Published on

Technology

8 Tools CRM Terbaik 2022 Lengkap dengan Daftar Harga Layanannya

Anisa Sekarningrum

H1_1._8_Tools_CRM_Terbaik_2022_Lengkap_dengan_Daftar_Harga_Layanannya.jpg

CRM atau customer relationship management adalah sebuah teknologi dalam bentuk software yang membantu pemilik bisnis mengelola data agar lebih mudah melacak semua komunikasi dan memelihara serta meningkatkan hubungan dengan prospek dan klien mereka. Mereka yang bekerja di CRM atau sistem manajemen pelanggan menggunakan tools CRM untuk membantu pelacakan data klien, organisasi database, menghubungkan semua data pelanggan dalam satu sistem yang terintegrasi, hingga mengkonversi prospek menjadi pelanggan dan mempertahankan pelanggan menjadi loyal. Dengan sistem yang terintegrasi ini, semua orang di perusahaan dapat melihat bagaimana cara komunikasi dengan pelanggan, apa yang dibeli pelanggan, kapan terakhir kali pembelian dilakukan, bagaimana cara pelanggan membayar dan lain-lain.

Baca juga: CRM Adalah: Pengertian, Benefit, Tipe, dan 5 Rekomendasi Terbaiknya

Bagaimana mencari tools CRM yang tepat?

seorang wanita sedang menggunakan tools crm
Salah satu pertimbangan dalam mencari tools CRM adalah otomasi dan integrasi untuk meningkatkan efisiensi - Pexels

Tools CRM membantu bisnis dapat fokus pada hubungan mereka kepada pelanggan, pengguna layanan, kolega, hingga supplier. CRM juga membantu bisnis menemukan pelanggan baru, memenangkan bisnis di antara kompetitor lain, dan memberikan dukungan hingga layanan tambahan di setiap hubungan bisnis.

Tools CRM berguna untuk menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan dan mengelola kampanye pemasaran di dalam satu sistem. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam mencari tools CRM yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan.

1. Mudah digunakan

Sebuah tools dapat menjadi sangat rumit untuk digunakan jika tidak menyediakan petunjuk penggunaan aplikasi, artikel bantuan, dan customer support yang sulit dihubungi. Sehingga kamu perlu memperhatikan hal-hal tersebut untuk menentukan tools CRM ini mudah digunakan atau tidak.

2. Fitur kontak dan manajemen penjualan

Fitur utama yang dibutuhkan dari tools CRM adalah manajemen kontak karena fitur ini sangat penting untuk mengatur seluruh data pelanggan agar perusahaan dapat menghubungi mereka dan melakukan penjualan.

3. Kustomisasi

Akan lebih mudah menggunakan tools CRM yang dapat dikustomisasi agar dapat berfungsi seperti bagaimana bisnis perusahaan tersebut bekerja. Software CRM juga harus dapat mengakomodasi kebutuhan perusahaan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Laporan data

Kamu juga perlu memperhatikan apakah tools CRM yang dipilih memiliki sistem pembuatan laporan. Memiliki data yang tidak dapat diukur pun tidak akan bisa dikelola dengan baik. Umumnya tools CRM dapat melaporkan daftar penjualan, siklus penjualan, nilai rata-rata, alasan kerugian, dll.

5. Otomatisasi dan integrasi

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah mengenai otomatisasi dan integrasi karena fitur ini akan meningkatkan efisiensi pekerjaan dan memastikan tidak ada proses komunikasi yang gagal. Pilihan tools CRM terbaik dapat membantu meningkatkan daya pengumpulan data hingga menciptakan profil pelanggan yang lebih lengkap.

Baca juga: Pentingnya Customer Relationship Management bagi bisnis perusahaan

8 Tools CRM terbaik 2022 beserta daftar harganya

seseorang sedang menggunakan tools crm di laptop
Tools CRM dapat membantu proses komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih mudah - Pexels

Berikut 8 tools CRM terbaik yang banyak digunakan di tahun 2022.

1. Zoho

logo tools crm zoho
Tools CRM Zoho - Zoho

Tools CRM yang pertama adalah Zoho yang berbasis situs web. Zoho memiliki fitur untuk menampilkan daftar riwayat pembelian pelanggan, manajemen kontak, kontrol pembelian, otomatisasi penjualan, omni channel, workflow automation, integrasi, dan self-service database. Harga paket berlangganan Zoho dimulai dari $24 per bulan.

2. Salesforce

logo tools crm salesforce
Tools CRM Salesforce - Salesforce

Salesforce menjadi salah satu tools CRM yang paling banyak digunakan dengan berbagai fitur seperti manajemen kontak, otomatisasi sales force, pelacakan prospek pelanggan, perkiraan hasil penjualan, otomatisasi pemasaran, dukungan pelanggan, lead manajemen, dan dashboard report. Paket berlangganan Salesforce dimulai $25 per bulan.

3. Pipedrive CRM

logo tools crm pipedrive crm
Tools CRM Pipedrive - Pipedrive

Tools CRM satu ini memiliki berbagai fitur seperti pengelolaan database pelanggan, laporan penjualan realtime, manajemen leads dan penjualan, pelacakan komunikasi, sistem otomatisasi, pelaporan dan wawasan bisnis, privasi dan keamanan aplikasi yang dapat diakses dari ponsel pintar. Harga paket Pipedrive dimulai dari $12.50 hingga $99 per bulan.

4. SugarCRM

logo tools crm sugarcrm
Tools CRM SugarCRM - SugarCRM

SugarCRM adalah tools CRM yang mendukung aktivitas bisnis berbasis open source dengan bermacam-macam fitur seperti otomatisasi pemasaran, customer support, otomatisasi sales force, hingga laporan analisis penjualan. Paket SugarCRM tergolong cukup mahal yaitu mulai dari $80 per bulan untuk setiap pengguna.

5. HubSpot CRM

logo tools crm hubspot crm
Tools CRM HubSpot CRM - HubSpot CRM

HubSpot adalah tools CRM yang dapat diakses secara gratis dengan fitur dasar yang dapat diakses dengan mudah tanpa harus mengubah alur kerja perusahaan sehingga sangat cocok untuk pemula.

HubSpot memiliki kontak manajemen yang dapat membantu membuat detail kontak secara lengkap kemudian mengintegrasi ke website, email dan media sosial. Fitur lain yang dimiliki tools CRM ini adalah live chat, chatbot, email marketing, otomatisasi pemasaran, manajemen penjualan, laporan dan analisis bisnis.

6. Freshsales

logo tools crm freshsales
Tools CRM Freshsales - Freshsales

Tools CRM berikutnya adalah Freshsales yang dirancang untuk pelaku bisnis berskala kecil hingga menengah seperti UMKM. Sehingga harganya tergolong lebih murah yaitu mulai dari $15 per bulan. Fitur-fitur yang ditawarkan Freshsales mencakup ticketing, kolaborasi, otomatisasi, event dan email tracking, manajemen sales hingga analisis dan laporan.

7. Bitrix24

logo tools crm bitrix24
Tools CRM Bitrix24 - Bitrix24

Bitrix24 adalah tools CRM yang berbasis cloud dan on-premise yang juga mampu melacak biaya pemasaran dan menghitung ROI secara otomatis. Harga paket berlangganan tools CRM ini dimulai dari $30 per bulan. Bitrix24 juga memiliki fitur lain seperti task automation, CRM document builder, expense tracking, mobile task, saluran penjualan dan manajemen, laporan penjualan, otomatisasi penjualan hingga 360 derajat penjualan berulang.

8. Qontak.com

logo tools crm qontak.com
Tools CRM Qontak - Qontak

Qontak adalah salah satu tools CRM dari perusahaan Mekari yang menjadi pelopor tools CRM berbasis cloud di Indonesia yang telah dipercaya oleh lebih dari 3.000 pelanggan. Harga berlangganan Qontak dimulai seharga Rp 200.000 per bulan untuk setiap pengguna.

Qontak memiliki fitur kustomisasi sehingga tampilan CRM dapat disesuaikan dengan perspektif bisnis, kustomisasi, 360 view dan analytical reporting, live GPS dan mobile, KPI tracking dan task management, WhatsApp omni channel integration, otomatisasi dokumen, inisiasi pemasaran hingga dedicated support.

Baca juga: 20 Tools Digital Marketing Terbaik di Tahun 2022

Itu tadi beberapa rekomendasi tools CRM yang dapat kamu gunakan untuk menunjang produktivitas kerja. Untuk kamu yang tertarik bekerja di bidang CRM, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • zapier.com
  • logique.co.id
  • hashmicro.com
  • blog.qontak.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video