Lainnya

Mengenal Apa itu Sastra? Mulai dari Fungsi Hingga 8 Jenis Karya Sastra

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1-Mengenal_Apa_itu_Sastra_Fungsi_dan_Apa_saja_Jenisnya.jpg

Istilah sastra sering digunakan untuk menggambarkan karya menggunakan kata-kata. Karya sastra adalah karya yang biasanya dituangkan dalam bahasa yang indah dan tertata, bisa berupa puisi, prosa, drama, dan lainnya. Untuk mengenal apa itu sastra lebih dalam, simak artikel ini lebih lanjut.

Apa itu sastra?


Sastra merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta ‘Sastra’ - Pexels

Sastra merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta ‘Sastra’. Kata dasar ‘sas’ memiliki arti instruksi atau ajaran dan ‘tra’ yang berarti alat atau sarana. Jadi, sastra adalah sarana atau alat berupa teks yang mengandung instruksi atau pedoman.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sastra adalah karya yang menggunakan bahasa yang dipakai dalam kitab-kitab atau bukan bahasa sehari-hari. Situs Britannica menyebut sastra adalah kumpulan karya imajinatif hasil pemikiran penulis yang dituangkan dalam bahasa yang indah.

Baca juga: 6 Cara menghasilkan uang dari blog

Sastra menurut para ahli


ada banyak definisi tentang apa  itu sastra - Pexels

Banyak ahli mendefinisikan apa itu sastra. Misalnya saja beberapa ahli berikut ini:

  • Aristoteles. Mengatakan bahwa sastra adalah kegiatan lain yang dituangkan melalui agama, ilmu pengetahuan, dan filsafat.
  • Sapardi. Bagi Sapardi, sastra merupakan suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Objek sastra bisa berupa manusia dan kehidupannya.
  • Tarigan. Sastra adalah obyek bagi pengarang dalam mengungkapkan gejolak emosinya. Misalnya, kecewa, perasaan sedih, senang, dan lain sebagainya.
  • Sumardjo & Saini. Menurut Sumardjo & Saini, sastra adalah ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, keyakinan dalam suatu bentuk gambaran konkret yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa.

Baca juga: Content Marketing Specialist: Pengertian, Gaji, Skills, Tools & KPI

Fungsi sastra dalam kehidupan


sastra adalah bahasa yang disusun indah dengan pesan didalamnya - Pexels

Sastra biasa digunakan pengarang dalam menyampaikan sebuah pesan. Karena itu, sastra memiliki banyak fungsi. Beberapa fungsi sastra adalah:

1. Fungsi religius

Ada beberapa karya sastra yang memiliki fungsi religius. Fungsi religius adalah karya sastra yang memuji-muji Tuhan sebagai ucapan syukur serta mengandung ajaran agama yang dapat diteladani oleh pembaca.

2. Fungsi rekreatif

Fungsi rekreatif adalah karya sastra yang dapat bermanfaat menghibur hati para pembaca.

3. Fungsi didaktif

Fungsi didaktif yaitu sastra yang membawa amanat dan nilai-nilai moral. Fungsi didaktif bertujuan mendidik kepada pembaca.

4. Fungsi estetis

Fungsi estetis, yaitu sastra yang mengutamakan keindahan penikmat/pembacanya karena sifat keindahannya. Fungsi estetis dapat dilihat dari penggunaan bahasa yang indah.

5. Fungsi moralitas

Fungsi moralitas yaitu sastra yang mengangkat tentang kebaikan. Karya sastra ini bertujuan agar pembaca selalu melakukan tindakan dan akhlak yang baik.

Baca juga: 9 Hal yang Membuatmu Profesional dalam Dunia Kerja dan Cara Membangunnya

8 Jenis karya sastra


ada banyak jenis sastra yang populer di dunia - Pexels

Berbagai bentuk sastra bisa dengan mudah kamu temui. Beberapa jenis sastra yang paling umum misalnya saja:

1. Prosa

Prosa berasal dari bahasa Latin, yaitu “prosa oratio”, yang berarti “terus-terang”. Prosa adalah salah satu bentuk karya sastra yang tidak terikat oleh irama, diksi, rima, dan lainnya. Prosa biasanya ditemukan dalam tulisan fiksi maupun nonfiksi. Contoh dari prosa antara lain koran, majalah, novel, buku teks, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis lainnya.

Prosa sendiri terbagi menjadi menjadi 5 jenis, yaitu:

  • Prosa eksposisi
  • Prosa deskripsi
  • Prosa argumentasi
  • Prosa persuasi
  • Prosa narasi

2. Puisi

Berikutnya jenis sastra adalah puisi. Puisi adalah jenis karya sastra yang menyampaikan pemikiran dan menggambarkan sebuah cerita dengan menggunakan diksi atau kata-kata pilihan. Ciri dari puisi adalah bahasa yang padat namun indah, sehingga memiliki irama dan makna khusus.

Puisi sendiri terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu puisi lama dan puisi. Puisi lama terdiri dari: syair, gurindam, pantun, balada, romansa, satire, dan masih banyak lainnya. Sedangkan puisi modern terdiri dari: puisi naratif, puisi lirik, dan puisi deskriptif.
Puisi juga terdiri dari 2 unsur, yaitu unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik. Unsur ekstrinsik dari puisi adalah: biografi pengarang, sosial, dan nilai. Berikut ini unsur intrinsik dari puisi, yaitu:

  • Tema
  • Gaya bahasa/majas
  • Rima
  • Tipografi
  • Imaji
  • Irama
  • Amanat

Baca juga:  Apa Itu Majas Personifikasi? Berikut Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi, dan 30 Contohnya!

3. Drama

Drama adalah jenis karya sastra yang disajikan menggunakan dialog atau monolog dan tindakan. Drama menggambarkan cerita fiksi dan non-fiksi. Drama biasanya dipentaskan di atas panggung atau di layar lebar, seperti film. Berikut ini beberapa jenis drama, yaitu:

  • Komedi. Komedi adalah jenis drama yang lebih ringan. Tujuannya adalah untuk membuat penonton tertawa dan menghibur mereka.
  • Tragedi. Berkebalikan dari komedi, tragedi adalah jenis drama yang bertema lebih gelap. Drama tragedi menggambarkan penderitaan, rasa sakit, kerinduan, dan kematian.
  • Drama Musikal. Drama musikal menceritakan sebuah cerita dengan dialog, lagu, musik, serta tarian. Drama musikal menyampaikan emosi dalam drama.
  • Melodrama. Melodrama adalah jenis drama yang menggambarkan emosi yang berlebihan seperti ketegangan atau kegembiraan.
  • Opera. Opera adalah jenis drama dimana para aktor atau aktris menyampaikan dialog dengan bernyanyi.

Baca juga: 11 Skill yang dibutuhkan tahun 2022 ini wajib kamu kuasai

4. Fabel

Berikutnya jenis karya sastra adalah fabel. Fabel adalah jenis karya sastra berupa cerita yang menggunakan binatang sebagai tokoh utama. Dalam fabel, binatang bertindak seolah-olah seperti manusia dan bisa berbicara. Fabel bertujuan untuk memberikan nilai moral dari cerita. Beberapa contoh fabel terkenal, yaitu: Si Kancil dan Buaya, Semut dan Belalang, Bebek Buruk Rupa, dan lain-lain.

5. Autobiografi

Autobiografi merupakan jenis karya sastra yang menceritakan kisah perjalanan hidup penulis itu sendiri. Autobiografi biasanya berasal dari pengalaman penulis itu sendiri. Autobiografi biasanya ditulis oleh orang terkenal menulis untuk menceritakan kisah mereka kepada penggemar dan dunia.

Beberapa contoh buku autobiografi, yaitu: Catatan Najwa karya Najwa Shihab, Dari Penjara ke Penjara karya Tan Malaka, Untuk Negeriku karya Mohammad Hatta, dan lain-lain.

6. Biografi

Biografi dalam karya sastra menceritakan kisah seseorang dari sudut pandang orang lain. Penulis biografi adalah seseorang yang dekat dengan orang tersebut atau seseorang yang pernah mempelajari tentang orang tersebut. Contoh buku biografi, yaitu: Nadiem Makarim karya Andi Darmawan, Mugi Artiningsih, Fanny A. Prasetya.

7. Fiksi ilmiah

Fiksi ilmiah atau sering disebut sebagai “sci-fi" adalah karya sastra di mana sebagian besar hal-hal bersifat imajinasi.  Fiksi ilmiah menceritakan tentang teknologi masa depan. Fiksi ilmiah juga memiliki hubungan dengan hukum-hukum ilmiah yang sebenarnya. Fiksi ilmiah terkadang merupakan dan terkadang hanya imajinasi berdasarkan asumsi dari seseorang.

8. Sastra jurnalistik

Sastra jurnalistik adalah jenis karya sastra nonfiksi. Dalam sastra jurnalistik, jurnalis akan mengumpulkan informasi dan kemudian menerbitkannya. Jurnalis akan menggabungkan fakta dan laporan dengan beberapa strategi cerdas dan teknik naratif. Teknik-teknik ini membuat laporan terlihat lebih menarik.

Baca juga: Mengenal Content Creator? 9 Langkah untuk Membangun Karier

Sastra adalah bagian dari cara pengarang mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya dengan bahasa yang indah. Karenanya, ada begitu banyak jenis sastra. Kalau kamu memiliki kemampuan yang bagus dalam membuat sastra, kamu juga bisa menjadi Content Creator. Cukup sign up di EKRUT dan menjadi bagian dari perusahaan kenamaan dalam berbagai bidang.

Kamu juga bisa melakukan pengembangan diri dengan mengikuti Channel YouTube EKRUT. Salah satunya dengan menonton video ini:

Sumber:

  • gurupendidikan.com
  • untaianabjad.com
  • britannica.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    resesi-ekonomi---EKRUT.jpg

    Careers

    Pengertian Resesi Ekonomi beserta Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

    Maria Tri Handayani

    11 November 2022
    5 min read
    H1_1._Massive_Online_Open_Course_(MOOC)_Belajar_ilmu_dari_universitas_top_dunia.jpg

    Lainnya

    Belajar Ilmu dari Universitas Top Dunia Dengan Metode MOOC

    Anisa Sekarningrum

    31 October 2022
    5 min read
    Sejarah_Revolusi_Industri_dan_Dampaknya_Bagi_Kehidupan_Manusia.png

    Lainnya

    Sejarah Revolusi Industri dan Dampaknya Bagi Kehidupan Manusia

    Sartika Nuralifah

    11 October 2022
    7 min read

    Video