Published on

Technology

10+ Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik dan Praktis Digunakan di Tahun 2022

Arin Khurota

0-aplikasi-belajar-bahasa-korea.jpg

Cara ideal untuk bisa mempelajari bahasa baru adalah dengan mengikuti kelas bahasa. Tentunya jika pergi ke lembaga penyelenggara mungkin cukup sulit dilakukan karena harus meluangkan waktu setiap harinya. Akan tetapi, kini kemudahan untuk bisa mempelajari bahasa baru, termasuk bahasa Korea, telah ada dalam genggaman. Berbagai aplikasi belajar bahasa Korea telah tersedia gratis, baik untuk Android maupun iOS.

Baca juga: 10 Tips Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Mudah untuk Pemula

10+ Aplikasi belajar bahasa Korea


Contoh beberapa aplikasi belajar bahasa Korea (sumber: linguajunkie)

Berikut daftar aplikasi belajar bahasa Korea yang dapat kamu gunakan secara gratis.

1. Memrise

Aplikasi ini membantu penggunanya belajar bahasa Korea dengan bantuan kartu flash. Namun, aplikasi ini tidak akan memberi kartu flash tersebut, melainkan kamu harus memasukkannya. Kamu dapat belajar dengan bantuan tes berbasis audio atau dengan bantuan permainan kuis dan petunjuk lainnya.

Setiap pengguna akan mendapatkan benih yang berubah menjadi bunga aster ketika telah mencapai tujuannya. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tata letak (layout) yang lucu dan menarik, serta dapat digunakan secara gratis. Selain itu, aplikasi Memrise juga menyediakan belajar berbagai bahasa sehingga tidak hanya terbatas pada bahasa Korea.

2. Infinite Korean

Mainkan game untuk belajar bahasa Korea!” Kalimat inilah yang tepat mendeskripsikan aplikasi Infinite Korean. Aplikasi ini mendukung untuk dipasang pada perangkat Android maupun iOS. Melalui aplikasi Infinite Korean, kamu dapat belajar bahasa Korea dengan cara yang menyenangkan, serta menghafal kata-kata melalui permainan berbasis visual yang berulang. Selain itu, dalam aplikasi ini terdiri dari berbagai level sehingga kamu dapat belajar secara bertahap.

3. Learn Korean - Free WordPower

Aplikasi belajar bahasa Korea yang satu ini terdiri dari beberapa level yang terbuka saat kamu mencoba aplikasi pertama kali. Tujuan dari aplikasi Learn Korean adalah untuk membantu orang-orang belajar bahasa Korea secara komprehensif dengan cara yang mudah.

Selain itu, kamu juga dapat melacak pencapaian belajar setelah setiap pelajaran tata bahasa dan kosakata. Bagian terbaik dari aplikasi Learn Korean adalah dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Namun, kamu harus melakukan beberapa pembelian dalam aplikasi jika ingin mengakses beberapa fitur tambahan.

4. Learn Korean Language Game

Mempelajari sesuatu melalui sebuah permainan bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan ingatan. Konsep itulah yang menjadi salah satu ciri utama dari aplikasi Learn Korean Language Game. Melalui aplikasi ini, kamu dapat mempelajari alfabet Korea dan menghafal kosakata melalui berbagai jenis permainan. Untuk saat ini, aplikasi ini hanya tersedia di Google Play Store. Kamu mungkin juga perlu melakukan pembelian apabila ingin mencoba beberapa fitur tertentu.

5. kGrammar - Korean Grammar

Aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna Android yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Aplikasi kGrammar cukup menarik untuk belajar karena aplikasi ini bagaikan kamus kosakata Korea dalam bentuk digital. Namun, jangan khawatir, karena aplikasi kGrammar akan membantu kamu belajar secara progresif sehingga semua informasi baru tidak akan membuatmu kewalahan.

Setiap bab dalam aplikasi ini memperkenalkan frasa baru dan menjelaskannya secara mendalam. Selain itu, aplikasi ini juga mengajarkan alternatif, pengecualian, dan penggunaan sehari-hari dari frasa Korea. Selain itu, kamu juga dapat mengatur dan memilih rencana studi. Namun, kamu harus melakukan pembelian untuk beberapa fitur rencana studi tersebut.

Baca juga: 10 Rekomendasi Channel YouTube Belajar Bahasa Inggris yang Asyik dan Seru

6. TenguGo Hangul

Jika kamu seorang pemula yang tidak memiliki pengetahuan tentang bahasa Korea, maka TenguGo Hangul adalah aplikasi terbaik untukmu. Aplikasi ini akan membantumu memahami konsonan, vokal, penggunaan kata, atau frasa Korea secara bertahap. Selain itu, aplikasi ini akan mengajari cara melafalkan suku kata demi suku kata dan juga aksara Korea melalui bantuan audio dan visual. Misalnya, pengguna akan disuguhkan animasi gerakan lidah dan mulut beserta audio pengucapannya.

7. LingoDeer

Apa yang menjadikan LingoDeer sebagai aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Korea adalah metode pengajarannya yang menyenangkan dan inovatif. Aplikasi ini mengajarkan kamu melalui level dan memastikan bahwa kamu telah menguasai level itu sebelum naik ke level selanjutnya.

Dengan bantuan aplikasi ini, kamu dapat mempelajari frasa, kata, aturan, tata bahasa, dan kosakata bahasa Korea dalam waktu singkat. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan tes untuk mengukur kemampuan kamu. Namun, kuis ini sangat menyenangkan dan menarik di mana kamu akan mendapatkan piala setiap kali menyelesaikan kuis.

8. Korlink’s Talk to Me in Korean

Aplikasi belajar bahasa Korea ini merupakan rekomendasi yang patut kamu coba jika kamu seorang pemula. Penjelasan fitur dalam aplikasi disediakan dalam bahasa Inggris sehingga kamu dapat memahami konsep dengan mudah. Selain itu, konten belajar disampaikan melalui gambar dan contoh yang mungkin merupakan cara terbaik untuk mempelajari sesuatu. Tidak hanya pelajaran yang dibagi menjadi beberapa level, tetapi kursusnya juga semakin sulit saat kamu berhasil melampaui setiap level.

9. Learn Korean Phrases | Korean Translator

Aplikasi ini mengajarkan penggunanya semua frasa penting sehari-hari. Masing-masing frasa tersebut disusun menurut kategori sosial. Demikian juga, bagian terbaik dari aplikasi ini adalah kamu dapat memperlambat audio untuk mendengar setiap suku kata. Kamu juga dapat merekam diri sendiri dan membandingkannya dengan file audio yang disediakan oleh aplikasi. Meski beberapa fiturnya tidak gratis, tetapi kamu tetap bisa mengaksesnya dengan menonton iklan singkat.

10. TOPIK One

Aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna yang ingin mengikuti ujian TOPIK karena akan sangat membantu untuk melakukan persiapan. Aplikasi ini berisi tes sebelumnya dan metode belajar dilakukan melalui berbagai level, seperti pemula, menengah, dan lanjutan. Di level ini, pengguna belajar membaca dan menulis tata bahasa dan kosa kata Korea. Selain itu, jika kamu mengunduh beberapa file tambahan di dalam aplikasi, kamu juga dapat mendengarkan kata dan frasa untuk menguasai pengucapan bahasa Korea.

11. iTalki

iTalki memberikan pengalaman belajar di mana kamu dapat menemukan tutor yang berdedikasi dalam bahasa Korea untuk pembelajaran secara online. Metode pembelajaran dilakukan secara interaktif untuk meningkatkan kemampuan berbicara secepat mungkin. Kamu dapat terhubung dengan tutor bahasa Korea kapan pun dan sesering yang kamu inginkan untuk berlatih. Beberapa fitur utamanya cukup menarik, termasuk kamu dapat belajar dengan para tutor yang telah terverifikasi. Selain itu, platform ini juga aman dan nyaman untuk digunakan.

Baca juga: Cara membuat YouTube channel pertama kali dan panduan optimasinya

Itulah daftar aplikasi belajar bahasa Korea yang dapat kamu coba. Konsisten adalah kunci untuk tetap dapat berhasil dalam proses. Oleh karena itu, jangan menyerah dan merasa bosan dalam belajar!

Bagi kamu yang memiliki mimpi untuk dapat berkarier di startup ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Jangan khawatir, karena semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis. Selain artikel-artikel di EKRUT Media, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar pekerjaan, career insight, serta tips bermanfaat seputar dunia kerja melalui YouTube Official EKRUT.

Sumber:

  • langoly.com
  • ivisitkorea.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video