Published on

Technology

3 Cara Kerja Search Engine beserta Algoritma yang Digunakannya

Tsalis Annisa

Untitled_design-89.jpg

Search engine atau mesin pencari adalah program perangkat lunak yang membantu seseorang dalam menemukan informasi yang mereka cari secara online menggunakan kata kunci atau frasa. Search engine dapat menyajikan hasil dengan cepat dan tepat untuk para pengguna dari jutaan halaman website yang ada di internet. Mesin ini juga mengindeks setiap halaman website yang mereka temukan setiap harinya. Memahami cara kerja mesin telusur dapat membantu bisnismu menggunakan SEO untuk menjangkau calon pelanggan sesuai dengan target yang kamu inginkan. Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai search engine, mulai dari cara kerja, algoritma yang digunakan, dan daftar search engine yang cukup terkenal.

Baca juga: Simak Tren SEO 2022 yang Mengubah Sistem Mesin Pencarian

Apa itu search engine?


Search engine membantumu dalam mendapatkan informasi yang kamu cari. (sumber: Pexels)

Search engine adalah mesin pencari yang membantu pengguna untuk mencari konten atau informasi di internet dengan menggunakan kata kunci. Kamu tentu sudah tidak asing dengan search engine, bukan? Terutama jika kamu sedang mencari suatu informasi di internet. Salah satu search engine yang cukup terkenal dan banyak orang gunakan adalah Google.

Meski begitu, pada dasarnya search engine tidak hanya Google. Masih ada beberapa search engine lain yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan informasi yang sedang kamu cari. Guna membantumu dalam mendapatkan informasi yang tepat dan menjawab pertanyaan-pertanyaanmu, search engine kerap mengubah cara kerja dan algoritmanya sehingga kamu akan mendapatkan informasi yang paling relevan dan paling berkualitas.

Baca juga: Algoritma Baru SEO Google: Sebuah Jalan Menuju Konten Berbasis Human to Human

3 Cara kerja search engine


Search engine akan melakukan crawling, indexing, lalu akan menentukan ranking. (sumber: Pexels)

Lalu, bagaimana cara kerja search engine? Ada beberapa cara kerja search engine. Jika kamu ingin mendalami pekerjaan yang berkaitan dengan search engine, kamu perlu tahu bagaimana cara kerjanya. Adapun cara kerja search engine adalah sebagai berikut.

  • Crawling. Program yang ada pada search engine ini disebut juga dengan bot, crawler, atau spider yang akan menjelajahi internet dan mencari konten baru atau kedaluwarsa.
  • Indexing. Search engine akan mencoba untuk mengategorikan dan mengerti konten yang ada pada suatu halaman website dengan menggunakan kata kunci. Jika kamu ingin halaman website kamu diindeks oleh Google, penting bagi kamu untuk menjalankan praktek SEO yang tepat.
  • Ranking. Setelah content pada halaman website-mu terindeks oleh search engine, search engine akan memberikannya peringkat berdasarkan beberapa faktor.

Baca juga: 10 Strategi SEO Praktis untuk Para Pemula

5 Search engine yang populer digunakan


Microsoft Bing adalah salah satu search engine yang cukup terkenal. (sumber: Pexels)

Ada beberapa search engine yang cukup populer dan kerap digunakan. Berikut adalah beberapa di antaranya yang menarik untuk kamu ketahui.

1. Google

Search engine yang satu ini pasti tidak asing bagi kamu, bukan? Bahkan, bisa saja kamu menemukan artikel ini melalui Google. Setidaknya, 92.31% orang menggunakan search engine ini untuk menemukan informasi yang dicari.

2. Yahoo

Selain Google, Yahoo juga merupakan salah satu search engine yang cukup terkenal. Seperti Google, Yahoo juga merupakan provider email. Setidaknya, ada 2% orang di dunia yang menggunakan Yahoo.

3. Microsoft Bing

Microsoft Bing diluncurkan pada tahun 2009 dan seperti namanya, search engine ini dimiliki oleh Microsoft. Search engine ini dapat menyediakan hasil pencarian, seperti video, lokasi, peta, gambar, dan berita.

4. Yandex

Nama dari search engine ini adalah singkatan dari “Yet Another Indexer” dan merupakan search engine yang cukup terkenal di negara-negara bagian timur, terutama di Russia, Ukraina, Belarus, dan Turkey. Selain membantu dalam mencari informasi, Yandex juga menyediakan jasa informasi peta dan penerjemah.

5. Baidu

Baidu merupakan search engine yang sangat mendominasi di China. Setidaknya, 80% penduduk China menggunakan search engine ini. Bisa dikatakan, banyak cara kerja Baidu yang mirip dengan Google.

Baca juga: Manfaat dan Cara Penerapan SEO Bagi Pemula

Bagaimana algoritma dari search engine?


Algoritma search engine akan melihat bagaimana kualitas konten kamu. (sumber: Pexels)

Agar bisa menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dengan tepat guna, search engine menggunakan algoritma. Apa itu algoritma search engine? Algoritma ini adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sistem kompleks dari beberapa algoritma yang mengevaluasi semua halaman yang diindeks dan menentukan halaman mana yang akan muncul dalam hasil pencarian untuk kueri tertentu. Ada beberapa faktor atau formula yang digunakan di dalam algoritma. Misalnya, Google menggunakan beberapa faktor untuk mengkurasi content yang akan muncul di search engine. Berikut beberapa di antaranya.

  • Kualitas konten. Algoritma akan menentukan apakah suatu halaman website merupakan sumber informasi terbaik berdasarkan faktor internal dan eksternal. Bahkan, jumlah dan kualitas backlink menjadi hal yang penting.
  • Arti kueri. Memahami apa yang dimaksud oleh pengguna dengan menggunakan kata kunci atau kueri yang mereka gunakan dalam mencari suatu informasi.
  • Relevansi halaman. Search engine akan mencari tahu apakah konten pada suatu halaman website menjawab kebutuhan informasi pengguna atau tidak.
  • Kegunaan halaman. Algoritma akan mempertimbangkan kualitas halaman website dari sudut pandang teknis, daya tanggap, kecepatan halaman, keamanan, dan faktor teknis lainnya.

Baca juga: Panduan Cara Belajar SEO untuk Pemula

Itulah beberapa hal mengenai search engine yang perlu kamu ketahui. Memahami apa itu search engine, algoritma, dan bagaimana cara kerjanya adalah hal yang penting, terlebih jika kamu ingin mendalami karier sebagai SEO specialist atau SEO content writer. Dengan begitu, kamu akan lebih tahu strategi apa yang perlu kamu lakukan agar konten yang kamu buat dapat menjawab kebutuhan pengguna dan berada pada halaman pertama search engine. Semoga informasi di atas membantu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • bdc.ca
  • mangools.com
  • techopedia.com
  • nibusinessinfo.co.uk

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Mengenal_Web_Server.jpg

    Technology

    Mengenal Web Server: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya

    Natasya Primatyassari

    30 September 2022
    6 min read
    twitter-EKRUT.jpg

    Technology

    Twitter luncurkan fitur untuk melaporkan daftar akun-akun bermasalah

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    3 min read
    H1_website_jurnal.jpg

    Lainnya

    10+ Rekomendasi Website Jurnal Gratis 2022

    Nurina Ulfah

    30 September 2022
    5 min read

    Video