Published on

Technology

8 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Tes Kecepatan Internet 2022

Algonz D.B. Raharja

H1_Tes_Kecepatan_Internet.jpg

Tentunya kamu pernah mengalami penurunan kecepatan internet atau tiba-tiba jaringan internet di sekitarmu menjadi lemot. Bahkan, mungkin kamu pernah penasaran kenapa jaringan WiFi di rumahmu tiba-tiba melambat. Nah, bagi kamu yang seringkali merasakan persoalan-persoalan tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk mengetahui kecepatan internet di sekitarmu, salah satunya adalah aplikasi tes kecepatan internet. Jika kamu penasaran tentang apa itu aplikasi tes kecepatan internet, maka sebaiknya kamu simak ulasan berikut ini.

8 Aplikasi terbaik untuk tes kecepatan internet


Aplikasi tes kecepatan internet dibutuhkan untuk mengamati dan memantau kecepatan jaringan internet berbasis WiFi dan jaringan seluler (Sumber: Pexels)

Agar kamu tak lagi kebingungan untuk mengecek kecepatan internet di jaringanmu dalam kepentingan sehari-hari, berikut ini ada delapan aplikasi tes kecepatan internet yang bisa kamu coba.

1. Speedtest by Ookla


Aplikasi Speedtest menjadi salah satu aplikasi terpopuler untuk melakukan tes kecepatan internet (Sumber: speedtest.net)

Aplikasi Speedtest merupakan salah satu aplikasi tes kecepatan internet yang mudah diunduh dan digunakan. Kita bisa mengunduh aplikasi ini untuk Android, iOS, Windows, Mac, dan berbagai perangkat lain. Aplikasi tes kecepatan internet Speedtest juga dapat digunakan untuk memilih resolusi terbaik ketika kita ingin menonton video, sehingga kita tidak perlu bingung saat video tiba-tiba blur atau buffering. Aplikasi ini juga akan meminta akses otorisasi seperti lokasi gawai (devices).

Baca juga: Kenali Router, Fungsi, dan Bedanya dengan Modem

2. SpeedSmart


Aplikasi SpeedSmart merupakan salah satu aplikasi tes kecepatan internet yang mudah digunakan (Sumber: Pexels)

Jika kamu sering merasakan perlambatan internet yang cukup merepotkan, maka salah satu solusinya adalah mengunduh aplikasi tes kecepatan internet SpeedSmart. Aplikasi tes kecepatan internet ini dapat membantu pengguna untuk mendapatkan hasil optimal dalam menguji kecepatan internet dan membandingkannya lewat riwayat atau history. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

3. FAST


Aplikasi FAST merupakan aplikasi tes kecepatan internet yang dirilis oleh Netflix Inc. (Sumber: play.google.com)

FAST merupakan aplikasi tes kecepatan internet yang dirilis oleh Netflix Inc. Aplikasi tes kecepatan internet ini dapat membantu kamu yang gemar menonton film lewat streaming daring dengan ponsel atau laptop. Jika kamu pengguna Netflix, maka aplikasi FAST ini dapat membantumu untuk memastikan kecepatan jaringan internet yang dimiliki.

Tak hanya itu, FAST juga memberi informasi kecepatan unduh, unggah, latensi, dan lokasi hingga alamat IP serta penyedia layanan internet yang sedang digunakan. Kamu bisa mengunduh aplikasi tes kecepatan internet ini lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

4. SpeedTest Master


SpeedTest Master merupakan aplikasi tes kecepatan internet yang cukup simpel (Sumber: filecr.com)

Mulanya, aplikasi tes kecepatan internet SpeedTest Master dirancang dan diluncurkan khusus untuk pengguna iOS. Namun, berkembangnya waktu aplikasi ini kini sudah bisa digunakan untuk perangkat Android. Aplikasi tes kecepatan internet yang satu ini bisa menguji kecepatan WiFi, jaringan 2G, 3G, 4G, dan sebagainya. Didukung dengan grafik nyata, SpeedTest Master dapat diunduh dengan mudah lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

Baca juga: 8 Rekomendasi WiFi Portable Terbaik dan Lengkap

5. Speedcheck


Speedcheck merupakan aplikasi tes kecepatan internet yang bisa digunakan untuk menjadwalkan pemeriksaan otomatis pada koneksi internet (Sumber: play.google.com)

Speedcheck adalah aplikasi tes kecepatan internet yang bisa memberi hasil akurat untuk menyesuaikan koneksi internet dengan kebutuhan pengguna dalam bermain game atau menonton streaming video. Aplikasi ini dapat diatur untuk menjadwalkan pemeriksaan dan memantau koneksi internet secara otomatis. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

6. SpeedChecker


Speedchecker menjadi salah satu aplikasi tes kecepatan internet untuk melihat kualitas konektivitas jaringan internet (Sumber: wethegeek.com)

Ketika kamu mengalami koneksi internet terputus, maka kamu bisa menguji transmisi data dengan aplikasi tes kecepatan internet SpeedChecker. Aplikasi ini dapat mengukur kecepatan internet saat mengunduh, mengunggah, dan mengecek kualitas jaringan secara umum. Tampilan antarmuka yang simpel dan menarik tentu cocok bagi pengguna dengan preferensi elegan. Kamu bisa mengunduh SpeedChecker lewat tautan berikut ini untuk Android dan iOS.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi WiFi Lemot dan Penyebabnya

7. V-Speed


V-Speed merupakan aplikasi populer untuk melakukan tes kecepatan internet (Sumber: play.google.com)

Aplikasi tes kecepatan internet V-Speed merupakan aplikasi terpopuler dan salah satu yang terbaik untuk Android maupun iPhone. Tampilan antarmuka yang modern juga didukung dengan pencari sinyal seluler secara default untuk tes kecepatan internet. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

Baca juga: Routing: Pengertian, Cara kerja, Macam, dan Jenis-jenisnya

8. Meteor


Meteor merupakan aplikasi tes kecepatan internet yang modern dan mudah digunakan (Sumber: Pexels)

Meteor menjadi aplikasi tes kecepatan internet teraktual yang bisa kamu unduh dan gunakan dengan mudah. Aplikasi ini dirancang untuk memantau kecepatan internet baik dari WiFi maupun jaringan internet berbasis seluler. Meteor tidak menyajikan kecepatan maksimal dari suatu jaringan, tetapi menampilkan kecepatan rata-rata. Kamu bisa mengunduh aplikasi tes kecepatan internet ini lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

Itulah tadi berbagai macam aplikasi tes kecepatan internet yang bisa kamu gunakan untuk mengecek layanan jaringan internet seluler atau WiFi di rumah atau kantor. Kamu bisa memantau kecepatan internet yang dijanjikan oleh penyedia jaringan dengan kecepatan riil saat digunakan. 

Baca juga: 8 Paket WiFi Murah dan Unlimited Untuk Berbagai Kebutuhan

Bagi kamu yang sedang sibuk menggunakan jaringan internet untuk memantau kesempatan berkarier atau melamar pekerjaan, EKRUT bisa menjadi partner profesional bagi kamu. EKRUT menyediakan berbagai informasi mengenai karier dan kesempatan kerja. Kamu bisa menemukan dan memulai langkah kariermu lewat berbagai kesempatan kerja yang ada di EKRUT.

Kamu hanya perlu klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT dan temukan potensi direkrut berbagai perusahaan bonafide di Indonesia melalui EKRUT.

Sumber:

  • wethegeek.com
  • thewindowsclub.com
  • tomsguide.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Mengenal_Web_Server.jpg

    Technology

    Mengenal Web Server: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya

    Natasya Primatyassari

    30 September 2022
    6 min read
    H1_website_jurnal.jpg

    Lainnya

    10+ Rekomendasi Website Jurnal Gratis 2022

    Nurina Ulfah

    30 September 2022
    5 min read
    H1-10_Cara_Membuat_Foto_HD_dengan_Mudah_dan_Cepat.jpg

    Technology

    10 Cara Membuat Foto HD dengan Mudah dan Cepat Secara Online

    Lita Lia

    30 September 2022
    5 min read

    Video