Published on

Technology

20 Tools Digital Marketing Terbaik di Tahun 2022

Lita Lia

H1-20_Tools_Digital_Marketing_Terbaik_di_Tahun_2022.jpg

Bagi seorang digital marketer, tools atau alat khusus untuk mendukung digital marketing sangat diperlukan. Fungsinya agar kebutuhan seperti desain, optimalisasi SEO, search keyword, dan semua yang berhubungan dengan digital marketing dapat ter-cover. Apa saja contoh tools digital marketing terbaik 2022 yang sebaiknya kamu gunakan? Berikut 20 di antaranya.

1. Deskera CRM


Tools digital marketing Deskera. (Sumber: Deskera)

Deskera CRM merupakan tools digital marketing yang berguna meningkatkan traffic penjualan, mengonversi prospek, hingga meningkatkan ROI untuk biaya marketing. Selain itu, analisis perilaku pengunjung bisa bisa dilakukan dengan data di Deskera CRM ini. Pengelolaan kontak, serta melacak email prospek konsumen juga menjadi fitur lain dari Deskera CRM ini.

2. Google Analytics


Tools digital marketing Google Analytics. (Sumber: ads.google)

Analisis website bisa memakai tools Google Analytics. Tools digital marketing ini akan membantumu menentukan pengunjung situs sesuai prospek. Selain itu, juga berguna untuk tahu di laman mana audiens tertarik menghabiskan waktu untuk berselancar. Sasaran pelacakan konversi juga akan dilakukan dengan alat ini. Kamu dapat menyiapkan berbagai hal dengan tools ini, sehingga digital marketing lebih optimal.

3. Google Adwords


Tools digital marketing Google Adword. (Sumber: Simohava)

Untuk mengiklankan bisnis daring secara optimal, Google Adwords bisa menjadi pilihan. Iklan bisnis menggunakan tools ini memakai hasil pencarian Google. Kerjanya dengan model bayar per klik. Tentu saja ada fitur perencanaan kata kunci, sehingga bisa dipilih secara tepat ke dalam content marketing. Tools digital marketing ini juga bagus untuk menetapkan batas anggaran dalam digital marketing.

4. Canva


Tools digital marketing Canva. (Sumber: Canva)

Membuat aneka grafik untuk marketing bisa memakai aplikasi tools digital marketing ini. Kamu bisa membuat berbagai macam desain untuk mendukung pengiklanan mulai dari template, clip art, sampai aneka font menarik tersedia di aplikasi sederhana ini.

5. Sotrender


Tools digital marketing Sotrender. (Sumber: Sotrender)

Tools digital marketing ini akan memungkinkanmu memeriksa interaksi yang terjadi di media sosial. Misalnya jangkauan posting, keterlibatan, demografi pengguna, komentar, sampai tracking konten. Semua disajikan dengan data sederhana sehingga mudah dianalisis.

Baca juga: Digital marketing adalah: Pengertian, 7 jenis, manfaat, dan prospek kariernya

6. Moz Pro


Tools digital marketing Moz. (Sumber: Moz)

Solusi tentang SEO bisnis bisa kamu peroleh di aplikasi ini. Tools digital marketing ini berguna menyoroti potensi masalah, serta merekomendasikan solusi terkait dengan SEO. Kemampuan pelacak peringkat situs, serta kata kunci juga bisa kamu dapatkan di aplikasi ini.

7. Pointerpro


Tools digital marketing Pointerpro. (Sumber: Surveyanyplace)

Alat ini bisa dipakai sebagai penghasil prospek yang kuat. Perangkat lunak ini bisa dipakai gratis untuk fitur uji coba, dan berbayar $33 per bulan untuk fitur premiumnya. Kamu bisa dengan mudah mengirimkan campaign marketing, hanya dengan tools digital marketing ini. Tools digital marketing juga bisa dipakai untuk membangun campaign marketing via email secara lebih mudah.

8. Proof


Tools digital marketing Proof. (Sumber: Useproof)

Tools ini bisa dihubungkan ke website agar konversi situs meningkat. Ada fitur pemberitahuan jumlah pengunjung web secara langsung. Ada juga Hot Streak, sebagai peningkat persepsi pelanggan tentang brand yang kamu miliki.

9. All In One SEO


Tools digital marketing AioSEO. (Sumber: Aioseo)

Tools digital marketing yang ada fitur gratis dan berbayar ini berguna untuk mengoptimalkan website dan konten di mesin pencari. Tools ini menyediakan daftar periksa, sehingga kamu bisa memperbaiki kesalahan dalam mengelola website.

10. Placeit


Tools digital marketing Placeit. (Sumber: Placeit)

Desain brand yang lebih baik bisa kamu lakukan dengan tools sederhana ini. Tools digital marketing Placeit memiliki 50 ribu lebih template yang siap pakai untuk iklan. Ada juga logo, video campaign, dan berbagai tools lain yang bisa kamu manfaat.

Baca juga: 8 Tren Digital Marketing 2022 Yang Patut Pemilik Brand Ketahui

11. Yoast


Tools digital marketing Yoast. (Sumber: Yoast)

Tools ini bekerja sebagai plugin WordPress. Selain itu, konten akan dioptimalkan sehingga mudah ditemukan di mesin pencari. Kamu juga dapat mencari kata kunci terbaik, sehingga performa situs akan meningkat. Tools digital marketing ini juga bagus untuk evaluasi website. Misalnya, skor kunjungan sampai SEO yang lebih optimal.

12. Buffer


Tools digital marketing Buffer. (Sumber: Buffer)

Jika kamu kesulitan menangani banyak akun media sosial, tools digital marketing ini akan membantu mengelola campaign tersebut. Misalnya jadwal posting di Facebook, Instagram, hingga Pinterest.

13. Trello


Tools digital marketing Trello. (Sumber: Trello)

Trello bisa kamu pakai sebagai alat manajemen konten yang baik. Kamu bisa menyusun strategi konten secara efisien. Tools digital marketing ini juga dapat dipakai gratis sehingga makin populer.

14. Pixpa


Tools digital marketing Pixpa. (Sumber: Pixpa)

Membuat situs web secara lengkap, bisa dengan tools ini. Terdapat jajaran template yang sangat ramah seluler. Selain itu, tools digital marketing juga dapat dipakai untuk membuat penambahan halaman web, sampai personalisasi. Ada juga fitur bilah pengumuman sampai persetujuan cookie yang semakin melengkapi tools pembuat website ini.

15. Desygner


Tools digital marketing Desygner. (Sumber: Desygner)

Tools digital marketing Desygner ini bisa kamu pakai sebagai alat desain grafis daring. UI yang dimiliki sederhana, cocok untuk mendesain logo. Kamu juga bisa memakainya untuk desain spanduk, kartu, dan berbagai perangkat marketing lainnya.

Baca juga: Skill yang Harus Dikuasai dalam Digital Marketing

16. Asana


Tools digital marketing Asana. (Sumber: Asana)

Asana merupakan sebuah tools yang berguna untuk mendukung manajemen kerja digital marketing. Tools digital marketing ini bisa dipakai untuk merekam sampai memvisualisasikan proyek. Selain itu, tugas tim dapat dipetakan secara efektif. Kamu juga akan mendapati fitur proyek berupa laporan yang lebih terbuka dan cepat. Tools ini juga bagus sebagai pelacak setiap proyek sehingga status progresnya bisa dilihat dengan baik.

17. DocHipo


Tools digital marketing DocHipo. (Sumber: Dochipo)

Membuat konten untuk digital marketing bisa kamu lakukan dengan DocHipo. Aplikasi ini akan memudahkanmu membuat posting lebih menarik. Ragam template yang tersedia sangat memudahkanmu dalam membuat content marketing. Selain itu, ragam tools seperti pilihan font, warna, dan sebagainya juga tersedia di tools digital marketing ini. Sangat menghemat tenaga dan dana pembuatan content marketing.

18. MailChimp


Tools digital marketing MailChimp. (Sumber: Mailchimp)

Platform email marketing yang sangat memudahkanmu bisa diperoleh di MailChimp. Platform ini berguna untuk membuat buletin email secara lebih menarik. Tersedia aneka desain yang siap pakai untuk mendukung campaign marketing. Selain itu, tools digital marketing juga menyediakan gambar bawaan sehingga campaign yang kamu gaungkan via email menjadi lebih atraktif.

19. Constant Contact


Tools digital marketing Constant Contact. (Sumber: Constantcontact.com)

Template email gratis bisa kamu dapatkan di tools digital marketing ini. Setiap template digital marketing memiliki hasil responsif, sehingga tidak perlu repot redesign lagi. Setidaknya, 240 lebih template siap pakai bisa kamu manfaatkan untuk mendukung marketing.

20. Klipfolio


Tools digital marketing Klipfolio. (Sumber: Klipfolio)

Tools digital marketing ini memungkinkanmu membuat dasbor yang lebih interaktif. Misalnya, berisikan data terkait digital marketing dari berbagai media sosial dan saluran marketing. Kamu juga bisa menarik data dari Google Analytics sehingga kinerja bisa terlacak secara optimal. Ada juga fitur template yang bisa kamu pakai secara instan.

Baca juga: 14 Digital Marketing Agency Terbaik di Indonesia beserta Daftar Layanannya

Ternyata ada banyak tools yang bisa mempermudah kerja digital marketing. Ada yang berbayar dan ada pula yang gratis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Temukan juga berbagai artikel teknologi lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • deskera.com
  • hubspot.com
  • mageplaza.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    30 September 2022
    6 min read
    efikasi-diri-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Hubungan efikasi diri dengan tingkat produktivitas kerja

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    5 min read
    Harga_Pokok_Penjualan-HPP_Pengertian__3_komponen__dan_cara_menghitungnya.jpg

    Careers

    Harga Pokok Penjualan (HPP): Pengertian, 3 Komponen, dan Cara Menghitungnya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    30 September 2022
    5 min read

    Video