Published on

Lainnya

25 Tokoh Inspiratif Dunia yang Bisa Kamu Jadikan Motivasi

Anisa Sekarningrum

H1_1._25_Tokoh_Inspiratif_Dunia_yang_Bisa_Kamu_Jadikan_Motivasi.png

Banyak sekali tokoh inspiratif dunia yang memiliki pengalaman dan kisah sukses yang menakjubkan. Tokoh-tokoh inspiratif dunia ini berasal dari berbagai bidang mulai dari sains, agama, filsafat, hingga politik. Simak tokoh-tokoh inspiratif tersebut berikut ini.

25 Tokoh inspiratif di dunia


Mona Lisa adalah karya dari tokoh inspiratif dan pelukis, Leonardo Da Vinci - Pexels

Berikut adalah beberapa tokoh inspiratif dunia yang dapat membantu menginspirasi dan memberi motivasi dalam membuat perubahan atau membantu kamu melewati masa-masa sulit.

1. Sir Isaac Newton

Tokoh inspiratif yang pertama ini pasti sudah pernah kamu dengar namanya saat belajar sains di sekolah. Sir Isaac Newton adalah penemu gravitasi yang menjadi dasar untuk semua ilmu pengetahuan modern dan juga orang pertama yang menghitung kecepatan suara. Newton juga menjadi orang pertama yang dapat menghitung kecepatan suara dan membuat langkah besar dalam studi cahaya. Selain itu, tokoh inspiratif ini juga memiliki pencapaian di bidang matematika, teologi, fisika, dan astronomi.

2. Martin Luther King Jr.

Martin Luther King Jr. adalah salah satu nama paling penting di abad ke-20. Tokoh inspiratif yang satu ini berjasa secara fundamental dalam mendukung gerakan massal untuk persamaan hak dan mengilhami seluruh generasi untuk memikirkan kembali kesetaraan ras.

Tokoh inspiratif ini lahir di bawah undang-undang pemisahan AS yang ketat di Atlanta tahun 1929. Luther terinspirasi oleh aktivisme tanpa kekerasan yang dilakukan Mahatma Gandhi dalam memimpin Gerakan Hak Sipil yang berujung berakhirnya segregasi institusional di seluruh negeri. Hal tersebut membuat Luther meraih hadiah nobel perdamaian. Hari Martin Luther King Jr. dirayakan setiap bulan Januari di minggu ketiga hari Senin untuk mengenang kehidupan dan karyanya yang luar biasa.

3. Charles Darwin

Tokoh inspiratif berikut ini memiliki pemikiran radikal melalui perjalanan lima tahun yang epik dan berbahaya melintasi dunia, yang mendorong seluruh teori evolusi ke garis depan eksplorasi ilmiah dan mengungkapkan keajaiban dan intrik dunia alam kepada masyarakat luas.

Teori seleksi alam dan konsep evolusi Darwin seperti yang dijelaskan dalam On the Origin of Species dianggap menghujat dan sesat. Namun dengan keberanian yang dimilikinya, Darwin tetap teguh dengan teori yang diyakininya yang pada akhirnya banyak membentuk dasar biologi modern.

4. William Shakespeare

William Shakespeare tidak hanya seorang raja sastra yang dihormati, tetapi juga seorang aktor, penyair, penulis naskah, dan pemain drama. Berbagai karya terkenal seperti Hamlet, Romeo dan Juliet, juga A Midsummer Night’s Dream adalah ciptaan Shakespeare.

Banyak tulisan tokoh inspiratif ini yang mencerminkan sifat manusia sehingga karya-karyanya juga mengubah cara orang berpikir tentang diri mereka sendiri dan masyarakat kontemporer. Walaupun karya dari tokoh inspiratif ini sudah berusia hampir 500 tahun, namun ada ratusan kata dan frasa yang diciptakan oleh Shakespeare yang masih digunakan dalam bahasa sehari-hari seperti pepatah “catch a cold atau break the ice”.

5. Wolfgang Amadeus Mozart

Mozart adalah salah satu komponis klasik inspirasional dunia. Tokoh inspiratif ini dianggap sebagai anak dengan bakat yang luar biasa karena sudah menulis sejak usia lima tahun. Mozart meninggalkan lebih dari 600 karya yang banyak di antaranya masih didengarkan sebagai komposisi klasik paling populer di platform streaming.

Mozart juga menyempurnakan dan mengembangkan musik klasik yang dicirikan oleh kejelasan, keseimbangan, dan transparansi. Karya-karya progresifnya kemudian membentuk kerangka kerja bagi penerus komponis terkenal dunia seperti Beethoven dan Chopin.

Baca juga: Deretan tokoh inspiratif di tengah pandemi Covid-19

6. Dalai Lama (Tenzin Gyatso)

Dalai Lama keempat belas, Tenzin Gyatso, diberikan gelar inspirasi sejati berkat aktivisme politik dan gerakan protes damainya. Gyatso dianugerahi hadiah nobel perdamaian pada tahun 1989 atas perlawanan tanpa kekerasan yang dilakukannya terhadap pemerintah Cina di Tibet.

Tokoh inspiratif yang satu ini juga dikenal karena pidato-pidatonya yang penuh semangat tentang berbagai topik seperti hak perempuan, ekonomi, lingkungan, ilmu pengetahuan dan agama, serta dedikasinya yang menginspirasi terhadap perdamaian, kemakmuran, kasih sayang, dan toleransi.

7. Winston Churchill

Tokoh inspiratif satu ini adalah pemenang dibalik perang dunia kedua yang membuatnya menjadi tokoh terpenting dalam sejarah modern. Winston Churchill tidak hanya seorang politisi yang tangguh, tetapi juga seorang penulis ulung yang memenangkan hadiah nobel untuk sastra. Churchill tidak hanya menginspirasi bangsa Inggris untuk kebal dalam menghadapi bahaya, tetapi juga bagi seluruh pasukan sekutu dan secara luas dikreditkan dengan penghentian penyebaran fasisme dan melindungi demokrasi liberal di Eropa.

8. Albert Einstein

Albert Einstein menjadi salah satu ilmuwan terbesar setelah Newton. Einstein menciptakan persamaan E=mc2 dan teori relativitas yang menjadi salah satu terobosan paling berpengaruh dalam sejarah. Einstein dianugerahi hadiah nobel dalam fisika pada tahun 1921. Einstein juga menerbitkan lebih dari 300 makalah selama masa hidupnya, yang membuatnya disebut sebagai seorang tokoh inspiratif yang jenius. Tidak hanya sebagai seorang ilmuwan yang tangguh, Einstein juga aktif menyuarakan tentang hak asasi manusia dan berkampanye untuk dunia yang lebih damai serta dengan gigih mencela pembuatan bom atom.

9. Nelson Mandela

Bersama Martin Luther King Jr, Nelson Mandela adalah salah satu pejuang persamaan hak yang dikenal atas upaya kerasnya untuk menyingkirkan Afrika Selatan dari rezim apartheid yang berhasil mengubah sejarah. Tokoh inspiratif ini menghabiskan 27 tahun di dalam penjara atas tuduhan menghasut pemogokan buruh dan usaha menyabotase pemerintah. Mandela menggunakan waktunya dipenjara untuk memperoleh gelar, mengadakan kerja hingga mogok makan.

Tidak hanya itu, Mandela juga bertemu dengan para pemimpin politik, menulis otobiografi dan mengambil tindakan apa pun yang dapat dilakukannya untuk terus memerangi apartheid. Setelah bebas, tokoh inspiratif ini terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan, yang menjadikannya pemimpin berkulit hitam pertama di negara tersebut. Mandela juga menjadi pemimpin dari Kongres Nasional Afrika dan menerima lebih dari 250 penghargaan, termasuk hadiah nobel perdamaian pada tahun 1993 untuk upayanya mengakhiri apartheid.

10. Bunda Teresa

Selama masa hidupnya Bunda Teresa selalu membantu orang lain secara sukarela. Pada tahun 1950, tokoh inspiratif ini mendirikan Missionaries of Charity, sebuah kongregasi Katolik Roma untuk membantu penderita HIV/AIDS, kusta, dan TBC. Bunda Teresa berusaha mempengaruhi seluruh generasi untuk selalu membantu orang lain tanpa pamrih dan tanpa rasa takut dalam menghadapi para pemimpin dunia untuk mengatasi ketidaksetaraan. Bunda Teresa mendapatkan hadiah nobel untuk perdamaian pada tahun 1979 dan dikanonisasi pada tahun 2016 oleh Paus Fransiskus, menjadi Santo Pelindung Calcutta.

Baca juga: 5 Kisah pengusaha sukses di bidang teknologi yang menginspirasi

11. Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci adalah seorang pelukis, pematung, juru gambar, insinyur, ilmuwan, ahli teori, dan arsitek. Leonardo melukis beberapa karya legendaris seperti Mona Lisa, Manusia Vitruvian, dan Perjamuan Terakhir. Tokoh inspiratif ini juga merupakan penggagas ide dari parasut, helikopter, dan kalkulator.

12. Mohandas Karamchand Gandhi

Gandhi adalah seorang pengacara, nasionalis anti-kolonial, dan ahli etika politik. Keyakinan dari tokoh inspiratif ini telah mengilhami gerakan hak-hak sipil dan kebebasan di seluruh dunia.

13. Akbar the Great

Akbar Agung adalah seorang kaisar Mughal ketiga yang memerintah sejak tahun 1556 hingga 1605. Sepanjang masa pemerintahannya, tokoh inspiratif ini berhasil menyatukan India, mendorong perwakilan dari berbagai agama untuk datang ke istananya dan menciptakan sistem militer yang kuat.

14. Edward Jenner

Jenner adalah seorang dokter dan ilmuwan Inggris. Tokoh inspiratif ini dikenal karena karya perintisnya dalam pengembangan inokulasi terhadap cacar, yaitu vaksin pertama yang pernah dibuat yang berhasil menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia.

15. Florence Nightingale

Florence Nightingale adalah pribadi yang paling inspiratif dalam kedokteran karena secara sukarela menjadi perawat tentara selama Perang Krimea dan mengorganisir perawatan untuk tentara yang terluka di Konstantinopel. Tokoh inspiratif ini juga merupakan pendiri keperawatan modern.

Baca juga: Mengenal Sociopreneur, Pebisnis yang Memberikan Dampak Kepada Ekonomi Masyarakat

16. Harriet Tubman

Tubman dikenal sebagai seorang abolisionis dan aktivis politik. Tokoh inspiratif ini telah membantu memimpin budak menuju kebebasan menggunakan Underground Railroad. Sepanjang hidupnya, dia melakukan total sembilan belas perjalanan ke Selatan dan mengawal lebih dari 300 budak menuju kebebasan.

17. Malala Yousafzai

Tokoh inspiratif berikutnya adalah seorang aktivis Pakistan untuk pendidikan perempuan. Dia adalah pemenang nobel termuda dari Pakistan dan advokasinya telah berkembang menjadi gerakan internasional.

18. Stephen Hawking

Stephen Hawking didiagnosis menderita ALS atau penyakit Lou Gehrig saat dia berusia dua puluh satu tahun. Walaupun dokter mengklaim dia tidak akan hidup melewati usia dua puluh lima, namun Hawking terus menjalani hidupnya dengan semangat hingga kepergiannya di usia 76 tahun. Sepanjang hidupnya, tokoh inspiratif ini menjadi seorang fisikawan teoritis, profesor matematika di Universitas Cambridge, dan buku populer “A Brief History in Time”.

19. Ludwig van Beethoven

Meskipun Beethoven tuli, ia telah menjadi salah satu komposer terbaik dalam sejarah. Repertoarnya mencakup transisi dari periode klasik ke era romantis dalam musik klasik. Tujuh dari konserto tokoh inspiratif ini menjadi sangat terkenal, yaitu satu konserto biola, lima konserto piano, dan satu konserto tiga kali untuk biola, piano, dan cello.

20. Emma Watson

Emma Watson tidak hanya seorang aktris terkenal. Dia juga seorang feminis, aktivis hak asasi manusia, dan vegan. Emma membantu meluncurkan kampanye Wanita PBB HeForShe, yang mengadvokasi kesetaraan gender. Tokoh inspiratif ini juga terlibat dalam menciptakan mode berkelanjutan yang telah menjadi inspirasi bagi gadis-gadis muda.

Baca juga: Kisah inspiratif di balik pemilik Amazon Jeff Bezos

21. Putri Diana

Diana adalah istri pertama Charles, Pangeran Wales dan ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry. Diana adalah putri yang sangat dicintai masyarakat di seluruh dunia dan menjadi salah satu tokoh inspiratif bahkan sampai saat ini. Sepanjang hidupnya, Diana berusaha sekuat tenaga untuk membuat perubahan sosial di Inggris dan mendukung kampanye amal nirlaba di seluruh dunia.

22. Malala Yousafzai

Malala Yousafzai adalah seorang aktivis kontemporer yang ditembak di kepala oleh tentara Taliban setelah mengkampanyekan hak anak perempuan untuk bersekolah. Dia dibesarkan di Pakistan dan baru berusia 11 tahun ketika dia menjadi seorang aktivis. Sayangnya, pandangan Yousafzai tentang hak anak perempuan atas pendidikan mengakibatkan dia diserang oleh tentara Taliban ketika dia masih remaja. Hari ini, perjalanan tokoh inspiratif belia ini telah ditulis dalam buku-buku, termasuk memoarnya sendiri, sebagai seorang pemberi pengaruh sosial dan aktivis internasional yang melawan penindasan.

23. Nicholas James Vujicic

Nick Vujicic lahir di Melbourne tanpa anggota badan dengan sindrom tetra-amelia, yaitu sebuah kelainan langka yang membuatnya lahir tanpa lengan dan kaki. Namun, terlepas dari tantangan fisik yang dialaminya, Nick tidak pernah berhenti berusaha untuk bisa sukses.

Nick juga terus berbagi kisah inspiratif tentang kesuksesannya menjadi pendiri dan pengusaha nirlaba yang menjadikannya salah satu tokoh inspiratif di abad ini. Buku pertamanya, “Life Without Limits: Inspiration for a Ridiculously Good Life”, telah diterjemahkan ke dalam tiga puluh bahasa.

24. Bill Gates

Tokoh inspiratif berikutnya adalah Bill Gates yang dikenal sebagai pengembang perangkat lunak dan pendiri Microsoft Corporation yang membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Gates juga merupakan seorang investor, penulis, dan seorang dermawan yang menggunakan miliaran dolarnya untuk mengubah dunia dan melawan perubahan iklim.

25. Oprah Winfrey

Oprah adalah pembawa acara talk show terkenal, produser televisi, aktris, penulis, dan dermawan. Oprah Winfrey memulai kariernya sebagai reporter berita yang dipecat karena dianggap “tidak layak” untuk berita televisi. Terlepas dari kemunduran ini, Winfrey melanjutkan acara bincang-bincang siang hari yang paling sukses dari 1986 hingga 2011.

Oprah telah memenangkan beberapa penghargaan sepanjang kariernya, termasuk Penghargaan Kemanusiaan Bob Hope dan Penghargaan Kemanusiaan Jean Hersholt. Tokoh inspiratif ini juga dilantik ke dalam Hall of Fame Wanita Nasional pada tahun 1994. Selama beberapa dekade, dia telah menginspirasi orang-orang di seluruh dunia.

Baca juga: 14 Film tentang bisnis yang inspiratif dan membuatmu semangat

Itu tadi tokoh-tokoh inspiratif dunia yang dapat menjadi motivasi kamu agar bisa lebih semangat dalam menjalani hidup. Untuk membangun karier yang sukses dan menjadi tokoh inspiratif kamu perlu pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

EKRUT akan membantu kamu mencari pekerjaan yang paling cocok untuk kamu, jadi segera daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT, ya! Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • indeed.com
  • inspiremore.com
  • thegentlemansjournal.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_Cara_Menghitung_IPK_dan_IP_dengan_Mudah_dan_Cepat_yang_Wajib_Diketahui_Mahasiswa.jpg

    Lainnya

    Cara Menghitung IPK dan IP dengan Mudah dan Cepat yang Wajib Diketahui Mahasiswa

    Sartika Nuralifah

    22 September 2022
    5 min read

    Video