Published on

Technology

Mengenal Apa Itu Resolusi Gambar, 4 Perbedaannya dengan Pixel Hingga Jenis-Jenisnya

Lita Lia

H1-Mengenal_Apa_Itu_Resolusi_Gambar__Perbedaannya_dengan_Pixel_Hingga_Jenis-Jenisnya.jpg

Dalam dunia fotografi ada dua istilah yang lekat, yakni pixel dan resolusi. Mungkin kamu menganggap keduanya hal yang sama, namun resolusi gambar adalah hal yang berbeda dengan pixel. Untuk membedakan keduanya, mari kita bahas lebih dalam.

Apa itu resolusi gambar?


Resolusi adalah gambaran detail sebuah gambar - Pexels

Resolusi merupakan sebuah istilah yang digunakan sebagai gambaran detail sebuah gambar digital. Istilah tersebut juga digunakan sebagai penentu sebuah kualitas gambar digital. Semakin tinggi resolusinya, kualitas gambar digital pun akan berbanding lurus, begitu pula sebaliknya.

Baca juga: 10 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Resolusi gambar adalah jumlah pixel yang ada dalam sebuah gambar digital. Mudahnya, resolusi bisa diingat pula sebagai kerapatan pixel yang tersusun dalam sebuah gambar. Pengukuran resolusi ini menggunakan satuan inch.

Dalam dunia optik, kerap kali resolusi digambarkan sebagai kemampuan sistem pencitraan untuk menyelesaikan detail pada objek yang dicitrakan. Resolusi bisa didefinisikan pula sebagai sebuah proses atau kemampuan untuk membedakan bagian sebuah gambar optik yang berdekatan.

Resolusi gambar digital bisa dijelaskan dalam banyak macam cara. Di antaranya adalah resolusi pixel, spasial, spektral, temporal, hingga resolusi radiometrik. Pengukuran resolusi bisa dilakukan dengan cara sampel per inch, pixel per inch, hingga titik per inch.

Apa itu pixel?


Setiap gambar digital tersusun dari kumpulan ribuan titik - Pexels

Antara pixel dan resolusi gambar adalah dua hal yang berbeda. Setiap gambar digital tersusun dari kumpulan ribuan titik. Titik-titik tersebut memiliki warna tertentu. Nah, pixel merupakan unsur yang merepresentasikan titik-titik dalam gambar tersebut dengan satuan inch.

Baca juga: Jangan salah, ini cara membuat tanda tangan email yang benar

Berbeda dengan resolusi, pixel merupakan sebuah unit pengukuran dasar dalam citra komputer. Pixel pada dasarnya merupakan campuran dari gambar dan elemen. Secara kolektif pun, pixel membuat gambar bisa dilihat pada tampilan layar digital. Umumnya, kamera digital bisa menghasilkan gambar yang lebih baik karena memiliki jumlah pixel yang tinggi.

Selain di kamera, pixel juga biasanya digunakan pada alat elektronik lain seperti layar, televisi, dan sejenisnya dimana ada gambar yang ditampilkan.

Adapun dalam menampilkan sebuah gambar digital, tugas pixel terdiri atas beberapa macam, yakni:

  • Menentukan warna serta sebagai pembawa informasi gambar (hue)
  • Menentukan kekuatan warna sebuah gambar digital (saturation)
  • Menentukan terang tidaknya sebuah gambar (brightness)

Walaupun merepresentasikan ribuan titik dengan berbagai warna, sebenarnya unsur warna utama yang ada dalam pixel hanya ada tiga, yakni hijau, biru, serta merah. Uniknya, tiap inch warna dapat menghasilkan hingga 1 juta warna dari perubahan maupun penambahan inch.

Dalam mengulik definisi pixel, tidak lepas pula dengan istilah lain, yakni pixel density yang menunjukkan banyaknya pixel yang tertampil. Semakin tinggi pixel density tentu kecerahan serta ketajaman gambarnya akan berbanding lurus.

Asal usul istilah resolusi gambar dan pixel


dari namanya saja, resolusi gambar dan pixel itu berbeda - Pexels

Istilah resolusi gambar adalah hasil dari serapan kata bahasa Inggris, yakni resolution. Sebenarnya, ada dua makna berbeda untuk kata resolusi. Konteks umumnya berarti sebuah kebulatan tekad. Sedangkan secara khusus yang mengacu pada dunia fotografi, berarti jumlah pixel yang ada di sebuah gambar.

Pixel yang dikenal sebagai bentuk representasi titik terkecil dalam sebuah grafis berasal dari istilah akronim bahasa Inggris. Akronim yang mendefinisikannya adalah picture element yang kemudian ramai disebut dengan istilah pixel.

Baca juga: 4 Tips meningkatkan engagement media sosial dan cara mengukurnya

Dalam istilah pixel, juga tidak lepas dari istilah megapixel yang berasal dari gabungan dua kata yakni mega serta pixel. Mega merupakan sebuah satuan yang menunjukkan “juta”. Berarti megapixel bisa dikatakan sebagai sejuta titik pada elemen gambar.

Bedanya resolusi gambar dengan pixel


banyak perbedaan yang ada pada resolusi gambar dan pixel - Pexels

Antara resolusi gambar dan pixel kerap disamakan artinya. Padahal, pixel dan resolusi gambar adalah dua hal yang berbeda baik dari segi definisi, peran, dan sejenisnya. Perbedaan pixel dan resolusi gambar adalah:

1. Secara deskripsi

Pixel diartikan sebagai unit informasi yang ditampilkan pada monitor. Sedangkan resolusi gambar adalah hal yang berkaitan dengan ukuran dari sebuah pixel yang mewakili sebuah gambar.

2. Cara kerja

Pixel bekerja berkaitan dengan ukuran gambar. Jika jumlah pixel meningkat, maka ukuran gambar akan meningkat. Sementara, resolusi gambar berkaitan dengan kualitas. Kualitas gambar meningkat jika tingkat resolusinya juga bagus.

3. Peran dalam gambar digital

Dilihat dari sisi peran, pixel berperan secara kolektif membuat gambar. Sedangkan peran dari resolusi gambar adalah menggambarkan gambar menjadi lebih detail.

4. Jumlah ukuran yang diberikan

Dilihat dari jumlah yang diberikan, pixel memberikan jumlah pengukuran layar yang bisa menampilkan gambar. Sedangkan resolusi menggambarkan jumlah detail yang dimiliki gambar.

Jenis-jenis resolusi gambar dan pixel


resolusi gambar dan pixel punya jenis-jenis yang berbeda - Pexels

Baik pixel maupun resolusi gambar memiliki beberapa jenis yang berbeda. Jenis-jenis resolusi gambar adalah:

  • Resolusi pixel. Jenis resolusi ini yang paling umum diketahui. Yakni, sebuah resolusi yang mengacu pada jumlah pixel yang ada pada gambar digital.
  • Resolusi spasial. Jenis resolusi ini berguna untuk alat ukur dekat tidaknya suatu garis ditampilkan. Resolusi ini begitu dipengaruhi oleh sistem yang menghasilkan citra gambar. Tentu jika resolusi spasialnya tinggi, gambar akan terlihat makin tajam.
  • Resolusi spektral. Jika resolusi spasial kerat kaitannya dengan garis, untuk jenis spektral berbeda. Yakni, kemampuan menyelesaikan fitur yang erat kaitannya dengan spektrum elektromagnetik.
  • Resolusi temporal. Jenis resolusi gambar ini merujuk pada presisi pengukuran waktu. Biasanya, kamera dengan kecepatan tinggi seperti yang digunakan untuk merekam film menggunakan jenis resolusi ini. Kemampuan bidikan gambarnya mencapai 24 hingga 48 bingkai per detik, bahkan bisa mencapai 300 bingkai per detik untuk jenis kamera yang paling bagus.
  • Resolusi radiometrik. Resolusi radiometrik merupakan jenis resolusi yang berguna menentukan kehalusan gambar. Jenis resolusi ini dapat menentukan seberapa halusnya suatu sistem dalam menampilkan gambar serta membedakan intensitasnya.

Baca juga: 4 Cara scan dokumen melalui Android, iOS, Windows dan MacOS

Sama seperti resolusi gambar, pixel juga memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis pixel tersebut adalah:

  • Bit PerPixel. Bit PerPixel merupakan jumlah warna yang berbeda dan tergantung pada jumlah bit per pixel.
  • SubPixel. Merupakan wilayah titik satu warna yang bisa dipecah menjadi beberapa macam warna.
  • MegaPixel. Digunakan dalam menunjuk jumlah pixel dalam gambar. MegaPixel menyatakan sebuah pixel dalam jumlah jutaan yang biasanya digunakan dalam kamera digital.

Walaupun terdengar familiar dan sekilas seperti sama, ternyata resolusi dan pixel merupakan dua hal yang berbeda. Tentu dalam memilih kamera digital yang bagus harus dilihat satuan pixel dan resolusinya terlebih dahulu.

Baca juga: Mengenal Content Creator? 9 Langkah untuk Membangun Karier

Bagi kamu yang bekerja atau merintis karier dalam dunia fotografi ataupun Content Creator, memahami perbedaan pixel dan resolusi gambar adalah hal yang penting.

Sementara kalau kamu ingin mengembangkan kariermu di dunia digital, kamu bisa bergabung dengan EKRUT. Cukup sign up EKRUT sekarang. Di situ kamu bisa menemukan beragam informasi seputar dunia kerja dan lowongan bergabung dengan perusahaan terkenal. Kamu juga bisa temukan segala informasi dunia kerja dan pengembangan karier di Channel YouTube EKRUT.

Sumber:

  • differencebetween.info
  • 729solutions.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    aplikasi-pdf-converter-EKRUT.jpg

    Technology

    9 Rekomendasi Aplikasi PDF Converter Terbaik untuk Smartphone

    Detty Risetya

    07 July 2022
    6 min read
    H1_Microsoft_Azure.jpg

    Technology

    Mengenal Microsoft Azure, Cara Kerja, dan Manfaatnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    Apa_itu_Database-Berikut_Pengertian__Manfaat__Jenis_Serta_Fungsinya.jpg

    Technology

    Apa Itu Database? Berikut Pengertian, Manfaat, Jenis, serta Fungsinya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    06 July 2022
    6 min read

    Video