Published on

Technology

10 Font untuk Tulisan Aesthetic beserta Rekomendasi Websitenya

Chrissila Jessica

pexels-magda-ehlers-1337387.jpg

Tampilan suatu hasil graphic design dan video yang baik tentu tidak akan pernah lengkap jika tidak membahas elemen font untuk mendukung tulisan aesthetic yang digunakan. Tulisan aesthetic hanya bisa dicapai jika penggunaan font sudah tepat penerapannya. Namun, terkadang desainer bisa terjebak dengan pilihan font yang sekadarnya saja. Nah, supaya pilihan font tulisan aesthetic kamu semakin variatif dan menarik perhatian, coba simak pembahasannya berikut ini.

Kegunaan font atau tulisan aesthetic


Kegunaan font atau tulisan aesthetic (sumber: pexels)

Font sebagai pendukung tulisan aesthetic merupakan sebuah gambar grafis dari huruf dan tanda yang membentuk suatu ciri dan komposisi, dengan suatu ukuran dan pola tertentu. Perbedaan ukuran, warna, desain, garis, bentuk, dan detail lainnya dari suatu font mengandung beberapa fungsi tertentu, salah satunya agar tulisan aesthetic.

Adapun beberapa kegunaan font atau tulisan aesthetic akan dirangkum dalam beberapa poin berikut:

  • Font dapat mengubah mood dan atmosfer visual
  • Font memberikan petunjuk bagaimana suatu dokumen atau tulisan seharusnya dibaca, termasuk sebagai penekanan pada suatu kata
  • Font sebagai pemisah/demarkasi dari suatu teks/visual

Setelah memahami efek positif dari pemilihan font yang tepat demi tulisan aesthetic, tentu hal yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah di mana kah tempat untuk mendapatkan font sesuai keinginan? Untuk itu, simak rekomendasi website berikut ini!

Baca juga: 8 Pilihan font gratis untuk kebutuhan komersial

Rekomendasi website untuk download tulisan aesthetic


Di bawah ini ada beberapa situs yang bisa digunakan untuk mengunduh font aesthetic (sumber: pexels)

Ada banyak situs yang memberikan wadah untuk berbagai font creator, tetapi hanya sedikit website yang menyediakan font tulisan aesthetic dengan resolusi tinggi dan terkurasi, yang bisa digunakan untuk kepentingan pribadi dan proyek komersial. Beberapa situs tersebut adalah sebagai berikut:

  • Google Fonts
  • Font Squirrel
  • Fontspace
  • Befonts
  • DaFont

Baca juga: 15 Situs download font keren dan gratis 2022

10 Font untuk tulisan aesthetic


Rekomendasi font tulisan aesthetic (sumber: pexels)

Setelah mengetahui definisi, fungsi, serta cara untuk mendapatkan untuk font tulisan aesthetic, tibalah saatnya untuk mengetahui apa saja rekomendasi font tulisan aesthetic yang mumpuni untuk mengoptimalkan desainmu. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi font aesthetic yang bisa kamu coba.

1. Petite Romance


Font tulisan aesthetic Petite Romance (sumber: monsterspost)

Rekomendasi font dengan tulisan aesthetic yang pertama adalah Petite Romance, yang terinspirasi dari gaya kaligrafi. Font tulisan aesthetic berikut sangat cantik untuk diaplikasikan di kartu undangan, kartu nama, kutipan, poster, dan format desain lainnya.

2. Justhin


Font tulisan aesthetic Justhin (sumber: monsterspost)

Rekomendasi font kedua adalah font tulisan aesthetic Justhin yang bergaya monoline. Font tulisan aesthetic ini punya desain yang kasual, elegan, serta memiliki keunggulan mudah untuk dibaca, sehingga fleksibel untuk diaplikasikan di desain apa pun.

3. The Saily


Font tulisan aesthetic Justhin (sumber: monsterspost)

Rekomendasi font ketiga adalah font tulisan aesthetic The Saily. Font bergaya retro ini sangat cocok jika kamu ingin menerapkan desain bergaya vintage, mulai dari barber shop, logo perusahaan, tulisan di majalah, dll.

4. Rustico


Font tulisan aesthetic Rustico (sumber: pixelsurplus)

Rekomendasi font keempat adalah font tulisan aesthetic Rustico. Font ini memiliki desain seperti brush, dengan penggunaan huruf kapital seluruhnya, dan italic. Selain itu, font ini juga dilengkapi dengan simbol dan tanda baca yang unik.

5. Atmosphere


Font tulisan aesthetic Atmosphere (sumber: pixelsurplus)

Rekomendasi font kelima adalah font tulisan aesthetic Atmosphere. Font tulisan aesthetic karya Yasir Ekinci ini mempunyai desain font menyerupai tulisan tangan. Nah, yang spesial dari font tulisan aesthetic ini adalah adanya sentuhan watercolor dalam desainnya, sehingga terlihat ringan dan mudah dibaca. Font ini juga mengandung huruf besar dan huruf kecil, angka, serta tanda baca.

6. Brux Font


Font tulisan aesthetic Brux Font (sumber: fontslots)

Rekomendasi font keenam adalah font tulisan aesthetic Brux Font. Font yang didesain oleh Marcelo Reis Melo ini memiliki desain brush yang tebal, tetapi sedikit samar di ujung setiap huruf/karakter. Font ini hadir dalam tiga format, yaitu TTF, Webfont, dan OTF.

7. Besom


Font tulisan aesthetic Besom (sumber: dafontfree)

Rekomendasi font ketujuh adalah font tulisan aesthetic Besom. Keunikan dari font karya Gatis Vilas dan Krisjijanis berikut adalah kombinasi desain brush, tulisan tangan, huruf kapital, glyphs, goresan bertekstur di setiap ujung huruf/karakter.

8. The Cat Has a Hat


Font tulisan aesthetic The Cat Has a Hat (sumber: free-fonts)

Rekomendasi font kedelapan adalah font tulisan aesthetic The Cat Has a Hat. Font karya Luke Thornhill berikut terinspirasi dari buku karya Dr. Seuss yang berjudul sama, dimana setiap huruf terlihat seperti berlompatan seperti kucing. Font ini berdesain brush yang dilukis dengan tangan dan terdiri dari huruf, angka, dan simbol. Selain tulisan aesthetic, font ini juga mengeluarkan aura fun dan playful, cocok untuk perusahaan dengan audiens anak-anak dan remaja.

9. Mavis


Font tulisan aesthetic Mavis (sumber: monsterspost)

Rekomendasi font kesembilan adalah font tulisan aesthetic Mavis. Bagi penggemar desain futuristik, maka font tulisan aesthetic karya CreativeCorner berikut cocok untukmu. Font ini memiliki outline yang halus, dengan sedikit potongan di setiap huruf, dan all caps sans-serif.

10. Ailerons


Font tulisan aesthetic Ailerons (sumber: monsterspost)

Rekomendasi font terakhir adalah font tulisan aesthetic Ailerons. Font karya Adilson Gonzales berikut terinspirasi dari model pesawat terbang di sekitar tahun 1940. Detail desain ini sangat eksperimental, dimana font tulisan aesthetic ini merupakan paduan font bergaya retro, kombinasi ujung huruf yang tajam dan tumpul, serta terlihat rapi dan bersih. Cocok untuk desain bernuansa minimalis.

Baca juga: Mau Punya Font Word yang Banyak? Simak 5 Cara Menambahkannya di Sini!

Demikian rekomendasi font tulisan aesthetic yang bisa diberikan. Kini saatnya untuk menuangkan seluruh referensi yang diperoleh ke dalam suatu bentuk desain.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • monsterspost.com
  • webtopic.com
  • owl.purdue.edu
  • artoftesting.com
  • qodeinteractive.com
  • pixelsurplus.com
  • fontslots.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_cara_mendapatkan_uang_di_youtube.jpg

Technology

10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube beserta Cara Menghitung Penghasilannya

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1_metadata_adalah.jpg

Technology

Mengenal Apa itu Meta data? Definisi, Jenis, Manfaat, Hingga 4 Contohnya

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1.jpg

Technology

Kenali Apa Itu NFT, Aset Digital yang Sedang Booming di Tahun 2022

Anissa Trisdianty

27 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read