Expert's Corner

Script Writer Adalah: Tugas, Skill-set, Jenjang Karier, beserta 4 Syaratnya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Ningtyas Dewanasari Kinasih

A newcomer in content writing who studied tourism. Very keen to learn about this field.

Script_Writer_Adalah-Tugas__Skill-set__Jenjang_Karier__beserta_4_Syaratnya.jpg

Penulis naskah atau script writer adalah salah satu profesi yang cukup banyak diminati, terutama bila kamu memiliki ketertarikan terhadap dunia film atau video bercerita. Industri film yang kian berkembang membuat permintaan akan profesi tersebut meningkat. Penting untuk kamu ketahui bahwa penulisan naskah berbeda dengan novel, artikel, makalah, atau esai. Kamu perlu mengekspresikan tulisan atau cerita secara visual. Profesi sebagai script writer juga memiliki jenjang karier, lho! Apabila kamu ingin menjadi script writer secara profesional, ketahui tugas, skill-set, jenjang karier, dan syaratnya berikut ini.

Apa itu script writer?


Script writer adalah penulis naskah yang disiapkan untuk kebutuhan video bercerita. (sumber: pexels)

Dikutip dari stateuniversity.com, script writer adalah penulis yang ahli dalam menyiapkan naskah untuk iklan, sinetron, berita, komedi, film, drama yang dimainkan di atas panggung, dan lainnya.

Salah satu jenis script writer adalah penulis kontinuitas yang biasanya membuat pengumuman pada stasiun TV, pratinjau acara, berbagai iklan, dan lainnya. Script writer harus mampu menulis secara persuasif, kreatif, dan cepat karena adanya deadline.

Biasanya, script writer adalah freelancer kontrak yang biasanya memulai penulisan berdasarkan spekulasi atau yang lebih dikenal dengan "spec". Spec script sendiri adalah skenario yang ditulis untuk dijual kepada studio atau perusahaan produksi. Hal tersebut berarti penulis tidak direkrut untuk menulis naskah dan tidak menerima bayaran sebelum menjualnya. Script writer juga belum dianggap profesional sampai mereka berhasil menjualnya dan direpresentasikan oleh agen.

Baca juga: Content writer, ini 7 aplikasi menulis terbaik di tahun 2022

Tugas script writer


Salah satu tugas script writer adalah mengembangkan ide dan alur cerita. (sumber: pexels)

Script writer adalah profesi yang mana kamu harus membuat konten untuk acara televisi, video, atau film. Naskah harus diciptakan secara menarik dan menghibur untuk ditonton dan dibeli oleh pemirsa. 

Biasanya, tugas script writer akan mengembangkan alur cerita, karakter, dan dialog dalam bentuk tertentu. Beberapa penulis naskah memilih untuk fokus dalam genre tertentu, seperti horor, komedi, romansa, dan lainnya. Namun, ada juga yang mengembangkan bakatnya dan menulis untuk berbagai genre, secara umum tugas script writer adalah:

  • Memikirkan tema dan ide naskah
  • Mengembangkan ide, plot, dan karakter
  • Meneliti latar belakang dari bahan atau sumber naskah yang akan ditulis
  • Membuat layout skenario yang telah disepakati
  • Menyiapkan ringkasan singkat atau kerangka kerja dari ide-ide yang kamu miliki
  • Menjual ide atau melakukan 'pitch' ke produser
  • Mendapatkan feedback hasil kerja dari produser atau editor
  • Menulis ulang naskah sebelum adanya versi yang disepakati
  • Menjalin network dengan para agen dan produser

Apabila naskah yang ditulis berdasarkan peristiwa atau kisah nyata, kamu harus melakukan penelitian secara mendalam terlebih dahulu. Sedangkan, jika kamu mengadaptasi karya orang lain, harus dipastikan bahwa kamu menulis sesuai dengan hukum yang sudah disepakati sebelumnya.

Skill yang harus dimiliki


Skill penting dari script writer adalah kreativitas. (sumber: pexels)

Script writer adalah profesi yang mana kamu harus mengembangkan berbagai macam skill untuk dapat menciptakan dan memasarkan konten tulisan ke dalam industri terkait. Berikut ini beberapa skill-set yang harus kamu miliki untuk berkarier sebagai script writer.

1. Kreativitas

Script writer adalah individu kreatif yang mengandalkan imajinasinya untuk mengembangkan karakter, menentukan latar yang jelas, dan menceritakan kisah yang menarik. Kreativitas dapat menjadi skill penting bagi penulis naskah untuk mengembangkan ide-ide orisinal dan menulis cerita yang memuaskan.  

Kreativitas yang dimiliki oleh script writer akan membantu untuk menciptakan konten, menggambarkan masalah yang kompleks melalui karakter dan alur cerita, juga menceritakan kisah secara dinamis yang terhubung dengan penikmatnya.

2. Ketekunan

Untuk dapat menjadi script writer yang sukses dibutuhkan waktu, kesabaran, dan ketekunan. Selain itu, hal penting lain yang harus dilakukan script writer adalah membangun jaringan, mengembangkan keahlian, dan mengambil peluang untuk bekerja dengan industri yang sudah profesional.

3. Profesionalisme


Profesionalisme merupakan skill penting yang harus dimiliki script writer. (sumber: pexels)

Kualitas penting yang harus dimiliki script writer adalah profesionalisme. Hal ini berkaitan dengan jenis pekerjaan penulis naskah yang kerap kali berhubungan dengan eksekutif dan produser. Memiliki sikap profesional dapat membantu script writer untuk memberikan kesan yang baik pada klien. Karakteristik profesionalisme untuk script writer adalah berkomunikasi dengan sopan, tepat waktu saat rapat atau deadline, menunjukkan rasa hormat kepada rekan kerja.

4. Disiplin

Script writer profesional memiliki proses yang berbeda, namun banyak yang membiasakan diri untuk melatih keahlian mereka dan menetapkan tujuan untuk meningkatkan kualitas penulisan dan menyelesaikan proyeknya. Penulis naskah juga biasanya bekerja dalam batasan waktu tertentu untuk dapat memenuhi deadline. Sehingga salah satu skill penting yang harus dimiliki script writer adalah disiplin diri yang tinggi.

Baca juga: Content Writer: Tugas, kualifikasi, dan proyeksi karier 2022

Jenjang karier seorang script writer


Jenjang karir script writer adalah sebagai penulis primer atau sekunder. (sumber: pexels)

Script writer adalah salah satu jenis pekerjaan yang sebagian besar bersifat freelance dan fleksibel. Hal ini membuat kamu berpeluang untuk bekerja dengan berbagai proyek yang unik dan menarik sembari mengasah kreativitasmu. Melansir dari 90seconds.com, peran utama script writer adalah primary dan secondary. Masing-masing peran memiliki skill yang mungkin saja sesuai dengan pilihan karier sebagai penulis naskah yang ingin ditekuni.

1. Peran primer

Salah satu peran primer dalam script writer adalah show runner yang merupakan head scripter, memegang kendali kreatif penuh atas seluruh produksi. Dalam situasi lain, show runner adalah final editor yang memeriksa pekerjaan staf penulis lainnya sebelum diserahkan kepada para aktor. Biasanya, script writer berhasil mencapai jenjang ini setelah beberapa tahun memiliki pengalaman menulis naskah.

2. Peran sekunder

Sedangkan contoh untuk peran sekunder dalam script writer adalah penulis naskah sitkom atau komedi yang bisa sangat berbeda dari jenis penulisan naskah lainnya karena berkaitan dengan ketatnya deadline. Selain itu, penulis naskah bekerja dalam lingkungan kolaboratif. Tipe lingkungan yang serba cepat dapat menarik bagi beberapa orang, akan tetapi bagi kamu yang kurang cocok bekerja dengan lingkungan tersebut, mungkin akan menguras energi.

Syarat menjadi script writer


Syarat menjadi script writer adalah membangun portofolio. (sumber: pexels)

Umumnya script writer melibatkan pekerjaan di industri hiburan, dimana cukup menantang dan kompetitif. Jika tertarik menjadi script writer, berikut ini beberapa syarat yang bisa kamu penuhi.

1. Pendidikan dan training

Biasanya untuk menjadi script writer tidak diperlukan gelar tertentu, tetapi memiliki gelar sarjana menjadi salah satu kelebihan. Kamu harus bisa mengekspresikan ide dengan jelas, menciptakan karakter terpercaya, dan mengembangkan cerita yang menarik. Beberapa institusi pendidikan menawarkan kelas menulis untuk televisi, film, dan teater. Dalam pelatihan menulis, kamu akan diajarkan keterampilan teknis tertentu seperti menulis dialog yang meyakinkan, juga membuat alur yang menarik dan masuk akal.

2. Membangun portofolio

Sebelum menulis kontenmu sendiri, lakukanlah penelitian terhadap tren, metode, dan teknik penulisan. Mempelajari berbagai genre untuk menemukan yang paling kamu minati. Setelah kamu memiliki sejumlah karya, kumpulkan menjadi portofolio digital.

Salah satu syarat sukses menjadi script writer adalah membangun tempat dimana klien dapat melihat karyamu. Hal ini dapat memberikan gambaran calon klien terhadap gaya penulisanmu. Gunakan situs web yang dapat mempermudah klien untuk mengakses portofolio-mu.

3. Mempelajari konten kreatif


Syarat lain menjadi script writer adalah mempelajari konten kreatif. (sumber: pexels)

Salah satu tujuan menjadi script writer adalah menghasilkan konten yang hebat. Hal tersebut bisa kamu pelajari, televisi, buku, film, musik, dan karya seni lainnya bisa menjadi inspirasi. Cobalah untuk lebih aktif saat mempelajari bentuk-bentuk media, mencatat, dan menganalisis elemen yang ada.

4. Memahami industri

Syarat selanjutnya jika ingin menjadi script writer adalah mengetahui ekspektasi industri. Kamu mungkin merasa lebih percaya diri dan siap untuk mempromosikan karyamu, serta membangun koneksi. Untuk mempelajari industri ini kamu bisa bertemu dengan para profesional atau mengambil pekerjaan walaupun tidak berhubungan dengan penulisan naskah.

5. Memperluas jaringan

Langkah lain agar kamu menjadi script writer adalah memperluas koneksi dalam industri. Mengenal produser atau sutradara mungkin akan meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan calon klien. Selain membangun sendiri, kamu bisa bergabung dengan agensi yang dapat mempromosikan dan mengawasi kontenmu.

Baca juga: Sering dialami penulis begini cara mengatasi writer's block

Script writer adalah pekerjaan yang saat ini banyak diminati. Terus mengasah kreativitas merupakan salah satu kunci sukses menjadi script writer. Profesi ini juga memiliki beberapa pilihan jenjang karier yang bisa kamu sesuaikan dengan skill-set kamu.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • stateuniversity.com
  • indeed.com
  • 90seconds.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    customer-service-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Customer Service: Tugas dan Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Proyeksi Kariernya

    Tsalis Annisa

    01 December 2022
    5 min read
    H1_Founder_Adalah_Tugas_dan_Tanggung_Jawab__Skill-set_(1).jpg

    Expert's Corner

    Founder Adalah: 5 Tugas dan Tanggung Jawab, Skill-set, serta Perbedaannya dengan CEO dan Owner

    Sartika Nuralifah

    25 November 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Sandhika_Galih__Dosen_yang_Sering_Ngasih_Ilmu_tentang_Web_Programming.png

    Expert's Corner

    Mengenal Sandhika Galih, Dosen yang Sering Ngasih Ilmu tentang Web Programming

    Anisa Sekarningrum

    17 November 2022
    5 min read

    Video