Register

careers

4 Trik menjawab “rencana 5 tahun ke depan” dalam interview

Nur Lella Junaedi

15 September 2020

rencana-5-tahun-ke-depan-EKRUT.jpg

Saat melakukan interview tentunya perekrut seringkali menanyakan tentang rencana 5 tahun ke depan perjalanan karier kamu

Jawablah pertanyaan ini dengan hati-hati sebab bila salah mengartikan maksud dari perekrut, bisa jadi kamu tidak lulus interview. 

Lalu seperti apa jawaban yang membuat perekrut puas? Kamu bisa mencoba 4 trik dan alternatif contoh jawaban terkait rencana 5 tahun ke depan perjalanan karier seperti di bawah ini. 

1. Ketahui tujuan dari pertanyaan interview rencana 5 tahun ke depan  

rencana 5 tahun ke depan EKRUT 
Dalam pertanyaan ini terkadang perekrut ingin tahu apakah tujuan kariermu selaras dengan perusahaan atau tidak-EKRUT

Trik ampuh menjawab pertanyaan ini adalah mengetahui tujuan perekrut mengajukan pertanyaan tersebut. Ada beberapa tujuan yang perekrut cari yakni:

  • Perekrut ingin menyelaraskan apakah tujuan karier yang kamu bangun dalam 5 tahun ke depan apakah selaras dengan tujuan perusahaan atau tidak. 
  • Ingin mengetahui apakah kandidat mampu bekerja cukup lama di perusahaan atau hanya kutu loncat.
  • Bagaimana supaya pekerjaan yang kamu lamar ini bisa berkontribusi bagi kesuksesan perusahaan 

Contoh jawaban yang menceritakan tentang tujuan kariermu yakni: 

“Salah satu alasan saya bekerja untuk perusahaan ini karena menemukan pendekatan pribadi yang menarik. 

Saya senang memiliki kesempatan bekerja dengan seorang mentor untuk mempelajari keterampilan baru, di mana saya tipe karyawan yang bekerja keras dan mampu terjun ke proyek dengan cepat. 

Dalam 5 tahun ke depan saya membayangkan diri saya mengambil banyak proyek yang memungkinkan untuk posisi saya. 

Di akhir periode saya telah membangun hubungan yang langgeng dengan klien serta menjadi Sales terbaik yang dimiliki oleh perusahaan. Saya tidak keberatan untuk memberi bimbingan kepada orang lain bila saat itu tiba.”

Baca juga: Begini proses rekrutmen karyawan perusahaan di tengah pandemi

2. Tunjukkan motivasi dalam pekerjaan yang dilamar

rencana 5 tahun ke depan EKRUT 
Terkadang perekrut juga ingin mengetahui motivasimu dalam bekerja lewat pertanyaan ini-EKRUT

Dari jawaban yang kamu berikan, perekrut terkadang ingin mengetahui seberapa besar ambisi atau motivasi kandidat dalam pekerjaan yang dilamar. Biasanya pengusaha selalu ingin merekrut kandidat yang dapat berkembang. 

Contoh jawaban rencana 5 tahun ke depan yang tepat untuk menunjukkan motivasi pekerjaan ini adalah:

Dalam 5 tahun ke depan saya ingin menjadi pakar industri yang bisa digunakan orang lain untuk mendapatkan ide bantuan dan strategi. Saya memiliki mentor dan manajer yang luar biasa di posisi saya sebelumnya. 

Jadi, saya ingin memberikan panduan yang sama berpotensi mengambil peran kepemimpinan. Akhirnya saya ingin memimpin proyek yang saya sukai. 

Saya termotivasi untuk menghubungkan inisiatif saya dengan tujuan perusahaan yang lebih besar dan saya senang untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman tersebut”.

3. Tunjukkan minat terhadap pekerjaan yang dilamar

rencana 5 tahun ke depan EKRUT 
Perekrut juga ingin tahu apakah kamu berminat terhadap pekerjaan tersebut atau tidak-EKRUT

Sering kali perekrut juga ingin mengulik minat terhadap pekerjaan yang dilamar lewat jawaban-jawaban dari interview tersebut. Contoh jawaban rencana 5 tahun ke depan yang tepat bila melihat dari minat kerja yakni: 

”Melalui gelar dalam ilmu komputer dan penelitian, saya telah menemukan hasrat untuk menguji dan menemukan solusi praktis untuk masalah teknis. 

Oleh karena itu, saya tertarik dengan posisi uji perangkat lunak ini karena fokusnya pada jaminan kualitas dan dedikasi untuk menghasilkan sistem dan aplikasi yang sempurna.

Skema pelatihan dan mentoring perusahaan ini adalah sesuatu yang saya minati untuk mengembangkan keterampilan saya”

Baca juga: Jawaban terbaik untuk "ceritakan tentang diri Anda” saat interview

4. Bersikap realistis

rencana 5 tahun ke depan EKRUT 
Cobalah bersikap realistis saat kamu menjawab rencana 5 tahun ke depan saat interview-EKRUT

Saat merasa terbuka dengan perekrut bisa jadi kamu mengatakan bahwa kamu ingin menduduki jabatan tertentu dengan menyebutkan jabatannya secara jelas setelah bekerja sekian lama di posisi yang kamu lamar. 

Tidak masalah bila kamu melakukan ini, namun sebelumnya lihat dulu kapasitas, realita dan jangan konyol. Sebab, bisa jadi  perekrut akan berpikir ulang untuk meloloskanmu. 

Contoh jawaban interview yang tidak realistis adalah: 

“Tujuan karier jangka panjang saya adalah menjadi CEO perusahaan sebab ibu saya selalu mengatakan jangan pernah puas apa yang telah saya raih. Itu sebabnya saya ingin melampaui seberapa besar kemampuan saya dalam meraih posisi itu.”

Alternatif contoh jawaban rencana 5 tahun ke depan dalam interview

rencana 5 tahun ke depan EKRUT
Bila merasa kurang, cobalah berimprovisasi dengan beberapa contoh di bawah ini-EKRUT

Selain mengemukakan jawaban di atas, kamu pun bisa mencoba beberapa contoh jawaban alternatif untuk disampaikan kepada perekrut. 

Contoh #1

“Sejak saya membaca uraian pekerjaan untuk posisi ini, saya sangat bersemangat dengan peran perusahaan di masyarakat dan karena alasan ini, saya kemungkinan akan bekerja dalam waktu yang lama. 

Saya sangat bersemangat dan tidak sabar menantikan bisa terlibat dalam pekerjaan ini.”

Contoh #2

“Salah satu tujuan yang saya terapkan saat saya melamar pekerjaan di perusahaan ini karena reputasi perusahaan yang baik dalam membantu pertumbuhan karier karyawan dan memberikan peluang kemajuan. 

Komitmen seorang atasan penting bagi saya karena dapat menciptakan rasa memiliki dan memunculkan keinginan untuk dapat berusaha sebaik mungkin bagi perusahaan.”

EKRUT contest - EKRUT

Baca juga: Tips interview kerja di berbagai jenis wawancara yang berbeda

Dengan mencoba mempelajari beberapa contoh jawaban di atas serta mencari tahu keinginan perekrut, kamu akan bisa memberikan jawaban interview terbaik dalam pertanyaan rencana 5 tahun ke depan.

Hal terpenting yang bisa menjadi catatan lainnya yakni kamu harus mau mempelajari pekerjaan yang kamu lamar,  prospeknya, serta keadaan perusahaan tersebut. 

rencana 5 tahun ke depan EKRUT

Sumber: 

Tags

Share