Published on

Technology

Slack: Aplikasi Chat yang Memudahkan Komunikasi Antar Tim

Algonz D.B. Raharja

Slack_Technologies-Logo.wine.png

Dalam tempat kerja maupun pekerjaan yang berbasis teknologi, umumnya terdapat beberapa dukungan aplikasi untuk berkomunikasi satu sama lain antar pekerja. Selain aplikasi berbalas pesan konvensional, terdapat pula aplikasi yang disebut Slack. Nah, bagi kamu yang di tempat kerja belum menggunakan aplikasi Slack ini, berikut ulasan tentang bagaimana Slack digunakan dan memudahkan pekerjaan.

Baca juga: 7 Aplikasi To do List Ini Bantu Kamu Jadi Lebih Produktif

Apa itu Slack?


Tampilan antarmuka aplikasi berbagi pesan Slack (Sumber: lifewire.com)

Dilansir dari situsnya, Slack merupakan aplikasi berbagi pesan untuk bisnis yang menghubungkan orang dengan informasi tertentu dalam pekerjaan mereka. Slack secara khusus menjadi alat untuk menyatukan orang yang bekerja di dalam satu tim terpadu.

Slack secara umum dapat didefinisikan sebagai aplikasi satu tempat untuk mengirim dan menerima pesan atau dokumen. Slack memang secara khusus dibuat sebagai alat komunikasi yang berbasis workplace atau tempat kerja. Seperti halnya aplikasi berbasis pesan yang bisa dilakukan untuk obrolan privat dan grup.

Slack merupakan platform komunikasi multiguna yang ditujukan untuk fungsi kolaborasi. Hal ini mencakup pesan instan, panggilan suara, dan panggilan video. Slack bisa diunduh dan digunakan lewat Windows, Mac, Android, Linux, dan iOS.

Baca juga: Aplikasi Gratis Ini Lebih Seru Dibanding Medsos, Benarkah?

Bagaimana cara kerja Slack?


Tampilan sidebar pada Slack (Sumber: Slack.com)

Untuk dapat mengetahui cara kerja Slack, kamu bisa terlebih dahulu mengenal beberapa fitur dari Slack berikut ini.

1. Sidebar

Sidebar merupakan bilah sisi yang digunakan untuk mengakses percakapan dan memilih opsi penulisan pesan baru. Kamu bisa menggunakan tampilan bilah sisi di kiri aplikasi untuk memilih kepada siapa kamu akan mengirim pesan dan menentukan channels atau grup yang ingin dikirimi pesan.

2. Channels

Channels atau saluran merupakan fitur paling penting dari Slack, karena lewat fitur ini kamu bisa memilih kepada siapa saja kamu akan mengirim pesan. Selain itu, kamu bisa mengumpulkan beberapa orang di dalam satu grup tertentu untuk dapat langsung berinteraksi secara kolaboratif. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengatur pekerjaan dengan tujuan yang sama lewat fitur ini melalui obrolan terarah.

3. Message field

Message field atau bidang pesan merupakan opsi perpesanan Slack yang digunakan untuk menulis pesan atau terhubung dengan tim/grup tertentu. Kamu bisa menambahkan dokumen, mention seseorang dalam percakapan, melakukan format untuk menebalkan tulisan, dan opsi-opsi lain untuk menyunting kesalahan ketik dengan menghapus pesan yang sudah terkirim.

4. Navigation bar

Navigation bar merupakan bilah navigasi untuk mengakses riwayat pesan secara interaktif. Kamu bisa menggunakan ikon “History” pada Slack untuk mengakses cepat ke item atau daftar Channel terbaru. Kamu juga bisa menelusuri riwayat lewat ikon jam untuk melihat direct message dan rangkaian pesan lainnya. Kamu juga bisa mendapatkan dokumen yang hilang di memori penyimpanan dengan mencari riwayat pengiriman dokumen. Untuk dapat mengakses cepat ke Channel atau orang tertentu, kamu bisa menggunakan Ctrl + K (Windows/Linux) atau Cmd + K (Mac).

Baca juga: 15 Keahlian Teamwork yang Harus Dikuasai dalam Dunia Kerja

Fungsi Slack di dunia bisnis


Slack dapat mempermudah komunikasi tim dalam suatu perusahaan dan menunjang kolaborasi (Sumber: Pexels)

Slack secara teknis amat berguna bagi dunia kerja maupun bisnis yang menyangkut banyak tim atau divisi. Perkembangan dunia kerja yang kini dapat dilakukan secara remote atau jarak jauh juga dapat didukung dengan keberadaan Slack. Kamu bisa secara kolaboratif bekerja lewat Slack dengan tetap menjalin komunikasi dengan rekan kerja, klien, maupun tamu di dalam tim yang kamu pimpin.

Bagi sebuah perusahaan, keberadaan aplikasi seperti Slack bisa menunjang perkembangan bisnis, khususnya terhadap proyek-proyek tertentu yang sensitif terhadap waktu. Karyawan atau pekerja baru bisa mendapatkan akses ke sebuah percakapan tim setelah mereka dimasukkan ke dalam Channel dan dapat belajar langsung bersama tim.

Baca juga: Ketahui Manfaat Teamwork dan 6 Tips Membangunnya

Kelebihan dan kekurangan Slack


Slack memiliki fitur yang lengkap untuk berkomunikasi secara kolaboratif namun bentuknya kurang compact (Sumber: Pexels)

Meski nampak ideal, namun tentu saja Slack memiliki kekurangannya sebagai aplikasi berbasis pesan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Slack yang bisa kamu ketahui sebelum menggunakan Slack.

Kelebihan Slack Kekurangan Slack
Komunikasi instan Tidak ada keteraturan pesan
Terintegrasi dengan alat maupun layanan lain Bersifat adiktif
Mendukung dokumen kolaboratif Memicu percakapan-percakapan dangkal di ranah publik
Terdapat channel publik/tim dan privat Tampilan kurang sederhana atau compact
Dapat melakukan penelusuran riwayat

Menambah jaringan aplikasi pesan yang menumpuk dalam satu gawai

Baca juga: 7 Tips Kerjasama Tim untuk Kamu yang Introver

Apakah aplikasi Slack gratis?


Slack dapat dinikmati lewat paket gratis hingga berbayar untuk kebutuhan bisnis (Sumber: Pexels)

Ya, Slack merupakan aplikasi yang bisa dinikmati secara gratis oleh pengguna. Namun, dengan catatan terdapat pula Slack yang berbayar dan umumnya memiliki paket-paket tertentu bagi perusahaan (enterprise).

Sebuah perusahaan bisa membeli Plan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Slack menyediakan paket Free, Pro, dan Business+ untuk membangun sebuah Slack Workspace. Beberapa perbedaan yang mendasar dari paket-paket tersebut adalah besaran jumlah riwayat percakapan tersimpan hingga kapasitas memori cloud. Untuk paket Free hanya dibatasi 5GB file storage dan hanya terintegrasi dengan sepuluh aplikasi eksternal.

Adapun harga yang perlu dibayar untuk paket Free adalah nol rupiah per pengguna aktif per bulan (dibayar per tahun) dengan fasilitas akses hingga 10 ribu riwayat pesan tersimpan, 10 integrasi dengan aplikasi lainnya, dan 1:1 panggilan video/audio. Sedangkan, untuk paket Pro dapat dinikmati dengan harga Rp98.954.79 dengan fitur lengkap terkait riwayat pesan organisasi atau perusahaan hingga komunikasi tatap muka virtual hingga 15 orang.

Di sisi lain, paket Business+ Slack dapat menunjang bisnis perusahaan dengan harga Rp185.447.50 dengan fitur lengkap seperti lintas aplikasi tidak terbatas, riwayat pesan tidak terbatas, dan mendapatkan asistensi teknis dari pihak Slack.

Baca juga: 12 Tips Membangun Kerjasama Tim yang Wajib Diterapkan

Itulah tadi beberapa hal terkait Slack beserta fungsi serta biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan dukungan aplikasi berbasis pesan tersebut.

Bagi kamu yang tengah bingung meniti karier, EKRUT hadir sebagai rekan profesional buat kamu. Kamu bisa mendaftar lewat EKRUT dan mendapatkan berbagai informasi mengenai karier hingga potensi direkrut berbagai perusahaan di Indonesia. Siapkan CV terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • slack.com
  • howtogeek.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read

    Video