dari promosi yang dilakukan seseorang ataupun sebuah perusahaan, yaitu:

  • Untuk menyebarluaskan informasi tentang suatu produk (barang/jasa) kepada masyarakat atau calon pelanggan potensial
  • Untuk menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta mempertahankan loyalitas mereka
  • Untuk membantu meningkatkan angka penjualan sekaligus meningkatkan keuntungan
  • Untuk membantu mengangkat keunggulan dan membedakan produk dari produk dari pesaing
  • Untuk branding atau menciptakan citra suatu produk di mata konsumen seperti yang diinginkan oleh perusahaan
  • Untuk memengaruhi opini dan perilaku konsumen terhadap suatu produk

Jadi, secara keseluruhan tujuan utama melakukan promosi adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.

Baca juga: 6 Media promosi yang efektif untuk mengembangkan bisnis saat ini

Jenis-jenis promosi


Terdapat jenis-jenis promosi di zaman sekarang. (sumber: pexels)

Adapun berbagai jenis promosi yang dapat dilakukan untuk memasarkan suatu produk atau barang tertentu. Berikut 3 jenis promosi yang sering kali dilakukan oleh seseorang atau sebuah perusahaan:

1. Physical promotions

Physical promotions atau biasa disebut promosi fisik, biasa dilakukan pada acara atau sebuah kegiatan tertentu, contohnya seperti pameran, konser, event tertentu, dan lainnya. Kegiatan promosi ini, biasanya penjual membuka booth untuk menawarkan produk yang ingin dipasarkannya.

Kelebihan dari promosi ini adalah memungkinkan sebuah pengusaha untuk menjangkau dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen atau target pasar yang dituju. Sedangkan kekurangan dari promosi ini adalah jumlah target pasar atau konsumen yang ditawarkan terbatas. Kegiatan ini biasanya dilakukan atau diadakan di lokasi-lokasi tertentu, seperti perkantoran, lingkungan perkuliahan atau sekolahan, mall, dan lainnya.

2. Promotion through traditional media

Promotion through traditional media adalah jenis promosi yang masih sangat efektif dalam meningkatkan penjualan sebuah produk. Promosi melalui media cetak, televisi, banner, baliho, dan lainnya.

Jenis promosi yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan physical promotions atau promosi fisik, yaitu dapat menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu yang lama. Namun, jenis promosi yang satu ini memiliki kekurangan, yaitu tingginya biaya promosi, baik dari segi media maupun biaya, serta kita tidak dapat berinteraksi langsung dengan calon pelanggan.

3. Promotion through digital media

Jika dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan media telah mengubah cara promosi di era digital saat ini. Promosi melalui digital kerap dilakukan melalui media sosial, jaringan website, search engine, dan lainnya.

Saat ini perusahaan lebih memilih untuk mempromosikan bisnis mereka melalui internet atau digital media. Selain harganya yang lebih murah, promosi ini juga dapat menjangkau banyak orang. Proses promosi ini juga dinilai lebih mudah dan cepat, apalagi saat ini semua orang dapat mengakses internet dengan mudah.

Promosi ini juga memiliki keunggulan yang dapat menjangkau pengguna internet di seluruh dunia. Namun, kurangnya promosi digital ini adalah perlunya kreativitas dalam berpromosi secara terus menerus karena banyaknya kompetitor yang melakukan promosi ini juga. Dengan kata lain, promosi ini dapat berhasil jika memiliki keunikan, kreativitas, dan tepat sasaran.

Baca juga: 6 Cara membuat giveaway yang efektif dan contohnya

5 Contoh promosi


Contoh promosi yang kerap digunakan. (sumber: pexels)

1. Coupons

Coupons atau kupon adalah promosi paling sederhana yang dapat dilakukan pengusaha dalam menjual produknya. Misalnya, jika kamu membeli minuman di toko A, setiap pembelian minuman kamu akan mendapatkan sebuah kupon dan jika dikumpulkan kamu akan mendapatkan minuman gratis.

2. Flash sale

Jika kamu menyukai sebuah bisnis yang tidak dapat menawarkan fleksibilitas dalam penetapan harga, flash sale sangat cocok untuk kamu. Mereka menciptakan rasa urgensi bagi pelanggan untuk membeli sekarang. Misalnya, seperti brand A menjual produk dengan harga biasa, namun mereka menurunkan harga dan melakukan flash sale hanya untuk malam ini. Maka secara tidak langsung, kamu akan mendapatkan perasaan terburu-buru untuk membeli karena tidak akan ada lagi untuk besok. 

Kamu dapat mengatur flash sale setiap bulan atau setiap tahunnya. Kamu dapat menyiarkan flash sale pada sosial media, sehingga kamu akan mendapatkan banyak pelanggan yang berpartisipasi dalam flash sale kamu.

3. Buy one get one free

Jika kamu memiliki produk baru atau produk yang harus dihabiskan segera, ini adalah bentuk promosi yang paling cocok. Kata gratis sendiri yang akan berbicara dan memikat hati para pelanggan. Contohnya, jika sebuah restoran melakukan promosi beli satu gratis satu ini menggabungkan promosi tersebut dengan batas waktu tertentu, sebuah restoran akan memiliki traffic penjualan yang tenang dalam waktu tertentu.

4. First order discount

Jika kamu ingin mendapatkan pelanggan yang setia atau memiliki first impression yang baik tentang perusahaan atau bisnis kamu, diskon pada pembelian pertama ini adalah promosi yang harus kamu lakukan.

Kamu dapat melakukan diskon seperti ini sepanjang tahun karena sistem promosi yang satu ini akan memastikan pelanggan baru mendapatkan pengalaman yang positif. Tidak peduli berapa harga produk kamu, diskon pada pembelian pertama ini akan menarik pelanggan untuk mencoba produk yang kamu jual.

Baca juga: Manajemen pemasaran: Pengertian, tujuan, tugas, dan strateginya

5. Loyalty program

Loyalty programs atau program loyalitas adalah cara promosi mutakhir yang dapat dilakukan untuk menarik hati pelanggan. Pasalnya, 75% konsumen mengatakan bahwa mereka menyukai perusahaan yang menawarkan penghargaan.

Program loyalitas yang efektif adalah investasi cerdas dan hadiah yang terus diberikan. Kamu dapat membuat program VIP yang diaktifkan jika pelanggan atau konsumen telah mencapai jumlah poin tertentu berdasarkan seberapa sering atau seberapa banyak mereka membeli sebuah produk. Program ini memastikan bahwa pelanggan akan terus datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak poin untuk memenangkan atau mendapatkan hadiah.

Demikianlah penjelasan mengenai promosi apa yang paling cocok untuk diterapkan dalam bisnismu. Dapat disimpulkan bahwa promosi yang baik adalah promosi yang bisa mendapatkan hati pelanggan. Perlu digaris bawahi juga bahwa setiap bisnis tentu berbeda, begitu pula dengan audiensnya.

Jika kamu ingin tahu lebih dalam mengenai promosi atau marketing, EKRUT punya segudang informasi tentang ini, lho! Mulai dari lowongan pekerjaan, diskusi pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • kullabs
  • investopedia
  • blog.bit

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    h1_proaktif.jpg

    Careers

    Proaktif Adalah: Definisi, Manfaat, Ciri, hingga Contohnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read
    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read

    Video