Careers

Mengenal Jurusan Statistika dan Prospek Kerjanya di Tahun 2022

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Sylvia Rheny

A full time learner marketing enthusiast.

Mengenal_Jurusan_Statistika_dan_Prospek_Kerjanya_di_Tahun_2022.jpg

Jurusan statistika adalah bagian dari studi matematika yang mempelajari tentang proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data untuk selanjutnya menjadi pijakan dalam suatu pengambilan keputusan. Yuk, kenali lebih dalam seperti apa jurusan statistika dan prospek kerjanya di tahun 2022!

Baca juga: 8 Skills ini perlu kamu miliki untuk menjadi Data Scientist andal

Apa itu statistika?


Statistika dapat dilihat sebagai data angka, metode, dan ilmu pengetahuan. (Sumber: Pexels)

Mengenal statistika bisa dipahami dari tiga sudut pandang, yaitu statistika sebagai data angka, statistika sebagai metode atau teknik, dan statistika sebagai ilmu pengetahuan. Adapun penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Statistika sebagai data angka, yaitu merupakan kumpulan angka-angka yang diperoleh dari hasil penelitian berulang-ulang untuk tujuan yang telah ditetapkan. Angkanya disebut data atau angka statistik.
  • Statistika sebagai metode atau teknik, yaitu cara untuk mengumpulkan, mengorganisir, menyusun, menyajikan, dan menganalisis data angka yang telah dihimpun, serta menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis.
  • Statistika sebagai ilmu pengetahuan, yaitu ilmu yang mempelajari dan mengembangkan teknik-teknik analisis data dengan cara statistik.

Baca juga: Data Scientist: Tanggung jawab, keahlian, dan kisaran gaji 2022

Tujuan mempelajari statistika


Statistika memberikan pengetahuan untuk melakukan evaluasi terhadap data. (Sumber: Pexels)

Tujuan mempelajari statistika dan perannya juga dapat dilihat dari beberapa aspek, misalnya dalam kehidupan sehari-hari, dalam penelitian ilmiah, dan dalam ilmu pengetahuan. Penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Dalam kehidupan sehari-hari, statistika dapat berperan sebagai penyedia bahan, keterangan, sumber dari berbagai hal yang kemudian diolah dan ditafsirkan. Statistika memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada seseorang untuk melakukan evaluasi terhadap data.
  • Dalam penelitian ilmiah, statistika berperan sebagai penyedia alat untuk mengemukakan maupun menemukan kembali keterangan yang tersembunyi dalam angka.
  • Dalam ilmu pengetahuan, statistika berperan sebagai peralatan analisis dan interpretasi diri dari data kuantitatif ilmu pengetahuan sehingga data tersebut dapat dibaca dan disimpulkan.

Baca juga: Simak! Cara Mencari Median, Mean, dan Modus dengan Mudah

Fokus studi statistika


Studi statistika berfokus pada mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data. (Sumber: Pexels)

Pada dasarnya, mempelajari statistika adalah mempelajari alat analisis untuk penelitian. Studi statistika berfokus kepada bagaimana mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa statistika merupakan cabang dari ilmu matematika, dimana sebagai statistikawan, kamu akan bertugas untuk merumuskan dan merangkai bahasa matematis kemudian dijadikan alat pengolah data.

Sebagai contoh metode pembelajaran jurusan statistika, dosen biasanya akan memberikan studi kasus yang bertujuan untuk menemukan data yang valid dan dapat dipercaya, karena pada dasarnya tujuan dasar ilmu statistika adalah mencari kebenaran suatu data.

Bersumber dari laman Quipper, beberapa contoh mata kuliah yang akan bisa kamu pelajari di jurusan statistika antara lain kalkulus, metode numerik, metode survei sampel, analisis regresi, komputasi statistika, proses stokastik, statistika nonparametrik, statistika multivariat, analisis data kategori, analisis runtun waktu, dan teknik simulasi.

Baca juga: Apa Itu Probability Sampling? Definisi, Jenis, dan 4 Contohnya

Prospek kerja lulusan statistika


Berbagai prospek kerja terbuka untuk lulusan jurusan statistika. (Sumber: Pexels)

Berbicara mengenai prospek kerja, lulusan jurusan statistika memiliki peluang kerja yang bagus. Tahun 2022 ini banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan kemampuan memproses data dengan akurat agar bisa memberikan informasi atau mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan data yang ada.

Sebagai seorang ahli statistik yang memiliki keahlian mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menganalisis data, kamu berpeluang untuk berkarier di instansi pemerintahan, seperti Badan Pusat Statistik (BPS). Sebagai tambahan, jika seseorang berkuliah di Politeknik Statistik STIS, maka bisa langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk BPS.

Nah, tidak hanya bekerja di instansi pemerintahan saja, berikut ini masih ada berbagai prospek karier yang perlu kamu tahu sebagai lulusan ilmu statistika.

1. Market researcher

Prospek kerja lulusan statistika yang pertama adalah bekerja sebagai market researcher. Tugas utama market researcher adalah menganalisis kondisi industri terkait untuk memperkirakan penjualan produk dan layanan, memantau tren di pasar tertentu untuk menilai hasil potensial bagi perusahaan, dan mengevaluasi hasil kampanye dan program pemasaran.

Market researcher menggunakan keahlian dalam statistik untuk mengembangkan proses pengumpulan data dan menganalisis angka dengan perangkat lunak dan algoritma canggih. Untuk mengkomunikasikan temuan kepada kolega dan pemangku kepentingan, kamu harus menerjemahkan data ke dalam bagan dan laporan.

Baca juga: Apakah Prodi Manajemen Bisnis Menjanjikan? Berikut Ulasan Lengkap dan Proyeksi Karier 2022

2. Business analyst

Prospek kerja berikutnya sebagai lulusan statistika adalah menjadi business analyst di perusahaan swasta dan startup. Business analyst juga dikenal sebagai konsultan manajemen. Tugas seorang business analyst adalah menilai masalah bisnis, mengumpulkan data yang relevan, dan merancang metode untuk menganalisis masalah secara efektif.

Para profesional ini sering menganalisis laporan keuangan dan laporan tenaga kerja dan menggunakan statistik untuk mengidentifikasi tren dan merekomendasikan solusi. Business analyst sering bekerja sama dengan manajer proyek untuk menerapkan rekomendasi proses dan meninjau kemajuan.

3. Financial analyst

Selain menjadi researcher dan business analyst, kamu juga memiliki prospek kerja sebagai financial analyst atau analis keuangan, yaitu seseorang yang membantu individu, bisnis, dan agensi saat mereka mempertimbangkan investasi. Tugas financial analyst adalah menilai kinerja saham dan obligasi dan memperkirakan hasil pasar di masa depan menggunakan pengetahuan statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data keuangan yang relevan. Selain itu, analis keuangan juga meninjau neraca dan laporan perusahaan, bekerja dengan perwakilan perusahaan dan menganalisis tim manajemen saat mereka menyiapkan rekomendasi investasi untuk klien mereka.

4. Ekonom

Prospek kerja lulusan statistika yang kelima adalah sebagai seorang ekonom. Tugas utama ekonom adalah memeriksa masalah yang terkait dengan produksi dan distribusi sumber daya, layanan, dan barang di dalam pasar. Ekonom berspesialisasi dalam meneliti tren pasar, mengumpulkan data, dan menggunakan model statistik untuk membuat kesimpulan.

Para profesional ini sering bekerja untuk bisnis dan lembaga pemerintah, karena mereka menawarkan solusi untuk berbagai tantangan ekonomi. Untuk menjadi seorang ekonom, kamu membutuhkan beberapa keterampilan seperti pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan berpikir kritis yang kuat untuk membantu individu, perusahaan, dan lembaga.

5. Data scientist

Terakhir, prospek kerja lulusan statistika yang tidak kalah menarik adalah menjadi data scientist. Data scientist meninjau angka dan statistik untuk mencari wawasan dan kesimpulan, yang pada akhirnya mencari solusi yang menghadirkan peluang potensial terbesar bagi perusahaan.

Data scientist menggunakan pengetahuan mereka tentang statistik untuk membuat kumpulan data, menetapkan variabel, mengembangkan model, dan mengidentifikasi pola dan tren. Mereka juga menggunakan keterampilan komunikasi mereka untuk menyampaikan temuan kepada pemangku kepentingan utama melalui presentasi dan laporan.

Baca juga: Ingin jadi Data Analyst? Ini 10 skills yang kamu butuhkan

Sekian penjelasan mengenai jurusan statistika dan prospek kerjanya di tahun 2022. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan membantu pengembangan kariermu.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • pintek.id
  • indeed.com
  • quipper.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video